Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
As subject
Belakangan lagi hobi jalan kaki... dan kebetulan kalo kerja juga ane cuma jalan kaki... Terpikir... Ngerasa nggak sih di Indonesia kalo jalan kaki itu rasanya bener - bener nggak aman?
Design trotoar / pedestrian nya kacau... adapun dipake lewat motorist.
Hasilnya pejalan kaki musti berhadapan dengan ganasnya pemotor yang siap nyerempet tiap saat... dan blum lagi mobil yang jalannya kenceng juga. Plus mereka nggak mau ngalah sama pejalan kaki. Ada orang mau nyebrang malah digas biar orangnya gak lewat ...
2 hari ini entah kenapa kok rasanya hampir kena tubruk terus... Kemarin malem jalan hampir ketabrak mobil, tadi pagi jalan juga ada motor meleng nyaris nabrak dengan muka bikernya yang cuek bebek kayak nggak sadar di depannya ada orang.
Blom kalo malem - malem di tempat gelap resiko kriminal tinggi...
Berbeda kalo jalan di negara maju... Pedestrian road nya bagus dan ngga dilewati motor (ya iyalah orang motornya dikit). Mobil pada mau ngalah...
Share yuk pengalaman sebagai pejalan kaki di Indonesia (dan negara lain juga)...
Belakangan lagi hobi jalan kaki... dan kebetulan kalo kerja juga ane cuma jalan kaki... Terpikir... Ngerasa nggak sih di Indonesia kalo jalan kaki itu rasanya bener - bener nggak aman?
Design trotoar / pedestrian nya kacau... adapun dipake lewat motorist.
Hasilnya pejalan kaki musti berhadapan dengan ganasnya pemotor yang siap nyerempet tiap saat... dan blum lagi mobil yang jalannya kenceng juga. Plus mereka nggak mau ngalah sama pejalan kaki. Ada orang mau nyebrang malah digas biar orangnya gak lewat ...
2 hari ini entah kenapa kok rasanya hampir kena tubruk terus... Kemarin malem jalan hampir ketabrak mobil, tadi pagi jalan juga ada motor meleng nyaris nabrak dengan muka bikernya yang cuek bebek kayak nggak sadar di depannya ada orang.
Blom kalo malem - malem di tempat gelap resiko kriminal tinggi...
Berbeda kalo jalan di negara maju... Pedestrian road nya bagus dan ngga dilewati motor (ya iyalah orang motornya dikit). Mobil pada mau ngalah...
Share yuk pengalaman sebagai pejalan kaki di Indonesia (dan negara lain juga)...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Pengalaman yang sama kaya waktu pertama kali pulang dari Melbourne.
Beberapa kali mau ditabrak pas nyebrang di zebra cross , dan baru tersadar disini yah kalo zebra cross libas aja ga perduli ada orang atau tidak.
Kalau disana kan prioritas adalah orang nyebrang.
Kalo saya sih masalah motor naik trotoar kalo sampe ditubruk saya tendang aja, kalau dia jatuh langsung play victim saya marahin aja. Ingat di indonesia yg kecil adalah yang benar , regadless salah siapa, pokoknya pake prinsip ibu2 sen kiri belok kanan.
Untung di daerah saya tinggal karena tata kotanya dirancang developer, trotoar , jembatan penyebrangan, lampu jalan semuanya well adequate.
Beberapa kali mau ditabrak pas nyebrang di zebra cross , dan baru tersadar disini yah kalo zebra cross libas aja ga perduli ada orang atau tidak.
Kalau disana kan prioritas adalah orang nyebrang.
Kalo saya sih masalah motor naik trotoar kalo sampe ditubruk saya tendang aja, kalau dia jatuh langsung play victim saya marahin aja. Ingat di indonesia yg kecil adalah yang benar , regadless salah siapa, pokoknya pake prinsip ibu2 sen kiri belok kanan.
Untung di daerah saya tinggal karena tata kotanya dirancang developer, trotoar , jembatan penyebrangan, lampu jalan semuanya well adequate.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
tapi pejalan kaki di indon juga kadang kampretos...
ada jembatan penyeberangan persis diatasnya malah nyebrang dibawah
lampu lalu lintas ijo untuk mobil malah jalan nyebrang...bkin macet...gk ada otak
tapi sebagai pejalan kaki yang paling bkin gue sebel adalah pedagang kaki lima yang seenaknya gelar tiker di trotoar.... apalagi kalo piaraan lurah setempat....
ada jembatan penyeberangan persis diatasnya malah nyebrang dibawah
lampu lalu lintas ijo untuk mobil malah jalan nyebrang...bkin macet...gk ada otak
tapi sebagai pejalan kaki yang paling bkin gue sebel adalah pedagang kaki lima yang seenaknya gelar tiker di trotoar.... apalagi kalo piaraan lurah setempat....

