Bapak2 di SM sekalian, saya pengen tanya Sabtu kemarin baru spooring di S*putra Alam Sutera. Singkat cerita abis spooring mobilio saya, setir kok harus agak miring kanan sedikit baru lurus. Hari minggu saya bawa lagi deh ke bengkel untuk nanya kenapa stir jd miring kanan, diperbaikin stirnya tapi mobil kok kek kurang greget bawanya. Sebelum spooring malah lebih enak intinya.
Alhasil pagi ini saya print-an hasil spooringnya si bengkel ban tsb, Camber depan Left -0,20 ; Right -1.00 (menurut kertas si bengkel ban ini, minimum -0,3). Apakah kondisi ini yang bikin awalnya setir jadi harus miring kanan sedikit biar lurus (narik kiri)? dan setelah diperbaiki masih aja agak gimana gitu rasanya. Saya bandingin ama print-an previous spooring di BeRes honda, dipasang camber kiri-kanan imbang di -0,30. Toe and Caster lainnya sih normal2 aja masih in range juga.
Setir agak narik, camber yang tidak imbang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Setir agak narik, camber yang tidak imbang?
Kondisi bannya sendiri gimana om?josomba wrote: Mon Sep 11, 2017 2:35 Bapak2 di SM sekalian, saya pengen tanya Sabtu kemarin baru spooring di S*putra Alam Sutera. Singkat cerita abis spooring mobilio saya, setir kok harus agak miring kanan sedikit baru lurus. Hari minggu saya bawa lagi deh ke bengkel untuk nanya kenapa stir jd miring kanan, diperbaikin stirnya tapi mobil kok kek kurang greget bawanya. Sebelum spooring malah lebih enak intinya.
Alhasil pagi ini saya print-an hasil spooringnya si bengkel ban tsb, Camber depan Left -0,20 ; Right -1.00 (menurut kertas si bengkel ban ini, minimum -0,3). Apakah kondisi ini yang bikin awalnya setir jadi harus miring kanan sedikit biar lurus (narik kiri)? dan setelah diperbaiki masih aja agak gimana gitu rasanya. Saya bandingin ama print-an previous spooring di BeRes honda, dipasang camber kiri-kanan imbang di -0,30. Toe and Caster lainnya sih normal2 aja masih in range juga.
Dulu sy spooring disitu selain memang diadjust cambernya (sampe beli baut camber) juga dibilangin kalo bannya udah gak rata (maklum pake ban achilles atr sport murahan udah jalan 50rb km 3 th), jd mekaniknya sendiri juga bilang hasilnya gak akan maksimal. But at least mendingan lah.
Tapi itu settingan camber kok sampe -1 derajat ya, kyknya kelebihan tuh, cb minta samain ama settingan beres honda aja.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Setir agak narik, camber yang tidak imbang?
seinget saya, spooring itu ada garansi selama 1 minggu. apabila dalam waktu tersebut setir masih "nggak enak", ya balikin aja suruh mekaniknya beresin sampe bener.
kalo nggak bisa bener juga, cari bengkel lain yang mekaniknya bener.
kalo nggak bisa bener juga, cari bengkel lain yang mekaniknya bener.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Setir agak narik, camber yang tidak imbang?
josomba wrote:Bapak2 di SM sekalian, saya pengen tanya Sabtu kemarin baru spooring di S*putra Alam Sutera. Singkat cerita abis spooring mobilio saya, setir kok harus agak miring kanan sedikit baru lurus. Hari minggu saya bawa lagi deh ke bengkel untuk nanya kenapa stir jd miring kanan, diperbaikin stirnya tapi mobil kok kek kurang greget bawanya. Sebelum spooring malah lebih enak intinya.
Alhasil pagi ini saya print-an hasil spooringnya si bengkel ban tsb, Camber depan Left -0,20 ; Right -1.00 (menurut kertas si bengkel ban ini, minimum -0,3). Apakah kondisi ini yang bikin awalnya setir jadi harus miring kanan sedikit biar lurus (narik kiri)? dan setelah diperbaiki masih aja agak gimana gitu rasanya. Saya bandingin ama print-an previous spooring di BeRes honda, dipasang camber kiri-kanan imbang di -0,30. Toe and Caster lainnya sih normal2 aja masih in range juga.
Range chamber nya jauh amat.
Pengalaman range 0.1 masih bisa di terima.
Mobilio gak ada adjustment buat chamber, mungkin bushing arm dah pecah.
Beda tempat spooring bisa beda bacaan nya. Jarang yg dikalibrasi.
Setuju ama mbah Marmut, coba balik lagi aja...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Setir agak narik, camber yang tidak imbang?
Thank you buat respon2nya, tapi sekarang case closed ya bapak2 sekalian. Penyebabnya seperti pak paidjho bilang mesin "jarang kalibrasi" sepertinya. Jadi hari minggu sebenernya udah bawa lagi ke s*putra (karena garansi), tapi cuman dibelokin ke kiri setirnya dari yang tadinya agak miring kanan, tapi ya tetep aja ga enak (setir malah terlalu ke kiri) karena saya ga liat ada maenin toe atau oprek2 lagi di bawah mobil. Singkat cerita, kemarin lagi jam makan siang, cabut bentar dari kantor coba ke bengkel ban deket kantor. Kalo menurut mesinnya yg bengkel ban deket kantor, toe-nya masih belom pas, tapi camber serta caster normal. Pulang kantor bawa lari di tol, nah setir udah mantep sih. Jadi yaa memang selalu ada perbedaan antar mesin karena tiap bengkel interval kalibrasinya beda2. agak aneh, padahal s*putra dah sering kesitu ga ada masalah (langganan bokap dari jaman dulu juga terutama yang di bsd).
Terima kasih sekali lagi om/bapak/bro sekalian ya

Terima kasih sekali lagi om/bapak/bro sekalian ya


