[Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

[Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by ChZ »

Kembali ke Video Review SM...

Suzuki Ertiga merupakan Low-MPV dari Suzuki yang sudah menjadi pesaing dari Toyota Avanza dan Honda Mobilio. Mobil ini diluncurkan oleh Suzuki di tahun 2012 sebagai jawaban Suzuki atas kebutuhan compact MPV yang nyaman dan irit bahan bakar, dan semakin kesini, pasar Ertiga semakin besar apalagi ditambah maraknya taksi online yang kebanyakan juga digunakan pribadi, Suzuki Ertiga menjadi salah satu pilihan yang sensibel di luar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sudah merajalela... atau Honda Mobilio yang karakternya lebih mirip citycar ketimbang MPV.

Di tahun 2017 Suzuki sepertinya tidak puas dengan mengganggu pasar Avanza saja, tapi mereka juga ingin melakukan sesuatu yang menjadi break-through. Ya, Suzuki Ertiga bermesin Diesel akhirnya dikeluarkan dengan embel-embel Hybrid yang misled banyak orang mengira ini mobil Hybrid beneran kayak Toyota Prius atau Camry. Padahal mobil ini tidak punya tenaga penggerak sekunder / battery Lithium-ion sebagai suplai tenaga tambahan. Hybrid di Ertiga Diesel adalah Mild-hybrid, hanya menggunakan ISG (Integrated Starter Generator) untuk suplai tenaga tambahan.

Mesinnya sendiri sebenarnya serupa dengan Chevrolet Spin, berkode D13A, 1.300cc berteknologi VGT bertenaga 90 HP dan bertorsi 200 Nm. Lebih besar dari Chevrolet Spin. Transmisi hanya tersedia Manual dan hanya tersedia 1 trim : ZDi.

Berikut review tim SM terhadap Ertiga ZDi Diesel MT.



To sum up, kelebihan Ertiga Diesel :
- Mesinnya halus
- Irit bahan bakar
- Fitur yang lebih lengkap dari versi Bensin.
- Dieselnya high-revving. Entah ini kelebihan atau kekurangan... Tapi kalau ada pilihan diesel high revving gini, rasanya versi bensin menjadi tidak menarik.

Kekurangan Ertiga Diesel
- Transmisi Manual dan karakter koplingnya aneh, definitely need Automatic
- Auto Start Stop agak kasar
- AC hembusannya melemah waktu auto start stop aktif.

Sekian dan jangan lupa untuk like, comment, dan subscribe.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by armann »

pdhl kalo bs minum solar murah mestinya bs jauh lbh laku & juga promosi yg ok
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by iwing »

penasaran kalo matic nya keluar
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by mr_mytplx »

drag race menang yg diesel. :big_smoking:

padahal masih standar. :big_biglaugh:

nice review bro. :big_okay:
sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by sinchan17 »

No matik sy skip dulu deh. Maklum tinggal di jaksel yg jarak rumah-kantor 5 km tp bisa 40 menit
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by heiituaku »

blom lihat videonya, maruti india g ada matic, fiat 1.3 multijet diesel (sepertinya) g ada maticnya, apakah suzuki indo punya kemampuan untuk membuat ertiga diesel matic? klo iya jangan-jangan AGS kaya ignis
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by BrianK3 »

Kalau udah ada matic potensi bikin dia jadi super sleeper sangat besar nih.
VW Tiguan TSI Highline 2014
Honda HR-V SE 2024
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by Pboyz97 »

Nice review bro chris
emang tinggal nunggu maticnya aja nih, soalnya kalau pengguna dikota besar kaya jakarta & surabaya kebanyakan pengennya matic, kalau manual biasanya lebih laku didaerah which is penjualannya ga sebesar di kota besar , padahal mesinnya punya potensi & merupakan keunggulan utama ertiga dibanding pesaingnya karena ertiga merupakan kontestan 1 nya yang udah mempunyai varian diesel dikelasnya , setelah spin diesel discontinue pada tahun 2015 silam.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
Dummy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
Location: Bandungan

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by Dummy »

Baru mau nonon videonya.
Udah ada rencana buat diesel matic belom ya ?
User avatar
defreas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Mar 14, 2015 1:28

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by defreas »

Manual gk masalah.
Yg penting bisa minum solar busuk tanpa merusak garansi.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by zonepublic »