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
di Bangkok aja jalan kaki jauh lebih enak drpd Jkt
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Kalo buat saya untuk zaman sekarang mungkin lebih tepatnya...
"Insecurity sebagai wn Indonesia"
"Insecurity sebagai wn Indonesia"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat May 23, 2015 7:40
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Klo di kota yang populasi kendaraannya nggak sebanyak populasi manusianya,jalan di trotoar masih nyaman2 aj kok.
Betul kata om di atas,yang mengganggu justru pkl2 yg buka lapak di trotoar. Bikin pejalan kaki harus turun ke jalan.
Klo vs kendaraan bermotor,yg sering masalah justru pejalan kaki yang nyeberang2 nggak di tempat yang seharusnya.
Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
Betul kata om di atas,yang mengganggu justru pkl2 yg buka lapak di trotoar. Bikin pejalan kaki harus turun ke jalan.
Klo vs kendaraan bermotor,yg sering masalah justru pejalan kaki yang nyeberang2 nggak di tempat yang seharusnya.
Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
emangnya ada jalur pejalan kaki, jalan lsg pinggirnya adanya got....mana ada trotoar
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
sya di Sby ada lampu merah khusus buat orang nyebrang jg mobilnya pada kebelet ngegas semua padahal udah dikasih sirine bwat hati - hati ada orang nyebrang...jdm86 wrote: Wed May 24, 2017 3:30 Pengalaman yang sama kaya waktu pertama kali pulang dari Melbourne.
Beberapa kali mau ditabrak pas nyebrang di zebra cross , dan baru tersadar disini yah kalo zebra cross libas aja ga perduli ada orang atau tidak.
Kalau disana kan prioritas adalah orang nyebrang.
Kalo saya sih masalah motor naik trotoar kalo sampe ditubruk saya tendang aja, kalau dia jatuh langsung play victim saya marahin aja. Ingat di indonesia yg kecil adalah yang benar , regadless salah siapa, pokoknya pake prinsip ibu2 sen kiri belok kanan.
Untung di daerah saya tinggal karena tata kotanya dirancang developer, trotoar , jembatan penyebrangan, lampu jalan semuanya well adequate.
itu namanya kurang edukasi om...martinnn wrote: Wed May 24, 2017 3:33 tapi pejalan kaki di indon juga kadang kampretos...
ada jembatan penyeberangan persis diatasnya malah nyebrang dibawah
lampu lalu lintas ijo untuk mobil malah jalan nyebrang...bkin macet...gk ada otak
tapi sebagai pejalan kaki yang paling bkin gue sebel adalah pedagang kaki lima yang seenaknya gelar tiker di trotoar.... apalagi kalo piaraan lurah setempat....
jalan kaki wkt lampu ijo cari mati... tp motor tetep lebih ngeselin sih.
lapak PKL juga salah satu yang ngeselin... kadang gedenya satu trotoar sendiri... klw cuma separo badan trotoar ya oke lah... paling engga cape jalan bisa duduk jajan dulu... ini sebadan trotoar dimakan semua.
Sya pernahnya di jepang sama singapur sih om... jauh lah... dari jepang pulang kepengen jalan kaki malah serem sendiri liat motor slanang slonong...
padahal di jepang jalan jauh ga cape... disini 500 meter aja udah cape karena mikir harus cari tempat yang aman dari motor...
ntar kalo ngomongin itu jadi bahas politik lagi om...imansyx wrote: Wed May 24, 2017 3:54 Kalo buat saya untuk zaman sekarang mungkin lebih tepatnya...
"Insecurity sebagai wn Indonesia"
Betul om... kalo di kota kecil justru jalan kaki lebih enak drpd mobil / motor...jabbathehut wrote: Wed May 24, 2017 4:01 Klo di kota yang populasi kendaraannya nggak sebanyak populasi manusianya,jalan di trotoar masih nyaman2 aj kok.
Betul kata om di atas,yang mengganggu justru pkl2 yg buka lapak di trotoar. Bikin pejalan kaki harus turun ke jalan.
