5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by vulvy8858 »

Kebosanan, atau bisa dikatakan kelelahan bekerja sembari kuliah membuat saya mereview kendaraan tua ini. Usianya sudah mulai tua, 5 tahun 4 bulan. Clocking 30.200 km. Waktu dibeli, harganya masih 19.5 juta, diskon 500 ribu. Sekarang maybe uda stop produksi, kalopun masi dijual, harganya kisaran 21-22 juta. Kemahalan? Yaaa.. menurut saya sih iya. Hehehehe.

Image

Honda Megapro berkode mesin GL15A1RR ini punya keturunan langsung, Honda Verza, dengan sunatan monosok, cakram belakang, spidometer digital, dan stabilizer setang serta beberapa ornamen2 body yang lebih sederhana. Sudah keluar NMP FI yang penampilannya lebih modern, dengan throttle body dan ECU yang mirip punya Verza, ada beda di noken as / camshaft setahu saya.
Yang saya review disini adalah keluaran pertama, bermesin 150cc, tanpa stripping aneh2, tanpa indiglow, tanpa throttle body dan tanpa ECU. Masih karburator dan CDI.

Dan semua mulai dari sini.
1. Overview
Seekor Honda Megapro 2011, motor khas bapak bapak dan kaum pekerja. Bukan motor yang stylish, bukan juga motor yang disukai kaum hawa, karena bukan Kawasaki Ninja maupun Honda CBR. Posisi duduk yang cukup buat badan besar saya, ga terlalu menekuk, ga terlalu merunduk, ga terlalu mendongak, dan jok yang nyaman dan empuk, sudah menemani saya selama beberapa tahun ini.

Image

2. Spesifikasi
Thanks buat om iwanbanaran, berikut spesifikasi NMP dari blog ybs.
Spesifikasi New Megapro 150
• Ukuran : 2.050 x 757 x 1.075 mm
• Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
• Jarak terendah ke tanah : 152 mm
• Berat kosong : 136 kg
• Tipe rangka : Pola Berlian (diamond steel)
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
• Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
• Ukuran ban belakang : 100/90 – 17 M/C 55P – Tubeless
• Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
• Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
• Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
• Volume langkah : 149,2 cc
• Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
• Daya Maksimum : 10,1 kW / 8.500 rpm
• Torsi Maksimum : 12,8 Nm / 6.500 rpm
• Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1 liter pada penggantian periodik
• Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
• Gigi Transmsi : 5 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
• Starter : Pedal & starter elektrik
• Aki : MF 12 V – 5 Ah
• Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
• Sistem Pengapian : DC – CDI

3. Posisi duduk – Kenyamanan - Handling
Yaaa.. khas Honda kesukaan babeh2, posisi duduk santai, sudut dengkul dan paha tepat buat saya, ga terlalu menjepit tangki dan ga terlalu mundur ke belakang. Rake setang juga pas, ga terlalu baplang, ga terlalu menukik ke dalam. Sempet pasang raiser setang, ga betah, balikin standard lagi.. posisi boncenger juga tidak terlalu menukik, landai, khas motor babeh babeh..

Karena posisi duduk khas babeh babeh plus sokbreker depan yang emang settingan empuk dari pabrikan plus sokbreker belakang adjustable yang bisa disetel keras lembutnya dan sementara ini saya selalu pakek ban yang medium compound / semi-soft, saya bilang motor ini nyaman dan empuk buat motor yang harga bekasnya ga lebih mahal dari Vario dan Supra di tahun yang sama. Buat jarak dibawah 150 km sekali jalan, motor ini masi sangat akomodatif. Buat selap selip di dalam kota juga enak digunakan, ga terlalu berat kayak bawa Ninja 250 / Tiger / Thunder yang wheelbase nya panjang, even belum selincah ViXion dan Ninja 2 tak atau RX-King.

Empuknya suspensi dan pelek yang ga terlalu lebar tentunya mempengaruhi handling di kecepatan tinggi. NMP kurang stabil saat dipacu diatas 80 kpj, diatas 100 kpj mulai berasa terbang, diatas 110 kpj uda berasa melayang, dan motor ini sangat amat teramat rendah hati, karena selalu mengangguk angguk saat direm mendadak. Pernah coba dikerasin sok depannya dengan penambahan oli shock, race bearing / komstir saya yang kalah karena ga terlalu kuat meredam benturan jalan hahahahaha. Rem cakram belakangnya pun tidak pakem pakem amat, dan saat cornering cepat, NMP sulit melawan kawan kawannya yang lebih muda dan bisa ditekuk lebih rebah.

