Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:53
evanbngdor wrote: Wed Jul 08, 2020 8:57
Ya namanya jg bengkel resmi, bisa hidup drmn mereka kalo bukan dr biaya jasa para konsumennya. Biaya operasional mereka kan gede banget soalnya, udah gitu SDM dan fasilitas segitu banyak, maintain nya juga costly banget.
:mky_01:

Ada temen yang kerja sebagai salah satu manager bengkel resmi brand H, itu menurut dia aja seringkali nett-off antara pengeluaran dan pemasukan, malah kadang-kadang pengeluaran lebih gede, dan biaya terbesar itu emang biaya SDM nya, karena secara rate gaji juga pasti lebih tinggi drpd staff bengkel non resmi/bengkel kelas kios
:mky_03:
Belom gaji management yang berlapis-lapis. Tiap tahun gaji naik. Bisa dibayangin kebeban overhead berapa kalo dibandingin bengkel luaran.
Dan customer harus bayar itu semua....gaji orang yang bahkan belum pernah ditemui sama sekali :big_biglaugh:
nahh stuju itu divisi bengkel bener2 divisi sapi perah sehh. jualan mobil marginnya tipis, jualan parts juga marginnya tipis, dan overhead cost yang berlipat. mesin duitnya beres itu bkn jualan mobil, tp bengkel, kata seseorang senior di SM yang pernah jadi kacab...

d bengkel umum kadang mahh owner bisa merangkap montir dan spv... birokrasinya lebih ringkas, orang yang digaji lebih dikit, kadang jg dibayar itungan harian. d beres ada manager, SA, spv, mekanik, blom buruh cuci, driver, dll.

blom kalo bengkel kecil ownernya kerjain ndiri mahh klo kenal modal ditraktir makan siang jg mau-mau aja :big_biglaugh:

gw ama sodara gw masang cover mesin di civic dibilang suruh bawa aja... ampe ga enak gw beli filter udara freeflow akhirnya.

yg enak kalo kenal deket ama salah 1 montir yang jago, biasa diajak jalur belakang. svc dikerjain di rumah sendiri.
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 12:38
Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
jangan2 emang gitu om :ngacir:
ahhh ini mah praktek umum bgt. gw pernah liat ndiri sih bubut disbrek di salah 1 diler ujungnya panggil tukang bubut luar...
erwinign wrote: Wed Jul 08, 2020 13:26
Jasa kadang dah mahal ko, tp pas nunggu kadang yg dikerjake aja ndak jelas+luamaa ya stgh ati ngeluarin duit sebanyak itu :big_biglaugh: . Pdhl jasa tinggi, bengkel juga masih cukup rame. Tapi mbuh kenapa dealer honda ICM tau2 april kemarin kukut jg lho, pdhl biasa rame terus yg serpis+kasih jasa mayan tinggi juga buat seukuran crv.
hihihi kalo di kalangan pengusaha smg udah ga kaget sih icm tutup... intinya masalah internalnya cukup rumit.

lagian sejak svc manager lamanya resign rasanya makin berkurang custnya... skrg bengkelnya itu malah lbh ngetop rame terus yg serpis rata-rata mobil CBU pulak...

ya iya isinya dua jagoan lama icm... bkn kaleng kaleng soal mobil ilmu dan relasinya dimana-mana...
Last edited by ChZ on Wed Jul 08, 2020 14:56, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by P47hos »

Klo bicara biaya jasa jd ingat servis Livina di 40 rb km, sekalian komplain ada bunyi dung2, begitu udah dibongkar lgs divonis crossmember kena, karena dulu awam saya iya in aja. Begitu keluar rincian, servis berkala + ganti oli +/- 1.5, crossmember 1.8, Carbon clean 800, biaya jasa + cek kaki2 1.5 + PPn 10%. Luar biasa, sejak saat itu ga pernah masuk beres lagi kecuali beli sparepart 😄
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
Kejam betul ongkos bongkar pasang sok sejuta. Kemarin ganti 4 per wagon r, di charge 300ribu. Saya pikir wajarlah, di luaran juga paling nggak 200ribuan.
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marr »

mau sedikit cerita, sekitar sebulan yang lalu, gw baru servis brio gw di salah satu beres ahond di daerah serpong. mobil gw dapet paket free service 4x termasuk ganti oli filter dsb. setelah servis, gw baru notice kok di buku servisnya tanda filter olinya ga dicentang ya.
trs pas gw balik, biasanya kan dikasih oli sisa & part bekas yg udh diganti. tapi filter oli bekas sebelumnya ga ada. padahal di invoice nya ada keterangan ganti filter oli.
gw jadi curiga filter oli nya kagak diganti. hadeuhhh
mau komplen tapi udah lama kejadiannya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

