pertama mohon maaf karna tulisan kali ini akan lebih pendek, lebih sedikit foto (hanya pke HP)… dan…... Biasanya klw materinya dikit saya enggan membuat ulasan. Tp somehow……. Mahluk yg satu ini pernah membuat saya termimpi2, apalagi setelah di PHP oleh salah satu oknum berekor di forum ini. Anggap saja ini sequel dari review mazda 2 skyactiv GT haha


overview
Meet the mazda CX3… sebuah small suv yang dibangun mostly dari mazda 2 plus mesin dari mazda 3, dari 1500cc naik ke 2000cc. mesin ini mungkin yg paling populer di lineup mazda, karna digunakan mulai dari mazda 3, hingga mazda miata. kaki-kaki… err beefy up mazda2, karna dia masih menggunakan torsion beam seperti mazda 2, tapi pcdnya diupgrade ke 5 baut seperti kakak2nya yang lebih besar.

Secara dimensi Mazda 2 dan CX 3 memiliki wheelbase yang benar-benar sama yaitu 2570mm. tp CX3 memiliki overhang yang lebih panjang, sehingga totalnya cx3 lebih panjang 20cm. CX3 jg kurang lebih 6cm lebih lebar dibanding mazda 2. di atas kertas CX3 dan Mazda 2 ground clearencenya hanya beda 6mm menjadi 158mm, tapi jika membandingkan side by side, i can confirm that CX3 lebih tinggi from the ground dari mazda 2 setidaknya di bagian tengah. memang titik2 seperti diffuser di bagian depan rendah sekali ketanah, saya tidak heran klw titik ini yang dijadikan patokan saat menghitung ground clearence. bagi yang merasa takut gasruk di M2, saya rasa CX-3 akan memberi clearence lebih.
the looks.

selain desain khas kodonya...sulit mencari kemiripan dengan mazda 2. DRL khasnya lebih spit dibanding M2, dengan fog lam projector LED. sama dgn mazda 2 FL. ban menggunakan toyo proxes ring 18 berbeda dgn mazda 2 yang hanya dikasih dunlop enasave. CX3 touring headlampnya projector led biasa sedangkan yang Grand touring/GT sudah pakai AFS, adaptive frontlight system intinya.. dia bisa nurunin lampu sendiri jika mendeteksi up coming traffic, jd ga bikin silau pengendara berlawanan sekalipun tetap di lampu jauh. mazda 2 GT FL juga katanya ada fitur ini. dibelakang ada dual tail pipe seperti cx5.

bicara desainya..... 10/10 haha at least itu subjective saya, anda pasti berbeda. tp saya suka sekali desainya.
jika dulu warna soul red dihargai 3jt lebih mahal, kini ada warna machine gray yg jdi warna exclusive dan sama2 3jt lebih mahal. warna ini ermmm harus lihat langsung sulit di jelaskan, tp definietly bukan "gray" biasa, dan makin dilihat memang makin menarik gradasi warnanya.
cabin?
semua yg pernah testduduk pasti setuju.... setidaknya 90% sama dengan mazda 2 GT, dengan aksen merah di beberapa tempat, termasuk kursi, dan door trim. tapi lucunya mazda 2 FL malah dibuat berbeda dengan CX 3. stiching benang yang asalnya merah jadi putih, bgtu juga beberapa panel dan ornamen, hasilnya aksen M2 FL kini jadi putih, bukan merah seperti M2 PFL dan CX3.

sama seperti M2, CX3 juga tidak punya armrest di console tengah seperti HRV/OS. armrest ini penting untuk kenyamanan jalan jauh. sedangkan armrest di doortrim kini lebih empuk dibanding M2.
stir M2 FL sama persis dgn CX3 lengkap dengan cruise controlnya. cluster CX3 Touring sudah menggunakan tachometer besar di bagian tengah, font dan ornamentnya berbeda dengan m2 GT. MID kini sudah memiliki satuan KM/L. HUD pun kini sudah berwarna. sudah ada paddleshift juga sekalipun bukan di type GT. padahal paddleshift dan HUD tidak ada di CX5

