Yamaha Zigma
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon May 05, 2003 3:06
Yamaha Zigma
Keluh kesah yamaha sigma, bisa tolong?
saya pakai yamaha sigma (beli baru) setiap kali mo pakai motor, start mesin susah sekali. Sudah di cuke mesin hidup lalu di gas sedikit mesin mati dan mesin tidak bisa stasioner. celakanya jika udah bisa jalan saat perpindahan gigi (tutup gas) mesin mati jadi harus buka gas sedikit. apa benar ring piston? jet? spuyer?........ Sudah berulang kali ke bengkel yamaha, hanya dibersihkan kaburatornya aja tetapi sakitnya tidak sembuh tuh. Semua part belum pernah ada yang ganti oli pakai casterol. Mohon saran-saran dari rekan-rekan, thx's
saya pakai yamaha sigma (beli baru) setiap kali mo pakai motor, start mesin susah sekali. Sudah di cuke mesin hidup lalu di gas sedikit mesin mati dan mesin tidak bisa stasioner. celakanya jika udah bisa jalan saat perpindahan gigi (tutup gas) mesin mati jadi harus buka gas sedikit. apa benar ring piston? jet? spuyer?........ Sudah berulang kali ke bengkel yamaha, hanya dibersihkan kaburatornya aja tetapi sakitnya tidak sembuh tuh. Semua part belum pernah ada yang ganti oli pakai casterol. Mohon saran-saran dari rekan-rekan, thx's
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
mmhh ngomong2 yamha sigmanya tahun berap tuh, oh ya waktu servis di yamha mangnya mas ngga kasih info ke teknisinya soal keluhan yg terjadi sama motor sigmannya
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
ya ammpuuuuuuuuunnnnn sigma itu mesinya sama dengan yamaha alfa .....dah kunau banyak bermasalah sebaiknya dijual saja ,saya tidak bermaksud mengecilkan,tapi dari pengalaman motor ini kelihatanya cukup banyak masalah,heranya zaman yamaha alfa sampe alfaIIr gak begitu bermasalah...setelah jadi sigma barulah timbul masalah...
sekarang jamanya 4 tak pak............kalo masih pake 2tak repot...
sekarang jamanya 4 tak pak............kalo masih pake 2tak repot...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
Sedikit saran, setelah mati segera buka busi, kalo kering berarti setelan angin kebesaran
kalo basah ama bensin berarti angin kurang
kalo basah ama bensin berarti setelan oli samping kebesaran.
KAlo mesti di choke berarti kurang bensin, bisa di bersihin spuyer stasionernya/pilot jet. Trus jarumnya bisa dipindahin pada posisi paling bawah.
Packing karburator ama manifold diperiksa kali aja bocor jadi angin berlebih.
Trus coba gak pake filter udara, klo oks berarti filternya udah gak oks...mending ganti.
Check juga filter bensin, kali aja mampet so bensin gak lancar turunnya.
Jangan lupa ukur setelan pelampung.....kalo gak pas yaa gejalanya sama
banyak amat yah, eksperimen aja....motor 2 tak gampang kok. Saya sering eksperimen dengan Alfa IIR saya.
kalo basah ama bensin berarti angin kurang
kalo basah ama bensin berarti setelan oli samping kebesaran.
KAlo mesti di choke berarti kurang bensin, bisa di bersihin spuyer stasionernya/pilot jet. Trus jarumnya bisa dipindahin pada posisi paling bawah.
Packing karburator ama manifold diperiksa kali aja bocor jadi angin berlebih.
Trus coba gak pake filter udara, klo oks berarti filternya udah gak oks...mending ganti.
Check juga filter bensin, kali aja mampet so bensin gak lancar turunnya.
Jangan lupa ukur setelan pelampung.....kalo gak pas yaa gejalanya sama
banyak amat yah, eksperimen aja....motor 2 tak gampang kok. Saya sering eksperimen dengan Alfa IIR saya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon May 05, 2003 3:06
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
wah lebih baik yg sudah terbukti kuelitasnya tuh bung tedja ntar sembarnag beli ngga tau kulitasnya jelke laghie
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
hehe kalo gw dari pada buat helm cetox mending tanki bensinya di perlebar biar muat banyak jadi kalo jalan jauh am,an2
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
heh tuh niat belanja apa niat mau buka laundry segh heh tapi tetep gw ngga suka degh kalo naruh helm di bawah jok hehe mending body dirampingin degh biar lebih asiik kali salip menyalip di jalan yg macret
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
hehe kalo buat bung yongis segh pantes aza tuh motor seimabng sama body heheh up's momod sory hehe lah kalo bung anjas bisa2 melayang degh ketiup angin
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Kalau karburator dan pengapian gak masalah, kemungkinan datang dari katup membrannya(reed valve). pasti tarikan juga ngedrop n susah stasioner. reed valve gak berarti rusak, bisa jadi kotor. Mbongkarnya mudah kok, lepas aja intakenya (bukan manifold lo, manifold tu istilah buat intake yang bercabang, kayak di mobil) langsung diambil reed valvenya.
Biar sip, tiap 2x ganti oli mesin (6000 km) buka kepala silinder, bersihin kerak kepala silinder n piston, juga kerak di leher knalpot. kalo oli samping bagus,keraknya dikit. bukanya gampang kok, cuma 4 baut, gak pake lama.Paking kepala silinder jg bisa dipake lagi, asal gk tergores (sebaiknya diberi sealer khusus). buka knalpot juga mudah, cuma 2 baut n satu mur besar di sambungan knalpot (gak usah dilepas semua).
Biar sip, tiap 2x ganti oli mesin (6000 km) buka kepala silinder, bersihin kerak kepala silinder n piston, juga kerak di leher knalpot. kalo oli samping bagus,keraknya dikit. bukanya gampang kok, cuma 4 baut, gak pake lama.Paking kepala silinder jg bisa dipake lagi, asal gk tergores (sebaiknya diberi sealer khusus). buka knalpot juga mudah, cuma 2 baut n satu mur besar di sambungan knalpot (gak usah dilepas semua).
