Review Daihatsu Taft F73 2002

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by classicrock »

Permisi rekan rekan SM, saya selama ini silent reader aja dan sekarang mau nyumbang review untuk mobil yang pernah saya pakai selama 8 tahun. Pernah? Ya karena belum lama dijual.

Si putih kelahiran 2002 ini saya pakai sejak 2009 hingga 2017 setelah sebelumnya selama 10 tahun saya pakai generasi sebelumnya yaitu F70. Jadi total setengah dari umur saya dihabiskan bersama mobil 4x4 buatan Daihatsu ini.

Saya suka mobil ini karena kepraktisan dan kehandalannya. Tipikal mobil yang tidak pernah mengeluh selama perawatan rutinnya dijalankan. Pun perawatan rutin selalu saya lakukan sendiri di rumah (ganti semua oli dan semua filter), kecuali hal seperti ganti kopling ya, bukan apa apa, girboksnya luar biasa berat.

Oke, kita kupas satu satu.

Dari mesin dan penggerak dulu kali ya. Mesinnya diesel N/A 2800 cc, masih konvensional, jadi tidak ada masalah dengan minum solar biasa. Mesinnya pemalas, berisik dan lamban tapi sanggup diajak kemana saja dan belum pernah kejadian tidak kuat nanjak. Ganti oli rutin tiap 5000 km dengan oli diesel 15W40 buatan Exxon membuat mesinnya tetap sehat sampai dijual di +/- 255.000 km. Jangan berharap ngebut naik mobil ini, cruising speed paling idealnya hanya 80 kpj. Maksimum speed pernah tembus 140 kpj tapi terasa seakan kiamat sudah dekat. Untuk penggeraknya adalah transmisi manual 5 speed plus 4x4 konvensional (2H 4H N 4L), jadi tidak ada bantuan teknologi di sini. Kala menghadapi medan offroad tinggal pintar pintar saja mengkombinasikan skill manusia plus mesin. Singkat kata, tangguh!

Sekarang soal suspensi, seri F73 dibekali suspensi independen dengan torsion bar di depan dan rigid dengan coil spring di belakang. Cuma karena F73 ini jarak antar sumbunya dekat (tidak seperti Rocky F78), jadinya bantingan masih terasa keras dan hanya sedikit lebih baik ketimbang F70 yang pakai per daun di depan dan belakang. Soal kestabilan di tikungan memang lebih baik karena sumbunya lebih lebar dibanding pendahulunya. Jadi jangan berharap kenyamanan di sini.

Lalu masuk ke dalam, kabinnya kecil. Jok belakang face to face saya ganti dengan jok front facing dan untuk masuk ke belakang harus "manjat". Lain hal jika jok belakang berhadapan, mau masuk bisa langsung dari pintu belakang. Tidak ada yang istimewa di kabin. Kaca masih engkol. Tapi AC yang cukup dingin (dinginnya Taft lho ya...) plus audio eces eces sudah membuat saya bahagia. Pokoknya sama sekali tidak ada gadget apapun di mobil ini.

Lalu kenapa dijual? Makin lama saya makin tidak sanggup mengemudikan mobil ini di tengah kemacetan Jakarta. Setir yang berat jika dibandingkan mobil masa kini (padahal sudah P/S) dan transmisi manual membuat saya menyerah. Kelelahan cepat sekali mendera. Mau nambah mobil budgetnya tidak ada dan buat apa juga mobil lebih dari satu kalau yang pakai cuma saya (pusing bayar pajak nanti...hehehe).

Kesimpulan:

Mobil ini cocok untuk yang butuh mobil pekerja/penjelajah dengan teknologi sederhana, mudah dirawat dan onderdil fast movingnya boleh dibilang sangat murah. Sekian lamanya pemakaian saya tidak pernah menemukan masalah berat, mungkin karena mobil ini dari saya dapat sampai saya jual kondisinya full standar.

Tips:

Seiring usia, agak susah menemukan Taft dalam kondisi bagus. Dan hati hati dalam memilih, onderdil mesin dan transmisi serta gardannya sama sekali tidak murah. Kebanyakan unitnya sudah seperti ampas jeruk peras.

