SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Wed Oct 26, 2016 9:59
SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Halo suhu-suhu SM sekalian, disini newbie mau minta rekomendasi SUV/SUV jejadian baru atau seken 2011 up yg harganya maks 275 juta buat gantiin Suzuki GV 2.0 2007 AT yang odonya udah nyentuh 266k km.
Kriteria:
-Fitur lengkap (terutama fitur safety)
-Konsumsi bensin dalkot yg lebih irit dari GV atau minimal sama lah (GV 1:7-8 dalkot)
-Merk Jepang
-Tahan lewat jalanan yang mirip lintasan motorcross (baca: rusak)
-Transmisi otomatis
-Mobil harus tergolong bandel
-Tarikan jangan yang lemot kaya GV
-Stabil di kecepatan tinggi, tapi suspensi ga terlalu keras
Kandidat :
-CX5 2.0 GT 2012, alesannya karena kebetulan di rumah ada M2 Sky biar kalo cari onderdil atau ngerawat bisa di bengkel yg sama. Kalo kekurangan mobil ini selain kabin sempit sama bantingan yg cukup keras apalagi ya? Trus kalo CX5 tahun 2012 ini airbagnya cuma 2 atau udah 6?
-CRV RE 2012, tergiur harganya yg cukup miring dibanding RM. Fitur safety denger-denger yg varian 2.4 udah ada vsc juga ya? Kelebihan dan kekurangan mobil ini apa aja dibanding pesaing?
-CRV RM 2.0, mobil ini kalo dibanding pendahulunya apa aja kelebihan dan kekurangannya ya? Apa aja improvement mobil ini dibanding pendahulunya? Trus worth it ga dibanding CRV RE yg notabene lebih keliatan jadul? Trus dibanding CX5 2.0 GT apa aja kelebihan dan kekurangannya?
-X-Trail 2013, tergiur harganya juga, tapi kalo liat transmisinya yg berjenis CVT apakah tarikan mobil ini lemot sebagaimana mobil kecil yg bertransmisi CVT? Trus kalo diliat dari kapasitas mesinnya yg 2.500 cc, konsumsi bbmnya irit apa boros?
-HRV tipe S baru, ane kurang tau tentang mobil ini. Yang jelas mesinnya paling kecil dibanding pilihan di atas, gimana dengan FCnya? Trus varian CVTnya lemot banget apa biasa aja?
Adakah suhu disini yg pernah pake salah satu dari beberapa mobil tersebut? Mungkin bisa diceritain gimana performanya, ketahanannya, handlingnya, kelebihan + kekurangannya, sekalian disebutin fitur safety (aktif + pasifnya) apa aja, trus biaya pajak sama perawatan rutinnya. Makasih ya semuanya
Kriteria:
-Fitur lengkap (terutama fitur safety)
-Konsumsi bensin dalkot yg lebih irit dari GV atau minimal sama lah (GV 1:7-8 dalkot)
-Merk Jepang
-Tahan lewat jalanan yang mirip lintasan motorcross (baca: rusak)
-Transmisi otomatis
-Mobil harus tergolong bandel
-Tarikan jangan yang lemot kaya GV
-Stabil di kecepatan tinggi, tapi suspensi ga terlalu keras
Kandidat :
-CX5 2.0 GT 2012, alesannya karena kebetulan di rumah ada M2 Sky biar kalo cari onderdil atau ngerawat bisa di bengkel yg sama. Kalo kekurangan mobil ini selain kabin sempit sama bantingan yg cukup keras apalagi ya? Trus kalo CX5 tahun 2012 ini airbagnya cuma 2 atau udah 6?
-CRV RE 2012, tergiur harganya yg cukup miring dibanding RM. Fitur safety denger-denger yg varian 2.4 udah ada vsc juga ya? Kelebihan dan kekurangan mobil ini apa aja dibanding pesaing?
-CRV RM 2.0, mobil ini kalo dibanding pendahulunya apa aja kelebihan dan kekurangannya ya? Apa aja improvement mobil ini dibanding pendahulunya? Trus worth it ga dibanding CRV RE yg notabene lebih keliatan jadul? Trus dibanding CX5 2.0 GT apa aja kelebihan dan kekurangannya?
-X-Trail 2013, tergiur harganya juga, tapi kalo liat transmisinya yg berjenis CVT apakah tarikan mobil ini lemot sebagaimana mobil kecil yg bertransmisi CVT? Trus kalo diliat dari kapasitas mesinnya yg 2.500 cc, konsumsi bbmnya irit apa boros?
-HRV tipe S baru, ane kurang tau tentang mobil ini. Yang jelas mesinnya paling kecil dibanding pilihan di atas, gimana dengan FCnya? Trus varian CVTnya lemot banget apa biasa aja?
Adakah suhu disini yg pernah pake salah satu dari beberapa mobil tersebut? Mungkin bisa diceritain gimana performanya, ketahanannya, handlingnya, kelebihan + kekurangannya, sekalian disebutin fitur safety (aktif + pasifnya) apa aja, trus biaya pajak sama perawatan rutinnya. Makasih ya semuanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
kalau cx5 cari yg 2.5 atau crv juga yg 2.4
cx5 2nd row lbih sempit dibanding crv
hrv kelasnya buka CUV kaya cx3 dan OS?
cmiiw
cx5 2nd row lbih sempit dibanding crv
hrv kelasnya buka CUV kaya cx3 dan OS?
cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
outlander sport?
bisa dapet taun muda banget
bisa dapet taun muda banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
vote buat CR-V RE 2.4 deh... kaki2 cukup kuat dan fitur sedikit lebih banyak dari X-Trail T31
yup yg 2.4 udah VSA, safetynya lebih lengkap even dibanding RM 2.0 (belom ada VSA)
tarikan lebih enak lah dibanding GV 2.0
kelemahannya bantingannya paling keras di kelasnya, tapi menurut ane masih dalam batas nyaman kok gak keras2 buanget kayak hatchback.