Klo dipikir2 sebenarnya ertiga diesel maupun bensin cost/kilometernya sama aja kok menurut saya kok bisa?
Contoh ni dengan kondisi sama2 AC double blower nyala sepanjang perjalanan(bukan mode pajero /panas jobo jero)
Ertiga bensin kondisi macet stop and go dlm kota dpt avg 12-14 kpl (bensin premium 6450/ liter) klo luar kota 80-100kph bisa dpt 16-18kpl
Klo ertiga diesel dengan minimum bahan bakar dexlite 7450/ liter diluar filter solarnya per 20ribu km entah berapa harganya
Berapa kilometer yg bisa didapatkan per liter dexlite? Kalo cuma beda 1-2 km dengan kondisi yg sama dengan ertiga bensin rasanya masih worthed ertiga bensin karena harga barunya lebih murah ertiga bensin(trim dan transmisi yang sama manual)
Menurut saya gitu
Klo buat balapan entah ya,ga pernah drag race,yg pasti klo ertiga bensin manual 175kph masih mampu lah ya
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by Bulgogi »

Saya juga mikir gitu, running cost sepertinya sama aja dgn yg bensin.. ini cuma menang fitur & terlihat "beda" saja..

Ertiga AT saya di rumah daklot bisa 1:12 lho.. padahal yg pra FL.. yg FL klaimnya 15% lebih irit.. kalo diesel dalkot cuma 1:16 (katakanlah matic diesel 1:14), berarti sama aja kan ya..

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by ChZ »

armann wrote: Fri Aug 04, 2017 6:11 pdhl kalo bs minum solar murah mestinya bs jauh lbh laku & juga promosi yg ok
Hmmmm sekarang sudah cukup laku sih om...

Bicara solar, sebetulnya unik... Diesel CRD tuh gak ada yang direkomendasikan minum solar jelek... saking kitanya bandel aja... Saya gak tau apa dampaknya kalau Ertiga Diesel diisi solar murah... Tapi nurut saya Suzuki sudah di langkah yang benar mengedukasi konsumen untuk pakai BBM berkualitas...
iwing wrote: Fri Aug 04, 2017 6:22 penasaran kalo matic nya keluar
Saya juga berharap matiknya cepet keluar... karakternya yang manual saya kurang suka
mr_mytplx wrote: Fri Aug 04, 2017 7:07 drag race menang yg diesel. :big_smoking:

padahal masih standar. :big_biglaugh:

nice review bro. :big_okay:
Hahahahahaha drag race nya itu cuma guyonan om...

Yang bensin itu GL matik dan drivernya nyantai, sedangkan yang diesel saya yang bawa... kaki gatel bawa mobil manual pengen bejek melulu...

:ngacir:
sinchan17 wrote: Fri Aug 04, 2017 9:02 No matik sy skip dulu deh. Maklum tinggal di jaksel yg jarak rumah-kantor 5 km tp bisa 40 menit
Hehehehe sama seperti kesimpulan saya... kalo daerah macet pending dulu rencana belinya...
heiituaku wrote: Fri Aug 04, 2017 9:31 blom lihat videonya, maruti india g ada matic, fiat 1.3 multijet diesel (sepertinya) g ada maticnya, apakah suzuki indo punya kemampuan untuk membuat ertiga diesel matic? klo iya jangan-jangan AGS kaya ignis
Kekuatiran yang sama dulu juga di Ertiga bensin... waktu awal Ertiga bensin diperkenalkan belum ada versi matiknya di benua manapun...

Dan tidak memungkiri akan muncul versi matik jika demand nya cukup besar... Karena ini produk kunci Suzuki untuk bisa bersaing di kelas Low-MPV... Avanza punya durability dan aftersales... Mobilio punya kelincahan ala citycar dan level safety paling baik di kelasnya... Ertiga punya mesin diesel...
BrianK3 wrote: Fri Aug 04, 2017 10:44 Kalau udah ada matic potensi bikin dia jadi super sleeper sangat besar nih.
Ya um... semoga saja ya... hehehe
Dummy wrote: Fri Aug 04, 2017 13:22 Baru mau nonon videonya.
Udah ada rencana buat diesel matic belom ya ?
Ada gosip bakal keluar om... gak tau kapan tapi.
defreas wrote: Fri Aug 04, 2017 13:52 Manual gk masalah.
Yg penting bisa minum solar busuk tanpa merusak garansi.
Menurut saya Suzuki mengambil langkah yang sangat berisiko... Produknya dihindari karena cuma mampu nenggak solar Dex...

