Oil Cooler Captiva Bocor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Apr 24, 2017 14:29
Oil Cooler Captiva Bocor
Oil Cooler Captiva saya bocor sehingga oli masuk ke radiator dan coolant reservoir. Oleh Beres Oil Cooler sudah diganti tapi masih ada sisa oli sehingga coolant di reservoir belum benar2x bersih. Dan SA beres pun bilang belum berani rekomendasi untuk jalan jauh. Harus diapakan, ya? Tks.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Masih blm paham Oil cooler bocor bisa masuk ke coolant ya?
Biasanya sistem nya terpisah.
Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Biasanya sistem nya terpisah.
Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Karena transmission oil cooler salah satu tempatnya di dalam radiator end tank.
Yang jadi masalah lebih jelek lagi adalah coolant di dalam transmission. Ini pasti merusak transmission. Coba cek olinya, kalau warnanya seperti "strawberry milk", ya bye bye transmission.
Yang jadi masalah lebih jelek lagi adalah coolant di dalam transmission. Ini pasti merusak transmission. Coba cek olinya, kalau warnanya seperti "strawberry milk", ya bye bye transmission.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
oom bisa dipasang disini photonya atau drawing itu radiator yang nyatu dengan cooler..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Transmission oil cooler yang bersarang di radiator tidak kelihatan dari luar, hanya ada dua barbed fittings di endtank yang bawah. Gambar di bawah ini tipikal untuk merk2 asal Asia. Yang merk2 Amrik, endtank biasanya di samping.

Sebaiknya oil cooler tipe ini di-bypass dan diganti dengan external oil cooler kalau belum terpasang dari pabriknya. Tujuannya untuk menghindari kerusakan lebih parah kalau oil cooler sampai bocor.

Sebaiknya oil cooler tipe ini di-bypass dan diganti dengan external oil cooler kalau belum terpasang dari pabriknya. Tujuannya untuk menghindari kerusakan lebih parah kalau oil cooler sampai bocor.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
oom Poss, makasih gambarnya...POS VETT wrote: Tue Apr 25, 2017 10:18 Transmission oil cooler yang bersarang di radiator tidak kelihatan dari luar, hanya ada dua barbed fittings di endtank yang bawah. Gambar di bawah ini tipikal untuk merk2 asal Asia. Yang merk2 Amrik, endtank biasanya di samping.
Sebaiknya oil cooler tipe ini di-bypass dan diganti dengan external oil cooler kalau belum terpasang dari pabriknya. Tujuannya untuk menghindari kerusakan lebih parah kalau oil cooler sampai bocor.
Kalau cairan radiator kan masuk di inlet...terus ngalir lewat kisi kisi yg punya fin itu, keluar di outlet..masuk lagi ke mesin, dst...
trus ini cairan transmisi itu masuk ,..trus langsung keluar langsung kah (sebatas pada tube yang bagian bawah saja)? atau tetap dialirkan ke atas dulu, lalu turun lewat kisi kisi radiator itu juga ?? (ada jalur di kisi2 radiator untuk coolant dan ada jalur untuk ATF) ???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Oli transmisi tidak sampai ke kisi2. Di dalam endtank bawah ada pipa2 kecil, mungkin hanya ada 2-3 loops. Prinsipnya, oli transmisi "didinginkan" oleh coolant (faktanya malah dipanaskan oleh coolant).
Kalau di Navara, sudah ada external transmission oil cooler, jadi tinggal di-bypass saja yang lewat radiator.
Kalau di Navara, sudah ada external transmission oil cooler, jadi tinggal di-bypass saja yang lewat radiator.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Isi oli bawa jalan sebentar trus kuras lagi klo kurang yakin ya diulang cuman biayanya itulohh, terlebih harga oli transmisinya yg.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
sama seperti volvo, pipa oli transmisi masuk ke radiator dengan tujuan menjaga suhu supaya stabil.
sayangnya, di indonesia malah jadi heater. bukan cooler.
alangkah baiknya pasang cooler terpisah dengan radiator supaya hati tentram.
sayangnya, di indonesia malah jadi heater. bukan cooler.
alangkah baiknya pasang cooler terpisah dengan radiator supaya hati tentram.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Masih lebih murah daripada harga transmisinya segeluntung.apoge wrote: Tue Apr 25, 2017 11:44 Isi oli bawa jalan sebentar trus kuras lagi klo kurang yakin ya diulang cuman biayanya itulohh, terlebih harga oli transmisinya yg.....
Betul. Bukan iklim 4 musim, gak perlu heater. Kalaupun external cooler bocor, paling tidak air tidak masuk ke dalam transmission.marmut wrote: Tue Apr 25, 2017 14:48 sama seperti volvo, pipa oli transmisi masuk ke radiator dengan tujuan menjaga suhu supaya stabil.
sayangnya, di indonesia malah jadi heater. bukan cooler.
alangkah baiknya pasang cooler terpisah dengan radiator supaya hati tentram.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
kalo cooler terpisah gitu, berarti instal radiator lagi om ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
cooler? memangnya air yang dari kisi2 radiator setelah dikipasin itu dingin ya? 
atau maksudnya dipanaskan biar oli transmisi tidak membeku di musim dingin?