FU27 wrote: Wed Jul 08, 2020 15:03
Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
Kejam betul ongkos bongkar pasang sok sejuta. Kemarin ganti 4 per wagon r, di charge 300ribu. Saya pikir wajarlah, di luaran juga paling nggak 200ribuan.
Market leader gitu loh :mky_08:
Eh buset, ane kok nulis ini lagi :big_biglaugh:

Vnt trd, ganti shockbreaker full set depan belakang pake ori dan dikerjakan di beres konon bisa memindahkan dana sekitar 9 juta dari atm anda ke rekening bengkel.

Itu kena charge 300rb di beres S om? Mantap banget ya ongkos jasanya. Jadi kepingin pelihara S.
Akhirnya ane beli di marketplace dan ganti di bengkel luar, total gak sampai 2,5jeti full depan belakang
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bangrosi »

pengendiesel wrote:
FU27 wrote: Wed Jul 08, 2020 15:03
Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22 lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
Kejam betul ongkos bongkar pasang sok sejuta. Kemarin ganti 4 per wagon r, di charge 300ribu. Saya pikir wajarlah, di luaran juga paling nggak 200ribuan.
Market leader gitu loh :mky_08:
Eh buset, ane kok nulis ini lagi :big_biglaugh:

Vnt trd, ganti shockbreaker full set depan belakang pake ori dan dikerjakan di beres konon bisa memindahkan dana sekitar 9 juta dari atm anda ke rekening bengkel.

Itu kena charge 300rb di beres S om? Mantap banget ya ongkos jasanya. Jadi kepingin pelihara S.
Akhirnya ane beli di marketplace dan ganti di bengkel luar, total gak sampai 2,5jeti full depan belakang
VNT TRD ganti bisa2 10jt total semuanya kebetulan saya pernah minta estimasi, kalo harga parts kita gk bisa bilang mahal karena beli di dealer ada garansinya, tapi utk jasa bongkar pasang emang lumayan mahal.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Mamang555 »

Ah mumpung lagi rame, mau nanya untuk para master2.. harga ganti shock depan Sijuki Splash di Beres ini wajar ga sih? :big_think: kalo beli part diluar pasang di beres mau ga ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 16:54
FU27 wrote: Wed Jul 08, 2020 15:03
Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22

lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas. :big_biglaugh:
Kejam betul ongkos bongkar pasang sok sejuta. Kemarin ganti 4 per wagon r, di charge 300ribu. Saya pikir wajarlah, di luaran juga paling nggak 200ribuan.
Market leader gitu loh :mky_08:
Eh buset, ane kok nulis ini lagi :big_biglaugh:

Vnt trd, ganti shockbreaker full set depan belakang pake ori dan dikerjakan di beres konon bisa memindahkan dana sekitar 9 juta dari atm anda ke rekening bengkel.

Itu kena charge 300rb di beres S om? Mantap banget ya ongkos jasanya. Jadi kepingin pelihara S.
Akhirnya ane beli di marketplace dan ganti di bengkel luar, total gak sampai 2,5jeti full depan belakang
Yup, di beres. Barusan lihat invoicenya, 345ribu ternyata. Gelo juga si, pasang lowering kit di beres. Beresnya mau aja, selama bukan weekend.

Harga resminya sebenernya 400an, cuma dapat diskon komunitas.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Sy udh bbrp kali beli part sendiri, pasang di beres A2K, boleh kok. Terutama utk part yg mereka ga punya stoknya, mereka memaklumi kok. Kalo inden di mereka kan nunggu seminggu sedangkan kalo beli sendiri tinggal ke Banceuy
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

bangrosi wrote: Wed Jul 08, 2020 18:42
VNT TRD ganti bisa2 10jt total semuanya kebetulan saya pernah minta estimasi, kalo harga parts kita gk bisa bilang mahal karena beli di dealer ada garansinya, tapi utk jasa bongkar pasang emang lumayan mahal.
Eh, 10jeti bukan 9 ya? Ane juga minta estimasinya, tapi udah puyeng duluan di tengah2 dengerin penjelasannya, jadi mungkin kurang fokus dengerinnya :big_biglaugh:
Shockbreaker sebiji di kisaran 2jeti, emang mobil resing nih :big_weee:

Yang belakang gap harganya sama tipe g jauh banget. Punya tipe g sebijinya gak nyampe 400rebu

Garansi shock beres berapa lama om?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

Mamang555 wrote: Wed Jul 08, 2020 22:48 Ah mumpung lagi rame, mau nanya untuk para master2.. harga ganti shock depan Sijuki Splash di Beres ini wajar ga sih? :big_think: kalo beli part diluar pasang di beres mau ga ya?
Saya awal th ini ganti shock depan ertiga ongkosnya jg sekitar 300 kok om, itu udah onderstel kaki2 jg di bengkel langganan (shock beli di suzuki). Tp kl suzuki sih saya berani pasang di mereka langsung krn murah dan msk serv record, asal spooringnya di luaran aja. Beres spooringnya kadang rada halu wkwkwkw
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

Mamang555 wrote: Wed Jul 08, 2020 22:48 Ah mumpung lagi rame, mau nanya untuk para master2.. harga ganti shock depan Sijuki Splash di Beres ini wajar ga sih? :big_think: kalo beli part diluar pasang di beres mau ga ya?
Wajar sih jasanya 400ribu. Bongkar sok depan itu kan ribet. Harus ada spring compressor. Wagon r juga segituan jasanya. Tapi karena diskon komunitas jadi murahan. Harga parts Suzuki bisa crosscheck di webnya.

Di bengkel luaran area jabodetabek juga ongkos ganti sok depan 200an.

Klo punya S, enaknya ikut komunitas, masuk beres rujukan komunitas. Diskonnya 10-15%
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Mamang555 »

erwing=1125321 wrote:Wed Jul 08, 2020 22:48

Wajar sih jasanya 400ribu. Bongkar sok depan itu kan ribet. Harus ada spring compressor. Wagon r juga segituan jasanya. Tapi karena diskon komunitas jadi murahan. Harga parts Suzuki bisa crosscheck di webnya.

Di bengkel luaran area jabodetabek juga ongkos ganti sok depan 200an.

Klo punya S, enaknya ikut komunitas, masuk beres rujukan komunitas. Diskonnya 10-15%
Trims infonya Om.. biasanya booking serpis di beres lan jg dapat diskon 10%. Apalagi kalo hari kerja bs 15% di beres deket rumah ...
fu27 wrote: Wed Jul 08, 2020 22:48
Saya awal th ini ganti shock depan ertiga ongkosnya jg sekitar 300 kok om, itu udah onderstel kaki2 jg di bengkel langganan (shock beli di suzuki). Tp kl suzuki sih saya berani pasang di mereka langsung krn murah dan msk serv record, asal spooringnya di luaran aja. Beres spooringnya kadang rada halu wkwkwkw
Sipsip Om... ane jg kepikiran untuk di beres ajalah. Toh harga jg beti2.. udah 2 beres cap S yg ane jabanin dan dua2nya kebetulan ga neko2 serta kerjanya jg lumayan lah
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1967
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by alvin23 »

Mamang555 wrote: Thu Jul 09, 2020 2:15
erwing=1125321 wrote:Wed Jul 08, 2020 22:48

Wajar sih jasanya 400ribu. Bongkar sok depan itu kan ribet. Harus ada spring compressor. Wagon r juga segituan jasanya. Tapi karena diskon komunitas jadi murahan. Harga parts Suzuki bisa crosscheck di webnya.

Di bengkel luaran area jabodetabek juga ongkos ganti sok depan 200an.

Klo punya S, enaknya ikut komunitas, masuk beres rujukan komunitas. Diskonnya 10-15%
Trims infonya Om.. biasanya booking serpis di beres lan jg dapat diskon 10%. Apalagi kalo hari kerja bs 15% di beres deket rumah ...
fu27 wrote: Wed Jul 08, 2020 22:48
Saya awal th ini ganti shock depan ertiga ongkosnya jg sekitar 300 kok om, itu udah onderstel kaki2 jg di bengkel langganan (shock beli di suzuki). Tp kl suzuki sih saya berani pasang di mereka langsung krn murah dan msk serv record, asal spooringnya di luaran aja. Beres spooringnya kadang rada halu wkwkwkw
Sipsip Om... ane jg kepikiran untuk di beres ajalah. Toh harga jg beti2.. udah 2 beres cap S yg ane jabanin dan dua2nya kebetulan ga neko2 serta kerjanya jg lumayan lah
Suzuki emang murah...

Toyota noh, ampun dah
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Herman7103 »

alvin23 wrote:
Mamang555 wrote: Thu Jul 09, 2020 2:15
erwing=1125321 wrote:Wed Jul 08, 2020 22:48

Wajar sih jasanya 400ribu. Bongkar sok depan itu kan ribet. Harus ada spring compressor. Wagon r juga segituan jasanya. Tapi karena diskon komunitas jadi murahan. Harga parts Suzuki bisa crosscheck di webnya.

Di bengkel luaran area jabodetabek juga ongkos ganti sok depan 200an.

Klo punya S, enaknya ikut komunitas, masuk beres rujukan komunitas. Diskonnya 10-15%
Trims infonya Om.. biasanya booking serpis di beres lan jg dapat diskon 10%. Apalagi kalo hari kerja bs 15% di beres deket rumah ...
fu27 wrote: Wed Jul 08, 2020 22:48
Saya awal th ini ganti shock depan ertiga ongkosnya jg sekitar 300 kok om, itu udah onderstel kaki2 jg di bengkel langganan (shock beli di suzuki). Tp kl suzuki sih saya berani pasang di mereka langsung krn murah dan msk serv record, asal spooringnya di luaran aja. Beres spooringnya kadang rada halu wkwkwkw
Sipsip Om... ane jg kepikiran untuk di beres ajalah. Toh harga jg beti2.. udah 2 beres cap S yg ane jabanin dan dua2nya kebetulan ga neko2 serta kerjanya jg lumayan lah
Suzuki emang murah...

Toyota noh, ampun dah
Msrket leader, jualan nya laris ya biaya servis nya bikin dompet jadi tifis dan keluar bengkel ngak ada senyum lagi di bibir wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 852
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by well »

just share,
pernah servis rutin di a***o 200* habis ganti oli mobil sienta KM 20rb, belum keluar bengkel cek dipstik oli, warnanya tidak terlalu bening dan juga besok paginya di cek dipstick, oli over full...
kalau ngga karena mobil masih garansi, mending servis di tempat lain, bisa pakai oli yg bagusan, harga lbh murah...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

FU27 wrote: Wed Jul 08, 2020 23:46
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 16:54
FU27 wrote: Wed Jul 08, 2020 15:03

Kejam betul ongkos bongkar pasang sok sejuta. Kemarin ganti 4 per wagon r, di charge 300ribu. Saya pikir wajarlah, di luaran juga paling nggak 200ribuan.
Market leader gitu loh :mky_08:
Eh buset, ane kok nulis ini lagi :big_biglaugh:

Vnt trd, ganti shockbreaker full set depan belakang pake ori dan dikerjakan di beres konon bisa memindahkan dana sekitar 9 juta dari atm anda ke rekening bengkel.

Itu kena charge 300rb di beres S om? Mantap banget ya ongkos jasanya. Jadi kepingin pelihara S.
Akhirnya ane beli di marketplace dan ganti di bengkel luar, total gak sampai 2,5jeti full depan belakang
Yup, di beres. Barusan lihat invoicenya, 345ribu ternyata. Gelo juga si, pasang lowering kit di beres. Beresnya mau aja, selama bukan weekend.

Harga resminya sebenernya 400an, cuma dapat diskon komunitas.
jd inget dulu ambil SX4 bekas general check dan repair macem-macem lumayan include servis oli2 banyak cm abis 4jt...

relatif lbh ga kejem ongkos jasanya... cm klo generasi SX4 grand vitara swift lama itu yg ngehe harga partnya... rata-rata msh made in nippong...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Jul 09, 2020 4:52
FU27 wrote: Wed Jul 08, 2020 23:46
pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 16:54

Market leader gitu loh :mky_08:
Eh buset, ane kok nulis ini lagi :big_biglaugh:

Vnt trd, ganti shockbreaker full set depan belakang pake ori dan dikerjakan di beres konon bisa memindahkan dana sekitar 9 juta dari atm anda ke rekening bengkel.

Itu kena charge 300rb di beres S om? Mantap banget ya ongkos jasanya. Jadi kepingin pelihara S.
Akhirnya ane beli di marketplace dan ganti di bengkel luar, total gak sampai 2,5jeti full depan belakang
Yup, di beres. Barusan lihat invoicenya, 345ribu ternyata. Gelo juga si, pasang lowering kit di beres. Beresnya mau aja, selama bukan weekend.

Harga resminya sebenernya 400an, cuma dapat diskon komunitas.
jd inget dulu ambil SX4 bekas general check dan repair macem-macem lumayan include servis oli2 banyak cm abis 4jt...

relatif lbh ga kejem ongkos jasanya... cm klo generasi SX4 grand vitara swift lama itu yg ngehe harga partnya... rata-rata msh made in nippong...
Suzuki memang relatif ngga tinggi sih biaya servis nya. Cuma part2 SX4, swift, dan vitara itu seringkali inden ya, terutama slow moving parts
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bangrosi »

pengendiesel wrote:
bangrosi wrote: Wed Jul 08, 2020 18:42
VNT TRD ganti bisa2 10jt total semuanya kebetulan saya pernah minta estimasi, kalo harga parts kita gk bisa bilang mahal karena beli di dealer ada garansinya, tapi utk jasa bongkar pasang emang lumayan mahal.
Eh, 10jeti bukan 9 ya? Ane juga minta estimasinya, tapi udah puyeng duluan di tengah2 dengerin penjelasannya, jadi mungkin kurang fokus dengerinnya :big_biglaugh:
Shockbreaker sebiji di kisaran 2jeti, emang mobil resing nih :big_weee:

Yang belakang gap harganya sama tipe g jauh banget. Punya tipe g sebijinya gak nyampe 400rebu

Garansi shock beres berapa lama om?
Shock depan belakang sekitar 8jt an hampir 10jt kurang dikit sama ongkos pasang, gk jadi pasang lihat harganya aja dah pusing. Shock TRD emang spesial pendek keras gk enak menang stabil aja,rencana mungkin cari diluaran atau di rekondisi aja sayang per TRD kalo di pasang shock biasa vnt tipe G.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

pengendiesel wrote: Thu Jul 09, 2020 0:18
bangrosi wrote: Wed Jul 08, 2020 18:42
VNT TRD ganti bisa2 10jt total semuanya kebetulan saya pernah minta estimasi, kalo harga parts kita gk bisa bilang mahal karena beli di dealer ada garansinya, tapi utk jasa bongkar pasang emang lumayan mahal.
Eh, 10jeti bukan 9 ya? Ane juga minta estimasinya, tapi udah puyeng duluan di tengah2 dengerin penjelasannya, jadi mungkin kurang fokus dengerinnya :big_biglaugh:
Shockbreaker sebiji di kisaran 2jeti, emang mobil resing nih :big_weee:

Yang belakang gap harganya sama tipe g jauh banget. Punya tipe g sebijinya gak nyampe 400rebu

Garansi shock beres berapa lama om?
Lebih edan lg kaya shocknya crv re om, sebiji di beres 3.5 . Kalo kayaba excel g 2.6. Di toko shock tokped yg sering dibilang om josomba ga nyampe angka segitu dah dpt bilstein item sepasang, entah itu bs pnp ato ngakalin dikit wkwkwk
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

bangrosi wrote: Thu Jul 09, 2020 7:53 Shock depan belakang sekitar 8jt an hampir 10jt kurang dikit sama ongkos pasang, gk jadi pasang lihat harganya aja dah pusing. Shock TRD emang spesial pendek keras gk enak menang stabil aja,rencana mungkin cari diluaran atau di rekondisi aja sayang per TRD kalo di pasang shock biasa vnt tipe G.
ganti ke shock OME aja om ..... segituan juga harganya. saya pake di anf puas ga limbung.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Thu Jul 09, 2020 9:14 Lebih edan lg kaya shocknya crv re om, sebiji di beres 3.5 . Kalo kayaba excel g 2.6. Di toko shock tokped yg sering dibilang om josomba ga nyampe angka segitu dah dpt bilstein item sepasang, entah itu bs pnp ato ngakalin dikit wkwkwk
kalau kaya kaki2 si menurut saya ke spesialis adalah terbaik, apalagi yg level emang terpercaya dan legendaris, ada aja cara mereka biar konsumen ada alternatif lebih murah. pokoknya terima jadi murah saja, mau pake part defesek juga sebodo yg penting kepasang jadi normal :mky_02: mirip kaya AC, alternator, radiator, ban, spooring balancing. berapa jago beres, tetep di luaran bisa ada yg lebih oke dengan harga yg lebih ekonomis, biasanya.

yg sulit oper kerjaan ke luaran ga jauh2 dari urusan mesin dan steering. karena mobil zaman now tambah rumit, dikit2 scanner, juga memang sumber daya jelas unggul beres. apalagi steering rack, kadalin sana sini, besok2 juga balik ke beres lagi.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

kunaskun wrote: Thu Jul 09, 2020 13:25
erwinign wrote: Thu Jul 09, 2020 9:14 Lebih edan lg kaya shocknya crv re om, sebiji di beres 3.5 . Kalo kayaba excel g 2.6. Di toko shock tokped yg sering dibilang om josomba ga nyampe angka segitu dah dpt bilstein item sepasang, entah itu bs pnp ato ngakalin dikit wkwkwk
kalau kaya kaki2 si menurut saya ke spesialis adalah terbaik, apalagi yg level emang terpercaya dan legendaris, ada aja cara mereka biar konsumen ada alternatif lebih murah. pokoknya terima jadi murah saja, mau pake part defesek juga sebodo yg penting kepasang jadi normal :mky_02: mirip kaya AC, alternator, radiator, ban, spooring balancing. berapa jago beres, tetep di luaran bisa ada yg lebih oke dengan harga yg lebih ekonomis, biasanya.

yg sulit oper kerjaan ke luaran ga jauh2 dari urusan mesin dan steering. karena mobil zaman now tambah rumit, dikit2 scanner, juga memang sumber daya jelas unggul beres. apalagi steering rack, kadalin sana sini, besok2 juga balik ke beres lagi.
Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak

Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.

Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine :big_slap:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1569
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by lemonadelovers »

kunaskun wrote: Thu Jul 09, 2020 13:25
erwinign wrote: Thu Jul 09, 2020 9:14 Lebih edan lg kaya shocknya crv re om, sebiji di beres 3.5 . Kalo kayaba excel g 2.6. Di toko shock tokped yg sering dibilang om josomba ga nyampe angka segitu dah dpt bilstein item sepasang, entah itu bs pnp ato ngakalin dikit wkwkwk
kalau kaya kaki2 si menurut saya ke spesialis adalah terbaik, apalagi yg level emang terpercaya dan legendaris, ada aja cara mereka biar konsumen ada alternatif lebih murah. pokoknya terima jadi murah saja, mau pake part defesek juga sebodo yg penting kepasang jadi normal :mky_02: mirip kaya AC, alternator, radiator, ban, spooring balancing. berapa jago beres, tetep di luaran bisa ada yg lebih oke dengan harga yg lebih ekonomis, biasanya.

yg sulit oper kerjaan ke luaran ga jauh2 dari urusan mesin dan steering. karena mobil zaman now tambah rumit, dikit2 scanner, juga memang sumber daya jelas unggul beres. apalagi steering rack, kadalin sana sini, besok2 juga balik ke beres lagi.
Yes bengkel spesialis emang paling bener karena menguasai satu skill untuk satu case saja sedangkan beres harus mengikuti FSM, lbh oke klo dpt FSM dan kasih parameternya ke bengkel spesialis.
Soal part kebanyakan memang saling silang aja dan bengkel spesialis tau itu jd bisa dipilihin yg paling murah atau grade kualitasnya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak

Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.

Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine :big_slap:
merek jerman kalo di kota besar enak apalagi dki specialist bejibun... sampe VW audi aja ada specialistnya.

sbenernya merk jerman kalo mau niat DIY dan nyari service manual sendiri itu will save a lot of time and money... gw diceritain seorang pengguna E46 disini.

ini bedanya pendekatan jerman dan jepang... mechanical design ala jerman itu cenderung rumit, kadang buat replace part sebiji aja bisa bongkar satu unit utuh. ini yang bikin maintenance dan repair nya mahal...

jepang mechanical designnya mikirin gimana mobilnya bisa dibenerin tanpa harus ngeluarin effort terlalu banyak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7