Sekian ulasan saya tentang Daihatsu Taft F73 ini. Semoga berkenan.ImageImageImageImageImageImage
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by Duvebriliant0 »

Pertamax diamanken, nice review omm :big_exellent: :big_exellent:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
adinugraha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Mon Mar 07, 2016 9:26

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by adinugraha »

Nice review and nice car om..
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by classicrock »

Duvebriliant0 wrote:Pertamax diamanken, nice review omm :big_exellent: :big_exellent:
Heheheh terima kasih om [emoji4]
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by ibrahimlubis »

Keren banget mobilnya om.. masih ori luar dalam gini.. interior masih bagus, jok sampe karpet masih kain gini.. pertahankan terus om, dah jadi barang langka.. [emo-mark-A]
S13rra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by S13rra »

Nice review........ :big_exellent:
Sepintas dari fotonya mirip dengan taft rocky G2, yang full independent
bedanya apa saja ya om, sama yang rocky?
Akhirnya dijual berapa om?........ :big_childish:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by Zaxis »

Mobil desa itu drpd model ga jelas gitu knp ga beli lisensi taft gini aja,uda ketauan bandel nya
Tinggal bikin versi pickup nya
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by alexdonovan »

Nice review Om. Lunas KPR, saya mesti beli satu. Yang busuk saja, mau saya rekondisi pelan-pelan :D

Saya cuma pernah ngerasain nyetir Feroza. Kopling Taft jauh lebih berat dari Feroza kah?
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by michaelgiri93 »

Ganteng om Taftnya
Nice review
Oiya taft ini 1 basis dengan hiline gak om?
Akhirnya ganti apa om?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by classicrock »

ibrahimlubis wrote: Tue Oct 03, 2017 1:19 Keren banget mobilnya om.. masih ori luar dalam gini.. interior masih bagus, jok sampe karpet masih kain gini.. pertahankan terus om, dah jadi barang langka.. [emo-mark-A]
Hehehe terima kasih banyak om, sayangnya sudah terjual om di akhir September 2017 yang lalu
michaelgiri93 wrote: Tue Oct 03, 2017 2:09 Ganteng om Taftnya
Nice review
Oiya taft ini 1 basis dengan hiline gak om?
Akhirnya ganti apa om?
Terima kasih om, sekalian saya jelasin dikit ya om, Hiline sendiri sebenernya ada beberapa varian, Hiline GTS (bodi persis Taft GT tapi 4x2), Hiline GTX (bodi persis Rocky tapi 4x2), Hiline GTL (long chassis 5 pintu bikinan karoseri...ada 4x4 dan 4x2) lalu terakhir Hiline Pick Up (ada 4x4 dan 4x2).

Pada dasarnya semuanya sama mengenai mesin, yang membedakan hanya bentuk bodi, dimensi serta pilihan penggerak.

Nah kalo ditanya gantinya apa, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Avanza baru, sebuah pilihan yang mengejutkan mungkin, tapi setelah timbang sana sini, untuk keperluan saya masih cocok mobil ini, pun ada sebab kenapa saya milih Avanza, dikarenakan "test drive" tak sengaja selama 13 hari saat sedang bertugas di Kalimantan Timur, mungkin nanti akan saya tuangkan juga dalam sebuah ulasan.
alexdonovan wrote: Tue Oct 03, 2017 2:01 Nice review Om. Lunas KPR, saya mesti beli satu. Yang busuk saja, mau saya rekondisi pelan-pelan :D

Saya cuma pernah ngerasain nyetir Feroza. Kopling Taft jauh lebih berat dari Feroza kah?
Kopling mungkin hanya sedikit lebih berat saja om dari Feroza, tidak signifikan kok bedanya. cuma jika kopling ini sudah lumayan berumur, walau masih bisa dipakai, tapi beratnya tidak bohong.
Zaxis wrote: Tue Oct 03, 2017 1:23 Mobil desa itu drpd model ga jelas gitu knp ga beli lisensi taft gini aja,uda ketauan bandel nya
Tinggal bikin versi pickup nya
Hehehe mungkin nanti malah dikira tidak nasionalis om...
S13rra wrote: Tue Oct 03, 2017 1:22 Nice review........ :big_exellent:
Sepintas dari fotonya mirip dengan taft rocky G2, yang full independent
bedanya apa saja ya om, sama yang rocky?
Akhirnya dijual berapa om?........ :big_childish:
Iya om bodinya memang serupa dengan Feroza G2, kalo bedanya dengan Rocky adalah di bentuk bodi dan dimensinya yang lebih panjang Rocky om. Efeknya Rocky punya ruang bagasi yang lebih luas dan headroom bagian belakang lebih lega. Hehehe masih tembus 120 lebih om jualnya.
Last edited by classicrock on Tue Oct 03, 2017 4:08, edited 1 time in total.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by iamwewe »

gile deh om taftnya rapih bener.. salut2 org piara mobil bisa gini rapihnya.

