
Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
Suhu suhu SM yg baik hati, rencana saudara ane ada yg mau cari mobil bekas honda genio 1995, kira2 apa aja ya yg hrus di perhatikan sebelum membeli genio 1995, hrus sedia berapa duit buat beres beres klo ada pr nya.. kalo ada suhu yg pelihara genio jg, ksih kelemahan n kelebihan mobil ini dong... thanks.. 

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Apr 26, 2017 5:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NissanSerena
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
mau cari matic apa manual om? paling umum aja periksa transmisi, kaki2, sisanya aman genio gampang rawatnya. kelemahan ada di radiator std yg kecil jadi dulu punya saya gampang panas, setelah diberesin udah enak lagi dipakenya.. sisanya paling cek power window biasanya udah pada seret sama jalur kabel electrical banyak jumperan atau ngga...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
Mau cari yg manual rencana nya gan.. harga kaki kakix mahal gak genio itu gan, km misalkan harus ganti gt?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Apr 19, 2015 13:24
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
Mobil pertama saya waktu sma. Honda Genio taun 1994. Beli 2008 pertengahan dijual 2009 awal. Alasan dijual karena ngga sanggup benahin mesin yg suka kepanasan (Belom tau triknya mungkin).
Part kaki-kaki. Ngga mahal2 amat. Dibanding ama toyota corolla di taun yg sama. Harganya mirip. Tapi masih nyaman genio.
Saran saya sih perbanyak referensi tentang radiatornya genio aja sebelum membeli. Agar tenang di kemudian hari.
Sent from my SM-A520F
Part kaki-kaki. Ngga mahal2 amat. Dibanding ama toyota corolla di taun yg sama. Harganya mirip. Tapi masih nyaman genio.
Saran saya sih perbanyak referensi tentang radiatornya genio aja sebelum membeli. Agar tenang di kemudian hari.
Sent from my SM-A520F
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
semua mobil yang udah berumur itu penyakitnya sama. nggak perduli merk dan buatan mana.
1. wiring system / perkabelan.
saya belum pernah liat mobil berumur yang dipake harian dengan kondisi perkabelan yang bebas suntik sana sini, sambung sana sini. pasti ada aja yang bakalan jadi biang korslet / kebakaran.
2. kondisi mesin.
bebas dari tetesan / rembes oli apa enggak, suara mesin halus / kasar, dari ujung pipa knalpot keluar asap pembakaran oli apa enggak.
belum lagi sistem pendinginan mulai dari radiator, kipas pendingin (elektrik / manual), water pump, dan selang-selang penghubungnya.
sistem pengapian mesin, mulai dari ecu, sampe busi.
3. suspensi.
4. kondisi eksterior. cat, bumper, lampu-lampu, dll.
5. kondisi interior. pelapis jok, dashboard, kisi-kisi AC, tombol power window, dll.
untuk PR ya tergantung dari kondisi mobil tersebut, mau yang murah dengan PR segambreng atau yang rada mahal tapi PR nggak bikin pening kepala?
semoga membantu.
1. wiring system / perkabelan.
saya belum pernah liat mobil berumur yang dipake harian dengan kondisi perkabelan yang bebas suntik sana sini, sambung sana sini. pasti ada aja yang bakalan jadi biang korslet / kebakaran.
2. kondisi mesin.
bebas dari tetesan / rembes oli apa enggak, suara mesin halus / kasar, dari ujung pipa knalpot keluar asap pembakaran oli apa enggak.
belum lagi sistem pendinginan mulai dari radiator, kipas pendingin (elektrik / manual), water pump, dan selang-selang penghubungnya.
sistem pengapian mesin, mulai dari ecu, sampe busi.
3. suspensi.
4. kondisi eksterior. cat, bumper, lampu-lampu, dll.