Klo vs kendaraan bermotor,yg sering masalah justru pejalan kaki yang nyeberang2 nggak di tempat yang seharusnya.
Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
la iya... itulah kurang edukasi om... padahal di skolah2 udah dikasih pelajaran nyebrang di zebra cross...
Tapi y serba salah sih... zebra cross kadang masangnya jg ga bener... pejalan kaki nyelonong sembarangan terkadang memang kenyataannya mereka g dikasih tempat bwat jalan kaki... smua arsitektur dibuat mobil motor...
saya keselnya bukan masalah pejalan kaki bener apa engga... kadang udah jelas-jelas itu zebra cross motor nyelonong aja... kalo engga ada satpam yang nyetop juga kagak ngerem tuh terutama pemotor... udah jelas ada lampu nya merah semua mobil nyalain hazard tanda ngasih orang jalan, motorist main hajar ae. Nabrak yang nyebrang. Macet panjang deh.
persis sama yang saya alamiiwidiyanto wrote: Wed May 24, 2017 4:06 emangnya ada jalur pejalan kaki, jalan lsg pinggirnya adanya got....mana ada trotoar

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Kadang, sebagai driver kita juga was2 sama perilaku jaywalkers sih.. tukang nyebrang dadakan.. kadang di blindspot. (Ujung belokan tiba2 ada jaywalkers).
Beda dengan di jpn, as long kita di zebra cross mereka psti akan kasih kita jalan. Walkers pasti diutamakan.
Kalau di sg, jaywalkers suka diklaksonin kenceng2
Dan sebagai orang yg suka jalan kaki di indo (utama jakrta, karena saya pake commuter line)..lagi jalan suka kehalang sama pkl di trotoar. Atau malah tiba2 trotoarny menghilang. Lebih gila lagi ya rider2 motor nekat naik trotoar. Kita lagi jalan santai diklaksonin suruh minggir.. (minggir ke comberan gitu? ) hahaha
Beda dengan di jpn, as long kita di zebra cross mereka psti akan kasih kita jalan. Walkers pasti diutamakan.
Kalau di sg, jaywalkers suka diklaksonin kenceng2
Dan sebagai orang yg suka jalan kaki di indo (utama jakrta, karena saya pake commuter line)..lagi jalan suka kehalang sama pkl di trotoar. Atau malah tiba2 trotoarny menghilang. Lebih gila lagi ya rider2 motor nekat naik trotoar. Kita lagi jalan santai diklaksonin suruh minggir.. (minggir ke comberan gitu? ) hahaha
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
yg ngelakuin ini kebanyakan bocah yang blom tau bahaya dan orang tua krn fisiknya dan penglihatan pendengarannya udah melemah...PRBS wrote: Wed May 24, 2017 4:23 Kadang, sebagai driver kita juga was2 sama perilaku jaywalkers sih.. tukang nyebrang dadakan.. kadang di blindspot. (Ujung belokan tiba2 ada jaywalkers).
Beda dengan di jpn, as long kita di zebra cross mereka psti akan kasih kita jalan. Walkers pasti diutamakan.
Kalau di sg, jaywalkers suka diklaksonin kenceng2
Dan sebagai orang yg suka jalan kaki di indo (utama jakrta, karena saya pake commuter line)..lagi jalan suka kehalang sama pkl di trotoar. Atau malah tiba2 trotoarny menghilang. Lebih gila lagi ya rider2 motor nekat naik trotoar. Kita lagi jalan santai diklaksonin suruh minggir.. (minggir ke comberan gitu? ) hahaha
kejadian bukan waktu ane jalan sih... dan bukan di jalan gede a.k.a di kampung waktu ane bawa mobil... ada bocah main sepeda masih blm khatam... mau nyebrang bingung maju atau engga... uwe maju dia ikutan maju, ngerem deh akhirnya biarin dia lewat dulu tapi korban bemper belakang diseruduk motor

na iya tau-tau ntar trotoarnya ilang... atau kehalang pohon gede... kapan lalu sempet bahas ini jg waktu pergi sama temen ane yang arsitek... ngomongin arsitektur kota yang ga ramah pedestrian...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Atau ini mod chz, Kadang ibuk2 bawa belanjaaan atau ibuk2 gatau lagi mikir apa suka nyebrang sembarangan.. atau mas2 remaja nanggung bareng temen2nya.. atau kumpulan mas2 yg tiba2 liat rombongan geng lainnya, trus ngajak gelut. (Tawuran) hahahaha
Saya pernah kejebak tawuran.. bener2 ditengahnya. Pas di sevel SMA70.. alhasil hardtop saya naik trotoar pinggirannya.. pelan2 asal selamat.
