2 tak mo dihapuskan???bener ga?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

akun
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 19, 2005 7:45

2 tak mo dihapuskan???bener ga?

Post by akun »

heiii....ktanya 2 tak mo diilangin emang btul ya...
waduh repot donk???dah keburu beli nech... :evil:
apa bener gak sich....ato isu doank???
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

saya sih berharap sejak tahun 1997....makanya dulu masuk shogun dan crypton.......
pemerintah sudah merencanakanya dari dulu cuma yah namanya di indonesia produsen bisa tarik ulur sama pemerintah.......jadi entah kapan pelaksanaanya....saya rasa anda masih aman lah sementara ini........

yang paling pahit saudara saya beli RX king 2005...waktu beli si dealer semangat abis...pas uda kebeli saudara saya baru tau adanya berita ini....konfirm ke dealer mo membatalkan pembelian di tolak....dia juga ternyata tahu ada isu itu...wah bener2 dia merasa tertipu....berita terakhir dia sengaja gak bayar cicilan jadi motornya disita dealer....yah rugi 2 jutaan lah...

saya pribadi berharap 2 tak cepat dihapus dari jakarta....
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

bro jangan percaya 2 tak mau dihapus enggak lagi.... lihat noh kawasaki makin gencar aja ngeluarin ninja 2 tak nya tanpa mengurangi produksi.

yang bener adalah segala kendaraan bermotor haruslah memenuhi standar emisi gas buang, nah yg nggak standar nih biasanya di motor 2tak tapi jangan salah 2tak yg gas buangnya memenuhi starndard juga banyak. Jangankan 2tak, 4tak sekalipun klo' nggak emisi gas buangnya parah juga dilarang beroperasi. dulu khan pernah tuh di bunderan HI test emisi gas buang.

semoga membantu...
2tak never dies
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya kalo ninja yg pake catalityc converter trus pemiliknya jangan merubah setelan oli dan olinya pake oli supermahal smokeless plus pertamax Plus sih mendingan........rasanya seperti berada di belakang motor 4 tak tuh...........
tapi gw ga yakin semua pemilik ninja bisa begitu.....ingat kondisi BBM pertamina lagi gak jelas gak ada jaminan kita pake bensin berkualitas sama setiap hari, ini akan menambah masalah di catalitic converter yg menuntut kualias BBM bagus,ingat kasus penjualan vios dan city di awal2 yg bikin surat perjanjian bahwa kalo mesin rusak karena salah beli BBM produsen tidak bertanggung jawab? ini sangat terkait dengan cataliltyc converternya...

lagian kalo anda bilang 2 tak never dies coba pikirkan gimana ngatasi asap 2 tak para tk ojeg,tk pasar,kurir dan semacamnya?.....


*dukung penghapusan 2 tak dari dunia*
*maaf menurut gw produsen yg masih menyodorkan produksi 2 taknya adalah pembodohan masyarakat karena di negara2 maju 2 tak sudah lama dihapus*
User avatar
royke
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Mon May 09, 2005 10:22

Post by royke »

berarti MotoGP 125cc harus dihapus juga dong...
kan 2 tak :P :P

Nggak usah kuatir sama RX King . Saya pernah baca di bengkel Yamaha , ditempel selebaran gede, yang isinya bahwa isu penghapusan 2 tak itu tidak berlaku untuk RX King... :e-clap: :e-clap:
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

haha..hari gini masih omongin beginian? haha.bro...2 tak itu tidak akan dihapus, sayangku....manisku..cintaku....yg ada, motor keluaran terbaru, dari 'produsen' sudah harus memproduksi yg sudah low emision. yg ada mah, isu kalo pemakai 2 tak kudu bayar biaya ijin pemakaian (KIR)...itu juga belom dibahas total. So, kalo masih bicarain penghapusan mesin 2 tak, kayaknya basi deh..mending bicarain gimana caranya biar motor situ ga ngebul...pakailah selalu smokeless oil...hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

