First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15584
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Untuk menjawab rasa penasaran SMers disini... ane akan membuat review first impression dari hasil liat - liat CR-V Turbo siang ini...
Karena dijamin... banyak sekali yang penasaran dengan mobil ini.
Dan yang saya lihat ini adalah tipe tertinggi 1.5L Turbo Prestige CVT.
-------------------------------------------------------------
Just a Prologue
Di 2 tahun belakangan ini Honda semakin sering melakukan gebrakan dengan produk - produk terbaru, mulai dari Honda All-New Civic FC1 Turbo yang berubah sangat drastis dari Civic sebelumnya yang.... Ya begitulah (padahal pake ).
Civic FC1 merupakan bukti keseriusan Honda kembali ke medan peperangan, setelah generasi Civic FB dan CR-V RM, mobil Honda mengalami penurunan kualitas sangat banyak... Not to mention Mobilio dan Brio keluaran awal yang plastiknya kayak mobil Cina...
Setelah mendapat hujatan dari para penggemar maupun pengguna, Mobilio Dash-lift keluar, lalu setelah Civic FC1 keluar, keduanya mendapat upgrade signifikan. Brio Satya dan RS yang tampangnya ganteng plus transmisi CVT baru... Mobilio baru yang kita tau sekarang... Mukanya ganteng abis walaupun lampu depan projector disunat.
dan menyusul Civic, ada FK8 Type-R lalu All New NSX. FK8 Type-R pun sekarang bertarung di kelas hot-hatch dengan kemarin mencetak rekor FWD tercepat di Nurburgring. Civic Type-R generasi 9 (FK2) dan generasi 10 (FK8) menggunakan jantung yang sama, 2.0 Liter K20C Turbocharged.
Mesin Turbo pun ditularkan ke line-up bawah - bawahnya. Civic FC1 pun punya opsi 1.8 Liter N/A SOHC seperti FB dan 1.5 Liter L15B7 Turbo DOHC. Honda Fit dan Freed di Jepang pun menggunakan mesin 1 Liter Turbo 3 silinder. Lalu CR-V? Tentu saja sama seperti Civic, 1.5 Liter Turbo. Ini yang membuat para hardc*re fans Honda berteriak : "Honda kok pake turbo?".
Well, nggak cuma anda yang merasa begitu... Fanboy BMW pun juga merasakan hal yang sama. BMW dulu terkenal dengan mesin N/A 6 silinder yang merdu. sekarang berubah menjadi 4 silinder Turbo.
Lalu semua orang blaming Turbo mengurangi kesenangan berkendara. Blah. I don't see the point here.
Kalau ngomongin engine note, iya Turbocharged engine tidak se-merdu N/A, tapi N/A 4 silinder pun suaranya nggak bagus-bagus amat... So why bother? Tinggal buat free-flow aja selesai perkara. N/A 4 silinder dengan engine note merdu biasanya itu tweaking dari exhaust system saja...
OK jadi kembali ke Honda CR-V. CR-V selalu adalah produk yang strategis di pasar Indonesia. Walaupun sudah ada adiknya, HR-V yang juga sukses di pasaran, tapi CR-V dipandang masih ideal sebagai family car. Apalagi mengingat mobil sekelas Innova saja sekarang sudah 400juta lebih, dimana disini orang akan bimbang mengambil CR-V karena kelasnya lebih tinggi.
CR-V dari generasi pertama sampai keempat tidak mendapat lonjakan teknologi yang sangat signifikan. Terutama dari generasi kedua sampai keempat secara teknologi masih sama hanya refinement di sektor transmisi dan kenyamanan. Karena itu mobil ini menjadi tidak menarik di mata enthusiast. Identik dengan mobil bapak - bapak, soccermom. Berbeda dengan Mazda CX-series yang selalu terlihat menarik di mata car enthusiast karena terlihat atletis dan tidak boring.
Tapi di generasi kelima ini merupakan generasi yang paling revolusioner, lonjakan teknologi dan kualitasnya begitu banyak sehingga membuat mobil ini sangat layak dilirik. Generasi kelima ini lahir dari Honda Compact Global Platform baru yang nantinya juga akan dipakai oleh Honda Accord generasi ke-10. Menarik untuk melihat bagaimana langkah Honda ke depannya seperti apa. Terutama setelah membaca statement resmi dari CEO Honda di sini :
http://world.honda.com/news/2016/c160224aeng.html
OK let's get to it.
The Looks.
Urban crossover seperti Honda HR-V / CR-V, Mazda CX-series, Nissan X-Trail / Murano, Toyota RAV4, Hyundai Tucson, KIA Sportage, selalu punya masalah di styling. Bukan karena styling nya jelek, tapi karena mobil jenis urban crossover ini bentuknya bagi sebagian orang kurang "laki". Terutama bagi pria yang krisis jati diri butuh mobil yang bisa mewakili kejantanannya, SUV seperti Pajero Sport dan Fortuner dianggap lebih appealing dan lebih gagah.
Bagi sebagian orang, yang pakai urban crossover seperti family man yang membosankan, sedangkan pake ladder SUV dianggap pria yang seru karena hobi berpetualang... Ya padahal nggak semuanya, banyak juga cuma dipake ke mall sama bininya... yang kalo parkir bisa habis seharian nungguinnya krn rata - rata belajaran...
Sedangkan urban crossover, makin kesini bentuknya makin metroseksual. Memang ada Hyundai SantaFe yang juga macho dan seksi at the same time, tapi di mata orang Indonesia, helloo? Hyundai? Mereknya nggak menjual. Mazda CX-5 bukan selera banyak orang apalagi dengan moncong yang terlihat aneh dengan grill besar, yang ditiru oleh Toyota Grand New Kijang Innova ...
Tapi tidak di CR-V generasi kelima ini. Jika dari generasi ketiga dan keempat (RE dan RM) terlihat lebih cocok buat kaum ibu-ibu, CR-V RW terlihat ingin menunjukkan kesan tough ketika dilihat. Sekilas diliat seperti Ford Everest baru, tapi IMHO CR-V terlihat lebih modern...
Lampu depan menggunakan LED seperti di Civic dan City. Fog lamp juga bermodel LED.
RE dan RM punya garis bahu di pintu yang datar dan nggak ada tekukan agresif sama sekali, sehingga terlihat kalem, di RW, entah kenapa Honda sengaja membuat garis bahunya melebar, alih - alih punya design Japanese, ia justru terlihat lebih American. Dari samping mobil ini juga terlihat sangat proporsional dengan kaca belakang juga lebar.
Handle pintu yang tidak lagi krum... Mengurangi powernya sebesar 1000 FRDPower...
Kaca spion... Hmmm... Plek dengan generasi RM...
Bagian belakang juga patut diberi standing applause... Bagian belakang CR-V dari generasi RE dan RM keliatan gendut seperti salah desain... Sedangkan bagian belakang CR-V generasi pertama dan kedua sangat SUV dengan ban serep model konde. Tapi di RW tidak. Justru terlihat sangat maskulin dan proporsional.
Lampu belakang ala Volvo yang tidak failed seperti di RM. Masih model vertikal dengan ada terusan ke bagasi sehingga tidak plain.
