

=====


Mobil ini keluarga ane beli dulu 2014 pertengahan. Hasil jual RAV4 yang harus direlakan dijual karna lagi ngalemin bangkrut, tapi masih butuh 2 mobil untuk dipake bersamaan sama orang2 rumah (dulu cuma ada camry & rav4)... Jadi setelah melalui perhitungan sana sini tersisalah 30jt an buat beli mobil yg apa adanya dan dipake sampe akhirnya bisa beli yg lebih bagus lagi lain waktu. Pertamanya udah nyari2 mobil yg istilahnya 'beater car' yg walaupun kondisinya apa adanya yg penting lancar dipake. Kyk ford laser, hyundai accent, katana, dsb... Tapi beberapa hari setelah nyari2 mobil kaya gitu, ada temen bokap yg butuh jual cepet mobilnya. Dan akhirnya tanpa pikir panjang diangkutlah mobil ini dengan harga 35jt (walaupun pasarannya 20jt an doang)...
Kenapa segitu? Mobil ini baru kelar proses restorasi yg makan sekitar 50jt an mulai dari body kaki2 mesin semua direhab dgn parts original, sampe pas akhirnya dijual jd pindah ke tangan ane mobil ini sudah 100% tanpa PR dan semuanya berfungsi dgn sempurna tanpa satupun cacat cukup dengan beli 35jt.


*kalo lagi nyetir ini, ane suka setel kaset ini dan album2 lainnya dr toto, sesuatu dr tahun 80an yg ane sebagai generasi 90an suka bgt semua albumnya


Sedikit flashback, mobil ini diluncurkan tahun 1984 (ane lahir 14 tahun kemudian

Sampe akhirnya baru pas 1986 mobil ini direfresh jadi Corolla SE, yang improvement di kosmetik & mesinnya jauh bgt (8 valve jadi 12 valve, tenaga naik banyak, lebih irit). Barulah di SE ini problem2 yg sebelomnya ada di GL hilang...
Dan di 1988 mobil ini hilang, digantiin sama corolla twincam yg jauuuuuuuuuh lebih advanced daripada si SE baik dari segi desain, mesin, teknologi, semua2 pokoknya.


Yukk masuk ke desain. GL ini tuh desainnya 80an banget! Pokoknya ga ada unsur2 70/90an didalemnya deh, semuanya serba retro yg mencerminkan bahwa ini adalah barang buatan era 80an. Semuanya serba kotak mulai dari bumper grill lampu2 kaca pintu apapun you name it lah


Model mobil ini kalo dibanding DX, jauh lebih sleeeeeek (dalam arti 80an). Ngga ada otot2an, semuanya serba kotak simpel. Jujur aja, ane lebih seneng liat DX karna liat mobil ini rasanya ngantuk. Bosenin banget semua garisnya rata, ga ada yang ngesanin mobil ini 'beda' sama mobil2 lain di jamannya...


Seengganya kalo difoto kaya gini, bikin orang ketuker sama Corolla AE86nya tukang tahu di initial D...



Tampak sampingnya juga kotak2 simpel banget, tanpa ada aksen/garis yang aneh2. Velg aslinya ukuran 13 inch kaleng, tapi karna velgnya bulukan diganti deh sama 1 set velg Jazz RS dicat gunmetal yg sekarang bersarang di city ane. (sebenernya cinta bgt sama velg kaleng aslinya, tp mau gimana lagi sementara adanya velg jazz rs waktu itu, jd yaudah aja pake ini dulu


Untuk bagian belakangnya, sama aja kaya bagian2 lain yg serba flat kotak simpel dan tidak berkarakter

Secara keseluruhan, di sisi desain malah buat ane jauh lebih berkarakter DX. Mobil ini bosenin banget walaupun kesan retronya kuat, tapi lack of character tersendiri... Subjektif sih, tapi begitulah menurut ane

Yang jelas kalo dijejer sama citycar2 yg ada di masa skrg ini, keliatan banget GL kalo dibenchmark in ke mobil2 skrg kategorinya adalah citycar nya sedan. Sama kecilnya sama mereka sih, ukurannya cuma panjang 4.1 meter dan lebar 1.6 meter, dan wheelbasenya cuma 2.4 meter aja DAN beratnya sekitar 800-900kg gitu.

==============

Masuk ke interior. Kembali lagi mobil ini meneriakkan kata2 "80s!" di dalamnya. Tapi, 80s yg dijumpain disini bukan yang aristokrat mewah berdekorasi macem2 kaya cressida, crown, datsun 910, atau malah mercy tiger. Tapi yg ada disini adalah desain untuk kaum proletar...

