
Libur 3 hari kemarin, berawal dari niat untuk mengajak anak dan istri jalan-jalan ke sebuah mall di kota Solo. Ternyata ada acara launching New Agya di mall tersebut. Sekalianlah disempatkan untuk melihat-lihat dan coba membandingkan “rasanya” dengan agya pre-facelift, karena kebetulan saya punya unit yang pre-facelift.
Di acara ini unit yang ada hanya Agya G 1.0 M/T dan Agya G 1.2 A/T. Kesan pertama yang didapat adalah, mobil ini hanya mengganti bumper depan dan belakang saja. Jika dilihat langsung, wajah New Agya G ini lebih enak dilihat daripada New Agya TRD. Tidak ada garis penghubung antara grill dengan foglamp, jadi terlihat lebih mature. Sedangkan tipe TRD malah jadi terlihat seperti joker, apalagi dipadukan dengan warna kuning yang baru. New Agya G 1.0 ini sudah mempunyai Headlamp proyektor, foglamp, tetapi tidak ada LED DRL. Garis yang seperti DRL di bawah headlamp ternyata hanya lampu senja.

*Gambar diambil dari otodriver.com
Waktu mencoba duduk di kursi driver, demmmm....kursinya lebih empuk dan lebih tebal dari kursi yang lama. Kenapa ga dari dulu pakai kursi yang ini TAM???

Beralih ke dashboard, kualitas dan layout masih sama dengan agya lama. Plastik yang ditekan masih “mleyot-mleyot”. HU berubah dari yang lama, dengan finishing black piano dan sudah ada logo telponnya, berarti sudah bisa bluethoot ya. Tetapi HU masih kalah sama New Ayla yang pasang HU Touchscreen, sedangkan New Agya masih double din biasa. Setir masih pakai model lama, belum bisa tilt steering sekalipun. Tuas transmisi waktu digerakkan lebih empuk dari Agya lama, terasa lebih solid dan ga oblak.

Lalu dari segi peredaman, karet balon sudah dipasang dikedua sisi pintu sehingga bunyi pintu waktu ditutup “bleeb”, bukan “braak” lagi. Waktu body samping ditekan, terasa lebih tebal dibandingkan yang lama. Kalau salesnya bilang sih, udah ada side impact beam di semua type. Dan memang pintu terasa lebih berat ketika dibuka maupun ditutup.
Pindah ke mesin, kap mesin masih belum di cat. Namun hal lain yang paling terlihat adalah bentuk intake yang sama dengan calya/sigra, jadi ruang mesin terkesan lebih penuh, ga kosongan seperti model lama. Salesnya sih bilang kalau mesin ini sekarang sudah VVT-i. Lalu throttle body sekarang sudah drive by wire, bukan throttle body dengan kawat tarik. Nice lah. Dan untuk tipe G baik 1.0 atau 1.2 belum ada ABS, karena ABS hanya ada di tipe TRD.

Dan yang paling buat penasaran adalah, apakah engine mounting New Agya sama dengan yang lama?

*EM agya pre-facelift

*EM New Agya
Jika dilihat dari modelnya, memang terlihat sama dan masih menggunakan Engine Mounting karet. Tetapi jika dilihat dari bentuk karet, New Agya mengalami sedikit perubahan dari agya lama dengan adanya gerigi-gerigi di bagian samping. Tapi karena tidak sempat tes menyalakan mesin atau tes jalan, jadi belum bisa merasakan bagaimana getaran mesin atau bunyi2an yang biasanya terdengar waktu akselerasi dari berhenti.
Kesimpulannya, cukup membuat pemilik agya pre-facelift lama seperti saya pengen tukar dengan New Agya. Tapi saya kira, sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa ditingkatkan dengan rentan harga yang sudah mencapai 140 jt seperti Headrest adjustable, pengaturan jok, dll.
Sekian dan terima kasih. Mohon maaf jika gambar berantakan