4. Performa
Apa yang Anda harapkan dari seonggok motor babeh babeh? Hahahahaha. Ada yang bilang NMP sadis, NMP kencang, dsb. Kalau ente biasa bawa motor yang lebih modern, NMP akan terasa lambat. Suara mesin dan raungan knalpotnya memang sangat menggebu gebu, tapi pas lirik spido ga bakal jauh jauh dari 80-100 kpj hahahaha.

Motor ini overstroke, meski hampir square, dengan tenaga yang cukup nonjok di rentan 5500-8500 rpm, dibawah 5500 rpm berasa halus, kalo ga boleh dibilang lemot, diatas 8500 rpm, tinggal sisa sisa napas, kalo ga boleh dibilang ngempos. Bobot 136 kg dari motor ini ditopang oleh mesin dengan tenaga 13.6 HP / 8500 rpm dan torsi 12.8 Nm / 6500 rpm, berarti feeling saya bener kalo rentan tenaganya ada di sekitar putaran itu.

Top speed yang pernah saya capai, 124 kpj dengan ban dan gearset standard, 127 kpj dengan ban 80/80 dan gir belakang 41. On GPS ga jauh jauh dari kisaran 115-119 kpj.Cruising di 5000 rpm, standard ada di sekitar 60 kpj, sekarang di sekitar 63-64 kpj, lumayan ngiritin binsin pas lagi berkendara konstan.

Yang enak dari mesin jadul Honda adalah torsi yang besar, jadi ga terlalu ngempos pas lagi boncengan, dan daya tanjaknya juga cukup superior. Eventhough di jalan lurus, Vario 125 atau bahkan Yamaha Mio bisa dengan mudah melewati motor ini wkwkwkwkwk.

Konsumsi BBM: berkisar 1:25-30 dalam kota dan 1:38-43 untuk rute luar kota. Kombinasi dalkot-lurkot masih di kisaran 1:33-35. Boros? Yaa lumayan. Toh cukup Premium, dikasi Pertalite uda kesenengan doi, dikasi Pertamax malah minta diborosin setelan kerbunya wakakakakakak.

Oli: manual book versi AHM bilang suru pake 10w-30. Dealer resmi bilang pakek 20w-50, manual book Unicorn Dazzler versi India bilang pakek 15w-40. Well. Saya selalu pakek 20w-50 dari pertama kali ni motor sampe di rumah, uda coba semua merek mulai dari Federal, Motul, Repsol, Shell, sampe ke Mesran Super. Sempet beberapa kali pakek oli diesel macam Fastron Diesel, Meditran SX, Shell Rimula R4X, Mobil Delvac MX yang SAE nya 15w-40, lumayan enak, mesin jadi lebi adem, tapi kalo buat kehalusan dan adem ademan mesin, saya prefer SAE 40 Singlegrade the most, pake Meditran S. Murah, adem, halus, Cuma lemot bener aja wkwkwkwkwkwkwkwk.

5. Modifikasi
Ubahan yang pernah saya lakukan di NMP ini yaa ga jauh2 dari…
Box, Sidebag, Engine Guard, lampu, klakson, dan tempat minum.

Box pertama pake Givi E33 + Sidebag, ban standard saja IRC NF25 80/100 dan IRC NR25 100/90
Image

Image

Boks kedua, karena masa2 awal bekerja butuh space besar, dan sidebag saya sobek, terpasanglah Kappa K42. Karena waktu itu motor Cuma satu, dipake harian juga, turun ke jalan juga, ke luar kota juga, terpasanglah ban FDR Sport XR Soft Compound 120/70-17 di belakang, depan? Mizzle sajalah wkwkwkwkw

Image

Image

Dan inilah penampakan si Megi sekarang..
Box ketiga cukup pake GIVI E20, karena pake boks selebar Kappa K42 cukup merepotkan buat selap seliper kayak saya, ban juga dikecilin, depan 80/80 belakang 100/80 pakek Corsa Platinum R26, karena IRC Exato 90/80 dan 120/70 sebelumnya uda mulai getas, selain karena berat dan motor uda jarang digunakan. LED bar dilepas semua, enjin guard dilepas, foglamp lepas semua, HID dilepas, dan kembalikan semua ke standard. Oiya lupa ada tambahan Luxeon 10w buat ngedim truk dan bis malam kalok pas keluar kota wkwkwkwk.
Image