Plus... Dual Tailpipes! Dan HPM sepertinya belajar dari kesalahan Civic, kali ini muffler cutter nya terlihat begitu rapi nggak maksa seperti Civic.
Velg menggunakan 18 inch dengan ban 235/60/18 Bridgestone Dueler H/L... Bukan Dunlop SPSportMaxx seperti RM dulu. Tapi design velg di Prestige ini terlihat bagus dengan 2-tone 5 palang, tidak seperti tipe bawah - bawahnya yang mirip seperti BR-V...
Inside
Di generasi RM kita begitu menyayangkan penurunan kualitas di batch awal, dan lack of uniqueness karena terkesan konservatif sekali desainnya. Di RW sebetulnya ia terkesan gado-gado.
Instrument cluster dan setir mengambil dari Civic, dan lagi-lagi sunated layar kalkulator .
Sayangnya di setir ini tidak dibekali tombol volume audio model swipe seperti di Thailand.
Setir versi Thailand... why ahond why...
Lampu kabin ngambil dari HR-V dan Odyssey.
Switch power window dan trim nya masih mirip dengan CR-V RM sebelumnya hanya diberi finishing piano black saja.
Center console ngambil dari CR-V RM.
Head unit mirip dengan Civic, hanya disini ada tombol Nano-E yang tidak ada di Civic.
Intinya, masih banyak cue design dari CR-V sebelumnya dan comot - comot juga dari Honda lain. At least di bagian depan.
Tuas shifter mobil ini juga bahannya bagus tidak seperti RM..
CR-V terbaru ini memiliki finishing wood di dasbor dan doortrim. Wood nya sendiri bukan model polished seperti di RM, lebih mirip seperti wood di Nissan Teana. Build quality nya biasa saja, bukan yang spesial amat. Tipikal mediocre japanese SUV... Yang jelas kalau dibandingin dengan Nissan X-Trail, ya mirip-mirip lah... Saya paling bingung kalo ditanya build quality.
However bagian favorit saya di interior adalah kursinya. Berbeda dengan Honda yang biasanya pelit bahan di kursi dan males banget ngedesain kursi, di mobil ini kursinya merupakan bagian yang mendapat perubahan yang signifikan. Kursinya seperti biasa memiliki support yang baik, dan kali ini busa nya lebih tebal dibanding CR-V lama.
Tapi mungkin perasaan saya saja, posisi nyetirnya tidak serendah yang lama, Semoga saya salah.
Baris kedua juga memiliki kursi dengan bahan yang sama, tapi mungkin efek dari kursi yang tebal, legroom nya feeling saya tidak selega RM... again, semoga saya salah. Memang sih bisa sliding dan recline.
Vent AC untuk baris kedua
.... and surprise. Mobil ini punya 3 buah baris seperti Nissan X-Trail dan Chevrolet Captiva. Sayang untuk masuk baris ketiga agak ribet. Karena Honda tidak menyediakan fitur one-touch tumble.
Baris ketiga, as expected. Tidak memberikan ruang yang memadai untuk orang dewasa, tapi masih lebih acceptable dibanding Nissan X-Trail.
Setidaknya walaupun sesak, penumpang baris belakang kepalanya bisa adem karena ada vent AC di atas, berbeda dengan X-Trail yang tidak memiliki vent AC untuk baris ketiga.
Oh iya, lampu kabinnya bagus... LED sama seperti bagian depan.
Bagasi mobil ini pintunya power back door... Hanya tersedia di tipe Prestige. Dan jika teman - teman pernah memperhatikan power back door di CR-V RM, akan ada benjolan di sebelah kiri dalam bagasi yang merupakan motor penggerak Power back door... Alias desain yang maksa karena ingin bersaing dengan Nissan X-Trail. Di Mobil ini tidak ada. Bagian tersebut tersamarkan dengan baik.
Bagasi mobil ini luas... Jika tidak dibuka baris ketiganya. Baris ketiga bisa dilipat rata jika tidak terpakai dengan konfigurasi 50 : 50. Koq di gambar tidak rata? Iya soalnya di bagasi seharusnya ada partisi tapi entah di unit ini tidak ada. Jika baris kedua tidak dilipat kapasitas bagasinya pas - pasan.
Safety
Fitur Safety di CR-V Prestige antara lain :
- 6 airbags
- ABS EBD BA
- G-CON + ACE
- Vehicle Stability Assist
- Hill-start assist
- Brake Override System
- ISOFIX
Sayangnya fitur safety Honda Sensing tidak dimasukkan, padahal menarik jika fitur tersebut masuk dengan harga segini, akan sangat value for money dan membuat CX-5 Grand Touring maupun Renault Koleos kelimpungan.
Engine and Drivetrain
Bagian paling banyak ubahan di CR-V terbaru ini adalah di sektor mekanikalnya. Kalau CR-V biasa identik dengan mesin besar yang haus BBM seperti mesin K24 di generasi sebelumnya, kali ini CR-V justru menggunakan mesin penggiling padi.... Eh maksudnya mesin kecil.
Sayangnya untuk harga segini bukaan kap mesin Honda CR-V belum pakai hidrolik. Tapi ya sudahlah itu bukan masalah besar, hidrolik juga rawan rusak apalagi kl sudah berumur, mungkin Honda ingin longevity mobilnya lebih baik.
Tampilan engine di CR-V jauh lebih rapi dibanding Civic dengan engine cover besar yang juga berfungsi sebagai air filter. Daaan di CR-V generasi kelima ini pertama kali air intake CR-V diletakkan di bagian atas, bkn bagian bawah seperti CR-V sebelumnya yang rawan nyedot air kalo banjir.
Sayangnya tulisan VTEC TURBO disini hanya hiasan, faktanya bahwa mobil ini tidak memiliki VTEC cam seperti mesin - mesin Honda NA yang lain.
L15B7 DOHC Turbocharged yang identik dengan Civic FC. Bedanya di Civic FC bertenaga 174PS @ 5500 RPM dan torsi flat 220Nm @ 1700 - 5500 RPM. CR-V bertenaga 190PS @ 5600 RPM dan torsi flat 240 Nm @ 2000 - 5000 RPM. Jadi 190 PS disini betul - betul bisa terasa under normal driving, bukan seperti di RM yang mana 190 PS harus mencapai RPM 7000 which is jarang sekali kita menyentuh 7000 RPM dalam pemakaian sehari - hari.
Baik Civic maupun CR-V dibekali transmisi CVT yang membuat banyak sekali orang di luar sana korban propaganda CVT = Lemot menjadi kecewa, bahkan gak sedikit yang bilang "mobil Turbo kok pake CVT, nggak cocok".
Ok sedikit penjelasan teknikal. Dalam mesin turbo, masalah terbesarnya adalah turbo lag, ditambah mesin bensin memiliki peak power di putaran yang tinggi dibanding diesel. Sedangkan under normal driving conditions, kita sangat jaraaaang sekali pakai rev tinggi. Sehingga ketika di mobil turbo kita shift di RPM yang rendah, hasilnya adalah rev menurun dan power drop.
Kekurangan lain dari geared transmission adalah gear hunting akibat rasio transmisi yang tidak variabel. Terutama di jalan tol dan tanjakan, gear hunting di transmisi otomatik biasa sangat annoying. Rev naik turun apalagi ketika perlu menyalip kendaraan, perlu refinement yang baik supaya transmisi gear tidak banyak gear hunting.