Jok sudah menggunakan kulit, dibagian tengah jokny dilapis ntah suede atau fabric yang pasti kualitasnya baik. door trim ada lapisan empuknya yang sama di baris pertama dan kedua (M2 GT hanya depan). overall baik jok depan dan belakang lebih empuk dan nyaman dibanding M2. joknya kini terasa lebih besar dan mensupport hingga lutut, jok M2 terasa terlalu kecil dan keras.

kualitas pengerjaan fit and finish suv yang dibuat dri jepang ini terlihat dan terasa lebih baik, setingkat lebih baik dari M2 yang dibuat dari thailand.

postur CX-3 yg lebih tinggi membuat keluar masuk lebih mudah, M2 harus turun kebawah saat mau duduk.. sebaliknya suv ladder mengharuskan user untuk climb ke atas. di CX3 seperti halnya crossover suv lain rasanya pas.
soal kelegaan... errmmm baris pertama saya bisa bilang 99% sama dengan M2, sekalipun jokny lebih besar dan suportif. ntah dengan varian CX3 GT yang ada sunroof bisa jadi lebih sempit.
sedangkan baris ke 2 nah ini...

awalnya saya pikir sama 100% dengan M2, setelah testdrive dan menyempatkan 30menitan di baris ke 2, i can confirm, baris keduanya lebih baik dari M2 err.. not much.. tp terasa..
legroom sedikitt lebih baik... mostly karna joknya lebih tinggi, jd kaki tdk nekuk. kemudian sandaran "sedikit" lebih rebah. karna jok lebih tinggi, posisi ke jendela lebih enak tidak berkesan tenggelam atau terperangkap seperti di mazda 2. tentu jokny yg lebih empuk jg sangat berperan.
dibanding cross over sekelas.. HRV sudah pasti paling lega, OS dan TRAX? saya rasa keduanya masih lebih lega dibanding cx3 2nd rownya.
1 hal lagi, transmission tunnel CX3 lebih besar dibanding M2, jika duduk ber 3 dan di tengah, bisa jadi malah lebih sempit dri M2. tentu transmission tunnel itu ada untuk varian AWD di luar. tp jika lihat rivalnya malah ada yg sekalipun AWD tp lantainya bisa rata karna bodyny di naikan. saya kira transmission tunnel ini ada karna mazda ingin bikin body tetap rendah demi center of gravity dan ngejar driving excitement
kemudian bagasinya. sudah pasti lebih besar, lebih panjang... 350ltr vs 280ltr tapi sama dgn mazda2 jok ke 2 tidak bisa di rebahkan rata lantai dan ada tambahan hook point di bagasi.

selama di perjalanan saya hubungkan MZD(yg sama persis dgn M2) ke Oneplus 3 saya, kemudian saya setel lagu favorit utk ngetes soundsystemnya.. dann... lagi-lagi sama persis kualitasnya which is good above average. meski tampa EQ apapun di HU MZD nya.
safety?
CX3 versi touring sudah punya 6 airbag, esp tcs abs ebd sudah pasti ada. dia tdk dapat i-active sense saja, itu jatahnya versi GT. yet mazda 2 GT FL sudah punya semua fitur ini dan semua fitur i-active sense CX3 GT at err.. 120jt cheaper?
=================================
test duduk sudah, liat spec sheet sudah, liat price tag yg bikin ngeri sudah... dan errmm sekilas bedanya tidak banyak dgn mazda 2. at least not 60jt or 120jt worth of money. tinggal 1 point vital yg bisa jadi penentu

