
Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Loko" diesel itu minumnya solar industri atau dex ? 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Blok mesin dieselnya sama, generatornya sama juga gak? Kan yg dipakai buat traksi generatornya.coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:28CC201 itu 1800an HPadityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:00
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...
Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi
CMIIW![]()
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?![]()
CMIIW

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kalo "reaktivasi jalur rel mati" saya masih optimis. pasti bisa lah.
tapi kalau sudah bicara "kecepatan", hmmm.... hanya pada titik-titik tertentu saja kereta api bisa top speed dan itupun cuma sesaat. penyebabnya :
- banyak pandrol / D clip, bahkan lasplat yang hilang.
- kondisi bantalan yang miring nggak simetris.
- ballast nggak rata tingginya.
- sambungan retak.
- masih ada beberapa bagian yang relnya masih pake rel kecil (R48?).
disingkat : demi keamanan.
intinya kendala nggak bisa top speed ada di lapangan.
tapi kalau sudah bicara "kecepatan", hmmm.... hanya pada titik-titik tertentu saja kereta api bisa top speed dan itupun cuma sesaat. penyebabnya :
- banyak pandrol / D clip, bahkan lasplat yang hilang.
- kondisi bantalan yang miring nggak simetris.
- ballast nggak rata tingginya.
- sambungan retak.
- masih ada beberapa bagian yang relnya masih pake rel kecil (R48?).
disingkat : demi keamanan.
intinya kendala nggak bisa top speed ada di lapangan.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
oke pasang juga :racho wrote:ya kalopun ga ada, main pigibek aja lah... "cuma" 8 silinder kok...Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20nanti bisa sprint di rel loko nyacoklatMetalik wrote:
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?![]()
CMIIW
eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
yang penting cusss-nya lebih berasa
- Boost Controller
- EGT meter
- Boost meter
Generator & Inverter ganti yg kapasitas lebih gede
* run *
Last edited by Turboman on Wed Jul 05, 2017 6:50, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Saya kira cusss-nya cuma terdengar saja, tidak berasa. Karena mesin dieselnya mesti muter generator dulu.racho wrote: Wed Jul 05, 2017 6:25ya kalopun ga ada, main pigibek aja lah... "cuma" 8 silinder kok...Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20nanti bisa sprint di rel loko nyacoklatMetalik wrote:
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?![]()
CMIIW
eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
yang penting cusss-nya lebih berasa
![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
ngomongin loko, beruntung di pulau jawa udah pake loko CC semua. lha di sumatra mayoritas pake loko BB.....
dan entah kenapa saya lebih suka denger engine note CC206 dibanding CC201. kalo lagi akselerasi merdu banget.
dan entah kenapa saya lebih suka denger engine note CC206 dibanding CC201. kalo lagi akselerasi merdu banget.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Yoihmarmut wrote:kalo "reaktivasi jalur rel mati" saya masih optimis. pasti bisa lah.
tapi kalau sudah bicara "kecepatan", hmmm.... hanya pada titik-titik tertentu saja kereta api bisa top speed dan itupun cuma sesaat. penyebabnya :
- banyak pandrol / D clip, bahkan lasplat yang hilang.
- kondisi bantalan yang miring nggak simetris.
- ballast nggak rata tingginya.
- sambungan retak.
- masih ada beberapa bagian yang relnya masih pake rel kecil (R48?).
disingkat : demi keamanan.
intinya kendala nggak bisa top speed ada di lapangan.
re aktivasi rel yg penting bersih dulu dr obstacles
abis itu bantalan rel ganti dgn beton, rel kalo perlu ganti........biar sip
signalling equipment perbaharui
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Sepertinya Utk CC204, 205 dan 206 ada omTurboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20nanti bisa sprint di rel loko nyacoklatMetalik wrote:CC201 itu 1800an HPadityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.![]()
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?![]()
CMIIW
eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
Krn katanya semua kerusakan bs discan komputer & ketahuan error codenya. Tp mungkin jg model soketnya beda sih...
Last edited by coklatMetalik on Wed Jul 05, 2017 7:12, edited 1 time in total.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Wah generatornya sy gk tau, ntar googling dulu dehadityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 6:46Blok mesin dieselnya sama, generatornya sama juga gak? Kan yg dipakai buat traksi generatornya.coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:28CC201 itu 1800an HPadityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.![]()
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?![]()
CMIIW![]()
Yg jelas beda sih setting turbo & superchargernya
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Setau sy malah biosolar om
Krn mesin gede begitu malah butuh HSD (High sulphur diesel)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Lokomotip buatan GE, suaranya cenderung "ger... ger... ger...."marmut wrote: Wed Jul 05, 2017 6:51 ngomongin loko, beruntung di pulau jawa udah pake loko CC semua. lha di sumatra mayoritas pake loko BB.....
dan entah kenapa saya lebih suka denger engine note CC206 dibanding CC201. kalo lagi akselerasi merdu banget.
Kalo yg buatan EMD suaranya "ngiiiiiiii....." spt Fortuner VNT / Pajero VGT