dlu wkt sy masih kecil bokap punya gini nih, tapi rocky, gk tau sama apa nggak nih tipenya. dulu yg keinget masuknya ribet karena hrs tekuk jok dpn. suspensi keras banget. dan kalo di jalan, angkot juga nggak berani pepet2an mah. kalo gk salah inget dulu kayanya jok blkgnya hadap2an deh bukan hadap depan gini om. ntah apa saya salah keinget sama panther saya jaman dulu jg..
private0809
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by private0809 »

Ngeliat review nya jadi inget sm f70 f69 di rumah dulu...tapi plat merah semua :big_grin:
Yg f69 modelnya yg atap tinggi
Mantap deh...meski top speednya masih kalah sm lmpv sekarang :big_bored:
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by diidoot »

:mky_06: keren om review dan mobilnya

salut saya sama orang kayak om yang bisa ngerawat mobil kayak begini :big_smoking:
semoga mobilnya dirawat sama pemilik barunya ya

BTW om bisa jelasin ga silsilah keluarga Taft/hiline/rocky di generasi ini? Saya bingung dari dulu bedanya mana aja :big_childish:
-
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by Dekyarov »

Bagus taft-nya om.

Saya kalo punya duit mau deh meminang taft kebo ke rumah.
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by classicrock »

iamwewe wrote: Tue Oct 03, 2017 2:47 gile deh om taftnya rapih bener.. salut2 org piara mobil bisa gini rapihnya.

dlu wkt sy masih kecil bokap punya gini nih, tapi rocky, gk tau sama apa nggak nih tipenya. dulu yg keinget masuknya ribet karena hrs tekuk jok dpn. suspensi keras banget. dan kalo di jalan, angkot juga nggak berani pepet2an mah. kalo gk salah inget dulu kayanya jok blkgnya hadap2an deh bukan hadap depan gini om. ntah apa saya salah keinget sama panther saya jaman dulu jg..
Kalo Rocky, karena bodinya lebih panjang, jadi di bagian paling belakang masih ada space untuk jok hadap hadapan om, walau satu jok hanya untuk satu orang. tapi jok tengahnya sudah hadap depan.
private0809 wrote: Tue Oct 03, 2017 3:01 Ngeliat review nya jadi inget sm f70 f69 di rumah dulu...tapi plat merah semua :big_grin:
Yg f69 modelnya yg atap tinggi
Mantap deh...meski top speednya masih kalah sm lmpv sekarang :big_bored:
Hehehe makasih om, sejak dulu memang terlahir jadi pekerja ini mobil. Sekarang aja mulai bergeser jadi mobil hobi.
diidoot wrote: Tue Oct 03, 2017 3:16 :mky_06: keren om review dan mobilnya

salut saya sama orang kayak om yang bisa ngerawat mobil kayak begini :big_smoking:
semoga mobilnya dirawat sama pemilik barunya ya

BTW om bisa jelasin ga silsilah keluarga Taft/hiline/rocky di generasi ini? Saya bingung dari dulu bedanya mana aja :big_childish:
Makasih om, masalah ngerawat mungkin jadi mudah karena yang pakai mobil cuma saya seorang om, jadi ngga banyak tangan. Beruntung pembelinya juga hobi mobil sejenis ini, semoga bisa nerusin ngerawat.

Soal silsilah saya bantu yang saya tau aja ya om.

F10 Taft 1000 cc bensin (4x4)
F50 Taft 2500 cc diesel (4x4); generasi ini populer disebut taft kebo
F69 Hiline GTS 4x2/Hiline GTX 4x2/Hiline GTL 4x2 dan 4x4 2800 cc diesel
F70 Taft GT 4x4 2800 cc diesel
F75 Rocky 4x4 2800 cc diesel

F10 s/d F75 semuanya pakai gardan rigid depan belakang dengan per daun depan belakang. Ada juga varian pikap, kadang berkode F69 kadang F70 RPR, untuk pikap ada pilihan 4x4 dan 4x2, mesin sama sama 2800 cc diesel.

F73 Taft 4x4 (populer disebut Taft Independen) 2800 cc diesel
F78 Rocky 4x4 (populer disebut Rocky Independen) 2800 cc diesel
Dekyarov wrote: Tue Oct 03, 2017 3:51 Bagus taft-nya om.