Sedangkan di CVT tidak ada istilah gear hunting, di tol pun rev mobil bisa dijaga serendah mungkin sehingga BBM bisa sangat hemat. Jika perlu nyalip atau bahkan di tanjakan dia bisa hold rev nya, mau akselerasi dalam kota pun dia bisa slip dan menggandakan torque via torcon. Apalagi dengan karakter torsi yang flat dari 2000 RPM, CVT menjadi sangat suitable untuk berbagai kondisi. Di transmisi gear kita harus ngakal pakai mode sekuensial / manual supaya tdk gear hunting. Itupun terkadang ada mode sekuensial yang suka sok tau alias ngoper sendiri. Istilahnya, CVT bisa menjamin kita nggak kehilangan boost di kondisi - kondisi tertentu, daaaan mendesain transmisi CVT tdk sesulit mendesain transmisi gear.
Itulah knp Mazda sangat jenius dengan transmisi SKYACTIV nya. Jarang sekali ada transmisi gear se-cekatan dan sehalus itu. Walaupun sama-sama 6-speed di Innova dan Fortuner malah jedug kan yang ada...
Honda punya opsi transmisi i-DCD untuk lineup hybrid sebenarnya yaitu transmisi dual clutch, tapi yah tau sendiri dual clutch bukan transmisi yang bebas masalah, even sekelas VW pun dual clutchnya sering problem akibat kurang edukasi ke user (belakangan tau kenapa DSG / DCT bermasalah karena diskusi dengan om Rizqisonhaji dan om 1704MX kemarin di Surabaya).
Ada jg 9-speed ZF di varian CR-V 1.6 Liter i-DTEC. Sayang varian ini tdk masuk Indonesia. Tapi varian ini ada di Thailand dan yg lucu Thailand tdk mendapat versi 1.5 Liter Turbo petrol, malah mesin 2.4 Liter EarthDreams. Mungkin di Thailand mesin diesel lebih diminati.
Sayang saya belum dapet info brp final gear dari CVT di CR-V, seharusnya final gearnya berbeda dengan CIvic.
Conclusion
Kesimpulan sementara, dengan harga yang hanya bertambah 5 juta dari CR-V RM Prestige, secara kelengkapan mobil ini cukup baik. Sayangnya beberapa sunat-sunatan masih ada seperti layar kalkulator. Absennya Layar full TFT dan Honda Sensing masih bisa dimaafkan karena kenaikan harga yang tidak signifikan.
Kekurangan yang cukup fatal lainnya adalah kursi yang tidak one-touch tumble, padahal apa susahnya menambah fitur ini . Baris ketiga ya sudahlah... Tapi one-touch tumble sangat perlu ketika kita mau bawa barang ukuran besar.
Rival potensial mobil ini adalah Mazda CX-5 Grand Touring, Nissan X-Trail X-TREMER, Renault Koleos Panoramic, Hyundai SantaFe, Chevrolet Captiva, KIA Sportage. Sedangkan secara harga ia juga bersaing dengan PutuJed... maksudnya Toyota Fortuner VRZ, Mitsubishi Pajero Sport DAKAR Ultimate yang juga baru meluncur, dan Chevrolet Trailblazer LTZ.
Yah... semoga bisa dicoba langsung dalam waktu dekat.
--------------------------------------------
Sekian first impression review kali ini...
Karena dijamin... banyak sekali yang penasaran dengan mobil ini.
Dan yang saya lihat ini adalah tipe tertinggi 1.5L Turbo Prestige CVT.
-------------------------------------------------------------
Just a Prologue
Di 2 tahun belakangan ini Honda semakin sering melakukan gebrakan dengan produk - produk terbaru, mulai dari Honda All-New Civic FC1 Turbo yang berubah sangat drastis dari Civic sebelumnya yang.... Ya begitulah (padahal pake ).
Civic FC1 merupakan bukti keseriusan Honda kembali ke medan peperangan, setelah generasi Civic FB dan CR-V RM, mobil Honda mengalami penurunan kualitas sangat banyak... Not to mention Mobilio dan Brio keluaran awal yang plastiknya kayak mobil Cina...
Setelah mendapat hujatan dari para penggemar maupun pengguna, Mobilio Dash-lift keluar, lalu setelah Civic FC1 keluar, keduanya mendapat upgrade signifikan. Brio Satya dan RS yang tampangnya ganteng plus transmisi CVT baru... Mobilio baru yang kita tau sekarang... Mukanya ganteng abis walaupun lampu depan projector disunat.
dan menyusul Civic, ada FK8 Type-R lalu All New NSX. FK8 Type-R pun sekarang bertarung di kelas hot-hatch dengan kemarin mencetak rekor FWD tercepat di Nurburgring. Civic Type-R generasi 9 (FK2) dan generasi 10 (FK8) menggunakan jantung yang sama, 2.0 Liter K20C Turbocharged.
Mesin Turbo pun ditularkan ke line-up bawah - bawahnya. Civic FC1 pun punya opsi 1.8 Liter N/A SOHC seperti FB dan 1.5 Liter L15B7 Turbo DOHC. Honda Fit dan Freed di Jepang pun menggunakan mesin 1 Liter Turbo 3 silinder. Lalu CR-V? Tentu saja sama seperti Civic, 1.5 Liter Turbo. Ini yang membuat para hardc*re fans Honda berteriak : "Honda kok pake turbo?".
Well, nggak cuma anda yang merasa begitu... Fanboy BMW pun juga merasakan hal yang sama. BMW dulu terkenal dengan mesin N/A 6 silinder yang merdu. sekarang berubah menjadi 4 silinder Turbo.
Lalu semua orang blaming Turbo mengurangi kesenangan berkendara. Blah. I don't see the point here.
Kalau ngomongin engine note, iya Turbocharged engine tidak se-merdu N/A, tapi N/A 4 silinder pun suaranya nggak bagus-bagus amat... So why bother? Tinggal buat free-flow aja selesai perkara. N/A 4 silinder dengan engine note merdu biasanya itu tweaking dari exhaust system saja...
OK jadi kembali ke Honda CR-V. CR-V selalu adalah produk yang strategis di pasar Indonesia. Walaupun sudah ada adiknya, HR-V yang juga sukses di pasaran, tapi CR-V dipandang masih ideal sebagai family car. Apalagi mengingat mobil sekelas Innova saja sekarang sudah 400juta lebih, dimana disini orang akan bimbang mengambil CR-V karena kelasnya lebih tinggi.
CR-V dari generasi pertama sampai keempat tidak mendapat lonjakan teknologi yang sangat signifikan. Terutama dari generasi kedua sampai keempat secara teknologi masih sama hanya refinement di sektor transmisi dan kenyamanan. Karena itu mobil ini menjadi tidak menarik di mata enthusiast. Identik dengan mobil bapak - bapak, soccermom. Berbeda dengan Mazda CX-series yang selalu terlihat menarik di mata car enthusiast karena terlihat atletis dan tidak boring.