how it drive?
first impression nya sya merasa.. "i'm in another mazda 2" ... karna sekilas memang sangat mirip... kecuali stir baru dgn cruise control, HUD berwarna, dan font tacho yg berbeda. (dan itu semua ada di mazda 2 GT FL)
well sampai explore lebih jauh...
dimulai dari suara mesin yg terdengar lebih halus, saat mundur di layar mzd selain tampil kamera belakang, juga tampil indikator distant 4 buah, di M2 itu hanya suara. sampai di stopan pertama i stop aktif, dan mesin off.. getaran saat engine off dan suara dinamo stater saat on lagi jauh lebih halus dri M2..
stir terasa sedikit lebih berat in good way, lebih komunikatif dan mantap, saya yakin ban r18 toyo proxes jg ikut berperan. hanya satu yang ganjal. saat di putar habis stirnya ada bunyi duk stoper stir seperti mitsubishi mirage saya dulu. hal ini tdk saya rasa di mazda 2.
setelah jalan jauh di tol dan jalan ancur peredam suara kabin baik road noise dan suspension noise jauhh lebih baik dibanding mazda 2 GT standar, dan masih lebih baik dibanding HRV atw OS. bantingan juga terasa lebih mantap berkat stroke suspensi lebih panjang dari M2, meski khasnya dimana suspensi dpn lebih empuk dri belakang seperti mazda 2 masih ada. urusan jalan ancur, saya rasa OS masih lebih unggul karna independent rear suspension, dan strokenya sendiri lebih panjang dan lebih soft karakternya.

CX3 dan M2FL sudah memiliki G-Vector, dari namanya sekilas mengingatkan pada torque vectoring, fitur yang beken di kendaraan "kenchang". tapi engineernya tdk menyamakanya dengan torque vectoring.... setelah di ubek2.. ternyata memang berbeda, sangat berbeda malah. jika torque vectoring berkerja dengan mendistribusikan torsi mesin lebih banyak ke ban bagian luar ntah dari differential atau rem, G-Vector justru bertujuan mengurangi G-force yang di rasakan pengemudi saat cornering, tujuany agar lebih nyaman dan lebih sedikit input driver ke stir saat mengkoreksi arah. caranya dgn mengurangi output mesin sblm masuk corner, dan menambahkanya lagi di saat yg tepat. ntah bagaimana caranya, tp R&D untuk fitur ini katanya sudah berjalan 8 tahun.. prakteknya.. errr..... hard to tell... antara suspensi ban dan chassis yg mantap atau dibantu Gvectornya. tp hasil akhirnya CX3 tergolong paling enak di kemudikan melewati corner.
Mesin? Skyactiv-G 2.0 13:1 yg mampu mengeluarkan 150hp@6000rpm dan 192nm @2800 significant jump dari 110ps@6000 dan 141nm @ 4000 rpm nya Mazda 2. beratnya juga hanya terpaut 145kg atau setara seekor FRD. so.. its should be great........ at least on paper. yet on reality... well it is!..... selisih 40hp and 60nm sound about right. kurva nya juga mirip, meski puncak torsi cx3 bisa di dapat lebih dulu, tp karakter skyactiv tetap sama , "midrange" dan flat dri rpm 2000 hingga redline, dan di highrevny lebih flat, tidak peaky seperti honda dan mitsubishi. M2 jg seperti itu tp anggap scale down versionya,tdk sekuat dan tdk se exciting cx3.
suara mesin CX3 lebih teredam dengan baik, suara kompressor ac yg menggangu di M2 tidak terdengar di CX3. bgtu juga saat rev hard ke redline tdk sebrisik di M2. meski saat kompresor ac nyala tetap kerasa membebani mesin.
Transmisi CX3 dan M2 karakternya mirip good as always... much better dari HRV dan OS. dan sekalipun gear hunting saat nanjak, torsiny yg dr rpm rendah sangat ngebantu. Dibanding M2 ada sedikit yg berbeda, di mode manual, CX3 akan auto upshift saat sampai redline. sedangkan M2 tidak dan akan hajar hingga kena rev limit.
selama di tol yg padat CX3 bisa mencapai 140-150kmh lebih cepat dari M2 standar, dengan roadnoise, dan engine roar yg lebih minim.
perjalanan 2.5jam kombinasi tol dan macet khas long weekend bandung, sampai finish di mid tertulis 11,3kml
verdict
overall.. CX-3 adalah Mazda 2 on steroid. sulit untuk menghilangkan koneksi keduanya... ya mostly karna kabinya yg hampir identic. brand image kedua akan saling terhubung dan efeknya bisa menjatuhkan value cx3 atau justru menaikan mazda 2. berbeda dgn HRV, yang jika dibanding Jazz GK lebih mudah menulis list kemiripanya, dibanding perbedaanya.
yet nyatanya memang hampir semua aspek cx3 lebih baik dari Mazda 2 GT. then there is its price, jika M2 GT FL dihargai 315jt maka CX-3 touring dihargai 388jt sedangkan yang GT 435jt. apakah worth it untuk pilih CX3? sya rasa alasan utama upgrade ke CX3 karna bentuknya, kedua refinement (peredam suspensi, comfort, fit and finish), kemudian tenaga mesin dan terakhir suv posture (better approach angle dan rambreak over, meski gcnya beda dikit). you need that? and willing to pay? please do upgrade ke CX3 atleast yang touring. kec jika mentingin fitur i-activesense dan tak mampu upgrade ke cx3 gt. ya cukup di M2 GT klw bgtu dan sisa uangnya bisa untuk upgrade performa/peredam see below.