Saya kalo punya duit mau deh meminang taft kebo ke rumah.
Makasih om...hehehehe kebo sekarang lumayan mahal om. Yang antik antik bisa tembus 80 jt an.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
atok212
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jan 12, 2016 5:08

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by atok212 »

Sekarang Taft jadi mobil hoby om, khusus yang 4x4.
Mobil badak cocok buat perkbunan
User avatar
defreas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Mar 14, 2015 1:28

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by defreas »

Nice review om. Mobil impian saya nih, sampai sekarang pun masih mimpiin suatu saat harus pelihara seekor.
Jd inget pas masuk kuliah, ditawarin mobil sama ayah. Saya gk mau mobil selain TAFT. Akhirnya dibeliin motor aja :big_biglaugh: Dasarr anak gk tau diri :big_slap:

Btw dulu harganya berapa om? Terus dijual lagi harganya brpaan?
dimzis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Aug 04, 2016 9:23

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by dimzis »

Wah taft seri ini jarang yg punya ...good desicion oom di jakarta apalagi kalo ngetol terus gak cocok pake taft
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by PlantFoot »

wah sy jd ingat sm taft f70 ayah sy yg dl nemenin sy kuliah..skrg ga ada yg pake..ngganggur dia...

btw taft ayah sy bodinya jd miring k kanan..ini krn apa y ? kira2 betulinnya mahal ga y ? nt kl sy balik k jkt ada rencana utk restorasi..drpd ga dipake tuh mobil...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by ginting »

QUOTE

Soal silsilah saya bantu yang saya tau aja ya om.

F10 Taft 1000 cc bensin (4x4)
F50 Taft 2500 cc diesel (4x4); generasi ini populer disebut taft kebo
F69 Hiline GTS 4x2/Hiline GTX 4x2/Hiline GTL 4x2 dan 4x4 2800 cc diesel
F70 Taft GT 4x4 2800 cc diesel
F75 Rocky 4x4 2800 cc diesel

F10 s/d F75 semuanya pakai gardan rigid depan belakang dengan per daun depan belakang. Ada juga varian pikap, kadang berkode F69 kadang F70 RPR, untuk pikap ada pilihan 4x4 dan 4x2, mesin sama sama 2800 cc diesel.

F73 Taft 4x4 (populer disebut Taft Independen) 2800 cc diesel
F78 Rocky 4x4 (populer disebut Rocky Independen) 2800 cc diesel

END OF QUOTE

Saya punya kenangan manis soal Taft yaitu :

F69 Hiline GTS 4x2 adalah mobil dinas saya dulu waktu kerja di Cabang Medan (2001 - 2003). Ini mobil bisa dibawa pulang. Sebagai anak muda usia 28 thn tentu saja saat itu sudah bangga sekali. Solar juga murah.
Saya pacaran pakai mobil ini.

Yang saya ingat adalah kalau ke tempat client pakai mobil ini, maka semua orang berebut nyetir, supaya jangan duduk di belakang yang mana kursinya tipis dan hadap hadapan. pegel pinggang..

Trus saya pernah dijodoh-jodohin sama kawan untuk pacaran sama rekan kerjanya dia.
Malam minggu saya jemmputlah itu cewek ke rumahnya naek Taft Hiline GTS itu ke rumahnya, di kompl. Taman Setia Budi Indah, Medan. Ceritanya cari makan malam. Ternyata itu pintu mobil sebelah belakang sudah oblak engselnya..Terpaksa saya ikat dulu pakai tambang (kita di Medan bilangnya tali jemuran) wkwkwkwkw...karena suaranya sudah godek godek...

Trus waktu PDKT sama istri sekarang, istri saya kan guru sekolah minggu. Maka saya bawa mobil itu ke Taman Retreat GBKP Sibolangit, bersama dengan anak anak muridnya. Dan mobil itu jadi mobil support logistik kalau mau belanja sesuatu keluar dari komplek retreat (yang kayak hutan itu)..
#Cinta-BUtuh_Perjuangan


Yang saya ingat dari mobil ini adalah tangguh, irit, murah sparepart, belum pernah turun mesin sampai saya tinggalkan (odo kira2 200,000an km)...tapi plat pelindung gearbox bunyi KRRRRRRR kalau lagi berhenti di lampu merah..

