Mohon informasinya untuk perawatan rem
Secara berkala mekanik menganjurkan kuras brake fluid agar efektivitas kerja fluida pengereman tetap terjaga cuma permasalahannya
1. Apakah menguras brake fluid harus membuka karet kaliper di piston rem depan belakang termasuk di master atas ?
Kalo menurut saya idealnya memang membuka seluruh karet kaliper sehingga endapan kotoran bisa dibersihkan sempurna, tetapi banyak mekanik mengurasnya hanya membuang brake fluid via nepel saja. Mungkin maksudnya gak mau susah ya ?
2. Bila karet kaliper rem dipiston sudah dibuka dan dibersihkan, apa bisa dipasang dan pake kembali atau harus ganti baru ?
MOhon pencerahannya gan...............
(ask) Kuras Brake Fluid dan Ganti Karet Rem
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: (ask) Kuras Brake Fluid dan Ganti Karet Rem
1. harus.
kalo mekaniknya nggak mau buka, suruh dagang cilok aja.
2. dilihat kondisi fisiknya. kalau masih bagus ya dipasang lagi. kalau kondisinya meragukan lebih baik ganti.
kalo mekaniknya nggak mau buka, suruh dagang cilok aja.
2. dilihat kondisi fisiknya. kalau masih bagus ya dipasang lagi. kalau kondisinya meragukan lebih baik ganti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: (ask) Kuras Brake Fluid dan Ganti Karet Rem
Fortuner ane tahun 2010, kalo dilihat dari tabung reservoir oli rem masih bening tidak kotor (keruh) sampe sekarang. Beda dengan mobil VX-80 saya rutin kuras oli rem tiap 2 tahun dan tanda-tandanya jelas oli di tabunng reservoir keruh butek.
Nalarnya harusnya di fortuner gak bening kayak gitu dr 2010, apakah olinya memang pake OEM yg biasanya memang lebih bagus ?
Oli standard toyota pake dot 3, tiitik didihnya sekitar 200-230 derajat celcius sehingga dengan penggunaan begitu lama dan jarak tempuh harusnya sudah mengandung air dari hasil naik dan turunnya suhu oli. Padahal biasanya oli ketemu air tentunya beningnya jadi butek susu.
Nah sebelum ane mau kuras brake fluid fortuner itu, mohon pencerahannya bro atas kondisi yg terjadi di fortuner ?
Nalarnya harusnya di fortuner gak bening kayak gitu dr 2010, apakah olinya memang pake OEM yg biasanya memang lebih bagus ?
Oli standard toyota pake dot 3, tiitik didihnya sekitar 200-230 derajat celcius sehingga dengan penggunaan begitu lama dan jarak tempuh harusnya sudah mengandung air dari hasil naik dan turunnya suhu oli. Padahal biasanya oli ketemu air tentunya beningnya jadi butek susu.
Nah sebelum ane mau kuras brake fluid fortuner itu, mohon pencerahannya bro atas kondisi yg terjadi di fortuner ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ask) Kuras Brake Fluid dan Ganti Karet Rem
Minyak rem paling lambat ganti per 2 tahun sekali
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (ask) Kuras Brake Fluid dan Ganti Karet Rem
soal warna brake fluid kayanya ga bsa jadi patokan deh...
ipah ane skrg yg jadi garage queen... ud ampir setaon jalan kurang dari 10rebu km dan kebetulan 10 rebu km yg lalu abis ane bongkar total kaliper rem depan.... ampe skrg masi bening kuning cerah...
tp waktu dulu dipake laga pantura, 3 bulan aj ud lgs jadi kuning gelap...
ipah ane skrg yg jadi garage queen... ud ampir setaon jalan kurang dari 10rebu km dan kebetulan 10 rebu km yg lalu abis ane bongkar total kaliper rem depan.... ampe skrg masi bening kuning cerah...
tp waktu dulu dipake laga pantura, 3 bulan aj ud lgs jadi kuning gelap...
numpang lewat aja....