X-Trail T31 2.5 juga bagus cuma tarikan awal agak lemot dibanding CR-V, cuman emang bantingannya nyaman banget. bagasi lebih gede dari CR-V tapi kompensasinya row 2 lebih sempit. konsumsi bbm mirip2 saja ama CR-V (ini tumben memang CVT gak lebih irit dari matic konvensional di CR-V)
CX-5 kalo yg 2.0 sepertinya akan lebih lemot dari CR-V 2.4, tapi masih lebih kenceng sepertinya dibanding GV 2.0. kalo yg 2.5 baru lebih ngacir larinya, tapi baru ada th 2013 up, boleh juga kalo masuk budgetnya. kaki2 sepertinya masi kalah badak dibanding CR-V. airbag seinget saya sebelum FL semuanya masih 2, baru dikasih 6 pas FL (CMIIW)
HR-V lumayan sih tarikannya, tapi ya udah beda kelas ama kandidat lain. bantingan agak keras macem hatchback, tarikan mungkin agak enteng dibanding GV karena beda bobotnya jauh tapi ya gak terlalu signifikan juga bedanya karena beda mesinnya juga jauh.
yup yg 2.4 udah VSA, safetynya lebih lengkap even dibanding RM 2.0 (belom ada VSA)
tarikan lebih enak lah dibanding GV 2.0
kelemahannya bantingannya paling keras di kelasnya, tapi menurut ane masih dalam batas nyaman kok gak keras2 buanget kayak hatchback.
X-Trail T31 2.5 juga bagus cuma tarikan awal agak lemot dibanding CR-V, cuman emang bantingannya nyaman banget. bagasi lebih gede dari CR-V tapi kompensasinya row 2 lebih sempit. konsumsi bbm mirip2 saja ama CR-V (ini tumben memang CVT gak lebih irit dari matic konvensional di CR-V)
CX-5 kalo yg 2.0 sepertinya akan lebih lemot dari CR-V 2.4, tapi masih lebih kenceng sepertinya dibanding GV 2.0. kalo yg 2.5 baru lebih ngacir larinya, tapi baru ada th 2013 up, boleh juga kalo masuk budgetnya. kaki2 sepertinya masi kalah badak dibanding CR-V. airbag seinget saya sebelum FL semuanya masih 2, baru dikasih 6 pas FL (CMIIW)
HR-V lumayan sih tarikannya, tapi ya udah beda kelas ama kandidat lain. bantingan agak keras macem hatchback, tarikan mungkin agak enteng dibanding GV karena beda bobotnya jauh tapi ya gak terlalu signifikan juga bedanya karena beda mesinnya juga jauh.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 16683
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Kl dari pilihan diatas go CX... krn semua 2.0...
kl semua 2.5.... juga go for CX...
Biar ga bingung ue ga kasi opsi lain deh... kasian TS kebanyakan opsi tar...
CR-V RE already outdated... T31 juga...
kl semua 2.5.... juga go for CX...

Biar ga bingung ue ga kasi opsi lain deh... kasian TS kebanyakan opsi tar...
CR-V RE already outdated... T31 juga...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Jalanan kayak lintasan motorcross itu beneran atau hiperbola aja?
Kalo beneran sih kayaknya koq eman2 bawa mobil2 diatas lewatin jalan tsb
Vote GV 2.4 yg FL terakhir (CBU) aja deh
Kayaknya ga sampe 275 jt udah bisa ditebus
Kalo beneran sih kayaknya koq eman2 bawa mobil2 diatas lewatin jalan tsb
Vote GV 2.4 yg FL terakhir (CBU) aja deh
Kayaknya ga sampe 275 jt udah bisa ditebus
-
- SM Specialist
- Posts: 16683
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
2.4 FL terakhir sie 225jt dapet rasanya oom... wkwkwk...Mamang555 wrote: Tue Apr 25, 2017 9:37 Jalanan kayak lintasan motorcross itu beneran atau hiperbola aja?
Kalo beneran sih kayaknya koq eman2 bawa mobil2 diatas lewatin jalan tsb
Vote GV 2.4 yg FL terakhir (CBU) aja deh
Kayaknya ga sampe 275 jt udah bisa ditebus
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Mon Nov 28, 2016 3:59
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Tutup mata ambil cx5 sj
Klo sdh ada mzda2 sky, kenapa ngak cari yg sama secara level kualitas baik fitur ,handling dan bq
Klo sdh ada mzda2 sky, kenapa ngak cari yg sama secara level kualitas baik fitur ,handling dan bq
Sheer driving pleasure next time
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 510
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Fortuner VNT taun 12 an dapet ga sih kayaknya below 300 deh...Lumayan tuh buat hajar lintasan motocross jelas aman dan tangguh. Ato Pasport jg bs tp Exceed sih. Dakar masih 300 up.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Budget bisa di tarik sampai 285 ga?
Oe ada punya cx-5 2.5 touring warna putih tahun 2013.
KM 70ribuan.
Kontek aja kalau mau om
Oe ada punya cx-5 2.5 touring warna putih tahun 2013.
KM 70ribuan.
