Pertama2 kenapa saya pakai bimantara cakra ini kenapa bukan yang ini itu atau yg ono..
Saya ceritanya resign dari kantor lama (jadi mirage GLS A/T operasional 4 tahunan harus dikembalikan ke kantor), lalu beralih pakai avanza GNV 1.3 M/T.
Lalu beberapa bulan lalu saya hunting e36 untuk kendaraan hobby aja (dapet e36 m40 318i A/T 1993). Tersimpan manis masih..
Lalu singkat cerita dapet kantor baru lokasi di bekasi (saya saat ini domisili cengkareng), jauh nian.. mobil operasional masih nanti kira2 5-6 bulan ke depan..
Alhasil naik lah GNV, pp kurleb 110-120km/hari tergantung rute menghindari macet.. berangkat kurleb 1,5jam.. pulang kurleb 2,5jam perjalanan..
Full to full GNV rute tersebut mencapai 1:12,5 kombinasi..
Lalu setelah beberapa saat berpikir untuk kayaknya harus cari rumah di bekasi nih..
GNV pun dijual (asumsi dana untuk DP rumah)..
Lalu mobil sisa e36 nih.. hmmm pikir keras bakal bensing nih.. tol aja uda hampir 60rb pp/hari..
Mulai hunting mobil budget maksimal 30jt dengan kriteria pertama matic, tidak terlalu boros, tidak terlalu tua, tidak terlalu kuno.. (daripada beli nmax mending roda 4 sekalian via tol)
Dengan catatan mobil ini hanya akan dipakai kurleb 6 bulan lalu dijual (nunggu mobil kantor dan krn gak mau nyiksa si e36)
Kacau.. pilihan mengerucut dan agak2 keluar dari kriteria...
Mulai liat2 timor (manual semua) mundur..
Mulai liat2 interlay ah entah knp kurang suka
Mulai liat2 civic lx/granci ah suka tp ketuaan sempet coba beberapa
Mulai liat2 charade winner - sempet dapet tahun 92 1300cc 4 silinder bawa pulang badan geter semua dan mogok.. lgs minta kembalikan.. berasa bgt mobil tuanya (mungkin dapet yg kurang terawat)
Mulai liat2 nissan genesis ah gak suka
Mulai liat2 bimantara cakra/hyundai accent
Disini awalnya.. range 97an sampe 2000an dgn range harga 25jt sampe 40jt..
Ada beberapa kandidat dan nekat kemana2 liat mbl naik uber/grab/gojek spy klo cocok bisa lgs bawa.. 1-2 hari gagal gak ada yg cocom tekor ongkos hahaa..
Kemudian dapet lah yg agak sreg..
Saya mikir ini mobil harus bisa disiksa perhari 110-130km jarak tempuhnya..
Bungkus dengan harga 27jt dengan segala konsekuensinya.
Bremmm ok berangkat pulang dengan bensin tiris.. pikiran sekalian deh kosongin dan isi pertamax full pertama x dan nantinya cukup pertalite..
Sampe pom bensin full tank... lalu gak bisa stater.. iyes jajan pertama.. panggil shop n drive.. accu koit.. lgs jajan 870rb ganti accu.. karena matic jadi ini wajib pertama dilakukan..
Trus baru sadar kunci2 di pintu macet semua.. ke tukang pintu lah beres2 minta 400 atau 500rb gt.. trus mampir pasang kaca film biasa aja sama ganti karet wiper (penting ujan mulu euy) ...gak mau terlalu modalin karena mikir ini mobil cuma akan sebentar saya pakai..
Sempet pasangin sub tabung murah2 aja untuk nemenin di perjanan yg gelok siak jauhnya..
Esokan hari ke bengkel spesialis hyundai untuk cek dan ganti oli sesuai rujukan 10w/40 dan kata owner sebelumnya belum lama ganti oli matic ok gak usa ganti..
Setelah tune up ringan dan ganti oli kata montir ini mesin dan matic sehat kering dan kuat dan bandel.. ok nilai plus nih.. dan ac dingin yesss wajib di jakarta..
Okay mulai penyiksaan..
Rute sehari dipake jalan kurleb 120km dengan waktu tempuh mencapai 4 jam gabungan kadang lebih kalau macet total..
Hasil full to full mencapai 1 banding 9,3km kombinasi macet lancar menggunakan pertalite.. cukup lah bagi saya..
Plus dari unit saya adalah
-mesin masih enak saya bawa lari 140 masih enak di tol.. oh ya per uda ganti pny apa gak tau jd agak ceper.. tp bukan potong jd bantingan masih manusiawi..
-matic masih sangat enak.. cenderung lebih enak dr e36 saya.. buat mobil tahun 97 sih masih enak bgt maticnya..
-ac dingin
-boros irit relatif
-suspensi nyaman.. masih independent semua kaki2nya klo gak salah
Minus dari unit saya adalah
-kaki2 agak bunyi belum sempet ngecek
-kabin sempit
-jok gak begitu nyaman uda kempes dikit busa driver
Sisanya masih batas toleransi mengingat ini harga under 30jt
Yang bisa disiksa dan masih cukup nyaman dibandingkan saya naik motor atau mobil lain di range harga segini..
Lagipula bentukan gak kuno2 bgt.. masih mbulet2..
Kesimpulan saya adalah buat driver2 motor yang butuh kendaraan roda 4 dan ternyata bisa disiksa dan masih kategori nyaman (kemaren bawa bonyok gak protes, biasanya nyokap klo saya bawa mobil tua protes ini itu)
Mungkin untuk sebatas kebutuhan mengangkut orang tanpa kehujanan tanpa kepanasan atau sekedar kendaraan weekend bawa keluarga kecil keluar kota masih sangat rekomendasi mengingat harga yg murah..
Saya akui memang baru pakai hampir 2 bulan dengan odometer ya kira saya tempuh hampir 9ribuan tp saya gak menemukan kendala berarti.. malah klo di tol lancar saya menikmati sekali (walau masih lebih menikmati e36 saya sih hehe)..
Mungkin sekian dari saya sedikit cerita saya.. kalau ada yang tidak berkenan mohon dimaafkan.. pengguna cakra/accent mungkin bisa saling share soalnya sepi sih dmn2..
Bila ada2 rasa lain atau ada yang kurang akan saya update..
Salam..
Si mbulet tua2 keladi