*dukung penghapusan 2 tak dari dunia*
wow..berapi2 sekali....lebih baik hapus terorisme dari dunia....ketimbang menghapus teknologi....
*maaf menurut gw produsen yg masih menyodorkan produksi 2 taknya adalah pembodohan masyarakat karena di negara2 maju 2 tak sudah lama dihapus*

bro..yg bener nih..masak di negara2 maju 2 tak sudah dihapus? :))))) kate sape?
kata bro royke, motogp 125 masih diselenggarakan tuh...hehe....
Just Call Me Nichol !!!
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

seeeeee... yang dukung 2 tak banyak sekali om moderat.... gw aja pernah nyesel pake' 4tak, tp sekrang masih pake' 4tak hahahahah....

udah tarikan kenceng dibejek kyak gimana mesin juga kgak jebol, ganti olinya lama banget
again..... 2strokeneverdies
Schrauber
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Feb 15, 2005 11:16

Post by Schrauber »

Di jerman motor 2 tak ngak dihapuskan....... sering g liat malah.... tapi itu skooter.....
G tanya temen g yang orang jerman.... dia bilang motor 2 tak ( yang cc nya gede... kalo skooter ngak ) kena PAJAKnya gede lebih gede dari 4 tak... jadi orang sana lebih prefer 4 tak.... tapi motor 2 tak tidak dihapuskan. G pernah ngeliat cagiva 2 tak dijalan malah.
KALO DI NEGARA LAIN NGAK TAU.......
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

seeeee......

again..... 2strokeneverdies
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

yap! dengan sangat menyesal di indo penghapusan 2 tak mungkin sangat lamaaaaaaa sekali.........makanya Rx king S****n itu akan tetap di produksi pake embel2 memenuhi syarat euro II

==bro..yg bener nih..masak di negara2 maju 2 tak sudah dihapus? )))) kate sape?
kata bro royke, motogp 125 masih diselenggarakan tuh...hehe...==

jawab:walah...gak liat motoGP amerika kemaren gak ada 250 dan 125? pasti anda tidur yah?....diganti supersport 600CC tuh

==wow..berapi2 sekali....lebih baik hapus terorisme dari dunia....ketimbang menghapus teknologi....==

jawab: gw setiap hari pulang dan pergi kerja merasa diteror oleh asap motor 2 tak dimana2.....tersiksa bow!!,di setiap sedotan nafas gw!, kalo gw punya mobil bagus ber AC dingin gw gak akan senewen sama 2 tak sampe kaya gini...gw kenal mesin 2 tak tahun 1985 pada pelajaran sekolah, saat itu gw uda mulai merasa mesin ini menebar teror.......para pejabat negara ini dengan mudah menunda/membatalkan penghapusan 2 tak karena mereka tiap hari naik mobil nyaman...gak pernah merasakan mukanya disembur asap 2 tak....

==Di jerman motor 2 tak ngak dihapuskan....... sering g liat malah.... tapi itu skooter.....
G tanya temen g yang orang jerman.... dia bilang motor 2 tak ( yang cc nya gede... kalo skooter ngak ) kena PAJAKnya gede lebih gede dari 4 tak... jadi orang sana lebih prefer 4 tak.... tapi motor 2 tak tidak dihapuskan. G pernah ngeliat cagiva 2 tak dijalan malah.
KALO DI NEGARA LAIN NGAK TAU.......==

jawab :ini cara ciamik jerman menghapus 2 tak.....haluuus banget......