Kontek aja kalau mau om

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Lintasan motocros?enak dcab ranger t6/navara/hilux
Model nya gagah dan kaki2 lebih kuat drpd crossover
Fc uda pasti irit diesel bisa 1:10
Cuma krg cocok buat ngebut di tol
Model nya gagah dan kaki2 lebih kuat drpd crossover
Fc uda pasti irit diesel bisa 1:10
Cuma krg cocok buat ngebut di tol
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
atau mau fortuner? kmrn saya jual fortuner G manual 2012 240 juta Vnt palingan sekitar 270an lumayan tuh tenaganya kasih dastek aja hahaha,cuma safetynya ya begitulah hahahaa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4913
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Kebetulan saat ini saya pelihara CX5 2.0 Touring 2013 & CRV RE 2.4 2011 , pernah ngobrol sama temen yg punya Xtrail 2010 CVT & udah pernah TD HRV baru, saya bantu jawab ya pendangan pribadi saya tentang masing2 kandidat:
1. CX5 2.0 2012, sorry ralat dikit, CX5 2012 itu gaada tipe GT, adanya tipe sport & touring doang buat tipe 2.0nya, kalo GT itu adanya buat varian 2.5 aja setau saya. terus kalo kekurangannya selain di bantingan yg keras & kabin sempit ya ada di putaran atasnya yg kurang nendang menurut saya (but better than RM 2.0) , sisanya cukup oke dikelasnya, terus kalo jumlah airbag, CX5 Touring 2012 ini sudah ada 6 airbag om (2 didashboard, 2 di jok depan & 2 di samping) + fiturnya juara dehh, ada cruise control, sunroof dll + irit BBM (dalkot bisa 10-13 km/l)
2. CRV RE 2012 : Mobil ini ada 2 versi, yaitu ada yg FL pertama yg grill silver & FL2 yg grillnya kehitaman gitu , soalnya tahun 2012 merupakan masa transisi dari RE ke RM di Indo setau saya, terus bedanya cuma di grill , wood panel (FL2) , HU & tailpipesnya CMIW
, terus kelebihan & kekurangannya adalah sbb:
Kelebihan:
- Desain exterior
- Fitur lengkap (yang 2.4 udah ada VSCnya , tapi kalo di CRV ini namanya VSA kalo gasalah)
- Torsi putaran tengah atas yang kuat
- Peforma & handling salah satu yg terbaik dikelasnya
- Kelegaan kabin,keluasan bagasi , kepraktisan terbaik dikelasnya
- Sangat nyaman untuk segala kondisi, baik nyetir sendiri maupun disopirin
- Posisi mengemudi ergonomis
- Fun to drive
Kekurangan:
- Bagian kaki2 agak rawan
- Kualitas jok kulit bawaan jelek
- Boros BBM, kalo om sebelumnya pake SGV, kalo ganti CRV RE 2.4 Fuel consnya gabakal jauh beda sama SGV, cuma lebih irit dikit hehehe
- RV Jeblokkk untuk sebuah Honda
- Desain interior mulai terlihat usang
- HU bawaan interfacenya agak lemot
- Tenaga putaran bawahnya agak belet
- Transmisi 5 ATnya agak bego shiftingnya
3. CRV RM 2.0 Saya ga rekomen mobil ini, soalnya fiturnya kopongan bgt sampe2 foglamp aja ga dikasih hahaha, terus improvement dibanding pendahulunya ya ga banyak, cuma beda casing , fitur airvent & downgrade mesin dari K20 (RE ) ke R20 (RM) + suspensi yg lebih empuk, setir yg lebih ringan & kenyamanan yg lebih baik daripada RE. Ga worth it dibanding RE, RE itu belum kelihatan jadul kok menurut saya, even disandingin sama CRV Gen 5 2017 sekalipun , mending RE 2.4 2nd daripada RM 2.0 soalnya fitur lebih banyak, tenaga lebih oke & Kualitas materialnya lebih baik dibanding RM. Hmmm, kalo kelebihannya dibanding CX5 2.0 Touring yaa to be honest nyaris ga ada, CX5 2.0 unggul jauhhh dari segala sisi dari RM 2.0 ini, kelebihan RM 2.0 dibanding CX5 2.0 cuma di model exterior-interior, brand name, ASS, Akomodasi & kenyamanan aja. Oh iya,sama bagasi yg lebih luas daripada CX5 hahaha
. Kalo mau RM, mending yg 2.4 sekalian menurut saya.
4. Xtrail 2013 , berhubung CVTnya ga jauh beda sama Xtrail 2010 temen saya, CVTnya katanya sih ga lemot2 amat, cukup lah buat pemakaian dalkot & lukot, terus konsumsi BBMnya ya jangan ditanya, yg 2.500 CC katanya boross BBM, beda2 tipis lah sama CRV 2.4 kata temen saya yg punya Xtrail 2010 itu.
5. HRV S baru, Hmm FCnya sih irit oom buat sebuah honda, mungkin kira2 9-12 km/l dalkotnya , terus CVTnya biasa aja, ga lemot2 amat tapi gabisa dibilang kenceng juga, kalo bawa HRV kayanya mesti sabar gitu bawanya & kalem gaya nyetirnya menurut saya, tapi kalo tipe S baru tanggung, mending nambah dikit bisa dapet HRV E CVT sekalian yg fiturnya lebih lengkap (after discount) / kalo mau 2nd bisa lirik HRV E CVT 2nd tahun muda 2015-2016, tapi pastiin kaki2nya sehat, soalnya isu kaki2 HRV yg sempet viral dimedia itu banyak terjadi di HRV Batch awal (terutama yg 2015).