Kondisi interior mobil ini masih utuh bersih dan asik banget, baunya juga wangi (abis disalon

Nuansa interiornya berwarna abu2 kombinasi gelap dan terang (yang berubah di SE jadi warna coklat). Pemilihan warna kaya gini simpel dan ga neko2 sih, tapi somehow buat ane kok maroon/coklat ala 80an lebih melekat di hati ya haha... Modelnya sendiri serba kotak2, dengan peletakan2 instrumen yang sama sekali ga ada masalah untuk menjangkaunya.
Nah, poin plus mobil tua selalu berada di bahan yg digunakan. Bahkan di mobil corolla yg dulunya harganya standar2 aja, udah pake bahan soft touch di bagian dashboardnya. Doortrim juga pake bahan empuk dengan campuran beludru. Kualitas plastiknya semuanya masih bagus & baik bgt lah tanpa cacat dan bahannya tebel2, sesuatu yg ga akan pernah kita temuin di mobil 100 jutaan jaman sekarang ketika udah seusia mobil ini kelak....



Ruang kemudi mobil ini luaaaaaas, cocok buat kaki ala' bule kayak ane yg kepanjangan dengan tinggi 185cm masih wenak bangets (mungkin karna mobil ini juga diperuntukin buat ke seluruh dunia termasuk US). Posisi nyetirnya lumayan rebah ala sedan, ngga duduk kaya hatchback. Segala kontrol mudah dijangkau & dimengerti posisinya, tapi memang sederhana alias ga ada fitur macem2 yg ngebantu pengendara, cukup gas rem kopling steer tuas transmisi sen wiper dan... gulungan window by power.

Soal visibilitas, jangan ditanya. Pengemudi pemula bakal seneng banget banget banget baaaanget sama mobil ini karna kacanya yg kotak gede2, pillarnya tipis2, dan semua ujung2 keliatan sampe bahkan ujungnya bagasi keliatan dengan jelas (mobil hari gini apa coba yg bisa ngeliat ujung bagasi dengan jelas 100%).


Duduk di belakang, mulai deh kerasa ini mobil kecil buatan tahun 80an. Dengan posisi seat depan yg normal buat orang duduk aja, legroomnya udah cuma sisa kaya di gambar doang. Buat orang 160cm an ngepas aja tapi masih bisa diakomodir. Tapi buat ane kaki mau ga mau harus nempel jok & rada ngangkat dari lantai, alias lutut bertumpu ama jok depan

Dan berhubung mobil ini juga ga lebar, untuk jejer 3 orang di jok belakang kok rasanya berat (dan mobil ini ga ada seatbelt di jok belakang...
Poin plus soal ergonomi ada di headroom, yang cukup lega (thanks to atap kotak)...
Dan bahan joknya ane suka, walaupun masih kerasa bgt kelas mobil proletar (bukan yg kain mewah kayak di corona/cressida), tapi nyaman. Bahannya kuat loh setelah 30 tahunan tetep ga ada sobek, terus juga karna udah dilaundry pelapisnya jd rapih lagi kaya baru

Di dalem kabin ini ngga ada fitur sama sekali deh kayanya, jangan ngarep yg model fitur kalo mundur ada suara mbak2 kaya di mazda 626, speedo digital kaya di cressida, atau bahkan kulkas kaya di crown... bahkan window aja masih by power tangan sendiri & spion juga sama nasibnya. Paling fitur yg standar ada di sini :

AC dan tape.

Bayangin aja suara ini :

SMers yg punya ini dirumah pasti tau suaranya kaya gimana. Persis deh pokoknya 99% sama compo phillips ini, bedanya dipasang di mobil.



Bersih ya

Kesimpulannya, walaupun ga ada yg spesial tapi sebagai pengemudi ane ga ada yg mau dikeluhin sih berlama2 didalem mobil ini juga, masih nyaman. Paling kalo jd penumpang belakang agak kesel sama spacenya yg masih lebih lega baris ketiga innova baru kali

============

Open the hood, and you will see this :

Mesin 2A 1300cc karburator 8 valve. Tenaganya pas pasan aja dengan 65hp di 6000rpm dan 98Nm yang udah keluar di rpm 3800 aja (ane yakin mobil ini masih sesuai di segitu outputnya karna udah turun mesin dan ganti semua parts2 jd baru, intinya udah indah bgt lah mesinnya). Tenaganya mirip agya yg 1000cc aja kalo secara spec ...