Tapi di generasi kelima ini merupakan generasi yang paling revolusioner, lonjakan teknologi dan kualitasnya begitu banyak sehingga membuat mobil ini sangat layak dilirik. Generasi kelima ini lahir dari Honda Compact Global Platform baru yang nantinya juga akan dipakai oleh Honda Accord generasi ke-10. Menarik untuk melihat bagaimana langkah Honda ke depannya seperti apa. Terutama setelah membaca statement resmi dari CEO Honda di sini :
http://world.honda.com/news/2016/c160224aeng.html
OK let's get to it.
The Looks.
Urban crossover seperti Honda HR-V / CR-V, Mazda CX-series, Nissan X-Trail / Murano, Toyota RAV4, Hyundai Tucson, KIA Sportage, selalu punya masalah di styling. Bukan karena styling nya jelek, tapi karena mobil jenis urban crossover ini bentuknya bagi sebagian orang kurang "laki". Terutama bagi pria yang krisis jati diri butuh mobil yang bisa mewakili kejantanannya, SUV seperti Pajero Sport dan Fortuner dianggap lebih appealing dan lebih gagah.
Bagi sebagian orang, yang pakai urban crossover seperti family man yang membosankan, sedangkan pake ladder SUV dianggap pria yang seru karena hobi berpetualang... Ya padahal nggak semuanya, banyak juga cuma dipake ke mall sama bininya... yang kalo parkir bisa habis seharian nungguinnya krn rata - rata belajaran...
Sedangkan urban crossover, makin kesini bentuknya makin metroseksual. Memang ada Hyundai SantaFe yang juga macho dan seksi at the same time, tapi di mata orang Indonesia, helloo? Hyundai? Mereknya nggak menjual. Mazda CX-5 bukan selera banyak orang apalagi dengan moncong yang terlihat aneh dengan grill besar, yang ditiru oleh Toyota Grand New Kijang Innova ...
Tapi tidak di CR-V generasi kelima ini. Jika dari generasi ketiga dan keempat (RE dan RM) terlihat lebih cocok buat kaum ibu-ibu, CR-V RW terlihat ingin menunjukkan kesan tough ketika dilihat. Sekilas diliat seperti Ford Everest baru, tapi IMHO CR-V terlihat lebih modern...
Lampu depan menggunakan LED seperti di Civic dan City. Fog lamp juga bermodel LED.
RE dan RM punya garis bahu di pintu yang datar dan nggak ada tekukan agresif sama sekali, sehingga terlihat kalem, di RW, entah kenapa Honda sengaja membuat garis bahunya melebar, alih - alih punya design Japanese, ia justru terlihat lebih American. Dari samping mobil ini juga terlihat sangat proporsional dengan kaca belakang juga lebar.
Handle pintu yang tidak lagi krum... Mengurangi powernya sebesar 1000 FRDPower...
Kaca spion... Hmmm... Plek dengan generasi RM...
Bagian belakang juga patut diberi standing applause... Bagian belakang CR-V dari generasi RE dan RM keliatan gendut seperti salah desain... Sedangkan bagian belakang CR-V generasi pertama dan kedua sangat SUV dengan ban serep model konde. Tapi di RW tidak. Justru terlihat sangat maskulin dan proporsional.
Lampu belakang ala Volvo yang tidak failed seperti di RM. Masih model vertikal dengan ada terusan ke bagasi sehingga tidak plain.
Plus... Dual Tailpipes! Dan HPM sepertinya belajar dari kesalahan Civic, kali ini muffler cutter nya terlihat begitu rapi nggak maksa seperti Civic.
Velg menggunakan 18 inch dengan ban 235/60/18 Bridgestone Dueler H/L... Bukan Dunlop SPSportMaxx seperti RM dulu. Tapi design velg di Prestige ini terlihat bagus dengan 2-tone 5 palang, tidak seperti tipe bawah - bawahnya yang mirip seperti BR-V...
Inside
Di generasi RM kita begitu menyayangkan penurunan kualitas di batch awal, dan lack of uniqueness karena terkesan konservatif sekali desainnya. Di RW sebetulnya ia terkesan gado-gado.
Instrument cluster dan setir mengambil dari Civic, dan lagi-lagi sunated layar kalkulator .
Sayangnya di setir ini tidak dibekali tombol volume audio model swipe seperti di Thailand.
Setir versi Thailand... why ahond why...
Lampu kabin ngambil dari HR-V dan Odyssey.
Switch power window dan trim nya masih mirip dengan CR-V RM sebelumnya hanya diberi finishing piano black saja.
Center console ngambil dari CR-V RM.
Head unit mirip dengan Civic, hanya disini ada tombol Nano-E yang tidak ada di Civic.
Intinya, masih banyak cue design dari CR-V sebelumnya dan comot - comot juga dari Honda lain. At least di bagian depan.
Tuas shifter mobil ini juga bahannya bagus tidak seperti RM..
CR-V terbaru ini memiliki finishing wood di dasbor dan doortrim. Wood nya sendiri bukan model polished seperti di RM, lebih mirip seperti wood di Nissan Teana. Build quality nya biasa saja, bukan yang spesial amat. Tipikal mediocre japanese SUV... Yang jelas kalau dibandingin dengan Nissan X-Trail, ya mirip-mirip lah... Saya paling bingung kalo ditanya build quality.
However bagian favorit saya di interior adalah kursinya. Berbeda dengan Honda yang biasanya pelit bahan di kursi dan males banget ngedesain kursi, di mobil ini kursinya merupakan bagian yang mendapat perubahan yang signifikan. Kursinya seperti biasa memiliki support yang baik, dan kali ini busa nya lebih tebal dibanding CR-V lama.
Tapi mungkin perasaan saya saja, posisi nyetirnya tidak serendah yang lama, Semoga saya salah.
Baris kedua juga memiliki kursi dengan bahan yang sama, tapi mungkin efek dari kursi yang tebal, legroom nya feeling saya tidak selega RM... again, semoga saya salah. Memang sih bisa sliding dan recline.
Vent AC untuk baris kedua
.... and surprise. Mobil ini punya 3 buah baris seperti Nissan X-Trail dan Chevrolet Captiva. Sayang untuk masuk baris ketiga agak ribet. Karena Honda tidak menyediakan fitur one-touch tumble.
Baris ketiga, as expected. Tidak memberikan ruang yang memadai untuk orang dewasa, tapi masih lebih acceptable dibanding Nissan X-Trail.
Setidaknya walaupun sesak, penumpang baris belakang kepalanya bisa adem karena ada vent AC di atas, berbeda dengan X-Trail yang tidak memiliki vent AC untuk baris ketiga.
Oh iya, lampu kabinnya bagus... LED sama seperti bagian depan.
Bagasi mobil ini pintunya power back door... Hanya tersedia di tipe Prestige. Dan jika teman - teman pernah memperhatikan power back door di CR-V RM, akan ada benjolan di sebelah kiri dalam bagasi yang merupakan motor penggerak Power back door... Alias desain yang maksa karena ingin bersaing dengan Nissan X-Trail. Di Mobil ini tidak ada. Bagian tersebut tersamarkan dengan baik.
Bagasi mobil ini luas... Jika tidak dibuka baris ketiganya. Baris ketiga bisa dilipat rata jika tidak terpakai dengan konfigurasi 50 : 50. Koq di gambar tidak rata? Iya soalnya di bagasi seharusnya ada partisi tapi entah di unit ini tidak ada. Jika baris kedua tidak dilipat kapasitas bagasinya pas - pasan.