Overall, saya vote for CX5 2.0 2012, soalnya paling memenuhi kriterianya om TS, sepertinya ga masalahin brand & akomodasi kan?, tapi kalo bisa dapet yg 2.5 mending yg 2.5 aja oom ,soalnya tarikannya lebih enak daripada yg 2.0, terus kalo ketahanan sih oke2 aja, bapak saya udah pelihara CX5 selama 3 tahun sebagai mobil perang harian buat kerja & sering dibawa lukot dengan odo 100rb km awet2 aja sampe sekarang, cuma pernah ganti kompesor AC & Shock belakang doang, sisanya perawatan resmi diberes & ganti oli seperti biasa, cukup bandel kok mobil ini menurut saya.
Sebagai perbandingan aja ya, CRV RE 2.4 2011 saya KM 106K, pemakaian hampir sama kaya CX5, cuma akhir2 ini dipake kebanyakan dalkot gara bapak saya ketagihan make CX5 hahahaha, udah ganti semua kaki2nya mulai dari shockbreaker & tierod , jok kulit deket doortrim udah pada getas semua (sementara di CX5 masih oke2 aja kulitnya) , kompresor AC pernah ngadat , central lock belakang kiri juga pernah ngadat + bonus penyakit pada rack steeringnya, total udah ngabisin hampir 30jt buat benerinnya (diluar jok kulit karena emang belom diganti karena belom sempet buat kebengkel) , intinya Kalo beli RE 2nd itu pastiin kaki2nya masih sehat & odonya rendah, soalnya agak rawan kalo udh diatas 5 tahun & odo diatas 100rb menurut saya.
Semoga bermanfaat
1. CX5 2.0 2012, sorry ralat dikit, CX5 2012 itu gaada tipe GT, adanya tipe sport & touring doang buat tipe 2.0nya, kalo GT itu adanya buat varian 2.5 aja setau saya. terus kalo kekurangannya selain di bantingan yg keras & kabin sempit ya ada di putaran atasnya yg kurang nendang menurut saya (but better than RM 2.0) , sisanya cukup oke dikelasnya, terus kalo jumlah airbag, CX5 Touring 2012 ini sudah ada 6 airbag om (2 didashboard, 2 di jok depan & 2 di samping) + fiturnya juara dehh, ada cruise control, sunroof dll + irit BBM (dalkot bisa 10-13 km/l)
2. CRV RE 2012 : Mobil ini ada 2 versi, yaitu ada yg FL pertama yg grill silver & FL2 yg grillnya kehitaman gitu , soalnya tahun 2012 merupakan masa transisi dari RE ke RM di Indo setau saya, terus bedanya cuma di grill , wood panel (FL2) , HU & tailpipesnya CMIW

Kelebihan:
- Desain exterior
- Fitur lengkap (yang 2.4 udah ada VSCnya , tapi kalo di CRV ini namanya VSA kalo gasalah)
- Torsi putaran tengah atas yang kuat
- Peforma & handling salah satu yg terbaik dikelasnya
- Kelegaan kabin,keluasan bagasi , kepraktisan terbaik dikelasnya
- Sangat nyaman untuk segala kondisi, baik nyetir sendiri maupun disopirin
- Posisi mengemudi ergonomis
- Fun to drive
Kekurangan:
- Bagian kaki2 agak rawan
- Kualitas jok kulit bawaan jelek
- Boros BBM, kalo om sebelumnya pake SGV, kalo ganti CRV RE 2.4 Fuel consnya gabakal jauh beda sama SGV, cuma lebih irit dikit hehehe
- RV Jeblokkk untuk sebuah Honda
- Desain interior mulai terlihat usang
- HU bawaan interfacenya agak lemot
- Tenaga putaran bawahnya agak belet
- Transmisi 5 ATnya agak bego shiftingnya
3. CRV RM 2.0 Saya ga rekomen mobil ini, soalnya fiturnya kopongan bgt sampe2 foglamp aja ga dikasih hahaha, terus improvement dibanding pendahulunya ya ga banyak, cuma beda casing , fitur airvent & downgrade mesin dari K20 (RE ) ke R20 (RM) + suspensi yg lebih empuk, setir yg lebih ringan & kenyamanan yg lebih baik daripada RE. Ga worth it dibanding RE, RE itu belum kelihatan jadul kok menurut saya, even disandingin sama CRV Gen 5 2017 sekalipun , mending RE 2.4 2nd daripada RM 2.0 soalnya fitur lebih banyak, tenaga lebih oke & Kualitas materialnya lebih baik dibanding RM. Hmmm, kalo kelebihannya dibanding CX5 2.0 Touring yaa to be honest nyaris ga ada, CX5 2.0 unggul jauhhh dari segala sisi dari RM 2.0 ini, kelebihan RM 2.0 dibanding CX5 2.0 cuma di model exterior-interior, brand name, ASS, Akomodasi & kenyamanan aja. Oh iya,sama bagasi yg lebih luas daripada CX5 hahaha

4. Xtrail 2013 , berhubung CVTnya ga jauh beda sama Xtrail 2010 temen saya, CVTnya katanya sih ga lemot2 amat, cukup lah buat pemakaian dalkot & lukot, terus konsumsi BBMnya ya jangan ditanya, yg 2.500 CC katanya boross BBM, beda2 tipis lah sama CRV 2.4 kata temen saya yg punya Xtrail 2010 itu.
5. HRV S baru, Hmm FCnya sih irit oom buat sebuah honda, mungkin kira2 9-12 km/l dalkotnya , terus CVTnya biasa aja, ga lemot2 amat tapi gabisa dibilang kenceng juga, kalo bawa HRV kayanya mesti sabar gitu bawanya & kalem gaya nyetirnya menurut saya, tapi kalo tipe S baru tanggung, mending nambah dikit bisa dapet HRV E CVT sekalian yg fiturnya lebih lengkap (after discount) / kalo mau 2nd bisa lirik HRV E CVT 2nd tahun muda 2015-2016, tapi pastiin kaki2nya sehat, soalnya isu kaki2 HRV yg sempet viral dimedia itu banyak terjadi di HRV Batch awal (terutama yg 2015).