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
HSD is High Speed Diesel
solar2 di SPBU itu golongan HSD
solar2 di SPBU itu golongan HSD
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Yang menang tender rolling stock LRT jakarta kan Hyundai Rotem..y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 7:15 klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
http://www.railjournal.com/index.php/as ... a-lrt.html
dan pakenya standard gauge.. bukan narrow..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
bantalan beton umurnya lebih pendek ketimbang bantalan kayu jati. tapi karena harga dan stok kayu yang, yaaaaaa..... tau sendiri lah, dibuatlah bantalan dari beton.Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:54 Yoih
re aktivasi rel yg penting bersih dulu dr obstacles
abis itu bantalan rel ganti dgn beton, rel kalo perlu ganti........biar sip
signalling equipment perbaharui
tapi di setiap jembatan, bantalan pasti masih pake kayu.
rel lama (r42 atau r48) yang dipasang DKA itu masih buatan australia atau jepang. nah, rel baru saat ini yang dipasang PT. KAI itu (r54) aseli buatan cina.
waktu saya supervisi penggantian rel dari perlanaan sampe bandar tinggi, semua rel r42 buatan jepang tertera tahun pembuatan 1950an. paling muda tahun 1970an.
saat diganti (akhir 2015) dengan r54 buatan cina, itu rel jepang 75% (secara kasat mata) masih dalam kondisi layak pakai. tingkat keausan minim sekali.
*edit :
dan repotnya kalo pake bantalan kayu, rel harus dibaut. pemasangan lebih memakan waktu.
kalau bantalan beton, rel hanya dikunci pakai D clip atau kalo uangnya nggak dikorupsi ya pasang pandrol. waktu pemasangan jauh lebih singkat dan mudah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Thanks koreksinya om, sy udh agak lupa krn udh jarang baca2 ttg lokomotip sejak forum diskusi ttg kereta api di Indonesia mati suri bbrp taun yg lalu
Yg jelas lokomotip di Indonesia dikasih minum solar biasa, bukan DEX/dexlite. Konon ini salahsatu alasan mengapa lokomotip2 di Indonesia yg buatan GE memakai blok mesin yg sama sejak tahun 1977 (GE 7FDL8 digunakan sejak CC201 1st gen), ya krn kualitas solar disini gk ada kemajuan...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Diesel jadul yah
coba masinis bulletrain suru bawa loko Diesel jadul.......bisa ngoceh2 tu pasti.......wkwkwkwkkw
coba masinis bulletrain suru bawa loko Diesel jadul.......bisa ngoceh2 tu pasti.......wkwkwkwkkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Masinis disini malah sebaliknya omTurboman wrote: Wed Jul 05, 2017 8:52 Diesel jadul yah
coba masinis bulletrain suru bawa loko Diesel jadul.......bisa ngoceh2 tu pasti.......wkwkwkwkkw
Dulu taun 90an, ketika lokomotip CC203 masih baru, sebenernya di kabin ada ACnya
Tp masinis malah protes, AC bikin kedinginan, ngantuk & kebelet kencing. Akhirnya AC di lokomotip itu pada dicopot...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed May 25, 2016 1:39
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Wah jadi inget Name Plate atau Plate Builder di salah satu Loco (kayaknya 204 hidung miring) tertulis yang intinya bahwa Made In Amerika namun tidak mengikuti aturan emisi AmerikacoklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 8:17Thanks koreksinya om, sy udh agak lupa krn udh jarang baca2 ttg lokomotip sejak forum diskusi ttg kereta api di Indonesia mati suri bbrp taun yg lalu