Saya pernah kejebak tawuran.. bener2 ditengahnya. Pas di sevel SMA70.. alhasil hardtop saya naik trotoar pinggirannya.. pelan2 asal selamat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1170
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
kalo saya sbg warga jkt jalan kaki lebih baik lawan arah dgn arah kendaraan. knp? minimal memperkecil risk ditabrak dari belakang.
kalo bahas insecure nya, rasanya sih utk ditabrak mobil dan motor saya dgn cara jalan kaki lawan arah gt saya udh tenang. tapi utk rasa insecure ditodong aja sih yang nggak ada obat, bahkan utk saya yg tinggal di jkt hahaha.. mgkn efek banyak ntn rekaman cctv orang lagi jalan kaki dipalangin pake motor dan ditodong lsg or lagi jalan kaki di kidnap lsg pake mobil sliding door roti tawar
kalo bahas insecure nya, rasanya sih utk ditabrak mobil dan motor saya dgn cara jalan kaki lawan arah gt saya udh tenang. tapi utk rasa insecure ditodong aja sih yang nggak ada obat, bahkan utk saya yg tinggal di jkt hahaha.. mgkn efek banyak ntn rekaman cctv orang lagi jalan kaki dipalangin pake motor dan ditodong lsg or lagi jalan kaki di kidnap lsg pake mobil sliding door roti tawar
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Main2 ke jakbar om, disini kl motor pakai trotoar bisa 2 arah bahkan, jd pejalan kaki mau jalan lawan arah jg bs ditabrak dr belakangiamwewe wrote: Wed May 24, 2017 4:47 kalo saya sbg warga jkt jalan kaki lebih baik lawan arah dgn arah kendaraan. knp? minimal memperkecil risk ditabrak dari belakang.
kalo bahas insecure nya, rasanya sih utk ditabrak mobil dan motor saya dgn cara jalan kaki lawan arah gt saya udh tenang. tapi utk rasa insecure ditodong aja sih yang nggak ada obat, bahkan utk saya yg tinggal di jkt hahaha.. mgkn efek banyak ntn rekaman cctv orang lagi jalan kaki dipalangin pake motor dan ditodong lsg or lagi jalan kaki di kidnap lsg pake mobil sliding door roti tawar
Motor dilawan...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3056
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
saya setuju nih, kalo jalan kaki saya ngerasa lebih aman kalo jalannya lawan arah dr kendaraan. resiko tabrak belakang berkurang, resiko tabrak dr depan bisa di hindari. resiko jambret copet juga. ga terlalu was2 liat belakang terus juga.iamwewe wrote: Wed May 24, 2017 4:47 kalo saya sbg warga jkt jalan kaki lebih baik lawan arah dgn arah kendaraan. knp? minimal memperkecil risk ditabrak dari belakang.
kalo bahas insecure nya, rasanya sih utk ditabrak mobil dan motor saya dgn cara jalan kaki lawan arah gt saya udh tenang. tapi utk rasa insecure ditodong aja sih yang nggak ada obat, bahkan utk saya yg tinggal di jkt hahaha.. mgkn efek banyak ntn rekaman cctv orang lagi jalan kaki dipalangin pake motor dan ditodong lsg or lagi jalan kaki di kidnap lsg pake mobil sliding door roti tawar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Jd inget channel pak martin di youtube
Dia pernah cerita dulu pernah kecemplung lubang galian got di trotoar yg gk ditutup lg
Dia pernah cerita dulu pernah kecemplung lubang galian got di trotoar yg gk ditutup lg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Rambu2 zebra cross juga gàk standard sih di indo.
Musti nya kalau yg pake lampu penyebrangan garis nya 2 aja membentang ujung ke ujung,
kalau yg udah pake zebra cross kayak sekarang di Indo wajib priority orang yg nyebrang, ga usah pake lampu merah pun kalau ada yg mau nyebrang harus Brenti kasih jalan, harus ganti semua tuh zebra cross Di lampu merah Indo sekarang. (Di sg udah gini)
Di bikin juga aturan perlindungan buat pengendara, kalau Ada yg nyelonong gàk liat lampu ketabrak ya salah sendiri jgn di hukum pengendara nya, yg ketabrak di obatin trus denda...