Overall, saya vote for CX5 2.0 2012, soalnya paling memenuhi kriterianya om TS, sepertinya ga masalahin brand & akomodasi kan?, tapi kalo bisa dapet yg 2.5 mending yg 2.5 aja oom ,soalnya tarikannya lebih enak daripada yg 2.0, terus kalo ketahanan sih oke2 aja, bapak saya udah pelihara CX5 selama 3 tahun sebagai mobil perang harian buat kerja & sering dibawa lukot dengan odo 100rb km awet2 aja sampe sekarang, cuma pernah ganti kompesor AC & Shock belakang doang, sisanya perawatan resmi diberes & ganti oli seperti biasa, cukup bandel kok mobil ini menurut saya.
Sebagai perbandingan aja ya, CRV RE 2.4 2011 saya KM 106K, pemakaian hampir sama kaya CX5, cuma akhir2 ini dipake kebanyakan dalkot gara bapak saya ketagihan make CX5 hahahaha, udah ganti semua kaki2nya mulai dari shockbreaker & tierod , jok kulit deket doortrim udah pada getas semua (sementara di CX5 masih oke2 aja kulitnya) , kompresor AC pernah ngadat , central lock belakang kiri juga pernah ngadat + bonus penyakit pada rack steeringnya, total udah ngabisin hampir 30jt buat benerinnya (diluar jok kulit karena emang belom diganti karena belom sempet buat kebengkel) , intinya Kalo beli RE 2nd itu pastiin kaki2nya masih sehat & odonya rendah, soalnya agak rawan kalo udh diatas 5 tahun & odo diatas 100rb menurut saya.
Semoga bermanfaat
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
wah kalo jalurnya kyk lintasan motorcross jangan crossover mending suv ladderframe aja/Dcab
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Feb 10, 2016 7:19
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
sepertinya fortuner 2011-2012 rasanya dpt tuh om.
250 ampe 260 pasarannya, lumayan masih ad kembalian kalo mau upgrade ban atau sektor mesin
tp fitur ya seadanya.
250 ampe 260 pasarannya, lumayan masih ad kembalian kalo mau upgrade ban atau sektor mesin
tp fitur ya seadanya.
1.5 Smartstream G1.5 2022 (SU2)
P5-VPS 1.5L 2015 (DJ5FS)
M111.920 1.8L 1995 (W202)
P5-VPS 1.5L 2015 (DJ5FS)
M111.920 1.8L 1995 (W202)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
ngomongin jok kulit di RE, saya punya RE 2007 punyaPboyz97 wrote: Tue Apr 25, 2017 15:43
Sebagai perbandingan aja ya, CRV RE 2.4 2011 saya KM 106K, pemakaian hampir sama kaya CX5, cuma akhir2 ini dipake kebanyakan dalkot gara bapak saya ketagihan make CX5 hahahaha, udah ganti semua kaki2nya mulai dari shockbreaker & tierod , jok kulit deket doortrim udah pada getas semua (sementara di CX5 masih oke2 aja kulitnya) , kompresor AC pernah ngadat , central lock belakang kiri juga pernah ngadat + bonus penyakit pada rack steeringnya, total udah ngabisin hampir 30jt buat benerinnya (diluar jok kulit karena emang belom diganti karena belom sempet buat kebengkel) , intinya Kalo beli RE 2nd itu pastiin kaki2nya masih sehat & odonya rendah, soalnya agak rawan kalo udh diatas 5 tahun & odo diatas 100rb menurut saya.
Semoga bermanfaat
setuju banget itu entah kenapa jok di kursi yang deket pintu udah pada mekar tinggal dirobek doank
yang di doortrim juga tuh udah retrim 1x
cuma yang jok lom sempet retrim sih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4913
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Iyanih, kok kualitas jok kulit bawaan CRV RE jelek ya, padahal harganya udh nyaris 300jt pas baru kalo gasalahvinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:01 ngomongin jok kulit di RE, saya punya RE 2007 punya
setuju banget itu entah kenapa jok di kursi yang deket pintu udah pada mekar tinggal dirobek doank
yang di doortrim juga tuh udah retrim 1x
cuma yang jok lom sempet retrim sih

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Wed Oct 26, 2016 9:59
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Biar ga nanggung ya om kalo pilih yg versi mesin besarnya? Hehe... Tapi kalo secara umum, beda fc antara versi yg 2.0L sama versi mesin besar kedua mobil itu jauh gak ya?trebla88 wrote: Tue Apr 25, 2017 7:58 kalau cx5 cari yg 2.5 atau crv juga yg 2.4
cx5 2nd row lbih sempit dibanding crv
hrv kelasnya buka CUV kaya cx3 dan OS?