Tapi ini bagian dari edukasi konsumen Suzuki saya rasa... dan ini langkah yang bagus ke depannya... plus penetapan standar emisi Euro4 dan sudah keluarnya Dex dengan standar Euro4 (baru aja keluar)... masa depan yang cerah untuk diesel powered car di Indonesia.
zonepublic wrote: Fri Aug 04, 2017 14:24 Klo dipikir2 sebenarnya ertiga diesel maupun bensin cost/kilometernya sama aja kok menurut saya kok bisa?
Contoh ni dengan kondisi sama2 AC double blower nyala sepanjang perjalanan(bukan mode pajero /panas jobo jero)
Ertiga bensin kondisi macet stop and go dlm kota dpt avg 12-14 kpl (bensin premium 6450/ liter) klo luar kota 80-100kph bisa dpt 16-18kpl
Klo ertiga diesel dengan minimum bahan bakar dexlite 7450/ liter diluar filter solarnya per 20ribu km entah berapa harganya
Berapa kilometer yg bisa didapatkan per liter dexlite? Kalo cuma beda 1-2 km dengan kondisi yg sama dengan ertiga bensin rasanya masih worthed ertiga bensin karena harga barunya lebih murah ertiga bensin(trim dan transmisi yang sama manual)
Menurut saya gitu
Klo buat balapan entah ya,ga pernah drag race,yg pasti klo ertiga bensin manual 175kph masih mampu lah ya
Bulgogi wrote: Fri Aug 04, 2017 14:49 Saya juga mikir gitu, running cost sepertinya sama aja dgn yg bensin.. ini cuma menang fitur & terlihat "beda" saja..

Ertiga AT saya di rumah daklot bisa 1:12 lho.. padahal yg pra FL.. yg FL klaimnya 15% lebih irit.. kalo diesel dalkot cuma 1:16 (katakanlah matic diesel 1:14), berarti sama aja kan ya..
Agak kurang fair kalo kita membandingkan yang bensin dengan Premium ... karena sejujurnya spek yang bensin juga mewajibkan minimal Pertamax... 7450/lt dan dieselnya malah mewajibkan DEX... 8350/lt... so it's a yes... running cost akan tidak jauh berbeda.

Tapi ngomong running cost... bahkan Innova Bensin vs Diesel pun gak beda jauh kok... Jadi itu hal yang wajar... cuma ya pemilik Innova diesel pada bandel dan gak ada edukasi dari TAM jadi ngantri solarnya masih bareng Panther semua... Pertama jelas olinya diesel lebih banyak... lalu diesel perlu ganti filter solar rutin...

Bensin menang bon servis lebih murah... Diesel menang lebih jarang mampir ke SPBU...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Indra97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by Indra97 »

ChZ wrote: Fri Aug 04, 2017 14:49
heiituaku wrote: Fri Aug 04, 2017 9:31 blom lihat videonya, maruti india g ada matic, fiat 1.3 multijet diesel (sepertinya) g ada maticnya, apakah suzuki indo punya kemampuan untuk membuat ertiga diesel matic? klo iya jangan-jangan AGS kaya ignis
Kekuatiran yang sama dulu juga di Ertiga bensin... waktu awal Ertiga bensin diperkenalkan belum ada versi matiknya di benua manapun...

Dan tidak memungkiri akan muncul versi matik jika demand nya cukup besar... Karena ini produk kunci Suzuki untuk bisa bersaing di kelas Low-MPV... Avanza punya durability dan aftersales... Mobilio punya kelincahan ala citycar dan level safety paling baik di kelasnya... Ertiga punya mesin diesel...
Lalu Confero S dgn harga termurah... Xpander dengan desainnya dan level safety terbaik selain Mobilio... Xenia sebagai paket hemat Avanza (kalo ga salah)....GL dengan?