5. kondisi interior. pelapis jok, dashboard, kisi-kisi AC, tombol power window, dll.
untuk PR ya tergantung dari kondisi mobil tersebut, mau yang murah dengan PR segambreng atau yang rada mahal tapi PR nggak bikin pening kepala?
semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
Cari yg manual n sebisa mungkin cari yg masih pake velg ori, karena biasanya yg pake velg ori ada 2 kemungkinan: 1. Mobil simpanan. 2. Mobil kesayangan yg udah direstorasi balik ke ori.
Tentu saja pertimbangan n kondisi lain jg diperhatikan ya
Tentu saja pertimbangan n kondisi lain jg diperhatikan ya
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
Makasih bnyk suhu2 SM sekalian, info nya sungguh membantu.. tp ane baca2 d mbah google yg thun 1995 uda d perbaiki ya kekurangan genio di sektor radiator nya, d tahun 1995 apa msh ada aja bermasalah overheat gan?
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Apr 26, 2017 5:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NissanSerena
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
harga kaki2 buat genio ngga mahal kok om, masih oke sama dompet...waha7 wrote: Mon Aug 21, 2017 18:42 Mau cari yg manual rencana nya gan.. harga kaki kakix mahal gak genio itu gan, km misalkan harus ganti gt?
usahain cari tempat yang recommend om biar ngga cape bolak-balik ngebengkelnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
ganti radiator 3 ply kalo udah dapet
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
penyebab overheat bukan melulu kesalahan radiator. masih ada electric fan, thermostat, thermoswitch, dan waterpump yang bisa jadi tersangka.
mengganti radiator dengan yang lebih besar memang solusi paling mudah, sekaligus paling menyesatkan.
kalo sampe kejadian overheat, periksa seluruh cooling system mulai dari radiator, waterpump, thermotsat, thermoswitch, waterjacket, seluruh selang/pipa air pendingin, soket kabel e-fan, dan e-fan itu sendiri.
yang berikutnya, periksa kondisi mesin apakah masih standar atau sudah dirubah semisal kompresi dinaikkan drastis sehingga membuat suhu menjadi lebih panas dari yang normal.
periksa juga busi apakah standar bawaan mobil atau memakai tipe lain dengan nilai panas yang berbeda. salah pilih nilai panas busi bisa menjadi salah satu penyebab overheat.
mengganti radiator dengan yang lebih besar memang solusi paling mudah, sekaligus paling menyesatkan.
kalo sampe kejadian overheat, periksa seluruh cooling system mulai dari radiator, waterpump, thermotsat, thermoswitch, waterjacket, seluruh selang/pipa air pendingin, soket kabel e-fan, dan e-fan itu sendiri.
yang berikutnya, periksa kondisi mesin apakah masih standar atau sudah dirubah semisal kompresi dinaikkan drastis sehingga membuat suhu menjadi lebih panas dari yang normal.
periksa juga busi apakah standar bawaan mobil atau memakai tipe lain dengan nilai panas yang berbeda. salah pilih nilai panas busi bisa menjadi salah satu penyebab overheat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
marmut wrote: Tue Aug 22, 2017 5:51 semua mobil yang udah berumur itu penyakitnya sama. nggak perduli merk dan buatan mana.
1. wiring system / perkabelan.
saya belum pernah liat mobil berumur yang dipake harian dengan kondisi perkabelan yang bebas suntik sana sini, sambung sana sini. pasti ada aja yang bakalan jadi biang korslet / kebakaran.
2. kondisi mesin.
bebas dari tetesan / rembes oli apa enggak, suara mesin halus / kasar, dari ujung pipa knalpot keluar asap pembakaran oli apa enggak.
belum lagi sistem pendinginan mulai dari radiator, kipas pendingin (elektrik / manual), water pump, dan selang-selang penghubungnya.
sistem pengapian mesin, mulai dari ecu, sampe busi.
3. suspensi.
4. kondisi eksterior. cat, bumper, lampu-lampu, dll.