cmiiw
Hrv entahlah ok masuknya kelas apa, tapi kalo diliat dari fitur safety hrv ini lumayan dibanding GV, sempet liat-liat mobil ini sih tapi belom test drive
Oh iya ya lupa ada pilihan mitsu juga, btw yg pernah saya denger mitsu ini suspensinya udah independent ya? Apa bener om? Kalo bener sih mungkin lumayan enak buat di jalan rusak. Kalo untuk pemakaian sehari-hari dan untuk jangka panjang transmisi CVT sama kaki-kakinya banyak komplain ga ya? Saya belum ada pengalaman pake mobil matic CVT soalnya
Semakin bingung saya om banyak pilihan

Udah sempet liat-liat sih iklannya, 250 juta dapet 2013 (malah 2014). Kalo maintenance cost mobil ini menguras dompet banget gak om? Soalnya pengalaman pake Suzuki nih mobil tergolong badak dan ga terlalu mahal perawatannya
Makasih atas pendapatnya om, berarti kalo mau beli CR-V mending sekalian yang 2.4 ya. Kalo CX5 sebenernya ngiler saya liat fitur safetynya, tapi kaki-kakinya saya kurang tau gimana kekuatannya. Pengalaman pake Mazda 2 skyactiv juga baru 1 tahunan, belom keliatan jangka panjangnya bakal kaya gimana. Tapi kalo liat hrv kayanya lebih worry free ya, karena yg diincer yg baru. Makin bingung sayaadrevolution wrote: Tue Apr 25, 2017 8:22 vote buat CR-V RE 2.4 deh... kaki2 cukup kuat dan fitur sedikit lebih banyak dari X-Trail T31
yup yg 2.4 udah VSA, safetynya lebih lengkap even dibanding RM 2.0 (belom ada VSA)
tarikan lebih enak lah dibanding GV 2.0
kelemahannya bantingannya paling keras di kelasnya, tapi menurut ane masih dalam batas nyaman kok gak keras2 buanget kayak hatchback.
X-Trail T31 2.5 juga bagus cuma tarikan awal agak lemot dibanding CR-V, cuman emang bantingannya nyaman banget. bagasi lebih gede dari CR-V tapi kompensasinya row 2 lebih sempit. konsumsi bbm mirip2 saja ama CR-V (ini tumben memang CVT gak lebih irit dari matic konvensional di CR-V)
CX-5 kalo yg 2.0 sepertinya akan lebih lemot dari CR-V 2.4, tapi masih lebih kenceng sepertinya dibanding GV 2.0. kalo yg 2.5 baru lebih ngacir larinya, tapi baru ada th 2013 up, boleh juga kalo masuk budgetnya. kaki2 sepertinya masi kalah badak dibanding CR-V. airbag seinget saya sebelum FL semuanya masih 2, baru dikasih 6 pas FL (CMIIW)
HR-V lumayan sih tarikannya, tapi ya udah beda kelas ama kandidat lain. bantingan agak keras macem hatchback, tarikan mungkin agak enteng dibanding GV karena beda bobotnya jauh tapi ya gak terlalu signifikan juga bedanya karena beda mesinnya juga jauh.

CX5 semua ini pilihannya, tapi emang sih liat cx5 saya ngiler tapi kebelinya M2 SkyactivChZ wrote: Tue Apr 25, 2017 9:18 Kl dari pilihan diatas go CX... krn semua 2.0...
kl semua 2.5.... juga go for CX...![]()
Biar ga bingung ue ga kasi opsi lain deh... kasian TS kebanyakan opsi tar...
CR-V RE already outdated... T31 juga...

Monarq wrote: Tue Apr 25, 2017 10:36 Tutup mata ambil cx5 sj
Klo sdh ada mzda2 sky, kenapa ngak cari yg sama secara level kualitas baik fitur ,handling dan bq
Wah berarti recommended yah si Cx5 ini, sepengalaman ane pake M2 Sky sih emang lumayan menyenangkan tapi untuk Cx5 belom pernah coba sama sekali, sekedar liat interiornya di showroom hehe...
Liat mazdah emang ngiler ane om, buat nemenin si M2 Sky, cuman kalo CX5 budgetnya mepet banget emang karena harganya masih tinggi apalagi CX5 yg 2.5 masih belom masuk budgetgeofreyap wrote: Tue Apr 25, 2017 14:33 Budget bisa di tarik sampai 285 ga?
Oe ada punya cx-5 2.5 touring warna putih tahun 2013.
KM 70ribuan.
Kontek aja kalau mau om![]()

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Wed Oct 26, 2016 9:59
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Yaa antara hiperbola sama kenyataan sih om, yg jelas M2 Skyactiv di rumah bumper depannya sering jadi korban gasruk jalan rusak di daerah aneMamang555 wrote: Tue Apr 25, 2017 9:37 Jalanan kayak lintasan motorcross itu beneran atau hiperbola aja?
Kalo beneran sih kayaknya koq eman2 bawa mobil2 diatas lewatin jalan tsb
Vote GV 2.4 yg FL terakhir (CBU) aja deh
Kayaknya ga sampe 275 jt udah bisa ditebus

Itu GV terakhir CBU jepun yak? Lumayan juga sih lebih lengkap dibanding saya punya, cuman unitnya entah banyak apa ngga nih yg dijual, jarang liat juga soalnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Wed Oct 26, 2016 9:59
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
glendotan wrote: Tue Apr 25, 2017 10:56 Fortuner VNT taun 12 an dapet ga sih kayaknya below 300 deh...Lumayan tuh buat hajar lintasan motocross jelas aman dan tangguh. Ato Pasport jg bs tp Exceed sih. Dakar masih 300 up.
