Lovren6 wrote: Fri Jul 28, 2017 12:57
Permisi kepada sesepuh di forum ini,,
ini postingan pertama saya di forum ini dimohon bantuannya
skrg saya sedang dalam dilema untuk memilih first car yg dibeli dr hasil jadi buruh migran hehe..
Max budget 100 jt
List yang sedang dalam pertimbangan
-Ford focus 1.8 2008 (saya suka modelnya dan dulu pernah coba handlingnya mantap)
-Ayla x 2015 (pilihan aman,murah meriah tp ya gt kecil bgt dan kaya mainan)
-nissan xtrail t30 2004-2007 (suka modelnya gagah)
-honda city 2006-2007 (melestarikan populasi sedan di indo)
-Toyota camry 2006 kebawah (melestarikan populasi sedan)
menurut para master" disini yg mana yg plg reasonable untuk dibeli?
Pemakaian sepertinya akan longterm (at least 5 taun)
Mostly weekend/kalo ujan soalnya weekday prefer naik vespa hehe
saya sih prefer focus & xtrail,bagaimana untuk ford dgn distributor RMA,untuk ketersediaan parts dan harganya?
Terima kasih banyak kpd para sesepuh yg membantu meluangkan waktunya & berbagi pengalaman+ilmunya
Mmmm yang pertama coret ayla deh. Udah susah2 cari uang, weekday naik vespa enak, eeeehh dibeliin mobil yg pas weekend masa jd bawa mobil kutu kaleng krupuk irit yg lebih pas buat dipake harian drpd weekend...
List2 lainnya... Ford focus coret, mobil ini enak banget memang, eropa bgt lah disetirnya. Sayang sparepartsnya walaupun masih tersedia tp muahale & maticnya kurang kuat
Nissan xtrail T30, coret... Nenek ane punya dulu yg St 2005 & sering ane bawa jg buat rute luar kota... wah bener2 T30 ini nyamannn, kedap, audio lumayan, posisi nyetir wenakk, di jalan stabil walaupun kalo buat jalan kelok2 rada limbung, tenaganya buaaas walaupun sesuai ama FCnya.
Tapi, ada tapinya nih, cuma enak pas tahun2 masih baru doang... Pas udah usia 10 tahun, muncul semua tuh yg namanya kaki2 jadi keras dan bunyi semua, elektrikal error, matic ngejedug, ac angin doang, mesin brebet, mesin ga mau start, mesin pincang, dsb dsb dsb (sumpah, mendingan rawat 323i 2000 nenek yg satu lagi drpd yg ini)...
Sebel bgt padahal mobil rawatan BeRes nissan medan dan odonya baru 100 ribuan... akhirnya baru dijual deh setelah cape rawatnya
Nah, kalo city sama camry yg tahun itu kebetulan 22nya masih ada dirumah dan udah dipake dalam jangka yg berkepanjangan buat mobil harian (sehari 60km kira2, pemakaian jakarta)...
Citynya yang 1.5 VTEC matic 2005 facelift. Memang mobil ini bentuknya sedan, tapi kalo udah dibawa bakal lupa ini sedan (kecuali liat belakang) soalnya posisi nyetirnya agak tinggi dan berasa 'jazz' banget, ga ada sedan2nya deh (da interiornya 80% mirip jazz jg

).
Suspensinya kuerasss banget, jd fun handlingnya enak dan steernya jg responsif natural (ga kaya EPS jaman sekarang yang kalo muter balik steernya ga ikutan muter lagi ke center).
Tenaga ane acungin 2 jempol deh lebih enak dari vios, karna bawahnya narik (walaupun ga senarik yaris) tapi rpm atasnya asik bgt napasnya (sering dibawa bolak balik jkt bandung, di toll yg cipularang nanjak masih bisa enak nyalip2 avanza/mobilio/ertiga yang udah kehabisan nafas gara2 nanjak di speed 100).
Bensinnya iritttt puol buat mobil 1500cc yg tenaganya enak gini, kalo pake 7 speed modenya di toll bisa dapet 1:18-20... Untuk dalkot di angka 1:12 pake pertalite/pertamax...
Space kabin ga terlalu luas tapi ga sempit juga. Bagasinya buehsarrr dan dibawah jok belakang ada kompartemen storage berlaci jd soal storage juara bgt mobil satu ini.
Poin minusnya, bawa mobil ini cepet pegel

jauh lebih enak dari avanza sih, tapi dibanding mobilio/yaris/jazz yg gen selanjutnya/mirage/dsb masih jauh ga pegel bawa mobil2 tersebut drpd ini, efek jok yang ga terlalu nyaman + suspensi yg kuerassss banget.
Kenyamanan buat penumpang juga minus bgt. Bokap ane kalo naik mobil ini bentarr aja langsung kumat syaraf kejepitnya, tiap abis naik langsung ngeluh kesakitan pinggangnya... Buat perjalanan luar kota, yang duduk di belakang bakal sakit pinggang 7k pas turun dari mobil...
Terus matic mobil ini banyak yg udah ga bagus, gara2 dulunya suka salah dikasih oli (harusnya CVTF tapi pada ngasih ATF, bubar jalan deh...) ciri2nya, kalo mundur/maju sebelom jalan ada geter drrr dulu baru jalan. Kemaren nanya ke toko langganan di kemayoran (matic yg ane juga udah kena), benerinnya 7jt udah sama pasang, jadi balik kaya baru lagi deh... Untuk matic ini, pas cari unit usahain test drive dan perhatiin bener bagian yg satu ini, kalo sampe geterr tinggalin aja deh kecuali dapet murah, tp kalo bagus tenang maticnya akan awet selama rajin ganti oli CVTFnya per 20.000km sekali (ga boleh dilanggar)...
Harga sparepartsnya mahal dibanding vios mah tapi itungannya masih masuk ke kantong... Ketersediannya? Melimpah banget

Pajak, ga terlalu mahal di angka 1.8 jutaan.
Camry, pernah piara yang 2.4G 2002 sama sekarang yg ada dirumah udah dr lama bgt yg 3.0V 2003...
Satu kata buat mobil ini : NYAMAN BANGETT!
Pindah dari ayla/city ke camry, ibaratnya berasa pindah seat pesawat dari yg kelas economy ke kelas first class... Bahkan dibandingin alphard 3.0 MZG 2007 dirumah jg enakan naik camry XV30 ini (beneran deh)
Dibanding gen XV40 aja, yg gen ini jauh lebih nyaman dan luas kabinnya...
Suspensi bener2 empuk abis kaya boat, kabin kedap, jok empuk dan besar, audio bagus, relax banget nyetir mobil 1 ini apalagi numpangnya wkwk...
Buat lebih lengkapnya baca review ane aja ada di review corner...
Walaupun citranya sedan mewah, tapi rawatannya gampang, spareparts nggak mahal, bahkan camry ini nggak lebih macem2 dari city ane (serasa ngerawat innova versi sedan, beneran deh). Walaupun mewah, tapi ngerawatnya kaya sedan biasa aja, beneran deh ga ada rewel2nya badak bgt mesin matic & kaki2nya
(ya iyalah, di amerika kan ini yg gen ini mobil 'jongos' alias kelas biasa, cuma disini aja dirubah jadi mewah tampilannya, makanya kuat bgt

)
FC yang 2.4 dapet 1:9 dalem kota, kalo yg 3.0 1:7... Buat sedan segede gajah gini, bisa dibilang irit sih apalagi yg 3.0V halus ga ada suara + tenaganya gede bgt tapi fc cuma segitu
Pajak di 2 jutaan, wajar sih menurut ane...
Kelemahannya, ada di bagian nyetir. Mobil ini ga cocok buat orang yang suka buru2, enakan dibawa tenang... Tenaganya emang asik, tapi pas dibawa manuver, limbung & badan kelempar kanan kiri... Enakan city malah kalo dibawa grasak grusuk gt
Terus kalo full load suka gasruk pas lewat poldur. Tapi kalo dibawa sendiri/dinaikin ber3 sih ngga masalah...
Sama dimensinya yg ga ramah gang, susah bgt mau masuk2 gang pake nih mobil...
Kalo emang nyari mobil weekend yang ngga terlalu bikin ribet rawatnya tapi pas dipake berasa banget 'waaahh' nya, dan mau sisa budget masih banyak (karna harga secondnya jauh dari 100jt), beli camry ini aja...
Kalo mau dipake harian, city boleh dilirik... Tapi untuk camry, pastiin garasi buat nyimpennya muat soalnya gede bgt ukurannya