Kalau sekarang kan semua sama aja, semrawut gada yg peduli dan gada perbedaan, Lagipula koq kayaknya rambu2 di Indo lebih dikit ya
Mungkin om NR bisa share disana gimana...
Musti nya kalau yg pake lampu penyebrangan garis nya 2 aja membentang ujung ke ujung,
kalau yg udah pake zebra cross kayak sekarang di Indo wajib priority orang yg nyebrang, ga usah pake lampu merah pun kalau ada yg mau nyebrang harus Brenti kasih jalan, harus ganti semua tuh zebra cross Di lampu merah Indo sekarang. (Di sg udah gini)
Di bikin juga aturan perlindungan buat pengendara, kalau Ada yg nyelonong gàk liat lampu ketabrak ya salah sendiri jgn di hukum pengendara nya, yg ketabrak di obatin trus denda...
Kalau sekarang kan semua sama aja, semrawut gada yg peduli dan gada perbedaan, Lagipula koq kayaknya rambu2 di Indo lebih dikit ya
Mungkin om NR bisa share disana gimana...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
sepengalaman saya paling enak jalan kaki di singapore.. kalo di indonesia, bali terutama di daerah kuta pejalan kaki agak dihargai apalagi sama taksi..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 597
- Joined: Thu Oct 13, 2016 22:42
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
serba salah, kalo zebra cross di indonesia terutama kota gede, di enforce, bisa gak kebagian tuh mobil. kapan jalannya mobil....hihihihihi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Pemda dapat pajak dari pengendara motor & mobil. Pastilah fasilitasnya didahulukan (walaupun masih jauh dari layak).
PKL bayar jatah preman ke aparat. Pastilah dibiarkan.
Pejalan kaki...?
PKL bayar jatah preman ke aparat. Pastilah dibiarkan.
Pejalan kaki...?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
nah ini, ane biasa paling demen jalan kaki, biasa kalau travelling ke negeri orang apalagi pas di kota besarnya biasa jalan kaki ajah.
biasa kalau di indonesia, pejalan kaki jadi sama riskannya dengn pengguna kendaraan karena potensi kena tubruknya sangat besar apalagi trotoar dilintasi pengguna motor, ga jarang juga parkir mobil bahkan jualan. zebra cross yang sudah berlampu merah cthnya depan lotte dr satrio tuh ada zebra cross ber lampu merah tapi tetep ajah mesti dijaga satpam biar pengguna kendaraan tetap berhenti jika lampu merah (saya sih berenti terus kalau lamer yg disitu tapi
).
saya sendiri belom pernah kejadian kena serempet atau tubruk sih tapi jangan sampe deh
nah waktu itu lagi solo travelling ke korea, jalan" ngiterin kota seoul, kalau cek hape per hari jarak jalannya avg 20km. waktu itu lagi jalan mau nyebrang jalan di daerah dongdaemun (tempat buat belanja"). ada mobil mau melintas, karena masih inget gaya indo, saya yg ngalah padahal masih jauh mobilnya dan sepertinya pengendara mobil tau saya mau nyebrang dia sudah berenti cukup jauh untuk mempersilahkan saya lewat. dan kejadian ini hampir selalu kejadian ga cuma di kota besarnya tapi kota kecil waktu itu di daerah sokcho.
jadi kesimpulan balik ke mental orang (pengendara dan juga pejalannya). supaya safety ga cuma slogan safety can be fun
biasa kalau di indonesia, pejalan kaki jadi sama riskannya dengn pengguna kendaraan karena potensi kena tubruknya sangat besar apalagi trotoar dilintasi pengguna motor, ga jarang juga parkir mobil bahkan jualan. zebra cross yang sudah berlampu merah cthnya depan lotte dr satrio tuh ada zebra cross ber lampu merah tapi tetep ajah mesti dijaga satpam biar pengguna kendaraan tetap berhenti jika lampu merah (saya sih berenti terus kalau lamer yg disitu tapi

saya sendiri belom pernah kejadian kena serempet atau tubruk sih tapi jangan sampe deh

nah waktu itu lagi solo travelling ke korea, jalan" ngiterin kota seoul, kalau cek hape per hari jarak jalannya avg 20km. waktu itu lagi jalan mau nyebrang jalan di daerah dongdaemun (tempat buat belanja"). ada mobil mau melintas, karena masih inget gaya indo, saya yg ngalah padahal masih jauh mobilnya dan sepertinya pengendara mobil tau saya mau nyebrang dia sudah berenti cukup jauh untuk mempersilahkan saya lewat. dan kejadian ini hampir selalu kejadian ga cuma di kota besarnya tapi kota kecil waktu itu di daerah sokcho.