Wah sebenernya sih mobil-mobil yang disebut di atas ga diragukan lagi bandel, irit, dan tangguhnya, ngiler juga liat pajero sport dkk cuman garasi di rumah ga mengijinkan mobil segede itu buat masukZaxis wrote: Tue Apr 25, 2017 15:10 Lintasan motocros?enak dcab ranger t6/navara/hilux
Model nya gagah dan kaki2 lebih kuat drpd crossover
Fc uda pasti irit diesel bisa 1:10
Cuma krg cocok buat ngebut di tol

Fortuner safetynya ya standar kaya GV, abs, ebd, airbagJan07 wrote: Tue Apr 25, 2017 15:32 atau mau fortuner? kmrn saya jual fortuner G manual 2012 240 juta Vnt palingan sekitar 270an lumayan tuh tenaganya kasih dastek aja hahaha,cuma safetynya ya begitulah hahahaa


Sebenarnya lintasan motorcross itu agak hiperbola sih, cuman ya kalo dibilang rusak ya emang parah rusaknya. Mazda 2 saya sering gasruk, mau pake yang suv ladderframe sayangnya ukuran mobil jenis itu ga muat di garasimaxbilly wrote: Tue Apr 25, 2017 16:00 wah kalo jalurnya kyk lintasan motorcross jangan crossover mending suv ladderframe aja/Dcab
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Wed Oct 26, 2016 9:59
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Makasih atas rekomendasinya om, berarti kalo berdasarkan pengalaman mending antara CX5 atau HRV baru ya, soalnya CRV RE agak riskan kalo mileagenya tinggi, sedangkan X-Trail sebenarnya bagus tapi kalo tau borosnya gitu mending CRV RE karena udah ada VSA. Kalo saya ga masalah sih untuk brand dan akomodasi, toh saya juga pake M2 Skyactiv yang sempitnya bukan main tapi overall puas sih pake merk mazda hehehe...Pboyz97 wrote: Tue Apr 25, 2017 15:43 Kebetulan saat ini saya pelihara CX5 2.0 Touring 2013 & CRV RE 2.4 2011 , pernah ngobrol sama temen yg punya Xtrail 2010 CVT & udah pernah TD HRV baru, saya bantu jawab ya pendangan pribadi saya tentang masing2 kandidat:
1. CX5 2.0 2012, sorry ralat dikit, CX5 2012 itu gaada tipe GT, adanya tipe sport & touring doang buat tipe 2.0nya, kalo GT itu adanya buat varian 2.5 aja setau saya. terus kalo kekurangannya selain di bantingan yg keras & kabin sempit ya ada di putaran atasnya yg kurang nendang menurut saya (but better than RM 2.0) , sisanya cukup oke dikelasnya, terus kalo jumlah airbag, CX5 Touring 2012 ini sudah ada 6 airbag om (2 didashboard, 2 di jok depan & 2 di samping) + fiturnya juara dehh, ada cruise control, sunroof dll + irit BBM (dalkot bisa 10-13 km/l)
2. CRV RE 2012 : Mobil ini ada 2 versi, yaitu ada yg FL pertama yg grill silver & FL2 yg grillnya kehitaman gitu , soalnya tahun 2012 merupakan masa transisi dari RE ke RM di Indo setau saya, terus bedanya cuma di grill , wood panel (FL2) , HU & tailpipesnya CMIW, terus kelebihan & kekurangannya adalah sbb:
Kelebihan:
- Desain exterior
- Fitur lengkap (yang 2.4 udah ada VSCnya , tapi kalo di CRV ini namanya VSA kalo gasalah)
- Torsi putaran tengah atas yang kuat
- Peforma & handling salah satu yg terbaik dikelasnya
- Kelegaan kabin,keluasan bagasi , kepraktisan terbaik dikelasnya
- Sangat nyaman untuk segala kondisi, baik nyetir sendiri maupun disopirin
- Posisi mengemudi ergonomis
- Fun to drive
Kekurangan:
- Bagian kaki2 agak rawan
- Kualitas jok kulit bawaan jelek
- Boros BBM, kalo om sebelumnya pake SGV, kalo ganti CRV RE 2.4 Fuel consnya gabakal jauh beda sama SGV, cuma lebih irit dikit hehehe
- RV Jeblokkk untuk sebuah Honda
- Desain interior mulai terlihat usang
- HU bawaan interfacenya agak lemot
- Tenaga putaran bawahnya agak belet
- Transmisi 5 ATnya agak bego shiftingnya
3. CRV RM 2.0 Saya ga rekomen mobil ini, soalnya fiturnya kopongan bgt sampe2 foglamp aja ga dikasih hahaha, terus improvement dibanding pendahulunya ya ga banyak, cuma beda casing , fitur airvent & downgrade mesin dari K20 (RE ) ke R20 (RM) + suspensi yg lebih empuk, setir yg lebih ringan & kenyamanan yg lebih baik daripada RE. Ga worth it dibanding RE, RE itu belum kelihatan jadul kok menurut saya, even disandingin sama CRV Gen 5 2017 sekalipun , mending RE 2.4 2nd daripada RM 2.0 soalnya fitur lebih banyak, tenaga lebih oke & Kualitas materialnya lebih baik dibanding RM. Hmmm, kalo kelebihannya dibanding CX5 2.0 Touring yaa to be honest nyaris ga ada, CX5 2.0 unggul jauhhh dari segala sisi dari RM 2.0 ini, kelebihan RM 2.0 dibanding CX5 2.0 cuma di model exterior-interior, brand name, ASS, Akomodasi & kenyamanan aja. Oh iya,sama bagasi yg lebih luas daripada CX5 hahaha. Kalo mau RM, mending yg 2.4 sekalian menurut saya.
4. Xtrail 2013 , berhubung CVTnya ga jauh beda sama Xtrail 2010 temen saya, CVTnya katanya sih ga lemot2 amat, cukup lah buat pemakaian dalkot & lukot, terus konsumsi BBMnya ya jangan ditanya, yg 2.500 CC katanya boross BBM, beda2 tipis lah sama CRV 2.4 kata temen saya yg punya Xtrail 2010 itu.