Transmisi mobil ini untungnya udah 5 speed. Coba masih 4, meraung2 deh...
Yang males dari mobil ini aslinya radiatornya cuma 1 ply, yaudah aja deh pas macet kalo lama pasti jarum temperatur langsung pengen mendaki ke posisi H. Tapi yg ini udah diganti sih radiatornya jd 2 ply, jd macet2 amann...

Kalo dites jalan, pengemudi manual yg masih pemula pasti bingung sama mobil ini. Pertama start, koplingnya aneh karna rada dalem dan ga seringan mobil2 sekarang (jujur aja buat ane abis kebiasaan bawa mobil ini, bawa mobil2 manual lainnya jadi gampang banget, mungkin emang kalo pengemudi pemula baiknya belajar pake mobil tua yah sebenernya instead of brio/agya

Terus juga ga bisa langsung jalan dari dingin karna biasalah karbu, harus dipanasin dulu. Yg ga pernah megang mobil kaya gini pasti kagok pas pagi2 start kok abis distarter trs digas malah mati

Respons gasnya cukup ringan dan tentunya ala mobil jaman dulu, digas langsung loncat tanpa ada delay. Ane suka yg kaya begini, mesinnya jd berasa kencenggg

Dipake di dalam kota, kerasa enaknya corolla GL ini. Torsi yang udah muncul dari rpm 3800 aja dan dipadu berat yg cuma 800kg an, bikin mobil jd cepet bgt melaju di puteran rendah. Gearnya termasuk nggak yg panjang sih rationya, jadi agak sedikit pendek range antar giginya. Di dalem kota masih berani lah diadu sama mobil2 citycar baru kaya agya karimun dkk mah. Sama jazz/city/brio/vios gitu mah udah ga berani lagi, udah jelas diasepin mobil ini...

Nah kalo puteran atasnya, agak kurang (wajarlah mobil toyota jadul yg ngejer efisiensi). Tenaga atas tuh baru enak di seri yg Corolla SE (12 valve 2E engine), ngisi bgt diatas 100 juga. Mobil ini kurang kalo dibandingin SE mah

Suara mesinnya sendiri, ngga ada yang spesial, tapi ngga terasa bahwa mobil ini ngga mampu buat dipake di jaman sekarang. Masih kerasa fresh lah didengernya, terus juga getarannya standar aja, pas masih panas sih bergetar sedikit tapi pas udah panas mah haluuuuuus. Suara mesin pas dibawa mobilnya tentu masuk ke dalem, tapi ngga sampe taraf mengganggu. Di toll juga suara mesinnya masih anteng ga bikin puyeng.
Soal handling, nah ini dia nih yg terasa lumayan spesial dibanding mobil2 jaman sekarang. Tau rasanya bawa gokart? Nah itulah rasa ngebawa mobil ini. Beratnya yang ringan banget, bentuknya yang sedan, mesinnya yang snappy di putaran bawah, DAN steernya yg no power steering alias steering by power (sumpah pake velg 16 inch nyiksa banget parkir paralel yg banyak belok2 pake mobil ini, kalo pake 13 inch bawaannya mah relatif ga berasa

Steernya kerasa banget feedback dari jalanan alias sangat natural, terus juga akurat no speeleng2an, dan buat dipake selap selip belok tuh kerasa lincaaaaaaah banget. Buat dipake dalem kota suka senyum2 juga pake mobil ini, asik dibanding brio2an yang kaya bawa mobil mainan. Nah pake GL ini berasa banget bahwa ini adalah sebuah mobil yg bener2 pure dikontrol sama pengemudinya, tapi asik ngga ngebebanin bawanya

Dipake speed tinggi? Duh ane ga pernah, takut juga abisnya udah tua walaupun sehat tapi sayang aja rasanya... Paling maksimal 100 di toll dalam kota/jorr gitu, dan ya masih kaya mobil jaman sekarang. Ngga ada yang aneh2, jalan aja terus stabil dengan tenaga yg masih lumayan lah dan suara2 yg masih masuk batas normal di kuping. Ga kaya bawa 100 di kijang kotak yg rasanya...bikin budeg kuping

Rem nya cakram di depan dan tromol di belakang, sudah dilengkapi booster juga. Rasa ngeremnya kaya bawa agya, tapi mobil ini remnya lebih halus jadi enak ga nyentak2. Soal rem ga ada keluhan sama sekali lah

Bicara soal kenyamanan, biar SMers pada gampang ngira2nya, kira2 sama kaya vios/limo yg 2007-2011 gitu deh (pasti pada pernah naik taxi ini kan