==gimana caranya biar motor situ ga ngebul...pakailah selalu smokeless oil...hehe...==

mas situ pasti mampu beli oli smokeless, dan saya yakin jalan dibelakang anda pasti gak ngebul..TAPI.....tk ojeg ato tukang pasar hanya mampu beli mesrania 2 T biasa......makanya saya perhatikan Tk ojeg yg pintar pada saat sudah mampu ambil kredit motor baru pasti ambil 4 tak...supra jupiter..vega....

yg jelas cobalah cari2 di internet soal kebijakan ini di amerika dan eropa......
di afrika dan asia sih pemakaian motor teroris asap ini masih sangat tinggi terutama indonesia
oh ya saya lihat di malaysia ( Kuala lumpur dan Puchong selangor )motor 2 tak disana lebih parah asapnya karena orang sana malas merawat motor TAPI populasi motor disana sangat sedikit jadi udara saya rasakan jauh lebih segar daripada jabotabek

==seeeee......

again..... 2strokeneverdies==

yg jelas berbahagialah kalian para 2 tak ers.....berdukalah bagi saya..................dan pecinta lingkungan lainya..........
User avatar
valve
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50

Post by valve »

huahuahauhauh,, topik lama neeh,,
2 tak mau dihapus 2007, menurut saya2 tak bakal tetep ada, soalnya makin banyak 2tak yang lulus uji emisi EURO, kyk Kawasaki ninja RR yang pake superKIPS -correct me if i'm wrong- (saya ampir nulis emiji :lol: :lol: )

Uji Emisi juga diberlakukan terhadap 4tak juga katanya, dan emang bakal dihilangkan apabila motor 2tak/4tak mengeluarkan polusi yang banyak,, tetapi tentu saja 2 tak yang biasanya ngasih polusi polusi..

TETAPIIIII!!! :e-naughty: :e-naughty: saya bilang uji emisi yang akan dilakukan ini akan dipakai kesempatan untuk KORUPSI!! Nyoceng nyoceng, tinggal pake duit biar lolos, gampang kan!!

Mari kita berdoa agar hal ini tidak terjadi. AMIeenn
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

amiiinnn.....bagaimanapun, hidup ini ada yg baik dan buruk..sama kayak pisau..baik kalo digunakan orang yg punya maksud baik, seperti masak, motong tali, memotong daging sapi, dsb; tapi bisa jadi buruk kalo berada di tangan yg tidak tepat seperti tukang todong, perampok, dsb...sama kayak motor...motor 2 tak, kalo di tangan yg baik, akan jadi motor 'nature friendly'; kalo di tangan tukang ojek ato anak2 bego yg pake oli bajaj, ya bisa jadi musuh lingkungan..4 tak juga sama, kalo ditangan yg bener, ya ga masalah, tapi kalo ditangan orang tolol yg ga bisa rawat motor, bakal berpolusi juga tuh motor...siapa bilang emisi 4 tak lebih baik dari 2 tak? yg berbahaya itu carbon monoksida-nya, bukan asepnya...coba di-search deh di web...makanya telah direncanakan oleh pemerintah agar semua motor (4 dan 2 tak) untuk di-uji emisi...kalo bro2 sering diasepin ma motor 2 tak yg 'jorok', satu kata buat lu.."kasian deh lu"..hehehe.....kalo gue sih, lebih sering diasepin ma bus2 sia**n, ketimbang ma motor 2 tak....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

karbon monoksida yg dihasilkan motor 2 tak lebih banyak dari 4 tak pada CC yang sama karena pada CC yang sama pemakaian bahan bakar 2 tak lebih banyak karena siklus pembakaranya lebih sering ,nah itu baru hasil pembakaran bensinya saja, hasil pembakaran oli samping menghasilkan racun yang tak kalah berbahaya !!
pada tahun 1995 ada penelitian soal ini di kompas,nah waktu itu saya sempat di olok2 temen yg pake RX-king karena hasil tes tersebut menunjukan bahwa karbon monoksida Tiger paling tinggi dari semua motor lain baik 2 tak dan 4 tak bebek maupun sport, tapi jaman itu kan motor2 baru hanya tiger yg cc nya paling besar , ya terang aja lha....132cc lawan 200cc ....nah begitu saya tunjukan tabel test kadar2 lain selain karbon monoksida terutama hasil bakaran oli samping barulah keliatan total racun yg dihasilkan ke udara tetap lebih banyak Rx king.....baru deh temen saya tadi diem.........

intinya: emang racun yg ditakuti karbon monoksida doang??? asap bekas bakaran oli samping membuang racun yg lebih mengerikan ke udara....

sementara ini dipastikan amerika melarang 2 tak apakah amerika negara tolol? membuang teknologi 2 tak??..........

