Anu, kebetulan mesin mobil oe juga sama 1NZ-FE.
Oe juga beberapa kali utak atik sendiri..
Mungkin boleh di coba, geber terus naik turun sampai asap putih hilang dari sendalpot, tapi posisi selang yg ke TB di copot ya, selang air filter juga di lepas. Jadi posisi TB hisap udara bebas.. Pastikan lingkungan sekitar saat melakukan proses ini cukup bersih dari debu & polusi udara lain..
Kalau sudah, rakit lagi seperti semula.
Lalu, karena tanggung udah buka air filter, sekalian semprot MAF sensor pake contact cleaner.
Trus rakit ulang sambil copot negatif accu, biarin 10 menit, sambil nunggu contact cleaner kering.
Setelah itu rakit semua kembali ke posisi semula, start engine, tanpa perlu di pancing injak gas ya..
Nanti RPM akan idling terlalu rendah, bahkan bisa sampai mati.
Kalau mati, start lagi. Kalau ga mati, matiin.
Ulangi proses tadi sampai 3x, nanti baru normal & bisa di pakai jalan.
Kenapa 3x ? Entah..
Di ECU oe selalu seperti itu kalau habis ritual bersih2 ruang bakar, terutama kalau copot MAF + negatif accu..
Kalau belum 3x start - stop engine, idling tidak wajar..
Oe pernah coba "lawan" ECU, dalam 1x start, oe langsung pakai jalan..
Setelah beberapa menit jalan, pedal gas tiba2 kosong, rpm turun terus, lalu mesin mati, di barengi lampu Check Engine nyala..
Lalu oe selesaikan ritual 2x start - stop engine sisanya.. Dan semuanya berjalan normal...
Hanya berbagi sesama 1NZ-FE..