atau maksudnya dipanaskan biar oli transmisi tidak membeku di musim dingin?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Gak gitu ngerti gw pertanyaannya, tapi coba jawab. Radiator yang ada transmission oil cooler-nya tetap bisa dipakai, hanya oil cooler-nya tidak tersambung/tidak berfungsi.
Dingin sekali atau temperatur sama dengan udara, ya tidak sampai.daftar wrote: Tue Apr 25, 2017 15:34 cooler? memangnya air yang dari kisi2 radiator setelah dikipasin itu dingin ya?
atau maksudnya dipanaskan biar oli transmisi tidak membeku di musim dingin?
Bukan begitu, ATF itu titik bekunya sangat rendah, tapi kekentalannya berubah menurut temperatur, jadi kalau di musim dingin, mengalirkan ATF di radiator akan membantu temperatur ATF supaya cepat masuk ke operating temperature range.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
maksud nya gini om, kan om bilang bisa di bypass tuh aliran ATF ke radiator. kalo di bypass, perlu instal radiator baru khusus buat dinginin si ATF ato cukup di bypass aja (sambung 2 jalur jadi 1 = bypass kan)POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:26Gak gitu ngerti gw pertanyaannya, tapi coba jawab. Radiator yang ada transmission oil cooler-nya tetap bisa dipakai, hanya oil cooler-nya tidak tersambung/tidak berfungsi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:45 Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Feb 29, 2016 10:26
Re: RE: Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Disini disebutnya ATF cooler om. Oia,suhu ideal oil transmision brp ya Om? Odong2 saya pasang oil cooler L300, dimensinya lumayan gede, saya ksh extra fan jg tuh coolernya. Takutnya terlalu "dingin" dan malah jd ga optimal.POS VETT wrote:Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:06external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:45 Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
edit: sori baru tau namanya ATF cooler
abis ke google kebanyakan namanya oil cooler, beda kah ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Biasanya kalo oil cooler itu merujuk ke mesin om (mendinginkan oli mesin), kalo atf cooler ke transmisi (mendinginkan oli transmisi)vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:10vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:06external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:45 Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
edit: sori baru tau namanya ATF cooler
abis ke google kebanyakan namanya oil cooler, beda kah ?
CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Radiator, ATF/Oil Cooler, kondensor AC & intercooler bentuknya sama. Sama2x terdiri dari pipa2x kapiler dan sarang tawon.vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:06external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:45 Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
beda ukuran yak sepertinyaadityabp wrote: Wed Apr 26, 2017 3:09Radiator, ATF/Oil Cooler, kondensor AC & intercooler bentuknya sama. Sama2x terdiri dari pipa2x kapiler dan sarang tawon.vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:06external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:45 Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.![]()
kalo cuma mobil harian macem RE3 dibypass aja cukup kali ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Dibypas gimana? Gak pake ATF cooler?vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 3:16beda ukuran yak sepertinya
kalo cuma mobil harian macem RE3 dibypass aja cukup kali ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
kan kata om vett bisa di bypass
itu maksudnya bypass jalur ke lobang di radiator asli kan ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Oil cooler Captiva bukan berbentuk radiator tetapi berbentuk kotak dan nempel di mesin posisinya ada di deket firewall, pendinginnya pakai air radiator, kebetulan pernah ganti seal oil cooler di captiva FL ane.
Kalau air radiator sdh tercampur oli, sering kuras air radiator aja sampai bersih dari oli, semoga membantu.
Kalau air radiator sdh tercampur oli, sering kuras air radiator aja sampai bersih dari oli, semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Oil Cooler Captiva Bocor
Maksudnya, atf cooler yg di radiator gak dipake. Anda mesti pasang atf cooler terpisah.vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 3:38kan kata om vett bisa di bypass
itu maksudnya bypass jalur ke lobang di radiator asli kan ?
ATF Cooler itu wajib ada, krn oli matic kalau terlalu panas, selain umur pakainya jadi pendek juga bisa bikin TC jadi loss kayak kopling slip.