Asap pembakaran solar memang hitam tapi dia bersifat mengendap ke tanah jadi tidak berbahaya,

maaf mengulang dan mengulang lagi posting basi ini.....soalnya banyak temen2 baru disini yg belum mengerti......................

always CMIIW.....

btw bung nichol tolong dong alamat web nya.....thx.............
User avatar
Black&White
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
Location: Bandung

Post by Black&White »

eeemmmm....saya kan pke ninja...trus ninja saya saya kasih premium+octan booster...hasilnya asepnya ilang lho...wiiiihhh motor gw jadi bisa bersaing ma asep motor 4tak...hehehe.... :lol:
...(-_-)..zzZZZ
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

usaha yg bagus.......keep goin......

kalo bisa setelan oli samping tetap standar pabrik..jangarn diborosin yah..juga olinya yg jaminan smokeless.......
..ya kalo bisa smokeless perfumed selama kantong mampu, ya lebih baik..........

eh
eh.....
mohon informasinya dong buat yg uda pake ninja RR catalityc......catalityc converternya terhubung ke sistem pengapian/kelistrikan ( pake sensor ) kayak mobil ga?....kalo enggak mah percuma.....bakal dicopot sama pengguna awam yg gak perduli sama lingkungan buat nambah speed,ato memang ada proteksinya tapi namanya mekanik sini akalnya 1001 bisa juga deh diakalin.............akhirnya.......hiks..polusi again...........
User avatar
royke
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Mon May 09, 2005 10:22

Post by royke »

kalo bisa beli Ninja , tapi nggak bisa beli oli samping smokeless , perlu dipertanyakan Ninja-nya itu ....

Lain cerita kalo RX-King , walaupun harganya sekarang sudah hampir sama/setara dengan Honda MegaPro...

Intinya sih kalo mampu beli SuperSport 2 tak, masalah perawatan / oli samping / emisi gas buang harusnya nggak masalah...

Kecuali motornya ... (silahkan diisi sendiri , ada banyak kemungkinan) ... :lol: :lol: :P :P

Salam.
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

royke wrote: Intinya sih kalo mampu beli SuperSport 2 tak, masalah perawatan / oli samping / emisi gas buang harusnya nggak masalah...
Salam.
lha klo' duitnya habis dibuat beli ninja trus sisanya cuman cukup buat beli bensin hehehehehehe
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

wah bro yongis yg bengis.. :p (no heart feeling ya..) kalo alamat webnya ane mana inget..? mungkin kalo bro cari di google ketemu kali, ya sekitar 3-4 jem lha br ketemu :p yg pasti seinget gue, gue pernah dikirimin email yg menyadur dari web ini, disebutkan juga sumbernya..mungkin di portal2 berita seinget-ingetnya ane...dibahas juga, kalo sebenernya, bahaya utama dari gas buang kendaraan itu adalah CO yg berpadu juga dengan timbal..kalo asap, asal tidak mengandung kadar CO dan timbal diatas ambang kewajaran ya ga masalah...sebaliknya, kalo motor tanpa asap tetapi kadar CO nya banyak, juga berbahaya...analoginya cukup masuk akal..mana yg lebih berbahaya, asap bakaran sate ato kentut? kalo ane sih, lebih milih asep sate, harum n mengundang selera..haha....

saran gue: belilah motor 2 tak selama anda mampu merawatnya!!! jangan belagu deh beli 2 tak kalo cuma cukup gaji buat makan sehari....gak bisa ngerawat malah jadi bajaj beroda 2.....anak2 smp, sma yg belom bisa cari duit, masih bergantung ortu, mending beli motor 4 tak macam supra, ato pake sepeda juga boleh :p..kalo ortu borju, gak masalah deh....krn 2 tak yg minim perawatan memang berpotensial..

