Page 4 of 7

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Jan 06, 2018 1:57
by b8099ok
arfs wrote: Fri Jan 05, 2018 1:43
b8099ok wrote:Ertidis gain dpt mayan gede. Yg jelas koplingnya kalah duluan. Awas ni ecu msh kline, blm canbus, lama kali tarik datanya ama writingnya. Ampe jenggotan dah,... :big_slap:
Tapi masih lamaan nunggu FRD mendapatkan cinta nya kan? :ngacir:
Ketikung pulak,... :glodak:

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Jan 06, 2018 9:01
by Kijangers
vp920b wrote:Idle start stop tidak akan selalu jalan, karena dia harus ngisi daya dulu yang cukup baru idle start stop jalan.

Kasus begitu sama saja seperti di Merc or Beemer, akan selalu silang auto start stop kalau daya pengisian KERS/SHSV kalau di suzuki belum full. Kalau sudah full baru bisa start stop.

Deselerasi untuk mengisi daya dari rem(Kinetic Energy).

Saya sih kalau pun punya Ertidis, sudah pasti SHSV akan selalu off, maklum takut dinamo stater ama aki jebol karena Aki tidak bisa beli sembarangan.

Thanks
Iya Om vp920b, saya juga lebih sering mati ISS nya. Logika saya mesin turbo biar ga langsung hilang pelumasan turbo nya dipasang turbo timer, ini malah dengan sengaja langsung mati. Takut malah ada imbas negatif ke turbo nya...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sun Jan 07, 2018 1:42
by mas_amoh
KakaAde wrote: Fri Jan 05, 2018 2:50
aryoicez wrote: Thu Jan 04, 2018 18:02
KakaAde wrote: Wed Jan 03, 2018 4:54
kl ane penikmat mesn berisik... coz melihara inova diesel '14 jg
so far pake ertidis itu, enjoy dan maintenance gakribet :big_smile] .. hny saja tenaga rpm bwh krg nendang, tp kl dah diatas.. ngerih turbo VGT-nya... :)
(kndisi ertidis ane dah dcopot katalic converternya (si penghambat buangan gas) + psg ground cable

titik pemasangan ground cable dimana aja gan?
itu cuman copot katalicnya aja? gak nambah2 lagi pipa2nya?

sekrang aksel naik banget gak gan?
ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupa :(
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin :)
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sun Jan 07, 2018 11:54
by aryoicez
Kijangers wrote: Sat Jan 06, 2018 9:01
vp920b wrote:Idle start stop tidak akan selalu jalan, karena dia harus ngisi daya dulu yang cukup baru idle start stop jalan.

Kasus begitu sama saja seperti di Merc or Beemer, akan selalu silang auto start stop kalau daya pengisian KERS/SHSV kalau di suzuki belum full. Kalau sudah full baru bisa start stop.

Deselerasi untuk mengisi daya dari rem(Kinetic Energy).

Saya sih kalau pun punya Ertidis, sudah pasti SHSV akan selalu off, maklum takut dinamo stater ama aki jebol karena Aki tidak bisa beli sembarangan.

Thanks
Iya Om vp920b, saya juga lebih sering mati ISS nya. Logika saya mesin turbo biar ga langsung hilang pelumasan turbo nya dipasang turbo timer, ini malah dengan sengaja langsung mati. Takut malah ada imbas negatif ke turbo nya...
udah pasang turbotimer kena berapa?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Mon Jan 08, 2018 11:23
by KakaAde
mas_amoh wrote: Sun Jan 07, 2018 1:42
KakaAde wrote: Fri Jan 05, 2018 2:50
aryoicez wrote: Thu Jan 04, 2018 18:02


titik pemasangan ground cable dimana aja gan?
itu cuman copot katalicnya aja? gak nambah2 lagi pipa2nya?

sekrang aksel naik banget gak gan?
ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupa :(
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin :)
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...
iya om... penghambat buangan gas..
lama kelamaan malah jd bikin mampet buangan gas, kl dah numpuk karbonnya..

