Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 2:32
Or4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak

Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.

Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine :big_slap:
merek jerman kalo di kota besar enak apalagi dki specialist bejibun... sampe VW audi aja ada specialistnya.

sbenernya merk jerman kalo mau niat DIY dan nyari service manual sendiri itu will save a lot of time and money... gw diceritain seorang pengguna E46 disini.

ini bedanya pendekatan jerman dan jepang... mechanical design ala jerman itu cenderung rumit, kadang buat replace part sebiji aja bisa bongkar satu unit utuh. ini yang bikin maintenance dan repair nya mahal...

jepang mechanical designnya mikirin gimana mobilnya bisa dibenerin tanpa harus ngeluarin effort terlalu banyak...
Sebenarnya spesialist ada, tapi gak sebanyak mobil Jepang yang dimana-mana ada. Mekanik bengkel dah merem kalau trouble di mobil Jepang. Kalau mobil europe seperti yang Chist bilang itu, mechanical & electrical ala europerumit jadi working hours buat beresin lebih panjang.
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by nuelgs »

ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 2:32
Or4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak

Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.

Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine :big_slap:
merek jerman kalo di kota besar enak apalagi dki specialist bejibun... sampe VW audi aja ada specialistnya.

sbenernya merk jerman kalo mau niat DIY dan nyari service manual sendiri itu will save a lot of time and money... gw diceritain seorang pengguna E46 disini.

ini bedanya pendekatan jerman dan jepang... mechanical design ala jerman itu cenderung rumit, kadang buat replace part sebiji aja bisa bongkar satu unit utuh. ini yang bikin maintenance dan repair nya mahal...

jepang mechanical designnya mikirin gimana mobilnya bisa dibenerin tanpa harus ngeluarin effort terlalu banyak...
kebetulan saya juga pengguna E46 nih
statement yg dibold bener banget saya udah 3 tahun terakhir ini untuk urusan mesin selalu DIY, berbekal informasi dari youtube dan forum E46
entah untuk mobil eropa lain, tapi kalo E46 tuh tutorial di youtube banyak banget mulai dari yang ringan sampai berat kayak engine rebuild dan convert auto to manual transmission
untuk sparepartnya bisa beli di tokped, atau kalo mau lebih murah bisa cari yg aftermarket china di aliexpress

tips buat yang mau DIY eropa, menurut saya paling penting wajib punya scanner dulu
kalo untuk bmw bisa pakai software INPA / ISTA download gratis di forum2 bmw, utk kabel obdnya tinggal beli dari aliexpress
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15614
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Fri Jul 10, 2020 2:56
Sebenarnya spesialist ada, tapi gak sebanyak mobil Jepang yang dimana-mana ada. Mekanik bengkel dah merem kalau trouble di mobil Jepang. Kalau mobil europe seperti yang Chist bilang itu, mechanical & electrical ala europerumit jadi working hours buat beresin lebih panjang.
jd specialist mobil jepang krn pop banyak dan parts relative mudah tinggal pelajari svc manual saja buat yg khusus seperti honda atau mitsubishi... less effort. krn masih generik satu sama lain.

smentara eropa desainnya antara VW BMW dan Mercy aja beda-beda semua... effort dan modalnya lbh gede :mky_07:
nuelgs wrote: Fri Jul 10, 2020 3:58
kebetulan saya juga pengguna E46 nih
statement yg dibold bener banget saya udah 3 tahun terakhir ini untuk urusan mesin selalu DIY, berbekal informasi dari youtube dan forum E46
entah untuk mobil eropa lain, tapi kalo E46 tuh tutorial di youtube banyak banget mulai dari yang ringan sampai berat kayak engine rebuild dan convert auto to manual transmission
untuk sparepartnya bisa beli di tokped, atau kalo mau lebih murah bisa cari yg aftermarket china di aliexpress

tips buat yang mau DIY eropa, menurut saya paling penting wajib punya scanner dulu
kalo untuk bmw bisa pakai software INPA / ISTA download gratis di forum2 bmw, utk kabel obdnya tinggal beli dari aliexpress
nahh miara mobil jerman emang bikin usernya bisa tiba-tiba jago DIY... bener-bener mobil yang ngelatih skill dan kesabaran usernya :ngacir:

ane pernah diceritain kalo yg urusan lampu transmisi error itu sebnernya partnya murah aja... tp di spesialis atau beres jd mahal krn ongkos bongkarnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by racho »

ane dapet pengalaman ga enak lagi dengan bengkel resmi, kali ini k-car.

alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane. :mky_04:

singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dong :big_bored: padahal sebelumnya bae2 aja. adik panggil montirnya, montir bawa alat scan, utak-atik, kagak kelar dan keburu ada konsumen lain... dan begitu aja bilang "susah ni Pak".

set dah :big_bored:

ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh :big_biglaugh:
dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek :big_grin:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

racho wrote: Fri Jul 10, 2020 8:30 ane dapet pengalaman ga enak lagi dengan bengkel resmi, kali ini k-car.

alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane. :mky_04:

singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dong :big_bored: padahal sebelumnya bae2 aja. adik panggil montirnya, montir bawa alat scan, utak-atik, kagak kelar dan keburu ada konsumen lain... dan begitu aja bilang "susah ni Pak".

set dah :big_bored:

ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh :big_biglaugh:
dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek :big_grin:
i20 diesel kah om?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kunaskun »

Or4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak

Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.
masa iya beres hari gini masih ada oper kerjaan? hari gini masa kalah canggih dari spesialis :big_biglaugh:
Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine :big_slap:
ya european mikirnya lain si dari merek jepang: form follow function. latch kap mesin aja antik2, pernah iseng liat X1 2017 saya perhatiin sampe mikir: ini over engineered atau over designed... :big_slap: jepang? lexus rx300 aja ga beda dari grenmek :upss: cuma besi silinder ditekuk, dilas dikit ke plat, uda gitu aja.

itu baru hal "sederhana" belum hal lain, dari segi konsumen yg biasa pake jepang pasti pusing :big_biglaugh: tapi ya itu bukan hal yg salah atau ngaco tapi ya memang beda aja cara mikirnya itu european brand. begitu juga biasa pake merek jepang lokalan, giliran liat JDM langsung bingung banyak banget hal "ajaib".
lemonadelovers wrote: Thu Jul 09, 2020 23:17 Yes bengkel spesialis emang paling bener karena menguasai satu skill untuk satu case saja sedangkan beres harus mengikuti FSM, lbh oke klo dpt FSM dan kasih parameternya ke bengkel spesialis.
Soal part kebanyakan memang saling silang aja dan bengkel spesialis tau itu jd bisa dipilihin yg paling murah atau grade kualitasnya
ya, asal ga kena tipu spesialis abal2 atau lagi apes :mky_04: . tapi overall memang bener ya spesialis masih lebih ekonomis :big_exellent:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mr_mytplx »

kunaskun wrote: Fri Jul 10, 2020 13:56
masa iya beres hari gini masih ada oper kerjaan? hari gini masa kalah canggih dari spesialis :big_biglaugh:
Ane pernah nih om, kejadiannya di beres market leader.

Agak lupa perbaikan apa waktu itu soalnya sudah agak lama.

Pertama2 disarankan ganti spare part, kena 1,7jt, tp krn sudah kenal sama SA nya ane tanya apa ada alternatif lain. Nah disarankan oleh SA nya bisa diperbaiki di "bengkel rekanan" kena 700rb aja termasuk jasa.

Ya udah akhirnya diperbaiki di "bengkel rekanan", tp bayarnya tetep di kasir beresnya, ada nota resminya jg.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Rakean »

i still belive in beres...

so far selama ini ane repair dan service berkala di beres nissan depok & wr buncit, alhamdulillah cukup puas

enaknya di beres, bisa ane tinggalin mobil, kadang 2-3 hari dari hari selese pekerjaan wkwkwkwkwkwk
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by benzz89 »

Ini kejadian sebenar2nya di kantor ane. Beli avanza matic tapi ada dengung maticnya, bolak balik beberapa kali ke beres, sudah pakai stetoscop segala masih gak ketemu masalahnya.

Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.

Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]

Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by supriyadi »

Untuk orang awam macam saya, beberapa case lebih percaya ke beres. Part ori terjamin, ada garansi resmi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15614
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

benzz89 wrote: Sat Jul 11, 2020 1:23 Ini kejadian sebenar2nya di kantor ane. Beli avanza matic tapi ada dengung maticnya, bolak balik beberapa kali ke beres, sudah pakai stetoscop segala masih gak ketemu masalahnya.

Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.

Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]

Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
termasuk yang beli mobil baru... jgn2 yang suka defect2 itu mobil bekas bongkar pasang... wkwkwkwkw...

gw pernah liat sendiri CRV lagi servis tensioner beltnya diambil dari mobil stok dong... keren skali... ai lop beres :big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by zzzprince »

Omnibus wrote:
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
di salah satu beres triple elips kota malang, saya sendiri ngalamin hal ini. Radiator saya buntu ggra diisi air ledeng sama beres lain, nah si beres alternatif awalnya sarankan untuk cleaning radiator saja dgn jasa 500rb excld PPN. Berhubung mobil sdh dibongkar akhirnya saya iyain, eh 3 hari blm juga dikerjain dan ternyata itu beres nunggu subcon cleaning radiator ke bengkel entah dmna. Heran jg masa sekelas beres cari subcon buat urusan gini. Akhirnya saya cari tau harga radiator Assy yg ternyata harga 600rb. Ya jelas tau kan akhirnya pilihannya apa[emoji1]

Karna itu radiator dijanjikan indent 3 hari eh ternyata 7 hari blm datang, mereka ttp kerjakan juga cleaning seadanya pakai metode mereka dan di charge 300. Gak tau tuh 300 masuk labour charge ke mekanik yg ngerjain ato masuk kas mereka hahaha.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by zzzprince »

benzz89 wrote:Ini kejadian sebenar2nya di kantor ane. Beli avanza matic tapi ada dengung maticnya, bolak balik beberapa kali ke beres, sudah pakai stetoscop segala masih gak ketemu masalahnya.

Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.

Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]

Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
Saya juga ngalamin hal ini. Pernah Claim Shroud radiator estimasi sebulan, akhirnya dirubbing dari unit ex accident body repair mereka, itung2 tebus kesalahan mereka ggra indent radiator Assy janji 3 hari sampai yg ternyata baru datang 14 hari kemudian setelah gebrak meja SA dan tatap muka sama kabeng
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Kalau korok radiator sih emg biasanya disubkon ke spesialis...
Sy pernah ditawarin korok radiator 450rb di beres 3 elips, tp akhirnya sy bawa ke montir spesialis radiator yg suka dpt kerjaan dr beres 3 elips jg (walau beda grup), cuma 250rb :big_grin:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

coklatMetalik wrote: Sat Jul 11, 2020 11:24 Kalau korok radiator sih emg biasanya disubkon ke spesialis...
Sy pernah ditawarin korok radiator 450rb di beres 3 elips, tp akhirnya sy bawa ke montir spesialis radiator yg suka dpt kerjaan dr beres 3 elips jg (walau beda grup), cuma 250rb :big_grin:
Salah satu bengkel bubut di deket rumah saya itu subkon nya bengkel resmi 3 elips juga
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

evanbngdor wrote: Sat Jul 11, 2020 12:24

Salah satu bengkel bubut di deket rumah saya itu subkon nya bengkel resmi 3 elips juga
:mky_03:
Sy malah kenal bengkel bubut yg produksi karet dudukan shock depan ANPS, dgn kualitas di atas genuine part.
Konon yg genuine umurnya pendek. Mekanik beres tiga berlian sering mlipir beli karet shock ke bengkel itu kalo ada customer yg klaim. Entah urusan invoice dll ke customernya gimana
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

coklatMetalik wrote: Sat Jul 11, 2020 12:48
evanbngdor wrote: Sat Jul 11, 2020 12:24

Salah satu bengkel bubut di deket rumah saya itu subkon nya bengkel resmi 3 elips juga
:mky_03:
Sy malah kenal bengkel bubut yg produksi karet dudukan shock depan ANPS, dgn kualitas di atas genuine part.
Konon yg genuine umurnya pendek. Mekanik beres tiga berlian sering mlipir beli karet shock ke bengkel itu kalo ada customer yg klaim. Entah urusan invoice dll ke customernya gimana
Invoice nya sih resmi kop tiga berlian, tp barangnya dia pake dr subkon itu. Bengkel 3 elips aja juga suka gitu kok, wajar lah namanya juga usaha
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ricz »

Saya biasanya kalo mobil2 masih masa garansi ttp dipercayain ke BeRes...

begitu lewat masa garansi, kalo servis2 ringan ttp ke BeRes, tapi pengerjaan yg rada mengoyak kantong kaya perbaiki kaki2 gitu dipercayakan ke bengkel umum...