Yang banyak dicari skrg adalah Taft Kebo, karena katanya kuat sebab tidak pakai timing chain, tapi timing gear..
(Saya sendiri juga belum pernah buka mesinnya)..
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by liep »

classicrock wrote: Tue Oct 03, 2017 1:00Maksimum speed pernah tembus 140 kpj tapi terasa seakan kiamat sudah dekat.
hahaha, jalan 160km/jam kiamat sdh di depan mata, 180km/jam bener2 kiamat.....
bersih rapi mblnya, klo pas macet ato pas mau nyalip trus ad mbl bginian--ane ga brani mepet2 deh krn biasanya ban lebih lebar drpd bodi mbl, kegeser dikit aj bakalan penyok2 mbl ane, klo mepetin pajero ato fortie malah lbih brani
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by billyd1773dz »

Wah Ada om rico... Haha suhu TDI ni, dah lama ga jumpa kita wkwk

Sya sempet punya 2 F78, dalkot nyaman, di tol juga lebi kenceng dr F75, tp nanjak ntah knp jauh lebih berat, kaki2 jg jauh lebi ringkih dan mahal partnya.. terkahir gc nya drop dr 215mm jadi cuma 165mm dgn crossmember tengah besar, pastikan bagian ini masih lurus jika mw beli bekas


f78 n f75 gw masi ada hahaha g kerasa uda 11 tahun bersama

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by Michaelktp »

Thumbs up untuk mobilnya. Sayang banget sudah dijual. Saya pernah pelihara Taft GT F70 4x4 tahun 1994. Dulu belajar setir juga pakai mobil ini dan enak banget untuk pemula belajar cara pakai mobil M/T. Mobil yang robust banget karena diajak ke medan apapun ayo ayo saja. Max speed memang better hanya 80 km/h karena melebihi itu rasanya mau "kiamat" hahaha. Secara GC mobil tinggi banget sehingga hambatan angin (CoD) besar dan sangat terasa di kecepatan tinggi hehehe. Overal ini mobil dengan blind spot paling minim, secara pilar A masih lurus dan kaca mobil besar lebar semua. Yang unik juga AC mobil Taft saya dulu. Dimana kalau mesin stasioner agak lama, AC jadi tidak dingin dan hanya angin berhembus dan harus di gas gas lagi biar dingin. Awalnya bingung juga, ternyata itu memang ciri khas AC Daihatsu setelah punya Taruna 1.6 G Ltd. Konon mirip AC mobil Prancis : Peugeot dan Citroen.
Sayang banget sekarang sudah lama discontinue apalagi setelah prinsipalnya menjadi anak usaha TMC Japan 1999. Lenyap sudah semua sisa sisa kejayaannya pra 1998.
Last edited by Michaelktp on Tue Oct 03, 2017 8:39, edited 1 time in total.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by michaelgiri93 »

classicrock wrote: Tue Oct 03, 2017 2:37
Terima kasih om, sekalian saya jelasin dikit ya om, Hiline sendiri sebenernya ada beberapa varian, Hiline GTS (bodi persis Taft GT tapi 4x2), Hiline GTX (bodi persis Rocky tapi 4x2), Hiline GTL (long chassis 5 pintu bikinan karoseri...ada 4x4 dan 4x2) lalu terakhir Hiline Pick Up (ada 4x4 dan 4x2).

Pada dasarnya semuanya sama mengenai mesin, yang membedakan hanya bentuk bodi, dimensi serta pilihan penggerak.

Nah kalo ditanya gantinya apa, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Avanza baru, sebuah pilihan yang mengejutkan mungkin, tapi setelah timbang sana sini, untuk keperluan saya masih cocok mobil ini, pun ada sebab kenapa saya milih Avanza, dikarenakan "test drive" tak sengaja selama 13 hari saat sedang bertugas di Kalimantan Timur, mungkin nanti akan saya tuangkan juga dalam sebuah ulasan.
Oh oke om makasih infonya
Saudara saya ada yang pelihara hiline
Setau saya masih 4speed, 4wd, tapi panjang (5pintu) berarti gtl ya om

Oh oke om saya tunggu reviewnya
:big_exellent:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Ajo Ori
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Jun 23, 2013 2:17

Re: Review Daihatsu Taft F73 2002

Post by Ajo Ori »

:2gunfire: :big_smile] salut om, bisa merawat dengan apik...anak saya yang cewek malah minta mobil ini kalo besok masuk sma. gegara ngeliat di jalan..hehehe