5. HRV S baru, Hmm FCnya sih irit oom buat sebuah honda, mungkin kira2 9-12 km/l dalkotnya , terus CVTnya biasa aja, ga lemot2 amat tapi gabisa dibilang kenceng juga, kalo bawa HRV kayanya mesti sabar gitu bawanya & kalem gaya nyetirnya menurut saya, tapi kalo tipe S baru tanggung, mending nambah dikit bisa dapet HRV E CVT sekalian yg fiturnya lebih lengkap (after discount) / kalo mau 2nd bisa lirik HRV E CVT 2nd tahun muda 2015-2016, tapi pastiin kaki2nya sehat, soalnya isu kaki2 HRV yg sempet viral dimedia itu banyak terjadi di HRV Batch awal (terutama yg 2015).
Overall, saya vote for CX5 2.0 2012, soalnya paling memenuhi kriterianya om TS, sepertinya ga masalahin brand & akomodasi kan?, tapi kalo bisa dapet yg 2.5 mending yg 2.5 aja oom ,soalnya tarikannya lebih enak daripada yg 2.0, terus kalo ketahanan sih oke2 aja, bapak saya udah pelihara CX5 selama 3 tahun sebagai mobil perang harian buat kerja & sering dibawa lukot dengan odo 100rb km awet2 aja sampe sekarang, cuma pernah ganti kompesor AC & Shock belakang doang, sisanya perawatan resmi diberes & ganti oli seperti biasa, cukup bandel kok mobil ini menurut saya.
Sebagai perbandingan aja ya, CRV RE 2.4 2011 saya KM 106K, pemakaian hampir sama kaya CX5, cuma akhir2 ini dipake kebanyakan dalkot gara bapak saya ketagihan make CX5 hahahaha, udah ganti semua kaki2nya mulai dari shockbreaker & tierod , jok kulit deket doortrim udah pada getas semua (sementara di CX5 masih oke2 aja kulitnya) , kompresor AC pernah ngadat , central lock belakang kiri juga pernah ngadat + bonus penyakit pada rack steeringnya, total udah ngabisin hampir 30jt buat benerinnya (diluar jok kulit karena emang belom diganti karena belom sempet buat kebengkel) , intinya Kalo beli RE 2nd itu pastiin kaki2nya masih sehat & odonya rendah, soalnya agak rawan kalo udh diatas 5 tahun & odo diatas 100rb menurut saya.
Semoga bermanfaat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
oh ya ga coba lirik2 chevrolet trax? kan sesuai dengan keinginan cari crossover
tapi kalo tetep cari brand jepang coba lihat suzuki scross barangkali cocok
keduanya kondisi baru, kalo trax harus nambah dana kalo scross udah sesuai budget malah bisa kurang
tapi kalo tetep cari brand jepang coba lihat suzuki scross barangkali cocok
keduanya kondisi baru, kalo trax harus nambah dana kalo scross udah sesuai budget malah bisa kurang
Last edited by maxbilly on Wed Apr 26, 2017 15:09, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
Yg saya bold dan italic.Pboyz97 wrote: Tue Apr 25, 2017 15:43 3. CRV RM 2.0 Saya ga rekomen mobil ini, soalnya fiturnya kopongan bgt sampe2 foglamp aja ga dikasih hahaha, terus improvement dibanding pendahulunya ya ga banyak, cuma beda casing , fitur airvent & downgrade mesin dari K20 (RE ) ke R20 (RM) + suspensi yg lebih empuk, setir yg lebih ringan & kenyamanan yg lebih baik daripada RE. Ga worth it dibanding RE, RE itu belum kelihatan jadul kok menurut saya, even disandingin sama CRV Gen 5 2017 sekalipun , mending RE 2.4 2nd daripada RM 2.0 soalnya fitur lebih banyak, tenaga lebih oke & Kualitas materialnya lebih baik dibanding RM. Hmmm, kalo kelebihannya dibanding CX5 2.0 Touring yaa to be honest nyaris ga ada, CX5 2.0 unggul jauhhh dari segala sisi dari RM 2.0 ini, kelebihan RM 2.0 dibanding CX5 2.0 cuma di model exterior-interior, brand name, ASS, Akomodasi & kenyamanan aja. Oh iya,sama bagasi yg lebih luas daripada CX5 hahaha. Kalo mau RM, mending yg 2.4 sekalian menurut saya.
Bukan nya RE yg 2.0 mesin nya juga R20?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: SUV atau Crossover jepang second <275 juta tahun 2011 up
klo cari bagasi luas dan 2nd row nyaman ya coret OS
sparepart mungkin yang aga mahal filter ac orinya soalnya made in german 400rban.paling ganti sakura kalau mau 100rban. selebihnya perawatan OS ga ada yg aneh2 sampai uda 20rban km ini saya pakai.
antara cx5 atau crv ya paling kalau mau bener suv
cuma saran jangan ambil yg 2.0, klo macet2 mirip2 aja kayanya paling beda 1-2km/ltr
tapi kalau saya jd ts sih ambil crv aja kali ya
bodypart juga lbih mudah dibanding cx5 kalau mau klaim asuransi
cmiiw
sparepart mungkin yang aga mahal filter ac orinya soalnya made in german 400rban.paling ganti sakura kalau mau 100rban. selebihnya perawatan OS ga ada yg aneh2 sampai uda 20rban km ini saya pakai.
antara cx5 atau crv ya paling kalau mau bener suv
cuma saran jangan ambil yg 2.0, klo macet2 mirip2 aja kayanya paling beda 1-2km/ltr
tapi kalau saya jd ts sih ambil crv aja kali ya
bodypart juga lbih mudah dibanding cx5 kalau mau klaim asuransi
cmiiw