Kalo ke beres pas masa garansi habis buat ngerjain yg rada berat, nubie ga tahan di ongkos kerjanya sih ... Blom lg kalo merk2 yg agak non mainstream misalnya batu makam, di kota kecil nubie agak malak kalo urusan biaya jasa...
2021 Fortuner VRZ
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by lemonadelovers »

Baik2in SA, klo ud akrab kadang dibantu biaya servis dgn cara ubah angka koefisien pekerjaan.. misal ganti sokbreker atau swing arm mestinya ditulis 1x bsa cm 0.75x jd mestinya misal bayar 1jt utk jasa jd cm 750rb

Hal ini dimungkinkan kok krna contohbya jasa ganti oli doang tanpa servis biasanya ditulis service ringan 0.5x
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11355
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

racho wrote: Fri Jul 10, 2020 8:30 ane dapet pengalaman ga enak lagi dengan bengkel resmi, kali ini k-car.

alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane. :mky_04:

singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dong :big_bored: padahal sebelumnya bae2 aja. adik panggil montirnya, montir bawa alat scan, utak-atik, kagak kelar dan keburu ada konsumen lain... dan begitu aja bilang "susah ni Pak".

set dah :big_bored:

ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh :big_biglaugh:
dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek :big_grin:
penasaran ama kelanjutannya ..... udah beres belom, happy ending ngga :mky_03:

urusan beli boil langsung sikat ga pake bilang bini n terakhirnya say sorry tumben ga mempan ...... :big_smile]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kunaskun »

mr_mytplx wrote: Fri Jul 10, 2020 23:49 Ane pernah nih om, kejadiannya di beres market leader.

Agak lupa perbaikan apa waktu itu soalnya sudah agak lama.

Pertama2 disarankan ganti spare part, kena 1,7jt, tp krn sudah kenal sama SA nya ane tanya apa ada alternatif lain. Nah disarankan oleh SA nya bisa diperbaiki di "bengkel rekanan" kena 700rb aja termasuk jasa.

Ya udah akhirnya diperbaiki di "bengkel rekanan", tp bayarnya tetep di kasir beresnya, ada nota resminya jg.
lah :big_biglaugh:
pengerjaan apa tu bisa di out source lebih murah tapi payment tetap ke kasir beres :big_think:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Sat Jul 11, 2020 13:39 Invoice nya sih resmi kop tiga berlian, tp barangnya dia pake dr subkon itu. Bengkel 3 elips aja juga suka gitu kok, wajar lah namanya juga usaha
:mky_03:
makin ajaib aja :mky_04: ya ada bagusnya juga si di subcon gitu, garansi tetep jalan, harga lebih mahal gpp anggap beli jaminan pengerjaan, daripada ke bengkel luaran yg kadang ga jelas juga kualitasnya :big_biglaugh:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by supriyadi »

Untuk beberapa item, beres ngasih subkon. Mungkin karena gak imbang mungkin invest sama incame
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mr_mytplx »

kunaskun wrote: Sun Jul 12, 2020 14:57
lah :big_biglaugh:
pengerjaan apa tu bisa di out source lebih murah tapi payment tetap ke kasir beres :big_think:
Kl ga salah inget alternator om. Kl di lewat beres harus ganti alternator ga bisa repair. Nah kl bengkel rekanan ga usah ganti cukup repair saja. Mobilnya tetap di beres, cm alternatornya aja yg dibawa ke bengkel rekanan.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

mr_mytplx wrote: Sun Jul 12, 2020 23:34
kunaskun wrote: Sun Jul 12, 2020 14:57
lah :big_biglaugh:
pengerjaan apa tu bisa di out source lebih murah tapi payment tetap ke kasir beres :big_think:
Kl ga salah inget alternator om. Kl di lewat beres harus ganti alternator ga bisa repair. Nah kl bengkel rekanan ga usah ganti cukup repair saja. Mobilnya tetap di beres, cm alternatornya aja yg dibawa ke bengkel rekanan.
Jangankan alternator, fly wheel aja jelas2 saya liat itu dibawa keluar bengkel sama salah satu staff nya itu buat dibubut. Saya tp ngga nanya sih itu status pembayarannya gimana, soalnya ngga tau juga punya siapa itu mobil
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T