so, gue rasa ungkapan yg tepat adalah 2 tak bukanlah poluter, tapi 'berpotensi' jadi poluter...tergantung yg make...

buat ninja, gue salut nih motor 2 tak yg dr pabrikan memang ramah lingkungan..spec-nya telah dibuat lebih bersahabat, walau seri sebelum2nya juga boleh dibilang ramah lingkungan (maklum motor elit)...ga tau deh kalo knlpot catalytic-nya dicopot...itu mah orangnya aja yg dogol makenya..wong catalytic meningkatkan HP n membersihkan emisi, koq dicopot....palingan itu anak2 smp ato sma yg cuma eksyen doang n berpikiran 'terdidik' (tanda kutip lho)....

buat bro timtim, itu hanya terjadi buat mereka2 yg "maksa" belinya..maklum lha, modal duit sejeti dua jeti dah bisa bw pulang motor...kantong pas2an yg penting gaya...haha....makanya ane bilang, kalo motor 2 tak tuh cocoknya berada di tangan yg 'benar' krn perawatannya kudu ciamik...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

thx tambahanya bung nichol...oke banget......saya setuju ttg beberapa hal diatas.......
cuma koreksi dikit...catalitic converter tidak meningkatkan HP....karena dia berbentuk seperti sarang tawon yg padat justru menghambat gas buang, makanya pabrikan bener2 hati2 sekali dalam pengembanganya.........

saya sendiri masih menunggu & penasaran sekali sebenarnya kayak apa sih catalityc punya ninja?....kalo mobil ato moge sih uda pernah liat...cuma kalo punya motor 2 T kayak ninja bentuknya kayak apa ya?....apakah bisa dibersihkan misalnya.......maklum sebersih2 nya asap 2 t pasti deposit sisa pembakaranya lebih banyak dari 4 T.....
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

kalo dr yg gue terima infonya, catalytic pada rx-king generasi baru nanti diklaim meningkatkan HP lho...coba deh bung yong search...kayaknya sama deh kayak di ninja...kan catalytic mengoptimumkan pembakaran sisa...

kalo bentuk, ga banyak berubah, cuma katanya sih diameternya sedikit lebih besar beberapa cm...modelnya juga gak berubah banyak..sama dengan yg lama kayaknya..ninja lama juga bisa terapin knalpot baru tsb..king lama juga bisa terapin knalpot baru king-nya

soal harga, mungkin akan dilepas semurah2nya, mengingat cukup banyak pemakai setia kedua motor diatas, n pabrikan pasti akan mengusahakan agar pengguna setia tsb bisa mengaplikasikan knalpot baru ini tanpa kesulitan keuangan..malah gue denger pabrikan king bersedia tuker tambah knalpot lama dgn yg baru cukup nambah 500 rebu..tau deh bener gak..email gue ke yamaha dah 1 taon blom dibales

semoga semua produsen 2 tak bisa cukup peduli...sediakan alternatif macam knalpot bersih ini dengan harga terjangkau agar semua pemilik 2 tak boleh turut andil menjaga kebersihan udara

yg pasti, gue lebih setuju kalo pemerintah membuat aturan agar semua pemilik 2 tak nantinya harus pake knalpot baru catalytic ini, daripada melarang 2 tak jalan...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

hmm sangaat menarik.... ;)..........

thx banget infonya saya akan telusuri lebih jauh......
setio_dewo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03

Post by setio_dewo »

Motor Yamaha 2-tak om-ku nggak keluarin asap seperti motor 2-tak yg lain. Pokoknya motor 4-tak aja kalah deh. Udah gitu bensinnya irit banget. Isi 2 liter bisa 3 bulan. Itu kata Om-ku. Ternyata setelah diselidiki motornya nganggur di garasi. Pantas aja... :(