Safety
Fitur Safety di CR-V Prestige antara lain :
- 6 airbags
- ABS EBD BA
- G-CON + ACE
- Vehicle Stability Assist
- Hill-start assist
- Brake Override System
- ISOFIX
Sayangnya fitur safety Honda Sensing tidak dimasukkan, padahal menarik jika fitur tersebut masuk dengan harga segini, akan sangat value for money dan membuat CX-5 Grand Touring maupun Renault Koleos kelimpungan.
Engine and Drivetrain
Bagian paling banyak ubahan di CR-V terbaru ini adalah di sektor mekanikalnya. Kalau CR-V biasa identik dengan mesin besar yang haus BBM seperti mesin K24 di generasi sebelumnya, kali ini CR-V justru menggunakan mesin penggiling padi.... Eh maksudnya mesin kecil.
Sayangnya untuk harga segini bukaan kap mesin Honda CR-V belum pakai hidrolik. Tapi ya sudahlah itu bukan masalah besar, hidrolik juga rawan rusak apalagi kl sudah berumur, mungkin Honda ingin longevity mobilnya lebih baik.
Tampilan engine di CR-V jauh lebih rapi dibanding Civic dengan engine cover besar yang juga berfungsi sebagai air filter. Daaan di CR-V generasi kelima ini pertama kali air intake CR-V diletakkan di bagian atas, bkn bagian bawah seperti CR-V sebelumnya yang rawan nyedot air kalo banjir.
Sayangnya tulisan VTEC TURBO disini hanya hiasan, faktanya bahwa mobil ini tidak memiliki VTEC cam seperti mesin - mesin Honda NA yang lain.
L15B7 DOHC Turbocharged yang identik dengan Civic FC. Bedanya di Civic FC bertenaga 174PS @ 5500 RPM dan torsi flat 220Nm @ 1700 - 5500 RPM. CR-V bertenaga 190PS @ 5600 RPM dan torsi flat 240 Nm @ 2000 - 5000 RPM. Jadi 190 PS disini betul - betul bisa terasa under normal driving, bukan seperti di RM yang mana 190 PS harus mencapai RPM 7000 which is jarang sekali kita menyentuh 7000 RPM dalam pemakaian sehari - hari.
Baik Civic maupun CR-V dibekali transmisi CVT yang membuat banyak sekali orang di luar sana korban propaganda CVT = Lemot menjadi kecewa, bahkan gak sedikit yang bilang "mobil Turbo kok pake CVT, nggak cocok".
Ok sedikit penjelasan teknikal. Dalam mesin turbo, masalah terbesarnya adalah turbo lag, ditambah mesin bensin memiliki peak power di putaran yang tinggi dibanding diesel. Sedangkan under normal driving conditions, kita sangat jaraaaang sekali pakai rev tinggi. Sehingga ketika di mobil turbo kita shift di RPM yang rendah, hasilnya adalah rev menurun dan power drop.
Kekurangan lain dari geared transmission adalah gear hunting akibat rasio transmisi yang tidak variabel. Terutama di jalan tol dan tanjakan, gear hunting di transmisi otomatik biasa sangat annoying. Rev naik turun apalagi ketika perlu menyalip kendaraan, perlu refinement yang baik supaya transmisi gear tidak banyak gear hunting.
Sedangkan di CVT tidak ada istilah gear hunting, di tol pun rev mobil bisa dijaga serendah mungkin sehingga BBM bisa sangat hemat. Jika perlu nyalip atau bahkan di tanjakan dia bisa hold rev nya, mau akselerasi dalam kota pun dia bisa slip dan menggandakan torque via torcon. Apalagi dengan karakter torsi yang flat dari 2000 RPM, CVT menjadi sangat suitable untuk berbagai kondisi. Di transmisi gear kita harus ngakal pakai mode sekuensial / manual supaya tdk gear hunting. Itupun terkadang ada mode sekuensial yang suka sok tau alias ngoper sendiri. Istilahnya, CVT bisa menjamin kita nggak kehilangan boost di kondisi - kondisi tertentu, daaaan mendesain transmisi CVT tdk sesulit mendesain transmisi gear.
Itulah knp Mazda sangat jenius dengan transmisi SKYACTIV nya. Jarang sekali ada transmisi gear se-cekatan dan sehalus itu. Walaupun sama-sama 6-speed di Innova dan Fortuner malah jedug kan yang ada...
Honda punya opsi transmisi i-DCD untuk lineup hybrid sebenarnya yaitu transmisi dual clutch, tapi yah tau sendiri dual clutch bukan transmisi yang bebas masalah, even sekelas VW pun dual clutchnya sering problem akibat kurang edukasi ke user (belakangan tau kenapa DSG / DCT bermasalah karena diskusi dengan om Rizqisonhaji dan om 1704MX kemarin di Surabaya).
Ada jg 9-speed ZF di varian CR-V 1.6 Liter i-DTEC. Sayang varian ini tdk masuk Indonesia. Tapi varian ini ada di Thailand dan yg lucu Thailand tdk mendapat versi 1.5 Liter Turbo petrol, malah mesin 2.4 Liter EarthDreams. Mungkin di Thailand mesin diesel lebih diminati.
Sayang saya belum dapet info brp final gear dari CVT di CR-V, seharusnya final gearnya berbeda dengan CIvic.
Conclusion
Kesimpulan sementara, dengan harga yang hanya bertambah 5 juta dari CR-V RM Prestige, secara kelengkapan mobil ini cukup baik. Sayangnya beberapa sunat-sunatan masih ada seperti layar kalkulator. Absennya Layar full TFT dan Honda Sensing masih bisa dimaafkan karena kenaikan harga yang tidak signifikan.
Kekurangan yang cukup fatal lainnya adalah kursi yang tidak one-touch tumble, padahal apa susahnya menambah fitur ini . Baris ketiga ya sudahlah... Tapi one-touch tumble sangat perlu ketika kita mau bawa barang ukuran besar.
Rival potensial mobil ini adalah Mazda CX-5 Grand Touring, Nissan X-Trail X-TREMER, Renault Koleos Panoramic, Hyundai SantaFe, Chevrolet Captiva, KIA Sportage. Sedangkan secara harga ia juga bersaing dengan PutuJed... maksudnya Toyota Fortuner VRZ, Mitsubishi Pajero Sport DAKAR Ultimate yang juga baru meluncur, dan Chevrolet Trailblazer LTZ.
Yah... semoga bisa dicoba langsung dalam waktu dekat.
--------------------------------------------
Sekian first impression review kali ini...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Ground clearence bagaimana?om.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Dec 28, 2015 2:47
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Seperti biasa first impression review yg mantapp Om.
Bukan VTEC ya, tapi VTC nyebutnya kalo gak salah.
O ya Tambahan 16ps&20nm dari engine civic kira kira beda diapanya nih ECU doang ato di mekanikalnya ya?
Bukan VTEC ya, tapi VTC nyebutnya kalo gak salah.