Yg jelas lokomotip di Indonesia dikasih minum solar biasa, bukan DEX/dexlite. Konon ini salahsatu alasan mengapa lokomotip2 di Indonesia yg buatan GE memakai blok mesin yg sama sejak tahun 1977 (GE 7FDL8 digunakan sejak CC201 1st gen), ya krn kualitas solar disini gk ada kemajuan...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
udah sy pm denmas8 yg sy omongin apa ..... tanya dia sj ha ha hajwid wrote: Wed Jul 05, 2017 0:41waduh masa kita harus pantengin sm setiap menit supya tidak ketinggalan bacaan bermutu om nr dan pak towi ... telat dikit keburu dihapus. tetap kita menghargai para kontributor dan om momod dan segenap member forum tercinta ini.
salam
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
203 mungkin om? 204 hidung miring kan buatan madiungoldthisice wrote: Wed Jul 05, 2017 9:22Wah jadi inget Name Plate atau Plate Builder di salah satu Loco (kayaknya 204 hidung miring) tertulis yang intinya bahwa Made In Amerika namun tidak mengikuti aturan emisi AmerikacoklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 8:17Thanks koreksinya om, sy udh agak lupa krn udh jarang baca2 ttg lokomotip sejak forum diskusi ttg kereta api di Indonesia mati suri bbrp taun yg lalu
Yg jelas lokomotip di Indonesia dikasih minum solar biasa, bukan DEX/dexlite. Konon ini salahsatu alasan mengapa lokomotip2 di Indonesia yg buatan GE memakai blok mesin yg sama sejak tahun 1977 (GE 7FDL8 digunakan sejak CC201 1st gen), ya krn kualitas solar disini gk ada kemajuan...![]()
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
haha.. padahal aslinya sy yg suka comment "lebih galak" drpd si oom NR & oom towi.. yah dimaklumin ja - mgk krn mrk populer - py byk swing/silent penggemar "fanatik" di SM..newrubble wrote: Wed Jul 05, 2017 9:29udah sy pm denmas8 yg sy omongin apa ..... tanya dia sj ha ha hajwid wrote: Wed Jul 05, 2017 0:41waduh masa kita harus pantengin sm setiap menit supya tidak ketinggalan bacaan bermutu om nr dan pak towi ... telat dikit keburu dihapus. tetap kita menghargai para kontributor dan om momod dan segenap member forum tercinta ini.
salam

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed May 25, 2016 1:39
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
[quote=coklatMetalik post_id=945013 time=1499247707
Ternyata CC 206 Om
Ternyata CC 206 Om

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
jalur trem jkt dulu cukup panjang dr beos di utara sampai (skrg) terminal bus kampung melayu yang sampai thn 80-85 masih suka org org sebut staande plaat krn byk advertisings berbentuk roundy
tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)
grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)
dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)
grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)
dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
wahh cakep jg keretanya ya. mudah2an bagus n awet.Valkyr10 wrote:Yang menang tender rolling stock LRT jakarta kan Hyundai Rotem..y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 7:15 klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
http://www.railjournal.com/index.php/as ... a-lrt.html
dan pakenya standard gauge.. bukan narrow..
ga kyk mobilnya..... 5 taun piara, 2x turun mesin. dipake buat nguber panther turbo sama ipah........

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Accurate V5 Accounting System Consultant