1. History
Mobil ini diluncurkan pada tahun 2016 lalu oleh PT SIS untung menggantikan SX4 lama yang sudah pensiun sejak 2013 yang lalu, di Indonesia, S-cross akan berhadapan dengan HRV 1.5 , Trax & Juke dikelas CUV. Namun, kedatangannya di Indonesia dianggap terlambat oleh sebagian orang, karena mobil ini sebenarnya merupakan versi PFL yang sudah ada di India sejak 2013 lalu, namun karena kedudulan PT SIS, yang membiarkan segmen yang ditinggalkan SX4 lama kosong selama 3 tahun lamanya, s-cross baru masuk ke Indonesia sekitar 2016 lalu secara CBU dari India, which is saat itu sudah ada bocoran versi FLnya diluar negeri

2. Exterior
Tapak depan

Hmm, not bad lah, tapi bagian grillnya kok agak kegedean gitu ya, sehingga keliatan agak gemuk, beda dengan SX4 lama yang simpel & proportional bagian depannya.
Tapak samping

Hmmm, keliatan biasa saja , dibilang bagus juga engga , tapi juga ga bisa dibilang jelek, intinya cukupan deh menurut saya, cuma velgnya keliatan ga sinkron sama bodinya, mungkin bisa upgrade ke velg racing buat memperindah penampilan S-cross anda hehehe.
Tapak belakang

Lebih baik dibanding bagian depan / samping, namun tetap saja belum sebaik HRV / SX4 lama dalam segi desain
Overall desainnya memang bukan selera semua orang, tapi buat saya cukup baik, walaupun HRV & SX4 lama masih lebih baik dari sisi desain exteriornya
Score 7/10
3. Interior

Cukup modern dikelasnya, yaa 11 12 sama HRV lah, serta lebih modern disbanding pendahulunya

Cluster

At least lihat slot2 ini ga kosong udah cukup membahagiakan buat saya

Row 2

Cukup lega, walaupun ga selega HRV, namun better than Trax & Juke
Bagasi

Cukup luas, walaupun ga selega HRV
Overall cukup baik. Desain modern, row 2 cukup lega, bagasi lumayan & kepraktisan cukup baik dikelasnya
Skor : 7,5/10
4. Fitur
Mobil ini memiliki fitur yang lumayan banyak, seperti start stop engine, audio touchscreen, tombol audio disetir, defogger, rain sensor dll. Untuk safetynya , ia sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag, ABS & EBD.
Skor 8/10, fiturnya termasuk Salah satu yang terbaik dikelasnya
5. Mesin

Mobil ini dipersenjatai denken mesin M15A yang serupa dengan pendahulunya, dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan & tomatis 6 percepatan
6. Driving Impression
Unit TD berwarna putih & bertransmisi otomatis


Kunci keyless entry





Kesan saya selama TD ini adalah:
- Suara mesin cukup halus
- Peforma 6 ATnya cukup oke buat dalkot
- Bensin ga irit2 amat ,FC rata2 di Mid menunjukkan angka 7,2 KM/L.
- BQ cukup baik dikelasnya, lebih baik dibanding HRV menurut saya
- Peredaman kabin cukup baik
- Setir jauh lebih ringan daripada pendahulunya
Overall score 7/10
Kelebihan:
- Value for money
- Fitur melimpah
- BQ cukup oke
- Peforma cukup baik
- Akomodasi cukup baik
- Row ke2 lega
- Desain interior
Kelemahan:
- Desain exterior bukan selera semua orang
- Ga irit2 amat
- Mesin jadul
- Diluar negeri sudah keluar versi FLnya
- Velg bawaan mobil teilhat cupu
Kesimpulan:
Mobil ini cocok buat anda yang mencari mobil CUV baru yang value for money, kaya fitur, lega & cukup practical, asal anda bisa mencerna desain exteriornya aja yang menurut saya aneh itu.
Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan.
- Ass suzuki belum sebaik Honda