Ini maksudnya kekuatan dari masing2 pemain Low MPV kan?
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
Daily Vehicle: 2019 Honda Vario 150 - K59J

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by kepo2601 »

zonepublic wrote: Fri Aug 04, 2017 14:24 Klo dipikir2 sebenarnya ertiga diesel maupun bensin cost/kilometernya sama aja kok menurut saya kok bisa?
Contoh ni dengan kondisi sama2 AC double blower nyala sepanjang perjalanan(bukan mode pajero /panas jobo jero)
Ertiga bensin kondisi macet stop and go dlm kota dpt avg 12-14 kpl (bensin premium 6450/ liter) klo luar kota 80-100kph bisa dpt 16-18kpl
Klo ertiga diesel dengan minimum bahan bakar dexlite 7450/ liter diluar filter solarnya per 20ribu km entah berapa harganya
Berapa kilometer yg bisa didapatkan per liter dexlite? Kalo cuma beda 1-2 km dengan kondisi yg sama dengan ertiga bensin rasanya masih worthed ertiga bensin karena harga barunya lebih murah ertiga bensin(trim dan transmisi yang sama manual)
Menurut saya gitu
Klo buat balapan entah ya,ga pernah drag race,yg pasti klo ertiga bensin manual 175kph masih mampu lah ya
Ya bener om, dirumah tante sy ada seekor minum wajib dex avg dalkot around 14kmpl dan tol sktr 18-19 bisa lebih tergantung kaki (maklum kalo sy sering sruntulan)
Utk topspeed sdh tested sama member forum ini di 175kph, masih bisa nambah tapi jalan keburu abis :ngacir:
Utk worthed ato tdk sy rasa worthed ya, cuma perlu dikasih varian matik krna koplingnya susah utk dpt feeling yg pas, salah lepas ndut ndutan kyk anak smp baru belajar nyetir manual :big_slap:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else

K59J - 2019 Honda Vario 150
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
Daily Vehicle: 2019 Honda Vario 150 - K59J

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by kepo2601 »

Nice ripiu koh Chz, kurang lebih sama dgn impresi sy waktu nyetir ini mobil, ini mobil enak, irit, kenceng (opini pribadi) cuma ya itu, gaada metik, padahal susah dapet feeling koplingnya, ga bisa cepet lepas pedal kopling kalo shifting, terlalu cepat lepas injakan kopling seringnya nendang/nyundul :mky_05:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else

K59J - 2019 Honda Vario 150
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by arissety »

zonepublic wrote: Fri Aug 04, 2017 14:24 Klo dipikir2 sebenarnya ertiga diesel maupun bensin cost/kilometernya sama aja kok menurut saya kok bisa?
Contoh ni dengan kondisi sama2 AC double blower nyala sepanjang perjalanan(bukan mode pajero /panas jobo jero)
Ertiga bensin kondisi macet stop and go dlm kota dpt avg 12-14 kpl (bensin premium 6450/ liter) klo luar kota 80-100kph bisa dpt 16-18kpl
Klo ertiga diesel dengan minimum bahan bakar dexlite 7450/ liter diluar filter solarnya per 20ribu km entah berapa harganya
Berapa kilometer yg bisa didapatkan per liter dexlite? Kalo cuma beda 1-2 km dengan kondisi yg sama dengan ertiga bensin rasanya masih worthed ertiga bensin karena harga barunya lebih murah ertiga bensin(trim dan transmisi yang sama manual)
Menurut saya gitu
Klo buat balapan entah ya,ga pernah drag race,yg pasti klo ertiga bensin manual 175kph masih mampu lah ya
Klo lihat spek kompresi mesin bensinnya, maka harus pertamax, klo premium, karena bukan spek nya, untuk jangka panjang g bagus klo menurut ane.
Klo harus pakai pertamax, berarti ertiga diesel lah pemenangnya dalam hal running cost.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by arissety »

kepo2601 wrote: Fri Aug 04, 2017 15:11 Nice ripiu koh Chz, kurang lebih sama dgn impresi sy waktu nyetir ini mobil, ini mobil enak, irit, kenceng (opini pribadi) cuma ya itu, gaada metik, padahal susah dapet feeling koplingnya, ga bisa cepet lepas pedal kopling kalo shifting, terlalu cepat lepas injakan kopling seringnya nendang/nyundul :mky_05:
Susah juga ya karakter koplingnya.
Jd inget nissan gl manual.
Sebenernya soal timing lepas kopling, cm mmg kebanyakan agak kerepotan.
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by heiituaku »

saya sangat tertarik dgn pengujian om fitra yg dgn kec rata2 60km/h mendapatkan 26.8km/l walaupun harus menggunakan pertadex. itu adalah sebuah pencapaian yg sgt impressive. sayangnya di indo masih dijual bio solar, bensin subsidi sehingga pencapaian tersebut menjadi biasa atau tak ada artinya bila dilihat dari efisiensi biaya. apalagi bila anda membandingkan biaya service antara ertiga diesel dengan bensin yang sangat jauh lebih mahal diesel ditambah hanya m/t pasti banyak konsumen yang mundur. jualan di indo untuk mobil kelas menengah bawah mungkin kunci utamanya bisa minum bio solar atau premium subsidi atau tidak
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by pernahmiskin »