bagaimana dengan suv sekelas? sejatinya hanya HRV 1.8 prestige dan Outlander Sport PX yang sekelas CX3. itu pun pasarnya sangat kecil.. ini juga saya rasa jd alasan knp CX3 justru di posisikan ke medium suv 400-500jt karna ukuran pasar suv di kelas cx5 crv t32 lebih besar. memang "memaksakan" tp bagi anda yg masih lajang g butuh 2nd row luas dan in the market for medium suv, lupakan soal "kelas", CX3 GT layak dipertimbangkan. dimensi lebarny yang masih di 1.7m lebih enak di bawa manuver di dalam kota dibanding medium suv yg sudah di atas 1.8m. akselerasi dan refinement juga g kalah dibanding medium suv 2.5ltr karna bobotnya hanya 1.2T atau hampir 400kg lebih ringan dri medium suv lain.
CX3 Touring atau GT? simplenya. jika anda di market untuk membeli suv sekelas HRV 1.8 dan Outlander PX, CX3 Touring jd bisa bersaing dgn harga 388jt vs 377jt (hrv prestige) dan 370 OS PX. next tinggal tunggu diskon saja. memang CX3 touring kalah tdk ada panoramic dibanding ke2 pesaingnya. tp menang di sisi driving impression, refinemend dan built and finish juga beberapa fitur lain. fitur2 lainynya tidak kalah lengkap dibanding hrv dan jauh lebih lengkap dari os.
why no love for GT? well di negara ini banyak yg memilih mbl karna "kelas" sehingga cx3 yg dianggap kelasnya small suv apalagi based on mazda 2 dgn obvious evidence, banyak yg bilang mau gimanapun tidak bisa dibandingin dgn medium suv,"kelas tidak bohong" menurut mereka sekalipun dia punya kelebihan dibanding mbl di kelas atasny. jika anda tdk peduli dengan kelas platformny punya budget 400-500jt tdk perlu 2nd row luas, ingin mbl yg lincah di jalan2 sempit maupun di highway dont forget to include CX3 GT on your list.
bottom note.
imho CX3 GT pricing strategy ny mirip dgn everest Titanium. dengan fitur all out.. harga melambung tinggi melewati batas psikologis (400jt or 600jt *on eprest case*). konsumen kaget mendengar harganya dan terlanjur muncul mindset "mahal" mereka lupa ada versi Touring atau Trend di everest yang harganya "sedikit" lebih mahal dri kompetitor tp dgn fitur onpar atau masih ada lebihny dri kompetitor. konsumen terlanjur kabur atau gensi ambil trim bawahny... haha

