![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Berikut sedikit cerita kenapa menyempatkan nyicipin sedan2 bmw lama start dari e30 318i m40 M/T ; e34 530i m60 M/T; e34 520i M/T dan terakhir e36 318i m40 A/T (sisa ini doangan)

Awalnya saya dan bokap dengan dana sangat terbatas, kemampuan babeh sedikit DIY dan keinginan kuat untuk memelihara

Bermula dari gonta ganti mobil gak karuan di kisaran under 50jt mulai dari jimny 4x4, suzuki eleny 2 pintu, toyota twincam, chevrolet apaan tau lupa namanya..

Lalu ingat2 saat saya TK/SD dahulu kan kan bokap sales BMW, sempat menjadi sales BMW 3 besar se Asia Tenggara katanya malah hahaa.. (masa kecil indah2nya naik era e30/e34/e36 brand new).. lalu ya namanya ada kalanya hidup ini naik turun.. skip skip skip.. malah katanya bokap sempet punya BMW 2002 dan dia kaget sekarang denger harganya.


Mulai cari2 maenan roda 4.
Huntingnya lah e30 318i m40 tp budget terbatas dgn bayangan sisain duit untuk rapih2 maklum mobil beda tipis sama saya umurnya

Dapatlah barang kondisi 70% di harga saat itu 27jtan
Wuihh cat kusem bener, keropos di beberapa tempat..

Poto pas baru ngangkat


Sebelumnya hunting velg OEM karena pas dapet velg gak jelas gitu deh.. dapet di harga 3jutaan plus ban bekas
Poles dan ampas tipis berharap cat mulus lagi... yahhh lumayaaan cat kinclong lagi.. lumayaaan hahaa
Poto pas moles2



Setelah enak diliat bawa ke montir langganan babeh cek tune up standar ganti oli, ganti busi bla bla bla..
Bisalah enak di bawa jalan.. ya gak malu2in amatan hahaa
Kira2 hampir 1 tahun e30 menemani coba2 iseng jual.. dan laku akhirnya.. (belum cinta2 amat sama e30 sempit rasanyaaa)
Interior lumayan orisinil lah




Lanjut..
Setelah e30 m40 dijual ada yang nawarin si bokap e34 m60 530i V8 M/T !!!





Yes Manual .. bukan Matic kaya kebanyakan..
Menarik sekali..
Awal-awal tangki bensin kosong langsung isi pertamax fulltank.. kalau gak salah 800ribuan gitu deh.. trus kan lagi asyik excited mobil menyenangkan gas trus ini itu eh 3 hari habis aja gitu bensinnya (80 liter lebih perasaan)
sempet seneng masuk tol.. saya cuma berani sampe 240kpj itu tp suer gak berasa.. kaya lagi lari 80kpj aja gitu..
enaknya karena manual itu lho..
lagi jalan enak2 80-100kpj.. tiba2 aja gitu turunin persneling dan gaspol.. memang karakter gak bejat2 amat gak jambak2 amat tapi rasa torsi dan powernya melimpah bingiiiiiit

yang jambak cuma konsumsi bensinnya aja..
dalam kota full kejebak macet total saya rekor 1 banding 3km aja
kalo macet normal ya 1 banding 4-5 aja gituh..
kalau di tol jalan lancar ya 1 banding 6-7 aja gitu.. dengan catatan kaki sangat sekolah..

suatu saat harus punya lagi nih mobil.. manual tentunya

Sedikit merangkum.. saya pakai 530i ini tidak terlalu lama hanya hampir 1 tahunan karena jujur berat di konsumsi bensin untuk bolak balik kantor dengan jalur macet parah.. namun paling tidak pernah merasakan dahsyatnya 3000cc V8 Manual hihii..





Karena ada temen kebetulan pake e34 m50 520i M/T warna sama.. kami berdua deal tukar dengan printilan seperti Kap Mesin, Spion, Gril lebar ala 530i tetap saya pakai..
Pada saat mutilasi

Jadi foto2 dibawah saya lupa mana yg 530i mana yang 520i karena penampakan luar sama haha..