O ya Tambahan 16ps&20nm dari engine civic kira kira beda diapanya nih ECU doang ato di mekanikalnya ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
keduax, emg idaman dah, RMFL replektor berasa anpas *Ehhhhhh
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
ketiaxxx. pesen tempat dulu y om. baru baca belakangan.
edit :
setuju bro. honda produk barunya bagus2. terutama civic ama crv ini.
kodenya CRV ini RW yah. jadi teringat rica rica woof woof. walau skrg ane udah tidak mengkonsumsi lg. he2x.
itu ban nya dueler hl 422 bukan bro? kl bener itu ban ada embel2 eco nya. ane agak pesimis soal ban ini.
baris ketiga luasan mana ama fortuner bro? kl ama ANPS kayanya luasan ANPS ya?
edit :
setuju bro. honda produk barunya bagus2. terutama civic ama crv ini.
kodenya CRV ini RW yah. jadi teringat rica rica woof woof. walau skrg ane udah tidak mengkonsumsi lg. he2x.
itu ban nya dueler hl 422 bukan bro? kl bener itu ban ada embel2 eco nya. ane agak pesimis soal ban ini.
baris ketiga luasan mana ama fortuner bro? kl ama ANPS kayanya luasan ANPS ya?
Last edited by mr_mytplx on Fri Apr 28, 2017 14:09, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
jadi di mesin ini ga ada vtec nya om? honda tanpa vtec.... ah sudahlah karena kami lebih suka turbo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Wah akhirnya nongol jg 1st impression nya
Ditunggu versi TD ala SM nya
Ditunggu versi TD ala SM nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Honda ini tidak belajar ama yoyota ya..gimana cara bikin mobil dengan fitur keselamatan minimal, dan apa adanya, tapi harganya naik banyak...hahaha
Keren ya crv ini...RM di rumah jadi outdated...harga juga masih make sense..
Kalo ada uangnya, fix pilih ini
Sent from my iPhone using Tapatalk
Keren ya crv ini...RM di rumah jadi outdated...harga juga masih make sense..
Kalo ada uangnya, fix pilih ini
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
nice review om bagus ya crv yang skrg 1500 cc turbo pula ditunggu ya om TD nya... sensasinya mirip civic turbo atau berbeda...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Cakep ya model nya om....line up lainnya jg gt.
Lampu blkg nya saja....mika merahnya agak terlihat besar/rame.
Kira-kira...
*reasons apa ...user RE/RM perlu ganti k RW
* RW monokok (1.5-1.6 ton est)
VS
42ner/PJS ladder bobot 2mt?cmiiw
In real life (tinggal d kota...sekali" lurkot/toring) lbh make sense mn sec overall dliat dr usablity..price..comfort..safety ato lainnya
====•••••
New FWD nurburgring rekord kmrn olh type R cukup bikin angkat topi banyak org, dg 2 model yg berbeda pulak. Gti clubsport or RWD penboi semetara kudu mingkem dl. Ngga cm model, reliability, technya pun dah kampiun punya.
Mclaren kudu balik k ahond lg ni harusnya
Lampu blkg nya saja....mika merahnya agak terlihat besar/rame.
Kira-kira...
*reasons apa ...user RE/RM perlu ganti k RW
* RW monokok (1.5-1.6 ton est)
VS
42ner/PJS ladder bobot 2mt?cmiiw
In real life (tinggal d kota...sekali" lurkot/toring) lbh make sense mn sec overall dliat dr usablity..price..comfort..safety ato lainnya
====•••••
New FWD nurburgring rekord kmrn olh type R cukup bikin angkat topi banyak org, dg 2 model yg berbeda pulak. Gti clubsport or RWD penboi semetara kudu mingkem dl. Ngga cm model, reliability, technya pun dah kampiun punya.
Mclaren kudu balik k ahond lg ni harusnya
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Biasanya kaum a******magz dan umat setianya yg menghina2 CVT .. [emoji28] tapi dr penjelasan om CHZ saya jadi paham knp honda kekeuh pake CVT.. even dikelas 500jt di CRV ini.. kondisi gearhunt memang ga enak, apalagi kalo lagi salip truk.. salah gear langsung underpower..
Btw, honda sepertinya mulai kembali ke jalan yg benar.. goodnews buat fanboy honda.. saya sendiri kangen honda jadul dg mesin NA yg sangat fenomenal.. semoga turbo di honda tidak mengecewakan ya..
Tinggal tunggu jazz-city-hrv turbo nih.. mesin 1.0 turbo kan sudah ada di freed 2017.. tinggal tunggu keputusan jonfis mau ga produksi lokal mesin turbonya gantiin mesin L15 ..
Btw, honda sepertinya mulai kembali ke jalan yg benar.. goodnews buat fanboy honda.. saya sendiri kangen honda jadul dg mesin NA yg sangat fenomenal.. semoga turbo di honda tidak mengecewakan ya..
Tinggal tunggu jazz-city-hrv turbo nih.. mesin 1.0 turbo kan sudah ada di freed 2017.. tinggal tunggu keputusan jonfis mau ga produksi lokal mesin turbonya gantiin mesin L15 ..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
coba dikasih emblem TRD Sportipu lumayan tenaga jadi pas 200 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Hayolo..
Hater peresan tebu makin merana ini...
Lineup ahond indo isinya L-series smua... di blowjob lg...
That aside...
Aku kok ngerasa bokongnya RW ini kyk brv ya... @@
Agak gmn gitu...
Tp lainnya... very nice... 0.5+ billion IDR worthy imo...
Hater peresan tebu makin merana ini...
Lineup ahond indo isinya L-series smua... di blowjob lg...
That aside...
Aku kok ngerasa bokongnya RW ini kyk brv ya... @@
Agak gmn gitu...
Tp lainnya... very nice... 0.5+ billion IDR worthy imo...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Dec 06, 2016 13:19
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Setirnya ky hasil prakarya tukang bungkus jok pinggir jalan yang ngerjain pesenan....dihari jumat sore hehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Nice review! Peningkatannya oke juga ya mobil ini, sekilas dari belakang tetap agak kelihatan kayak RM ditambah-tambahin sih...mungkin perasaan saja harus lihat langsung lebih kelihatan bedanya
Jadi penasaran, apa nih alasannya DCT banyak masalah? Mau dong di share hehe
Jadi penasaran, apa nih alasannya DCT banyak masalah? Mau dong di share hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Nice review om
Dari fotonya sudah kelihatan jauh lebih menarik drpd rm, dari reviewnya build quality cukup ya
Gak jelek, tp jg bukan yg terbaik di kelasnya ya
Oiya speedonya td tachometer analog dengan speedo digital ya? Kalau saya kok suka speedo dan tacho analog, drpd speedo kaya yang di thailand (?) Dengan model2 mirip speedonya p1
Mungkin masalah selera aja ya kl speedo
Dari fotonya sudah kelihatan jauh lebih menarik drpd rm, dari reviewnya build quality cukup ya
Gak jelek, tp jg bukan yg terbaik di kelasnya ya
Oiya speedonya td tachometer analog dengan speedo digital ya? Kalau saya kok suka speedo dan tacho analog, drpd speedo kaya yang di thailand (?) Dengan model2 mirip speedonya p1
Mungkin masalah selera aja ya kl speedo
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Mantap, ulasannya mudah di cerna...
Seneng liat modelnya..
Proporsional selera sy banget..
Sayangnya Jedug sy msh akhir tahun lunasnya...
Seneng liat modelnya..
