
Saya beli mobil ini oktober 2014, awalnya mau incer 330i tapi akhirnya karena buku rekening berkata lain jadinya berakhir di 325i tahun 2002.
Setelah test drive dll disepakati lah harga 10x jt waktu itu (saya belum jago nego), masih ada pr sih tapi masih tolerable (at least itu pikir saya)

ini waktu awal saya beli, full standard
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Anyway kondisi mesin sering pincang, akhirnya hari pertama ganti 1 coil yg mati, ok lah setelah itu.. Eh pincang lagi dong, langsung balik lagi kebengkel sekalian tune up (ternyata businya gado2, owner sebelumnya jorok ternyata)

Karena darah muda masih segar walaupun udah deket kepala 3 nih umur




masalah girboks
Hari ketiga terjadilah hal yang paling ditakuti pengguna BMW tua yaitu munculnya indikator lambang gear di dasbor yg menunjukan kalau transmisi bermasalah dan masuk limp mode (awalnya dimatiin bentar hilang), bawa kebengkel lagi, di ganti transmission selectornya kalo ga salah. Beres lah SEMENTARA. beberapa minggu kemudian muncul lagi lah tuh lambang gear

Saya diemin aja tuh soalnya di matikan bentar juga hilang pikir saya, sampai akhirnya tuh mobil beneran ga bisa jalan sama sekali di tengah jalan rame!! bunyi klakson penuh kebencian pun berkumandang


dan ini lah yang terjadi:

Saya minta tolong temen saya derek ke rumahnya karena deket TKP
BMW di derek Nissan tuh malunya ke ubun2

Saya titip si biem dirumah temen saya sambil kumpulin isi dompet buat ngebengkel lagi, sementara pinjem mobil adik deh


Si biem di gendong kebengkel
Kali ini ga ada ampun saya ganti total girboks ke manual



Saya pakai girboks copotan dari E36 318i M43, efeknya akselerasi jadi gila


Dapet bonus pula short shifter dan speedometer MPH dari owner bengkelnya

Saya sangat merekomendasikan ubahan ini di semua owner E46, awet banget sejak swap manual

Masalah overheat
Ini merupakan masalah klasik BMW dari jaman dinasti ming, saya sudah beberapa kali overheat dan berhenti dipinggir jalan buat isi air radiator (ini barang wajib buat owner BMW tua, selalu bawa minimal 3 botol aqua 1 liter dibagasi BMW anda)

Biasanya ini masalahnya ada di expansion tank yang bocor halus jadi ga berasa air habis, untungnya di BMW ada sensor air radiator jadi kalo perhatian sama indikator di dasbor sih aman mesinnya. Yang paling parah waktu saya ada di bogor ada tanjakan macet, tiba2 terdengar suara selang lepas dan ada juga suara air ngalir, ga lama indikator air radiator nyala dan temperatur naik


Waktu itu saya masih bingung di isi air kok ga penuh2, malah ada tumpahan di bagian kolong tapi ditengah. akhirnya saya paksakan jalan sambil berhenti berkali2 buat isi air sampe kebengkel di BSD, total ada kali 12 kali berhenti


waktu di cek ternyata selang heater copot jadi solusi permanennya adalah di bypass
Anyway lagi, kira2 1 tahun akur sama si biem, tiba2 muncrat oli dari knalpot.. apa lagi nih..


Saya bawa lagi ke bengkel (jangan bosen ya saya sebut bengkel, karena ini tempat favorit beemers


Setelah selesai saya juga di tawarin buat ganti kaki2 full yang memang saya tahu sudah jelek dan bunyi2.. membengkaklah tagihan jadi 5x jetong

ya sudah lah anggap aja jadiin mobil baru lagi, dan emang jauh lebih enak sih setelah naik cc dan ganti kaki2

Tarikan mesin 6 silinder 3000cc dan girboks manual di mobil kecil sih sulit ditandingin dehh


cuma borosnya juga ga bohong

One day setelah saya suruh cuti si biem 2 minggu, ada genangan cairan di kolong mobil, selidik punya selidik itu adalah minyak rem dan kopling


Masalah AC
Ini baru kejadian setelah mobil saya ga pake 3 mingguan, cuma di panas2in aja. Saya pinjam mobil fortuner vnt bokap biar hemat selama charging buku rekening, waktu udah lumayan ngumpul dan mau temu kangen sama si biem eh malah mendadak AC panas dong, extra fan modar dengan sukses juga

pergilah saya kerumah kedua (bengkel) buat benerin, dan keliatan kalo yg rusak kompresor, sensor udara luar, dryer, evaporator dan ditawarin untuk perbaiki dengan biaya 10 jetongan, setelah nego2 jadi turun 6,x jetong karena saya mau pakai kompresor copotan aja yg masih bagus

Itu aja sih masalahnya so far, itu belum termasuk perintilan2 kecil yg ga saya ceritain

kalo dihitung2 total biaya saya beli, ubahan dan perbaikan bisa 200an juta, tapi worth it lah karena udah kayak mobil baru lagi sekarang

Mungkin banyak yang berpikir tuh mobil kenapa ga dijual aja sih?? masalah melulu isinya
Setuju sih, alasan saya masih mempertahankan adalah passion, saya belajar banyak soal mekanikal mobil dari biem ini, sebelumnya saya hampir buta soal mobil. Lalu sudah terlalu banyak uang, tenaga dan pikiran yang saya investasikan di mobil ini sampai jadi bagus seperti baru lagi, setelah selesai saya mau menikmati hasilnya



Tambahan foto saat iseng2 ngumpul dengan teman seperjuangan



Apakah saya merekomendasikan BMW E46 ini untuk di pelihara?
Tentu saja JIKA anda adalah seseorang yang telaten ,sabar dan mau belajar memelihara mobil ini, timbal baliknya mobil ini akan melayani anda dengan performa maksimalnya dan menorehkan senyum saat anda sedang sendiri menginjak pedal gas dan menikung melebihi batas dimana tidak semua mobil bisa lakukan. E46 merupakan mobil yg nyaman untuk harian tapi saya sarankan untuk jadikan mobil weekend atau project car saja dengan alasan konsumsi bbm dan biaya operasional lainnya dan ibaratnya cewek, ajak ngedate jangan sering2, bisa tekor, cukup weekend aja

Dan tentunya siap sering melihat pemandangan ini:

Kelebihan BMW bukan hanya dari performanya dan eksklusifitas dijalan saja, tapi dari keterikatan emosional disaat kita berpapasan dengan pengguna BMW lainnya, somehow kita merasa sudah kenal dekat dengan pengemudi itu walaupun belum pernah bertemu karena kita secara tidak langsung mengerti apa saja yang sudah dilalui sang pengemudi untuk menjalankan BMWnya (All Bimmer are brothers)


Sekali lagi maaf kalau berantakan, newbie here