Di suatu daerah ada taksi yg menggunakan mesin ini buat taksi, menurut sy mestinya tuh angkutan pakai solar bukan dexlite atau pertadex.. tp yg sy liat koq awet2 aja,cuma asap ngebul yg sy liat..

Tp ga tau jg kondisi real mesinnya seperti apa.

Btw video om chz makin bergizi..penyampaian'nya jg lebih mudah d cerna
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by Pboyz97 »

Indra97 wrote: Fri Aug 04, 2017 14:58
ChZ wrote: Fri Aug 04, 2017 14:49
heiituaku wrote: Fri Aug 04, 2017 9:31 blom lihat videonya, maruti india g ada matic, fiat 1.3 multijet diesel (sepertinya) g ada maticnya, apakah suzuki indo punya kemampuan untuk membuat ertiga diesel matic? klo iya jangan-jangan AGS kaya ignis
Kekuatiran yang sama dulu juga di Ertiga bensin... waktu awal Ertiga bensin diperkenalkan belum ada versi matiknya di benua manapun...

Dan tidak memungkiri akan muncul versi matik jika demand nya cukup besar... Karena ini produk kunci Suzuki untuk bisa bersaing di kelas Low-MPV... Avanza punya durability dan aftersales... Mobilio punya kelincahan ala citycar dan level safety paling baik di kelasnya... Ertiga punya mesin diesel...
Lalu Confero S dgn harga termurah... Xpander dengan desainnya dan level safety terbaik selain Mobilio... Xenia sebagai paket hemat Avanza (kalo ga salah)....GL dengan?

Ini maksudnya kekuatan dari masing2 pemain Low MPV kan?
GL dengan kenyamanan & keempukan suspensinya kalo gasalah om hehehe , sayang desainnya udah usang saat ini & sangat butuh peremajaan model alias all new :mky_07:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by armann »

@chz
iya sih suzuki udh ngarahin buyer ertiga diesel ini supaya pake dex tp ya tau sendiri kalo kebanyakan org indo pastinya lebih seneng kalo "diijinin" atpmnya bwt ngisi pake solar jelek. Yg kls 1/2 m aja msh bnyk yg pake biosolar soalnya hahah
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by halooo »

Suzuki jangan kelamaan ssgera riset dan keluarin maticnya, jd inget booming ertiga di cicil satu persatu fitur fiturnya.... Tapi kalau lihat penjualan ertiga stabil saja
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by denmas8 »

Barangkali hal di bawah ini yg jadi alasan setiap pembeli ertiga diesel dikasih cuma2 1500 liter pertadex.. ada "maksud" Indomobil ngumpulin data test daya tahan riil ala pengguna harian/awam ertiga diesel di Indo.. nunggu dulu deh smpi hasil test pengguna harian/awam selepas 90 ribu KM keluar dulu..
-----------------

"Jujur kita masih studi ertiga diesel accpetable atau nggak artinya kalau dalam 3-6 bulan diesel Suzuki sudah bisa diterima atau tidak, setelah itu masuk ke fase apakah secara durability sudah mumpuni atau tidak," kata Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel.

Menurut Harold, Ertiga versi diesel saja harus menjalani tes daya tahan sejauh 90.000 km dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan.

"Kalau negara lain sih sudah teruji, cuma tropisnya di Indonesia dan India berbeda, mungkin level humid berbeda, level kualiti bahan bakar berbeda itu yang kita masih pantau terus," jelas Harold.

https://oto.detik.com/mobil/d-3586945/s ... esel-ke-ri (rilis tgl.4 agustus 2017)..
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: [Video Review] Suzuki Ertiga 1.3 ZDi MT : Definitely Needs Automatic

Post by cursQ »

Nice riviuw om Chris... bener2 ini nunggu maticnya deh.. asal jgn AGS ya