langsung aja nih, saya mau berbagi sedikit info tentang hasil penggunaan aditif CRC Motor Treatment pada SX4 2012 MT. Saya nulis review ini karna info ttg produk ini kayaknya minim banget. Di BITOG aja cuma ada 1 thread kayaknya dan itu pun rata2 pada nyela produk ini.
Jadi kondisi sebelum ditambahin aditif itu mobil berusia 5 tahunan, km 35rb, mesin kondisi standar sama sekali, oli mesin SGO berusia 4 bulan, oli transmisi punya Suzuki berusia 1 bulan. Mobilnya baru 6 bulanan terakhir dikasih pertamax krn sebelum2nya cuma premium aja.
Nah, saya iseng ngisi aditif CRC krn rasa berkendara sudah kurang nyaman padahal pemakaian cenderung minimum dengan rute >90% dalkot. Jadi kurang nyamannya itu kalo merayap pelan, misalnya keluar dari parkiran ato kena macet ringan yang masih padat merayap, mobil kan masuk gigi 2 rpm rendah tanpa digas & tanpa injek kopling. Nah mobil tuh maju tapi rasanya agak tersendat2, kecuali kalo tekan kopling pol. Selama ini ganti oli selalu di beres dan sekalian komplain juga masalah ndut2an itu,tapi selalu cuma dikasih carb-cleaner aja.

Trus saya belilah CRC di ACE krn baca2 di botolnya bisa buat mesin bensin maupun diesel (kebetulan ada Trooper Diesel '86 & PS '14 punya mertua). Harga Rp. 171rb - diskon member ACE Rp29rb = Rp142rb di ACE Makassar.
Saya ngetes & masukin sekitar 180 mL di tempat ngisi oli mesin sesuai rekomendasi CRC (47mL/ L oli mesin). Botolnya kapasitas 474 mL jadi ada sisa sekitar 290 mL. Sisanya itu saya masukin di tangki bensin yang pas lagi full tangki pertamax. Kalo kata botolnya sih masukin sekitar 8 mL/ L BBM jadi kalo fulltank 42 L = 336 mL. Yaaah, beda2 tipis gapapalah.
Begitu nyalain mesin, impresi pertama getaran mesin jadi lebih halus tapi temperatur mesin agak naik dikit. Di SX4 itu kan skala suhu dari min sampai max ada 5 garis, paling bawah di C, paling atas di H. Nah, sebelum dikasih CRC, biasanya suhu mesin SX4 saya ada di sekitar 30% (sedikit melewati garis kedua. Habis dikasih CRC, ada di petengahan antara garis kedua dan ketiga, jadi sekitar 40%. Kalo suhu realnya sih saya gak ngukur, hehe.
Kalo gak kebayang, ini ada gambarnya di bawah. Tapi ini foto dari mobil orang ya, bukan yg saya cerita di atas. Pas mobil dibawa jalan, terasa lebih ringan tarikan dan gejala ndut2an pas gigi 2 rpm rendah lepas gas lepas kopling sudah sangat berkurang (masih ada dikiit sih). Fuel cons juga sepertinya agak lebih irit, biasanya mentok 1:12 dalkot lancar tadi pas dipake seharian dapet 1:13, hampir 1:14.
Kalo berdasarkan petunjuk dari botol itu, oli yang udah kecampur CRC itu perlu diganti setelah jalan 50-100 km. Saya emang rencana ganti oli dalam waktu dekat sih, jadi sesuailah sama rekomendasinya si CRC
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Anyway, overall cukup puas dengan produk satu ini. Padahal sebenernya salah beli... Tadinya pengen beli CRC 1Tank Power Renew sesuai rekomendasi om Turboman, tapi pas di ACE lupa tipe CRC nya, jadi asal angkut aja deh... hehehe
Sekian review cupu dari nubitol

-SALAM-