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Jan 09, 2018 17:48
by aryoicez
KakaAde wrote: Mon Jan 08, 2018 11:23
mas_amoh wrote: Sun Jan 07, 2018 1:42
KakaAde wrote: Fri Jan 05, 2018 2:50
ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupa :(
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin :)
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...
iya om... penghambat buangan gas..
lama kelamaan malah jd bikin mampet buangan gas, kl dah numpuk karbonnya..
kmren kata tukang knalpotnya, CC erdis sama spin beda.. di erdis itu di cor, jadi agak susah untuk "copot" CC tapi gak tau dehh di akalin sama tukangnya.. sekarng "siulannya" udahh kedengaren dari rpm bwah

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Thu Jan 11, 2018 3:57
by fiestawhite13
gan nanya dong ada yg sebelumnya pake ertiga bensin ga sebelum ke ertidis? apakah perbedaann konsumsi bbmmnya signifikan banget untuk dalkot jkt yg super macet jam kantor? mau nanya pendapat real dari user yang pernah menggunakan langsung ertiga bensin nih karena ada rencana ambil ertidis tapi yang versi bensin khususnya second cukup menarik bagi saya terima kasih

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sun Jan 14, 2018 15:56
by omozy
sepi yak, masih pada baru baru mobilnya belum banyak oprek oprek wkwkwkw

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Mon Jan 15, 2018 0:25
by urangdiri
omozy wrote:sepi yak, masih pada baru baru mobilnya belum banyak oprek oprek wkwkwkw
Iya om..
Kalo saya belum brani oprek2... odometer masih d bawah 5000, mantau nyimak review dari user lain dulu :-)

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Mon Jan 15, 2018 2:54
by b8099ok
Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Thu Jan 18, 2018 7:38
by urangdiri
b8099ok wrote: Mon Jan 15, 2018 2:54 Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...
Belum tau om..mungkin di new ertiga diesel metiknya

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Fri Jan 19, 2018 16:35
by b8099ok
urangdiri wrote: Thu Jan 18, 2018 7:38
b8099ok wrote: Mon Jan 15, 2018 2:54 Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...
Belum tau om..mungkin di new ertiga diesel metiknya
Cape deh lamanya susuki,...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Mon Feb 12, 2018 6:05
by rgee
Sekedar sharing kemaren abis servis 10k cuma ganti oli SGO dan krn filter oli gak ada barang. Sekalian tes SGO kalo gak maknyus balik lagi ke castrol. [emoji3]

Ada yg punya inpo bengkel yg bisa ganti oli+filter diluar beres daerah Jaksel/tangsel ?

Terima kasih
IMG_20180212_130000.jpg

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Mar 27, 2018 4:34
by harjo
Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Mar 27, 2018 6:50
by hafizh
harjo wrote: Tue Mar 27, 2018 4:34 Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
Mantep nih, mungkin bisa dijelaskan detil langkah2 modifikasinya om...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Mar 27, 2018 6:57
by u53r
harjo wrote:Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
Iya nih om tlg di share biar kawan2 disini bisa ngobatin masalahnya.. karena suzuki benar2 import cbu tanpa membuat adaptasi sama sekali untuk iklim di indonesia...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Mar 27, 2018 6:59
by u53r
KakaAde wrote:
u53r wrote: Thu Jan 04, 2018 12:36
KakaAde wrote: kl ane penikmat mesn berisik... coz melihara inova diesel '14 jg
so far pake ertidis itu, enjoy dan maintenance gakribet :big_smile] .. hny saja tenaga rpm bwh krg nendang, tp kl dah diatas.. ngerih turbo VGT-nya... :)
(kndisi ertidis ane dah dcopot katalic converternya (si penghambat buangan gas) + psg ground cable
Bongkar catalitic convnya dimana? Ganti downpipe ya
di budi knalpot permata hijau.... kndisi KM 1000, br jln sgitu ajah dah item gosong cataliticnya... :(
intinya hrs dcopot/belah tuh CC, pengerjaannya dbuat ulang pipanya.
Mantap om.. rasanya memang cm di Budi Knalpot aja yang ready custom begitu... terimakasih infonya

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Mar 27, 2018 7:05
by Ilhams
Pagi, Siang, malam om,,, saya newbie disini.. pengguna Surtidis (medan), mau tanya untuk mencmpur bahan bakar Bio Diesel VS Dexlite aman gak ya? dan kalaupun terpaksa pakai Bio SOlar gimana tarikan mesin dan kualitas suaranya..?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Mar 27, 2018 13:42
by Boeds
harjo wrote: Tue Mar 27, 2018 4:34 Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
wow...keren banget om bisa segitu. effortnya gak sampai bikin capek hati kan? :big_think:
kalo driving normal dapet segitu, bisa ketagihan roadtrip jauh" mulu nih...

saya pemakai ertiga bensin kloter pertama, sudah hampir nginjak 6 tahun.
mesin masih gak beda jauh dgn pertama ambil dulu, masih relatif halus.
cuma ya, interior saja rada kuning" jorok gitu, maklum interior beige usia 6 tahun... isinya anak" .

lagi kepikiran ganti suasana ertidis buat harian.
kalau om harjo dalam kota biasanya dapat berapa fc nya dari beberapa kali pengamatan ?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Mar 28, 2018 0:54
by harjo
Kalau untuk sekitaran kota rata2 kalau yang pakai saya bisa tembus 20km/lt tapi kalau yang bawa istri bisa 18km/lt, oh iya om mungkin weight to ratio perlu diperhatikan juga karena ertiga diesel saya bangku jok belakang saya lepas biar bisa muat lebih banyak barang om.., yang paling utama juga sebenarnya adalah drive stile kita yang harus perlu banyak belajar disesuaikan dengan karakter mobil apalagi buat diesel.

sekedar share pengalaman saya pemakaian sehari-hari, saya juga sering campur tuh dexlite sama biosolar, terakhir sering biosolarnya dan yg paling terasa adalah pijakan gas harus lebih dalem om dan konsumsi juga ngaruh sedikit lebih boros, tetapi kalau dihitung2 tetap jauh lebih irit duitnya, cuman perlu diperhatikan kalau sering pakai biosolar harus dibarengi dengan penambahan additive yg dicampur ke bahan bakar biar tidak membuat filter solar sama injector gampang kotor.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Mar 28, 2018 3:03
by hafizh
oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Mar 28, 2018 3:04
by andrijet
Jok belakang gak sampe 20kg kyknya, hehehe...

Maksudnya gak ada thermostat itu gmn yak?
ACnya gak bs set suhu gt?
Emang India ada 4 musim yak?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Mar 28, 2018 4:55
by mike22
ditunggu jg om step modif masang termostatnya.. spertinya di mobil sy juga masalahnya sama

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Mar 28, 2018 6:27
by harjo
hafizh wrote: Wed Mar 28, 2018 3:03 oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...
om hafizh coba cari di online shop untuk temperature control harganya ngak mahal kok malah yang modulenya aja cuman ngak sampai 50K, kalau om paham cara bongkarnya buat yg di dashboard tinggal cabut dan putus kabel warna biru muda itu kepunyaan switch AC on/off, ntar tinggal pasang aja kabel dari alat temperature controlnya (relay pemutus dari module temp), untuk sensornya lubangi air hose atas seukuran sensor dan masukkan setengah sensor masuk kedalam air hose tersebut, untuk power 12vDC nya saya jumper dari lighter.
kalau om beli alat temperature control usahakan yg ada manualnya karena ntar perlu setting deadband/jarak mati target temperature buat menyalakan dan mematikan compressor.
sebenarnya system ini sama dengan thermostat AC biasa cuman harganya jauh lebih murah om, jangan kuatir saya sudah pakai alat ini sejak awal sampai sekarang berjalan lebih dari 7000km masih aman tidak ada pengaruh ke system yang lain.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Mar 28, 2018 10:48
by halooo
harjo wrote: Wed Mar 28, 2018 6:27
hafizh wrote: Wed Mar 28, 2018 3:03 oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...
om hafizh coba cari di online shop untuk temperature control harganya ngak mahal kok malah yang modulenya aja cuman ngak sampai 50K, kalau om paham cara bongkarnya buat yg di dashboard tinggal cabut dan putus kabel warna biru muda itu kepunyaan switch AC on/off, ntar tinggal pasang aja kabel dari alat temperature controlnya (relay pemutus dari module temp), untuk sensornya lubangi air hose atas seukuran sensor dan masukkan setengah sensor masuk kedalam air hose tersebut, untuk power 12vDC nya saya jumper dari lighter.
kalau om beli alat temperature control usahakan yg ada manualnya karena ntar perlu setting deadband/jarak mati target temperature buat menyalakan dan mematikan compressor.
sebenarnya system ini sama dengan thermostat AC biasa cuman harganya jauh lebih murah om, jangan kuatir saya sudah pakai alat ini sejak awal sampai sekarang berjalan lebih dari 7000km masih aman tidak ada pengaruh ke system yang lain.
Sekalian aja foto atau videonya om dan link beli alatnya. Garansi kelistrikan otomatis hilang ya? Tapi gatel jg sih kl ada problem serupa di mobil sendiri sementara beres ga bs ngapa2in. #user gx 13 yg lg mikir nyari ganti yg senyaman ertiga apa