saat ini pasar suv kecil yang ramai itu di kelas 1.5ltr. harga 300jt lebih dikit. cx3 tidak bisa main di pasar ini. kec tiba-tiba bikin yg pakai mesin mazda 2. atau keajaiban skyactiv diesel 1.5nya di jual.
di pasar kelas <1.5ltr ada chevy trax yang jadi kuda hitam. dia punya fitur almost like CX3 GT, dengan torsi sama tp harga beda hampir 125jt.. you really need to consider trax jika di pasar mencari suv kecil.
how about M2 GT FL yg fiturny hampir sama dgn CX3 GT bisa tidak di improved utk lebih mendekati CX3?
well as M2 GT owner.. for starter
1. peredam, mazda 2 saya sudah di beri peredam bakar hingga 30 lembar di kolong dan pintu, yet CX3 masih lebih kedap dan road noise masih lebih minim, padahal bannya lebih lebar. dan apa mungkin toyo proxes lebih kedap dibanding enasave? selain itu di setiap fender CX3 terlihat dilapis peredam ini yang tidak ada di mazda2.
2. mesin, terus terang... saat TD saya senyum-senyum..... karna percaya ga percaya M2 saya by feeling lebih kenceng atw setidaknya g kalah dari cx3. terutama di atas 140kmh ntah karna cx3 nya masih inreyen waktu itu km cx3nya di 650km dan disi pertamax biasa. tp da km M2 saya tdk beda jauh di 2k-3kan saat pertama melakukan modifikasi. mod yg di lakukan modalny sekitar 5jt, untuk header dan remap. sya diskusikan dgn teman yang modifikasiny mirip dan sudah coba unit cx3 lain di waktu dan beres lain jg beranggapan sama. tentu CX3 jg bisa di upgrade, dan malah mesin cx3 lebih potensial dgn aftermarket dan tuner berlimpah di luar karna mesiny di pke di miata dan M3. paketan 200hp n.a sudah bnyk yg jual di luar.
3. soal pengendalian simply ganti ban dgn yg lebih bagus, atau paket coilover untuk M2 jg uda banyak. tp soal stroke dan comfort saya rasa sulit.
lainya looks, fit and finish suv posture, akomondasi... nothing you can do... in the end... hati sya ingin trade in.... tp....... yah well... harganya................ dan kabin yg terlalu mirip... could be a problem.. bosan.. macam punya ipah upgrade ke fortuner...

pros vs M2 GT
ermm forget it... karna CX3 almost better on all aspect dibanding Mazda 2
so consnya aja
- harganya beda cukup jauh
- desain kabinya terlalu mirip (atau sama) dgn Mazda 2
- turning radius 5.3m vs 4.7m
- wider and bigger
- that "duk" saat mentokin stir
- auto shift at the end of redline di manual mode
- less fuel efficient?
vs small suv 1.5ltr> OS dan Hrv 1.8
pros
- most powerful, and beefy mid range torque on its class
- best sound insulation
- best in class gearbox
- best handling in its class
- best build quality fit and finish
- safety paling komplit
- gimmick assist i-active sense
- G vector
cons
- paling sempit 2nd rownya
- No armrest on center console
- sedikit lebih mahal dri HRV/OS (touring) dan lebih mahal bngt (GT)
- GC paling rendah
- No panoramic
- Masih rear torsionbeam
vs Trax *special*
pros
- better handling
- better suspension
- better steering
- better gearbox
- got paddleshift + HUD
- that giant tacho
- min ron 90
cons
- cant beat turbo torque boost
- much more expensive
- baris ke 2 lebih sempit
- no android auto or apple car play
- no AC inverter
enjoy long reading

