(15/08/2005) - Sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini, PT Toyota Astra Motor menjual 107,480 unit dan menguasai 31.1% pangsa pasar otomotif nasional, yang total pejualanya mencapai 345,167 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, pemain terbesar di Indonesia ini menguasai 30.4% pangsa pasar.
Khusus selama Juli, penjualan otomotif nasional mencapai 49,388 unit dan TAM menyumbang 15,925 unit atau menguasai 32.2%.
“Penjualan Toyota tersebut belum termasuk penjualan Fortuner di kelas 4x2 high-up dan 4x4, karena Fortuner itu sendiri baru dideliveri ke konsumen mulai awal Agustus 2005,†jelas Johnny Darmawan, presiden direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM). “Hingga saat ini, pemesanan Fortuner di seluruh Indonesia telah mendekati angka 3.000 unit. Ini cukup melegakan, karena dengan hasil ini, target penjualan Fortuner sebesar 500 unit per bulan di tahun 2005, tampaknya dapat dicapaiâ€Â, ungkap Johnny Darmawan lagi.
Penjualan nasional kendaraan di segmen non-komersial/kendaraan penumpang di Januari – Juli 2005 tercatat 227.688 unit, naik 32,9% dibanding penjualan pada periode yang sama tahun 2004 sebesar 171.282 unit. Di segmen kendaraan penumpang ini, Toyota berada di urutan pertama dengan pangsa pasar 40,1% atau 91.285 unit, diikuti Suzuki (17,5% pangsa pasar) dan Honda (16% pangsa pasar).
Pasar sedan di Januari – Juli 2005 masih dipimpin Toyota dengan angka 10.035 unit atau sebesar 43,2% pangsa pasar, diikuti Honda (31,7%) dan Hyundai (5,5%). Di kelas sedan mini, Toyota memimpin dengan penjualan 7.314 unit, yang terdiri dari 2.920 unit Toyota Vios dan 4.394 unit Toyota Limo. Di kelas sedan small, Toyota Corolla Altis juga memimpin dengan pangsa pasar sangat besar 63,9%, atau terjual sebanyak 1.463 unit kendaraan. Di kelas sedan medium yang kompetitif, Toyota Camry juga memimpin 37,8% pasar dengan angka penjualan 1.230 unit.
Di pasar kendaraan 4x2, Toyota selalu mendominasi dari tahun ke tahun. Hal ini pun tampak dari hasil penjualan di Januari – Juli 2005 di mana Toyota, melalui penjualan Avanza dan Kijang Innova, berhasil memimpin 40% pasar dengan angka penjualan total 81.234 unit. Dominasi Toyota Avanza di kelas 4x2 low adalah 34,2% atau terjual sebanyak 31.195 unit. Di kelas 4x2 medium, Kijang Innova pun terus memimpin dengan pangsa pasar 51,9% atau terjual 50.021 unit.
TAM tembus 100,000 unit
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia