Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by grandis_GT »

Loko" diesel itu minumnya solar industri atau dex ? :ngacir:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:28
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:00

Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...

Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi


CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
Blok mesin dieselnya sama, generatornya sama juga gak? Kan yg dipakai buat traksi generatornya. :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by marmut »

kalo "reaktivasi jalur rel mati" saya masih optimis. pasti bisa lah.
tapi kalau sudah bicara "kecepatan", hmmm.... hanya pada titik-titik tertentu saja kereta api bisa top speed dan itupun cuma sesaat. penyebabnya :
- banyak pandrol / D clip, bahkan lasplat yang hilang.
- kondisi bantalan yang miring nggak simetris.
- ballast nggak rata tingginya.
- sambungan retak.
- masih ada beberapa bagian yang relnya masih pake rel kecil (R48?).

disingkat : demi keamanan.
intinya kendala nggak bisa top speed ada di lapangan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

racho wrote:
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20
coklatMetalik wrote:
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
nanti bisa sprint di rel loko nya

eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
ya kalopun ga ada, main pigibek aja lah... "cuma" 8 silinder kok...
yang penting cusss-nya lebih berasa
:mky_03:
oke pasang juga :
- Boost Controller
- EGT meter
- Boost meter

Generator & Inverter ganti yg kapasitas lebih gede

* run *
Last edited by Turboman on Wed Jul 05, 2017 6:50, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by adityabp »

racho wrote: Wed Jul 05, 2017 6:25
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20
coklatMetalik wrote:
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
nanti bisa sprint di rel loko nya

eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
ya kalopun ga ada, main pigibek aja lah... "cuma" 8 silinder kok...
yang penting cusss-nya lebih berasa
:mky_03:
Saya kira cusss-nya cuma terdengar saja, tidak berasa. Karena mesin dieselnya mesti muter generator dulu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by marmut »

ngomongin loko, beruntung di pulau jawa udah pake loko CC semua. lha di sumatra mayoritas pake loko BB.....
dan entah kenapa saya lebih suka denger engine note CC206 dibanding CC201. kalo lagi akselerasi merdu banget.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

marmut wrote:kalo "reaktivasi jalur rel mati" saya masih optimis. pasti bisa lah.
tapi kalau sudah bicara "kecepatan", hmmm.... hanya pada titik-titik tertentu saja kereta api bisa top speed dan itupun cuma sesaat. penyebabnya :
- banyak pandrol / D clip, bahkan lasplat yang hilang.
- kondisi bantalan yang miring nggak simetris.
- ballast nggak rata tingginya.
- sambungan retak.
- masih ada beberapa bagian yang relnya masih pake rel kecil (R48?).

disingkat : demi keamanan.
intinya kendala nggak bisa top speed ada di lapangan.
Yoih

re aktivasi rel yg penting bersih dulu dr obstacles

abis itu bantalan rel ganti dgn beton, rel kalo perlu ganti........biar sip

signalling equipment perbaharui
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20
coklatMetalik wrote:
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
nanti bisa sprint di rel loko nya

eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
Sepertinya Utk CC204, 205 dan 206 ada om
Krn katanya semua kerusakan bs discan komputer & ketahuan error codenya. Tp mungkin jg model soketnya beda sih...
Last edited by coklatMetalik on Wed Jul 05, 2017 7:12, edited 1 time in total.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 6:46
coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:28
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
Blok mesin dieselnya sama, generatornya sama juga gak? Kan yg dipakai buat traksi generatornya. :mky_01:
Wah generatornya sy gk tau, ntar googling dulu deh
Yg jelas beda sih setting turbo & superchargernya
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

grandis_GT wrote: Wed Jul 05, 2017 6:45 Loko" diesel itu minumnya solar industri atau dex ? :ngacir:
Setau sy malah biosolar om
Krn mesin gede begitu malah butuh HSD (High sulphur diesel)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: Wed Jul 05, 2017 6:51 ngomongin loko, beruntung di pulau jawa udah pake loko CC semua. lha di sumatra mayoritas pake loko BB.....
dan entah kenapa saya lebih suka denger engine note CC206 dibanding CC201. kalo lagi akselerasi merdu banget.
Lokomotip buatan GE, suaranya cenderung "ger... ger... ger...."
Kalo yg buatan EMD suaranya "ngiiiiiiii....." spt Fortuner VNT / Pajero VGT

:mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by y_anjasrana »

klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

HSD is High Speed Diesel

solar2 di SPBU itu golongan HSD
* Bukan ajakan Beli *
Valkyr10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Valkyr10 »

y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 7:15 klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Yang menang tender rolling stock LRT jakarta kan Hyundai Rotem..

http://www.railjournal.com/index.php/as ... a-lrt.html

dan pakenya standard gauge.. bukan narrow..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by marmut »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:54 Yoih

re aktivasi rel yg penting bersih dulu dr obstacles

abis itu bantalan rel ganti dgn beton, rel kalo perlu ganti........biar sip

signalling equipment perbaharui
bantalan beton umurnya lebih pendek ketimbang bantalan kayu jati. tapi karena harga dan stok kayu yang, yaaaaaa..... tau sendiri lah, dibuatlah bantalan dari beton.
tapi di setiap jembatan, bantalan pasti masih pake kayu.
rel lama (r42 atau r48) yang dipasang DKA itu masih buatan australia atau jepang. nah, rel baru saat ini yang dipasang PT. KAI itu (r54) aseli buatan cina.

waktu saya supervisi penggantian rel dari perlanaan sampe bandar tinggi, semua rel r42 buatan jepang tertera tahun pembuatan 1950an. paling muda tahun 1970an.
saat diganti (akhir 2015) dengan r54 buatan cina, itu rel jepang 75% (secara kasat mata) masih dalam kondisi layak pakai. tingkat keausan minim sekali.

*edit :
dan repotnya kalo pake bantalan kayu, rel harus dibaut. pemasangan lebih memakan waktu.
kalau bantalan beton, rel hanya dikunci pakai D clip atau kalo uangnya nggak dikorupsi ya pasang pandrol. waktu pemasangan jauh lebih singkat dan mudah.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 7:32 HSD is High Speed Diesel

solar2 di SPBU itu golongan HSD
Thanks koreksinya om, sy udh agak lupa krn udh jarang baca2 ttg lokomotip sejak forum diskusi ttg kereta api di Indonesia mati suri bbrp taun yg lalu
Yg jelas lokomotip di Indonesia dikasih minum solar biasa, bukan DEX/dexlite. Konon ini salahsatu alasan mengapa lokomotip2 di Indonesia yg buatan GE memakai blok mesin yg sama sejak tahun 1977 (GE 7FDL8 digunakan sejak CC201 1st gen), ya krn kualitas solar disini gk ada kemajuan...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Diesel jadul yah

coba masinis bulletrain suru bawa loko Diesel jadul.......bisa ngoceh2 tu pasti.......wkwkwkwkkw
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 8:52 Diesel jadul yah

coba masinis bulletrain suru bawa loko Diesel jadul.......bisa ngoceh2 tu pasti.......wkwkwkwkkw
Masinis disini malah sebaliknya om
Dulu taun 90an, ketika lokomotip CC203 masih baru, sebenernya di kabin ada ACnya
Tp masinis malah protes, AC bikin kedinginan, ngantuk & kebelet kencing. Akhirnya AC di lokomotip itu pada dicopot...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
goldthisice
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed May 25, 2016 1:39

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by goldthisice »

coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 8:17
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 7:32 HSD is High Speed Diesel

solar2 di SPBU itu golongan HSD
Thanks koreksinya om, sy udh agak lupa krn udh jarang baca2 ttg lokomotip sejak forum diskusi ttg kereta api di Indonesia mati suri bbrp taun yg lalu
Yg jelas lokomotip di Indonesia dikasih minum solar biasa, bukan DEX/dexlite. Konon ini salahsatu alasan mengapa lokomotip2 di Indonesia yg buatan GE memakai blok mesin yg sama sejak tahun 1977 (GE 7FDL8 digunakan sejak CC201 1st gen), ya krn kualitas solar disini gk ada kemajuan...
Wah jadi inget Name Plate atau Plate Builder di salah satu Loco (kayaknya 204 hidung miring) tertulis yang intinya bahwa Made In Amerika namun tidak mengikuti aturan emisi Amerika :mky_01:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

jwid wrote: Wed Jul 05, 2017 0:41
newrubble wrote: Tue Jul 04, 2017 17:47 Post removed by t0mc4t
waduh masa kita harus pantengin sm setiap menit supya tidak ketinggalan bacaan bermutu om nr dan pak towi ... telat dikit keburu dihapus. tetap kita menghargai para kontributor dan om momod dan segenap member forum tercinta ini.


salam
udah sy pm denmas8 yg sy omongin apa ..... tanya dia sj ha ha ha
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

goldthisice wrote: Wed Jul 05, 2017 9:22
coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 8:17
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 7:32 HSD is High Speed Diesel

solar2 di SPBU itu golongan HSD
Thanks koreksinya om, sy udh agak lupa krn udh jarang baca2 ttg lokomotip sejak forum diskusi ttg kereta api di Indonesia mati suri bbrp taun yg lalu
Yg jelas lokomotip di Indonesia dikasih minum solar biasa, bukan DEX/dexlite. Konon ini salahsatu alasan mengapa lokomotip2 di Indonesia yg buatan GE memakai blok mesin yg sama sejak tahun 1977 (GE 7FDL8 digunakan sejak CC201 1st gen), ya krn kualitas solar disini gk ada kemajuan...
Wah jadi inget Name Plate atau Plate Builder di salah satu Loco (kayaknya 204 hidung miring) tertulis yang intinya bahwa Made In Amerika namun tidak mengikuti aturan emisi Amerika :mky_01:
203 mungkin om? 204 hidung miring kan buatan madiun
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

newrubble wrote: Wed Jul 05, 2017 9:29
jwid wrote: Wed Jul 05, 2017 0:41
newrubble wrote: Tue Jul 04, 2017 17:47 Post removed by t0mc4t
waduh masa kita harus pantengin sm setiap menit supya tidak ketinggalan bacaan bermutu om nr dan pak towi ... telat dikit keburu dihapus. tetap kita menghargai para kontributor dan om momod dan segenap member forum tercinta ini.


salam
udah sy pm denmas8 yg sy omongin apa ..... tanya dia sj ha ha ha
haha.. padahal aslinya sy yg suka comment "lebih galak" drpd si oom NR & oom towi.. yah dimaklumin ja - mgk krn mrk populer - py byk swing/silent penggemar "fanatik" di SM.. :emo-big_love:
goldthisice
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed May 25, 2016 1:39

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by goldthisice »

[quote=coklatMetalik post_id=945013 time=1499247707
Ternyata CC 206 Om :mky_01:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

jalur trem jkt dulu cukup panjang dr beos di utara sampai (skrg) terminal bus kampung melayu yang sampai thn 80-85 masih suka org org sebut staande plaat krn byk advertisings berbentuk roundy

tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)

grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)

dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by y_anjasrana »

Valkyr10 wrote:
y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 7:15 klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Yang menang tender rolling stock LRT jakarta kan Hyundai Rotem..

http://www.railjournal.com/index.php/as ... a-lrt.html

dan pakenya standard gauge.. bukan narrow..
wahh cakep jg keretanya ya. mudah2an bagus n awet.

ga kyk mobilnya..... 5 taun piara, 2x turun mesin. dipake buat nguber panther turbo sama ipah........ :ngacir:

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

Accurate V5 Accounting System Consultant