6. Verdict
Diperkenalkan tahun 2001 sebagai motor pekerja, kalo ga boleh saya bilang motor babeh babeh, sampe generasi terbarunya pun Megapro tetap motor babeh babeh, handling moderat, tenaga moderat, bensin ga irit-irit amat, tapi yang saya suka sekali dari motor ini adalah…
- Ga butuh bensin bagus
- Ga butuh oli bagus
- Sparepart fast moving murah meriah ngamprak dan sangat banyak substitusinya, asal jangan body part aja karena body part nya susah bener nyarinya wkwkwkwkwk
- Durability kelas badak, saya belom pernah ganti laher sampe 30rb km, komstir ganti setelah tahun kelima, kampas rem ya wajar lah, girset yang lembek kayak tempe uda saya ganti ketengan, gir depan standard, gir belakang 41 megapro lama, rantai Suzuki RGR, uda beberapa bulan kagak disetel setel aman aman aja wkwkwkwk, kampas kopling ganti di 30rb km dan sampe detik ini saya baru 4x turun karbu, di 1000km, 10rb km, 20rb km dan 28rb km. Aki baru ganti setelah tahun keempat. Benar benar motor yang awet.
- Aki bisa support sampe 6A dengan kiprok dan sepul standard, hampir 2x lipat aki bawaannya yang hanya 3.5 A.

Yaa demikian review saya atas besutan tua saya, beruntunglah yang menemukan motor yang sejenis dengan ini dalam kondisi bekas yang masih sehat dan terawat, karena setelah 5 tahun berjalan, harga bekasnya ga sampe ½ dari harga barunya dengan kenyamanan dan gaya serta image yang jauh lebih baik dari motor bebek dan matic pada umumnya.

Cheers.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by cursQ »

Nice long term review om.. buat kaki sih enak bener ni motor
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by Venturtle »

bagus motornya om.. btw, nice review..
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by nimoo »

Nice LTR om :big_exellent:

Yg saya suka suara knalpotnya ngebass2 gimana gitu wkwk

Ini motor Kalo di blog motor disebutnya mega shroud :big_slap:
Jeroan blm ada yg ganti om ?

Semoga makin banyak review & LTR roda 2
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by Pboyz97 »

Nice LTR & Nice motorcycle om
Motor ini memang cocok buat laki2, tampilannya sangar & lumayan gagah
Pernah naik punya temen sebagai penumpang, tenaga mesinnya lumayan gede & ga kewalahan kalo disuruh ngangkut 2/3 orang sekalipun , terus kalo perjalanan jauh, enak banget pasti nih motor hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by vulvy8858 »

cursQ wrote: Thu Jan 26, 2017 13:27 Nice long term review om.. buat kaki sih enak bener ni motor
emang nikmat om, sampe sampe saya bingung mau ganti motor apa :big_bored:

mau naik ke 250cc 2 silinder males bawanya berat dan parkirnya susah, 150cc yang baru2 rasanya ga jauh beda buat saya yang ga demen ngebut, big scoot kok susah selap selip wkwkwkwkwk
Venturtle wrote: Thu Jan 26, 2017 14:30 bagus motornya om.. btw, nice review..
haturan nuhun!!
nimoo wrote: Thu Jan 26, 2017 14:39 Nice LTR om :big_exellent:

Yg saya suka suara knalpotnya ngebass2 gimana gitu wkwk

Ini motor Kalo di blog motor disebutnya mega shroud :big_slap:
Jeroan blm ada yg ganti om ?

Semoga makin banyak review & LTR roda 2
jeroan masih sehat semua..

oiya slow moving part yang pernah diganti:
1. membran karbu / karet vakum di 25rb km. penyebab: uda pedot / ga bs mengembang dengan sempurna. penyebab: Premium
2. seal o-ring kaliper depan dan karet2 pegangan kaliper rem depan dan belakang. penyebab: jarang dipake jadi kotoran berkerak disana..
Pboyz97 wrote: Fri Jan 27, 2017 4:14 Nice LTR & Nice motorcycle om
Motor ini memang cocok buat laki2, tampilannya sangar & lumayan gagah
Pernah naik punya temen sebagai penumpang, tenaga mesinnya lumayan gede & ga kewalahan kalo disuruh ngangkut 2/3 orang sekalipun , terus kalo perjalanan jauh, enak banget pasti nih motor hehehe
enak om..
selama om sabar sama tenaganya yang gak besar hehehehe..
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by liep »