5. kondisi interior. pelapis jok, dashboard, kisi-kisi AC, tombol power window, dll.
untuk PR ya tergantung dari kondisi mobil tersebut, mau yang murah dengan PR segambreng atau yang rada mahal tapi PR nggak bikin pening kepala?
semoga membantu.
om TS, saya nyambung ke om marmut yaa..marmut wrote: Thu Aug 31, 2017 3:20 penyebab overheat bukan melulu kesalahan radiator. masih ada electric fan, thermostat, thermoswitch, dan waterpump yang bisa jadi tersangka.
mengganti radiator dengan yang lebih besar memang solusi paling mudah, sekaligus paling menyesatkan.
kalo sampe kejadian overheat, periksa seluruh cooling system mulai dari radiator, waterpump, thermotsat, thermoswitch, waterjacket, seluruh selang/pipa air pendingin, soket kabel e-fan, dan e-fan itu sendiri.
yang berikutnya, periksa kondisi mesin apakah masih standar atau sudah dirubah semisal kompresi dinaikkan drastis sehingga membuat suhu menjadi lebih panas dari yang normal.
periksa juga busi apakah standar bawaan mobil atau memakai tipe lain dengan nilai panas yang berbeda. salah pilih nilai panas busi bisa menjadi salah satu penyebab overheat.
1. wiring = biasanya Honda2 kolot banyak yg dijumper thermoswitch ke motor fan nya, jadi kontak ON, motor fan ON, dan biasanya Honda2 itu dual speed motor fan nya, yang high speed dijumper lagi ke AC, makan la itu jumper2an.
2. setau saya Honda uda lama pake alumunium di blok enjin nya. paling anti sama air keran / air mineral, pasti bakal jadi batu akik. kalo uda kena air keran / air mineral lama kelamaan (ga lama lama amat sih), yakin deh paking head nya kalah karena korosi dan water jacketnya bakal acak acakan karena korosi tsb.
3. penyakit Honda biasanya di kaki2 karena banyak link, terutama kaki kaki depan. biasanya si awal2nya cuma kena karet2 dan bushing2, tapi karena belom parah / lebi mahal biaya bongkar pasangnya daripada sparepart yg dibeli, didiemin sama owner sebelomnya, baru dibenerin pas uda parah. pas uda parah, owner sebelomnya ga punya duit / ga rela keluar duit buat benerin, jual deh.
4. exterior, kalo masi dapet pelek standard dan per ga ceper, uda 1 langkah lebih aman, means mubil rata2 masi perawan / standard / bukan bekas oprekan gagal.
5. Hondul2 jebot begini biasanya bekas dipake bocah2 SMA atau awal kuliah karena harga mubil + balik nama + 1st maintenance cost uda setara Ninja 250 / Yamaha R25 baru, kalo dapet yang uda koprekan audio nya / interiornya uda ga standard, bener2 dicek itu instalasinya gimana, kalo beruntung ente dapet audio bagus harga murah, kalo sial paling mubil ente kebakar sendiri kalo ada yang konslet.
kalok gedein radiator, means suhu kerja mesin lebih lambat tercapai, waterpump bekerja lebi keras pas enjin lagi panas, termostrat banyakan nutup daripada ngebuka di awal karena panas mesin lama kecapai, pas mesin panas, termostrat banyakan ngebuka daripada nutup karena volume cairan yg lebi banyak, waterpump pas dingin juga lebi berat ngudak cairannya karena volume cairan lebi banyak.
kalok kompresi enjin cuma bisa dicek pakek compression meter, kudu keluar dana lebih di awal buat ngecek.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Bagi tips n trik memilih mobil bekas honda genio 1995 dong..
standar cari mobil lama.
cari yang gak ngebul asap knalpotnya,
mesin kering tidak netes oli
cek air radiatornya ada karat apa nggak,
dulu saya lihat mobil ini banyak yg dijual dalam keadaan mesin mati
cari yang gak ngebul asap knalpotnya,
mesin kering tidak netes oli
cek air radiatornya ada karat apa nggak,
dulu saya lihat mobil ini banyak yg dijual dalam keadaan mesin mati