jadi kesimpulan balik ke mental orang (pengendara dan juga pejalannya). supaya safety ga cuma slogan safety can be fun

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat May 23, 2015 7:40
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Klo disini dari jarak 50 meter liat orang mau nyeberang,malah dikasi high beam sambil klakson2 ya. Gua dulu liwat baru lu orang boleh nyeberang [emoji1]
Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Tue May 01, 2012 3:55
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
curcol imo :
- tanpa maksud menjelekkan pengguna motor, tetapi kenyataannya paling sering hampir dicium motor di trotoar (perasaan hanya diindo trotoar = jalan motor alternative)
- kalo motor ditabrak mobil umumnya yg salah mobil, tetapi beda crita pejalan kaki ditabrak motor....motornya wuush kabuur
- di zebra cross, terkadang deg deg serr takut di tabrak motor/mobil....apa lg kalau baru mulai merah
berasa sekali contrast ketika luar negeri , contoh tetangga deket Singapore, berasa sekali antara driver/biker/pedestrian masing masing memiliki hak.....
cuma berharap Indonesia bisa semakin tinggi tingkat kesadaran semua orang, dan saling menghargai (issue yg critical saat ini
)

- tanpa maksud menjelekkan pengguna motor, tetapi kenyataannya paling sering hampir dicium motor di trotoar (perasaan hanya diindo trotoar = jalan motor alternative)
- kalo motor ditabrak mobil umumnya yg salah mobil, tetapi beda crita pejalan kaki ditabrak motor....motornya wuush kabuur

- di zebra cross, terkadang deg deg serr takut di tabrak motor/mobil....apa lg kalau baru mulai merah
berasa sekali contrast ketika luar negeri , contoh tetangga deket Singapore, berasa sekali antara driver/biker/pedestrian masing masing memiliki hak.....
cuma berharap Indonesia bisa semakin tinggi tingkat kesadaran semua orang, dan saling menghargai (issue yg critical saat ini

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Sat Nov 21, 2015 19:45
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Saya kagum waktu di Yurep, rata-rata ketika kita mau nyebrang (walaupun pernah ngawur, misalnya lampu masih merah, atau ngga di zebra cross), rata-rata kendaran pada berhenti dan kasih kita lewat duluan..
Now:
XL7 2023, Avanza 2023
Past:
Freed 2013, Avanza 2018
Fit 2003, GL 2012
CItyZ 2000, SE 1987
DX 1982, Avanza 2006
Kijang 1996, Wonder 1987
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Aug 14, 2013 17:39
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Ijin nimbrung om ChZ. Saya sering jalan kaki di jakarta, biasa kalo mau naik bis atau ke minimarket hehe. Kalo ketemu sama pemotor atau pedagang yg make trotoar sih ane udh sering sampe2 ane pikir mah ngalah aja deh (ane gk suka ada masalah pas di jalan soalnya hehe). Trus 1 lagi pas di pertigaan, kudu ekstra hati2 tengok kiri/kanan, depan, belakang takut ada mobil/motor yg mau belok. Khususnya motor, yg kalo belok gk pake ngerem atau tengok2 apalagi utamain pejalan kaki
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Insecurity sebagai Pejalan Kaki di Indonesia
Nah ini nih...tapi pejalan kaki pun disini juga kadang ga tau aturan...
Contoh : di lampu penyebrangan GM, lampu ijo mobil jalan malah nyebrang, bahkan ada yg bikin kaget nyebrang ga di tempatnya...ga mau susah dikit jalan jauhan.
Saya kalo jalan kaki sih bukan takut ditabrak motor...takut dibegal/ditodong
Sent from my iPhone using Tapatalk
Contoh : di lampu penyebrangan GM, lampu ijo mobil jalan malah nyebrang, bahkan ada yg bikin kaget nyebrang ga di tempatnya...ga mau susah dikit jalan jauhan.
Saya kalo jalan kaki sih bukan takut ditabrak motor...takut dibegal/ditodong
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom