HONDA CITY GM2

Sebelumnya mohon maaf jika foto2 agak gelap krn hanya ini best parking spot yg bisa nubie dpt sebelum mall penuh.
Ok let's begin..
Sedikit sejarah diawal peluncuran unit ini di bangkok 2008 silam sempat mengejutkan para calon usernya dgn model yg berubah drastis, design yg berani saat itu dimana pesaing utamanya vios hanya facelift minor honda merombak total city menjadi sesuatu yg berbeda yg mereka sebut "Arrow Shot" form

Design ini betul2 bisa membuat love at 1st impression, namun saat banderol harga muncul harga city baru ini pindah jauh dan sempat menimbulkan kontroversi di forum2 honda lokal & global yg rata2 gatot memprediksi harga GM2 tdk berbeda jauh dr GD8 [emoji851] & imbas fatal di sini pemakainya semakin jarang.
Still di india,malaysia & thailand GM2 termasuk sukses & berhasil menambah pundi2 $$$ honda, dan nampaknya masih berlanjut di generasi selanjutnya.
Balik ke review
EXTERIOR
Model GM2 ini memang jauh berbeda di banding GE8 dan perbandingan GD3-GD8 tidak berlaku bagi GM2/GE8, design GM2 yg diklaim designer honda membuat aerodinamis yg lbh baik saat high speed cruising membuat para user berpikir ini unit yg garang u/ dipacu...err ada benar & salahnya...akan nubie jelaskan dibawah.

Tampak depan
Ini subjektif, tp nubie love it [emoji7][emoji8]
Grille yg gagah minim krom sekilas mengingatkan nubie akan ironman / gundam, lampu sipit galak yg pd akhirnya nubie upgrade dgn HID u/ melengkapi ditambah fog lamp krn versi aslinya diluar ada tp kena sunat [emoji418]️[emoji35]
Tampak samping...jika lihat tengah ke depan ok, lekukan yg manis & tajam tapi saat ke belakang koq nungging amat??
Yahh setidaknya ditebus dgn luas bagasi yg amat memadai.
Velg bawaan 16" type Y spoke yg simple sebagai sepatu matching dgn design body, jika di upgrade sah2 saja tp standard yg dikasih ini rasanya sudah cukup, sayang ban serep temporary
Rem full cakram Depan Blkg, sesuatu yg hilang di generasi city jazz berikutnya[emoji92]
Ada satu hal yg sempat mengganjal nubie waktu pertama yaitu spion, koq rasanya aneh? Ternyata setelah bawa baru sadar spion bentuk ini luas & membantu sekali melihat samping bawah mobil.
Ruang mesin - no pics, sorry but please percaya deh...berantakan... abis ....hanya dikasih pelapis di belakang hood no engine cover yaaa kita hrs pasrah dimana kakaknya GM2 ( civic FC ) yg saat ini harganya hampir 1/2 M saja senasib ruang mesinnya [emoji38]
INTERIOR

Kesan pertama masuk mobil ini gelap... full black interior memang enak buat memberi kesan sporty & tdk cepat ( keliatan ) kotor, material plastik ... keras dimana2, softpad yg tersedia hanya di konsol tengah itupun minim, namun setidaknya plastik doortrim & dashboard ini tebal & no rattle, unit yg nubie gunakan ini dipinang saat km43xxx, setahun pemakaian saat ini di 73xxx & still no rattle mengingat tekstur jalan di indo yg mulusnya kelewatan ini benar2 sesuatu yg tdk nubie duga [emoji1305]
Kesan kedua luas, memang dibanding city seblmnya dgn panjang 4390 wheel base 2450, di GM2 melar jadi 4420 - 2550, bahkan diluar sana krn penambahan ukuran ini city naik ke segmen compact car yg memang berimbas pd luas interior.
AC kompor gas 3 putaran, diganti dgn tombol aftermarket lumayan menghibur mata & diri sendiri, Speaker bawaan surprisingly good enough ditambah HU kenwood yg punya kustomisasi audio lumayan banyak bisa meredam suara ban yg selalu masuk [emoji37] tambah audio control di steering lumayan u/ terima telp.juga ganti2 channel radio & lagu, nubie sempat lihat di situs2 luar ternyata ini bawaan standard di type menengah, ohh sunatan terjadi lagi disini rupanya..[emoji35][emoji418]️[emoji35][emoji418]️[emoji35]
Akomodasi... ini yg salah satu nubie suka, total ada 7 cupholder glovebox kompartemen kecil dibawah AC armrest slot kecil dibawah AC samping driver plus laci kecil, banyak tempat u/ petak umpet sembunyi barang [emoji41]
Jok empuk & tebal pant@t kampung nubie betah duduk berlama2 namun posisi duduk sedikit tinggi u/ ukuran sedan tapi masih tenggelam koq buktinya jangan harap bisa lihat kap mesin dr posisi duduk, sempat di bahas di trit sebelah ternyata krn tangki bensin yg dibawah kursi driver, u/ driving position pas banget no complaint here stir yg bisa tilt & telescopic sangat membantu mendapatkan posisi mengemudi yg nyaman u/ jarak jauh.
Posisi duduk belakang.

Luasnya baris depan masih bersambung di jok belakang, dengan setelan posisi jok u/ nubie yg 170cm duduk dibelakang pun nubie bisa silang kaki & masih cukup luasnya, paha bisa tersangga full & legroom u/ posisi duduk normal sangat lebih dr cukup.

Oya jok blkg bisa reclining, cukup rebah ditambah ada sandaran kepala yg bisa diatur pernah bawa saudara 2 org di blkg dr lembang ke Bdg & mereka bisa tidur nyenyak, di tengah tersedia arm rest dgn 2 cup holder, posisi arm rest tengah cukup ketinggiannya, kolong jok belakang kosong bisa u/ payung, sepatu dkk no ultra seat juga kena sunatan lagi plastik pembatasnya [emoji418]️[emoji35][emoji418]️[emoji35][emoji418]️[emoji35]
akses ke bagasi jg bisa via jok belakang syaratnya kursi hrs baring total [emoji29] yup jok bisa lipat 60-40, tp sayang tidak rata lantai.
FUEL CONSUMPTION & MAINTENANCE
U/ konsumsi BBM konstant di 100kmh bisa tembus 1:17an dalkot paling parah di 1:8,6 rute kombinasi harian di 9.5an, pernah isi premium...argghh...pertamax...better, much better... P.turbo... bisa idle lebih halus drpd pertamax start awal sedikit lebih baik, tp koq rasanya overkill ya??[emoji860]
Perawatan mobil ini standard, diatas standard malah krn reliability yg bagus,
Tercatat perawatan rutin tune up, ganti oli & filter, filter udara, sekali kuras oli AT wkt awal pemakaian & ganti setelah 20rb, ganti kampas rem & wiper [emoji848].....that's it!! [emoji1]
Jajan termahal justru di kaca mobil, saat inspeksi awal beli lolos ketauan pas mo pasang KF depan ternyata kaca pernah dipoles & polesan yg buruk membuat efek kulit jeruk di kaca yg amat mengganggu terutama di saat hujan, jadi ganti kaca depan + pasang kaca film...jajan yg cukup buat membeli sebuah iPad baru [emoji24]
DRIVING IMPRESSION
Mesin yg digunakan i-VTEC L15A7 118 Hp torsi 145Nm yg di gadang2 sama dgn freed mobilio dkk.. transmisi AT torque converter 5-speed -- hijrah sesaat dari CVT--plus paddle shift, dikawal dgn ABS EBD BA & 2 airbag one word to describe the feeling :
GOOD...... as long as you're driving calmly ( [emoji31]+[emoji15]+[emoji16]=[emoji854] )
Fun to drive?
Yep steering masih cukup baik menerima input kita, gambaran yg paling tepat GE8, nah seperti itulah rasanya steering di GM2, transmisi, main di D biasa saja, u/ mendapat hasil yg lebih baik ada di paddle shift agak disayangkan respons paddle shift..ada jeda sepersekian detik, sedikit tp seharusnya bisa lebih baik, ujung2nya ini bukan DSG jd apa mo dikata gak disunat aja udah untung [emoji777][emoji418]️[emoji777]
turn radius juga ternyata bagus dgn wheelbase sepanjang ini, sebagai pembanding vios jadul nubie & di tempat u-turn yg sama si GM2 ini radius putarnya tidak kalah[emoji1303][emoji1303]
Kencang?
By default...yes....and no...
Yes : akselerasi bagus, nembus dari 60 ke 170kmh masih gampang, mesin ini rev happy koq senang & gampang sekali naik mendekati redline asal tega aja dengar raungan mesinnya yg somehow beda banget ma D15 series [emoji4]
No : jangan pernah adu start memakai GM2 krn bakal bikin esmosi apalagi jika pembandingnya GE8 dijamin kalah start, selisih berat 100kg diantara mereka keliatan jelas disini, ditambah kecurigaan nubie setelan gear ratio GM2 punya peranan di sektor ini [emoji849]
Bodyroll?
Minim, pernah coba 60kmh ditikungan patah 90 derajat di kota baru parahyangan terasa bodyroll sedikit, jika speed sudah tembus diatas 160kmh baru mulai terasa bodyroll mobil ini, secara kaki2 mobil ini lebih lembut bantingannya di banding jazz.
So IMO pemakaian mobil ini lebih u/ cruising santai, jalan di 120kmh rpm masih di 2500 jd cukup jalan normal2 saja, jika ingin performa maksimal perlu utak utik "sedikit" di sektor mesin, header, piggyback, turbo dkk [emoji50]
u/ mengimbangi design Arrow shot yg td nubie sebut diatas jika perlu swap dg R18 china version...ya hanya di china city diperlengkapi mesin 1800cc R18 140hp [emoji35][emoji35][emoji35]
So... conclusion.....
Apakah pantas sbg daily car?
Yes, model yg gak pasaran, spacy cabin, akomodasi wahid,FC so so with good reliability : bisa banget.
Value for money?
Yes lagi, dengan harga 2nd GM2 yg sdh kena depresiasi cukup jauh saat ini, yg perlu diperhatikan adalah ketersediaan unit yg terbatas krn memang jarang ketemu kembaran dijalan, jd perlu sabar & extra teliti saat hunting, satu lagi pajak GM2 ini memang "kurang ajar" hanya karena tambahan bagasi naik jauh dibanding sepupunya [emoji127]
Jadi sleeper car?
Agak kurang mendukung krn tampangnya galak, u/ sleeper IMO sebaiknya yg tampang malu2 tapi galak di ranj...[emoji1380]
Errr dijalan...
Performance car?
No, ambil kakaknya lebih memuaskan tua2 kelapa lho ( FD2 )
some people see resemblance between city & civic, but at the end of the day it's still a city... not a civic, so enjoy it as it's meant to be.
Sekian dulu review nubie mohon maaf jika ada typo, kesalahan2, dosa2, dkk
sampai jumpa & may God's peace & joy be with you all always [emoji1317]
Sent from my iPhone using Tapatalk