Duduk lama di jok depan, ngga bikin pegel. Tapi jok belakang kalo udah diatas 1 jam rasanya udah ga nyaman lagi somehow, walaupun keempukannya lumayan. Posisi nyetir nyaman2 aja walaupun ngga ada cerita tilt/telescopic steering. Paling kalo macet kakinya sedikit pegel karna koplingnya ngga seringan citycar jaman sekarang, yaaaa sedikit berat tp ga segimana berat gitu itungannya.
Satu yang bikin bete dari poin kenyamanan : kekedapannya. Standarnya, mobil ini ngga ada peredam sama sekali. Dan karet2 pintunya juga masih karet mati (bukan balon) kaya datsun GO batch yg awal2 dulu. Suara tutup pintu sama merdunya sama suara ngebanting kaleng, dan pas di jalan suara motor sampe suara mesin motor matic yg halus itu pun MASUK SEMUA. Itu buat kuping ane gerah bgt, tapi berhubung ga ada duit buat pasang peredam tambahan jd dibiarin aja

Untuk konsumsi bensinnya, cukup premium aja. Terus juga dalkotan jakarta gitu dapet 1:10, da dasar mobil irit dari barunya juga (untuk mobil karbu jaman purba tanpa teknologi efisiensi ini itu, 1:10an irit banget loh). Tol sekitar 1:13 lah kira, ngga akan nembus 1:20 karna mobil kaya gini ngga dirancang untuk berputar rendah mesinnya di speed tinggi...

Apalagi ya... Terakhir deh, soal perawatannya.
Selama 2 tahun miara, karna pas awal mobil diangkut sama sekali ga ada PR, jadi ngga keluar macem2 buat mobil ini. Dasar corolla cap tangguhnya melekat dari tahun dulu ampe sekarang juga, selama dipake woro2 di jakarta mobil ini relatif jarang bermasalah. Pernah masalah tuh cuma sekali aja, overheat di depan smak 1 penabur jkt gara2 selang radiator ada yg getas. Ini mungkin karna mobil keseringan dijemur tiap hari jadi sebenernya cuma masalah sepele aja

Senengnya, mobil ini selalu bisa start kapanpun. Walaupun udah tua tapi tetep peace of mind makenya juga, bravo Toyota!

===========
Sampai juga di bagian kesimpulan. Untuk sedan kecil setua ini, ane rasa di jamannya mobil ini cukup all round lah performanya. Mungkin ngga mewah, juga ngga kenceng, dan ngga segimana bagus, tapi semua poin2nya udah cukup buat dikategorikan worth buat dibeli di jamannya. Dibanding kompetitornya si civic wonder yg tukang overheat (ibu ane pernah punya ini baru, dan dari baru juga udah sering kepanasan mesinnya) dan interiornya buruk rupa dengan bahan full plastic & model dashboard ngga keru2an, rasanya mendingan corolla GL bangeeeet.
Cuma mungkin kalo dibandingin nissan sunny segenerasi (ane pernah coba bawa yg built up), ENAKAN SUNNY JAUH KEMANA2 mulai dari tenaga, kenyamanan, sampe rasa ngebawanya. Nyamaaan banget padahal kondisinya bagusan GL ane

Dan di atas ane bilang mobil ini worth untuk dibeli di jamannya, BUKAN UNTUK JAMAN SEKARANG. Kenapa?
Karna GL ini ga ada poin2 spesialnya buat dibeli sekarang, kecuali anda emang udah ngebet banget atau punya pengalaman sentimentil/historis sama mobil ini dan pengen beli lagi. Mobil ini termasuk all-rounder di segala sisi dan karena itu jd ngga punya rasa spesial untuk dipakai di tahun anda membaca review ini.
Jauh lebih bijaksana beli cressida, atau eropa2 tua kyk 960/740 nya volvo atau E30 nya BMW atau apapun mobil2 lainnya yang kelasnya lebih tinggi dari mobil ini di zamannya masing2 tapi harganya sama. Mobil ini sudah tua, dan kalo ngga dapet yg kondisinya sangat bagus kyk yg ane ini, bakal sama2 ngegerogotin kantong dan tenaga buat ngeberesinnya. Daripada anda repot2 ngeberesin dan ngeluarin duit buat ngebetulin mobil yang sebenernya nggak worth2 banget kemampuannya untuk anda rasain di jaman sekarang ini, mendingan sekalian betulin mobil BAGUS yang mewah di jamannya jd uang yg dikeluarin ga sia2 buat ngebenerinnya dan ketika udah jadi, mobil akan terasa sangaaaaaat nikmat untuk anda kendarai.

========
Thanks for reading, semoga menyenangkan untuk dibaca