Saat sedikit jalan sama sesama jenis


Cukup lama saya memakai e34 520i ini juga untuk harian ngantor walau berat..
Intinya untuk e34 ini gak aneh2 cuma knalpot agak ngeplong, per potong dikiiit doang karena uda enak banget mau diapain juga..
oh ya yg lucu waktu twincam pake subwoofer 12" 2 biji setengah budeg.. taro di bagasi e34.. kaya pake speaker tweeter aja gitu suaranya gak masuk hahaa..
Yang menarik dari e34 adalah foto di bawah ini (foto di atas babe tahun 1989/1990 di samping e34 NOS dan di bawah foto tahun 2014/2015 saat e34 sudah berusia 25 tahun) dan masih gagah perkasa.. dan lalu saya BU dan akhirnya dijual deh hikss hikss hikss

Saya berhasil mengutip foto babe saat touring bmw baru saat dia kebetulan dia membawa e34 m20 520i..
Kata dia sih dulu mobil baru ngetesnya di hajar keluar kota..
bmw e36 318i m40 A/T
Ini adalah type bmw 90an yang saya idam2kan dari dulu.. yaitu e36..




setelah e30 m40, e34 m50 dan e34 m60 (yang semuanya MT), akhirnya kesampaian miara e36 walau cm m40 dan AT tahun 1992 (green on green gegara interior uda di bikin ijo sama owner sebelumnya)..
Hunting mobil ini agak repot karena budget yang terbatas.. akhirnya setelah liat beberapa kandidat termasuk sedan jepangan 90an dengan berani memutuskan meminang si hijau ini..
Pas baru ngangkat

First impression exterior untuk body lumayan bisa dibilang 90an persen kaleng (no dempul) walau sepertinya sudah repaint.. baret2 halus wajar namanya mobil tua.. velg cocok untuk seri ini 15" dengan ban masih layak pakai (tapi kegedan 205/65-15).. pelan2 niat ganti ban atau kalau ada rejeki cari velg oem lain yg ring 16 atau 17..
First impression interior.. jok kulit mbtek sudah ada sedikit pecah2 namun masih kencang2, doortrim juga masih kencang2.. electric mirror mati masih akan dicek nantinya.. power window hmmm cuma kanan depan yang nyala.. alhasil pr pertama di foto di bawah saat benerin power window semua pintu kecuali driver

Cluster masih nyala semua, indikator masih fungsi semua baik adanya.. lampu ngaca di sunvisor, lampu kabin belakang, lampu laci, lampu kap mesin, lampu bagasi masih on semua iyess..
AC iyes panas alias gerah (plus kaca film depan gak ada makin nyosh)..
Berikut foto beberes AC, benerin switch2 yang kotor, isi freon dan lain lain..

First impression engine.. karena sebelumnya pernah miara e30 m40 jd gak terlalu kaget.. ini masih halus lah.. nah transmisi otomatisnya yang sejujurnya saya agak2 ragu karena mesin masih 1800 i4.. iyak betul agak boyo atau bisa dibilang ya boyo.. tp saya saat ini gak cari power (penghiburan diri) hehe..
Matic masih lumayan halus.. dipadu mesin juga (belum tune up).. berangkat ke pom bensin pertamina isi pertalitr full tank (maaf kantong cekak)..
Tes jalan macet2an full AC kira2 3 jam dan temperatur aman.. ini utama buat saya klo mau hajar jakarta..
Esokannya harinya tes tol dan lari 100-120 masih enak masih anteb.. belom berani lebih karena belum tune up dan tol agak ramai..
Konsumsi bensin so so belum ngukur banget2..
Bagi saya ini lebih enak jauh dari e30 di dalam karena bagi saya e30 sangat sempit.. tapi masih di bawah e34 (iya pasti karena seri 5 dibanding seri 3)
Tapi entah memang dari line bmw 90an saya paling suka e36 ini dari segi interior.. entah why..
Hasil jalan2 dirasa kaki kanan depan agak gluduk2.. next pr..
Pelan2 yang dirasa agak kurang akan pelan2 di perbaiki sedia kala demi kenyamanan bersama..
Mungkin sekian dulu.. pelan2 update
Terima kasih dan salam semuanya.. mampir atug trit e30 dan e34 saya hehe
Cuci cuci
Udah lama gak mandi dimandiin dulu deh biar kata mendung





Dashboard
3 dashboard driver orinted bmw 90an yg pernah saya miliki.. masih ada pr e38 dan e39 namun sepertinya berat hehee


Body samping standar fitment (nyaman)

Setir original

Instrument

Air Conditioning dan tape non original

Saya rasa sekian sedikit cerita saya dan 4 jenis BMW yang pernah saya dan bokap utak utik bareng berdua..
Lalu saya keenakan main vespa lama sampe habis juga vespanya jadi ada niatan cari e30 atau e34 lagi yang bener2 bisa dibangun sampe puas..
Sabar ya beh.. pelan2 cari uang dikit2.. hehee.. namanya cari uang segitu juga berat. Yang penting disyukuri dan dinikmati..
Mohon maaf kalau ada salah kata dan yang tidak berkenan..