ane sempat pake beberapa thn, skitar th 2000an krn wkt itu ga mampu beli tiger, beli megapro deh, mesin jadul, bentuk tangkinya aneh, getaran besar tp tahan banting, merk honda klebihannya, pernah jatuh beberapa kali, tp tangki selalu ga pesok pas mengelinding macam rossi, sptnya krn tuas kemudinya yg super lebar, ga pernah mogok ato molor tarikan meskipun dipakai berjam2 ato di siang yg panas, krn batch awal jd blm ad double stater, engkol aj pake kaki

rossi pindah yamaha, megapro dijual trus beli lg vixion kluaran batch awal/pertama th 2008an yg lampu bulat dg sticker model kotak2 merah, di kota termasuk pembeli pertama, jd tiap brenti di stopan slalu jd perhatian
lebih irit dr mega pro dan lebih ga getar, cuma klo dipake rpm tinggi selama 1jam ato dipake macet ria disiang yg terik, lgs molor deh gasnya, kpanasan vixionnya hehe (pendinginan cair klo ga salah), sangking sayangnya sampe pesan plat khusus 6161 wkt itu, dijual pas btuh uang, agak nyesal skrg krn kemurahan+produk slanjutnya sdh ga lampu bulat

gbrnya comot di google, mirip tp masing2 beda sticker
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
victor777
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jan 30, 2016 6:16

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by victor777 »

Nice long term review oom :mky_02: kayanya nyaman abis nih kalo dipake jarak jauh :frm_salut:
Roda Dua Sampai Tua :e-whistle:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by NYoman »

Nice, akhirnya banyak juga keluar topik motor jadi kangen..

Btw, selama owning apa ada masalah berarti? Banyak pemilik megapro mengeluhkan seringnya ada bocor pada tangki bensin..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
blibagus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:19

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by blibagus »

Motor dinas d kantor nih.. paling nyaman posisi duduknya.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by michaelgiri93 »

nice review om
desain motornya cakep om
wah akhirnya bener2 mulai rame reviewer motor di sm :big_exellent:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: 5-years-ownership Review, Honda Megapro / Unicorn Dazzler 150cc

Post by vulvy8858 »

liep wrote: Fri Jan 27, 2017 9:48 ane sempat pake beberapa thn, skitar th 2000an krn wkt itu ga mampu beli tiger, beli megapro deh, mesin jadul, bentuk tangkinya aneh, getaran besar tp tahan banting, merk honda klebihannya, pernah jatuh beberapa kali, tp tangki selalu ga pesok pas mengelinding macam rossi, sptnya krn tuas kemudinya yg super lebar, ga pernah mogok ato molor tarikan meskipun dipakai berjam2 ato di siang yg panas, krn batch awal jd blm ad double stater, engkol aj pake kaki

rossi pindah yamaha, megapro dijual trus beli lg vixion kluaran batch awal/pertama th 2008an yg lampu bulat dg sticker model kotak2 merah, di kota termasuk pembeli pertama, jd tiap brenti di stopan slalu jd perhatian
lebih irit dr mega pro dan lebih ga getar, cuma klo dipake rpm tinggi selama 1jam ato dipake macet ria disiang yg terik, lgs molor deh gasnya, kpanasan vixionnya hehe (pendinginan cair klo ga salah), sangking sayangnya sampe pesan plat khusus 6161 wkt itu, dijual pas btuh uang, agak nyesal skrg krn kemurahan+produk slanjutnya sdh ga lampu bulat

gbrnya comot di google, mirip tp masing2 beda sticker
yang saya sangat heran dari NMP ini, suara gemeretak plastik khas Honda taun diatas 1990 ga gitu berasa, dan tangki NMP saya belom pernah bocor..

awalnya saya juga mau beli ViXion, om.. tapi karena.. badan saya yang super imut, pake ViXion kayak gajah naik sepeda wkwkwkwkwk :big_cry: :big_cry:
NYoman wrote: Sat Jan 28, 2017 9:07 Nice, akhirnya banyak juga keluar topik motor jadi kangen..

Btw, selama owning apa ada masalah berarti? Banyak pemilik megapro mengeluhkan seringnya ada bocor pada tangki bensin..
hmmm...
1. vakum karbu pedot / ga mengembang sempurna, mogok di Tangerang. akhirnya jalanin paksa sampe bengkel, ganti vakum karbu. untung barangnya ada dan harganya gak mahal mahal amat.

2. tengki yaa belom pernah bocor, om.. di kantor juga ada 1 unit NMP perang, KM uda ratusan ribu, uda berapa kali balik ke nol, padahal tahun 2012, belom bocor juga tengkinya...
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012