Proporsional selera sy banget..
Sayangnya Jedug sy msh akhir tahun lunasnya...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
mantab, akhirnya ada ulasan CR-V RW
memang ada peningkatan quality ya dibanding RM, bener berarti cengli sama kenaikan harganya yang juga gak terlalu banyak naiknya kayak civic.
penasaran performa sama konsumsi bbmnya vs CX-5
penjelasan ttg CVT juga spot on, memang pas IMHO karakter CVT yg linear plus torsi gede yang linear dari turbo, mudah2an awet aja CVT honda ngehandle torsi segitu
marketingnya juga pinter menurut ane masarin ini mobil as a global product (maksudnya di berbagai market regional ada, mau itu di asia, eropa, amerika, bukan khusus utk 1 regional market saja) yang utk personal ane sendiri menunjukkan ini mobil didevelop sangat serius & major point utk milih mobil (IMHO ya, mungkin lain orang lain pendapat soal ini)
btw baris ke-3 betul selega SUV ladder atau masi lebih sempit? hebat juga kalo bisa selega SUV ladder dgn panjang total mobil lebih pendek -+200mm
memang ada peningkatan quality ya dibanding RM, bener berarti cengli sama kenaikan harganya yang juga gak terlalu banyak naiknya kayak civic.
penasaran performa sama konsumsi bbmnya vs CX-5
penjelasan ttg CVT juga spot on, memang pas IMHO karakter CVT yg linear plus torsi gede yang linear dari turbo, mudah2an awet aja CVT honda ngehandle torsi segitu
marketingnya juga pinter menurut ane masarin ini mobil as a global product (maksudnya di berbagai market regional ada, mau itu di asia, eropa, amerika, bukan khusus utk 1 regional market saja) yang utk personal ane sendiri menunjukkan ini mobil didevelop sangat serius & major point utk milih mobil (IMHO ya, mungkin lain orang lain pendapat soal ini)
btw baris ke-3 betul selega SUV ladder atau masi lebih sempit? hebat juga kalo bisa selega SUV ladder dgn panjang total mobil lebih pendek -+200mm
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Jan 23, 2016 14:44
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Mantap first impressionnya bro. Ditunggu test drivenya 0-100kmh berapa detik? ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
IMHO alasan utama buat beralih ke CRV-RW adalah faktor FC.jivos wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 15:37 Cakep ya model nya om....line up lainnya jg gt.
Lampu blkg nya saja....mika merahnya agak terlihat besar/rame.
Kira-kira...
*reasons apa ...user RE/RM perlu ganti k RW
* RW monokok (1.5-1.6 ton est)
VS
42ner/PJS ladder bobot 2mt?cmiiw
In real life (tinggal d kota...sekali" lurkot/toring) lbh make sense mn sec overall dliat dr usablity..price..comfort..safety ato lainnya
====•••••
New FWD nurburgring rekord kmrn olh type R cukup bikin angkat topi banyak org, dg 2 model yg berbeda pulak. Gti clubsport or RWD penboi semetara kudu mingkem dl. Ngga cm model, reliability, technya pun dah kampiun punya.
Mclaren kudu balik k ahond lg ni harusnya
Karena typical engine K24 bawa RE/RM di dalkot selalu kangen mampir SPBU, walaupun untuk RM sedikit penyempurnaan dimana lebih FC lebih irit dikit dari RE.
-
- SM Specialist
- Posts: 15584
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Untuk versi Indonesia blom ada data om... Tapi kalau mengacu dari versi luar negeri... 8.2 inch alias 200 mm... lebih tinggi 30 mm dari RM.
Yep di mesin L15B7 Civic dan CR-V cuma ada VTC nggak ada cam switching...
Kalau mengacu dari kebiasaan Honda mereka jarang sekali ubah mekanikal di mobil 1 platform... Jadi sepertinya sama persis hanya beda mapping ECU saja... Main boost sepertinya kalau lihat karakter torsinya yang start lebih tinggi di CR-V (2000 rpm) dibanding Civic (1700 rpm)
Bib kapan tuker ini...
Ya oom.. kembalinya lineup sport nya menandakan Honda sudah kembali ke medan peperangan... Karena di generasi Civic FB dan CR-V RM mereka sama sekali nggak punya sports lineup.mr_mytplx wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 13:51 ketiaxxx. pesen tempat dulu y om. baru baca belakangan.
edit :
setuju bro. honda produk barunya bagus2. terutama civic ama crv ini.
kodenya CRV ini RW yah. jadi teringat rica rica woof woof. walau skrg ane udah tidak mengkonsumsi lg. he2x.
itu ban nya dueler hl 422 bukan bro? kl bener itu ban ada embel2 eco nya. ane agak pesimis soal ban ini.
baris ketiga luasan mana ama fortuner bro? kl ama ANPS kayanya luasan ANPS ya?
Yep sama yang ane pikirin pertama denger kode bodinya... Rica waung...
Sepertinya yah om... Makanya bingung juga yang lama pake SPSportmaxx yang baru pake Dueler...
Sepertinya kalo sama ANF 11-12 om... saya 175cm/83kg... kalo sama ANPS iya masih legaan ANPS dikiiiit...
VTEC nya hanya VTC... nggak ada cam switch... Turbo kick in yoo...
Amin om... semoga bisa dapet unitnya ...loadeddiapers wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 14:09 Wah akhirnya nongol jg 1st impression nya
Ditunggu versi TD ala SM nya
+ bonus transmisi Jedug dan turbo putu... Semua hanya butuh edukasi ke konsumen...nyotnyet wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 14:28 Honda ini tidak belajar ama yoyota ya..gimana cara bikin mobil dengan fitur keselamatan minimal, dan apa adanya, tapi harganya naik banyak...hahaha
Keren ya crv ini...RM di rumah jadi outdated...harga juga masih make sense..
Kalo ada uangnya, fix pilih ini
Sent from my iPhone using Tapatalk
Ya oom... kebetulan Civic turbo sendiri saya blom coba... tapi akhir minggu depan akan ada...
Mungkin... alasan peremajaan armada... atau konsumsi BBM... Sebagai mantan pengguna RE/RM agak sedih liat jarum bensin cepet sekali turun kayak FRD ngabisin satu kandang sapi...jivos wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 15:37 Cakep ya model nya om....line up lainnya jg gt.
Lampu blkg nya saja....mika merahnya agak terlihat besar/rame.
Kira-kira...
*reasons apa ...user RE/RM perlu ganti k RW
* RW monokok (1.5-1.6 ton est)
VS
42ner/PJS ladder bobot 2mt?cmiiw
In real life (tinggal d kota...sekali" lurkot/toring) lbh make sense mn sec overall dliat dr usablity..price..comfort..safety ato lainnya
====•••••
New FWD nurburgring rekord kmrn olh type R cukup bikin angkat topi banyak org, dg 2 model yg berbeda pulak. Gti clubsport or RWD penboi semetara kudu mingkem dl. Ngga cm model, reliability, technya pun dah kampiun punya.
Mclaren kudu balik k ahond lg ni harusnya
CR-V lebih make sense untuk dipakai sehari - hari termasuk dipake piknik... SUV ladder kalau nggak kerja di perkebunan / pertambangan kok nurut saya nggak perlu... tapi ya udahlah... mereka kan kebanyakan cari SUV ladder karena diesel nya atau karena pengen tampil gagah aja.
Sayang AWD nya ga masuk euy
Hahahah ahond kalo udah serius bikin mobil mau NA Turbo pasti gila... Rasanya kembali ke jaman NSX dulu muncul dimana model Honda sekarang juga banyak mencetak rekor...
NSX baru sendiri banyak dipuji oleh jurnalis...
Hahaha transmisi CVT... sejujurnya secara engineering adalah transmisi yang paling sempurna... Most efficient, compact (nggak makan space), yet reliable... Slippage sih tinggal tuningnya aja... infinite NGUUUUUUUuuuuuu juga masalah tuningan... Skrg CVT udah banyak dituning supaya nggak bikin bunyi annoying itu... contohnya di T32 X-Trail. Honda pengalaman di HR-V sih masih... ngga tau di FC1 dan RW1 gimana. Yang menghina CVT biasanya orang nggak ngerti engineering...Bulgogi wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 15:42 Biasanya kaum a******magz dan umat setianya yg menghina2 CVT .. [emoji28] tapi dr penjelasan om CHZ saya jadi paham knp honda kekeuh pake CVT.. even dikelas 500jt di CRV ini.. kondisi gearhunt memang ga enak, apalagi kalo lagi salip truk.. salah gear langsung underpower..
Btw, honda sepertinya mulai kembali ke jalan yg benar.. goodnews buat fanboy honda.. saya sendiri kangen honda jadul dg mesin NA yg sangat fenomenal.. semoga turbo di honda tidak mengecewakan ya..
Tinggal tunggu jazz-city-hrv turbo nih.. mesin 1.0 turbo kan sudah ada di freed 2017.. tinggal tunggu keputusan jonfis mau ga produksi lokal mesin turbonya gantiin mesin L15 ..
Sy kalo cruise pake CIvic FB dan nanjak2 terkadang berharap mobil ini transmisinya CVT aja... gue nggak kemana-mana kok, di tol juga susah mau kenceng... Yang penting torsi optimal tersedia terus... Annoying loh gear hunting di transmisi 5-speed nya Honda yang lama...
Hahahaha 1.0 Turbo 3 cylinder... menarik nie... aplg wacana tar taun depan mau dibuat Euro4 semua... Udah pasti Ahond makin jor-joran...
TRD Sportipu Ultimo antimo...
Sekilas memang kayak BR-V versi besar om...
Maksudnya gimana oom?
Sekilas sih begitu.. tapi kalau sudah liat sih beda banget... di RW1 terlihat lebih proporsional.... RM kan belakangnya bohay (baca = gendut).adriangaut wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 16:55 Nice review! Peningkatannya oke juga ya mobil ini, sekilas dari belakang tetap agak kelihatan kayak RM ditambah-tambahin sih...mungkin perasaan saja harus lihat langsung lebih kelihatan bedanya
Jadi penasaran, apa nih alasannya DCT banyak masalah? Mau dong di share hehe
Jadi... DCT itu banyak masalah terutama kalo sering kena macet... karena kita kalo kena macet sering ngeremnya cuma dikit - dikit alias nggak full... kalo di mobil manual itu kayak nggantung kopling sehingga koplingnya panas.
Tips dari om Rizqisonhaji sih kalo pake DCT ngerem injek full sekalian... jangan separo-separo itu bikin gak awet.
Ya oom... Jauh meningkat lah dibanding RM...michaelgiri93 wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 16:56 Nice review om
Dari fotonya sudah kelihatan jauh lebih menarik drpd rm, dari reviewnya build quality cukup ya
Gak jelek, tp jg bukan yg terbaik di kelasnya ya
Oiya speedonya td tachometer analog dengan speedo digital ya? Kalau saya kok suka speedo dan tacho analog, drpd speedo kaya yang di thailand (?) Dengan model2 mirip speedonya p1
Mungkin masalah selera aja ya kl speedo
Iya oom tacho analog speedo digital, beda dengan di luaran full TFT speedo. Yah kalo saya sih nggak peduli speedo nya bentuk apa ya om... Tapi ini jelas-jelas sunatan massal... Hal simpel yang seharusnya nggak disunat malah disunat
Kalau secara harga mobil ini worth every penny sih... Kecuali ntar liat gimana All New CX-5... Tapi kalau sebagai family SUV biasanya CR-V lebih baik dari CX-5.adrevolution wrote: ↑Fri Apr 28, 2017 22:40 mantab, akhirnya ada ulasan CR-V RW
memang ada peningkatan quality ya dibanding RM, bener berarti cengli sama kenaikan harganya yang juga gak terlalu banyak naiknya kayak civic.
penasaran performa sama konsumsi bbmnya vs CX-5
penjelasan ttg CVT juga spot on, memang pas IMHO karakter CVT yg linear plus torsi gede yang linear dari turbo, mudah2an awet aja CVT honda ngehandle torsi segitu
marketingnya juga pinter menurut ane masarin ini mobil as a global product (maksudnya di berbagai market regional ada, mau itu di asia, eropa, amerika, bukan khusus utk 1 regional market saja) yang utk personal ane sendiri menunjukkan ini mobil didevelop sangat serius & major point utk milih mobil (IMHO ya, mungkin lain orang lain pendapat soal ini)
btw baris ke-3 betul selega SUV ladder atau masi lebih sempit? hebat juga kalo bisa selega SUV ladder dgn panjang total mobil lebih pendek -+200mm
Orang akan appreciate CVT kalau sudah ngerasain performanya saat nanjak dan cruise... biasanya kalo cuma ngetes-ngetes bentar banyak dihujat nya. CVT seharusnya kuat... pasti dipersiapkan untuk handle torsi lebih besar dari itu.
Tentunya ini plus minus kalau soal global product... Plusnya soal kualitas pasti ada standarnya... Minusnya nggak spesifik untuk satu negara... yang untungnya produk Honda kok kebetulan bisa mengcover kebutuhan konsumen di Asia juga.
Plusnya regional product mereka lebih spesifik... tapi standar kualitas biasa menyesuaikan... Ya kayak Brio lah...
Mungkin legaan SUV ladder dikiiiiit.... tapi nggak bisa dibilang sempit juga anak kecil masih masuk om.
Hahahaha iya ditunggu yah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Ada sonar parkir sensor gak ? Audible alert semacam itu, walau ada kamera kalo ada sound alert kan lebih enak?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 568
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
uhui dateng jg nih buletin fi nya td nya menyusul ya om...haha...jd pengen ke iims hahah......mantep si emank klo liat dr foto yg paling appealing buat dicoba itu kursinya...mevvah kayanya drpd 1.5 turbo biasa mending upgrade ke prestige ganteng jauh....blom ada nih yg bikin fi 1.5 turbo biasa kaya apa dalemnya pdhl pd pengen liat jg yg 2.0 sama 1.5 turbo biada gmn dalemannya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Nice share, mod, mungkin boleh share juga kenapa DSG / DCT banyak bermasalah, untuk nambah wawasan aja
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Thu May 12, 2016 14:25
Re: First Look : Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige CVT (RW1)
Built quality dan fitur2 nya dibandingin current cx5 yg skr kira2 bagusan mana om?