
Honda Megapro berkode mesin GL15A1RR ini punya keturunan langsung, Honda Verza, dengan sunatan monosok, cakram belakang, spidometer digital, dan stabilizer setang serta beberapa ornamen2 body yang lebih sederhana. Sudah keluar NMP FI yang penampilannya lebih modern, dengan throttle body dan ECU yang mirip punya Verza, ada beda di noken as / camshaft setahu saya.
Yang saya review disini adalah keluaran pertama, bermesin 150cc, tanpa stripping aneh2, tanpa indiglow, tanpa throttle body dan tanpa ECU. Masih karburator dan CDI.
Dan semua mulai dari sini.
1. Overview
Seekor Honda Megapro 2011, motor khas bapak bapak dan kaum pekerja. Bukan motor yang stylish, bukan juga motor yang disukai kaum hawa, karena bukan Kawasaki Ninja maupun Honda CBR. Posisi duduk yang cukup buat badan besar saya, ga terlalu menekuk, ga terlalu merunduk, ga terlalu mendongak, dan jok yang nyaman dan empuk, sudah menemani saya selama beberapa tahun ini.

2. Spesifikasi
Thanks buat om iwanbanaran, berikut spesifikasi NMP dari blog ybs.
Spesifikasi New Megapro 150
• Ukuran : 2.050 x 757 x 1.075 mm
• Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
• Jarak terendah ke tanah : 152 mm
• Berat kosong : 136 kg
• Tipe rangka : Pola Berlian (diamond steel)
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
• Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
• Ukuran ban belakang : 100/90 – 17 M/C 55P – Tubeless
• Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
• Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
• Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
• Volume langkah : 149,2 cc
• Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
• Daya Maksimum : 10,1 kW / 8.500 rpm
• Torsi Maksimum : 12,8 Nm / 6.500 rpm
• Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1 liter pada penggantian periodik
• Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
• Gigi Transmsi : 5 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
• Starter : Pedal & starter elektrik
• Aki : MF 12 V – 5 Ah
• Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
• Sistem Pengapian : DC – CDI
3. Posisi duduk – Kenyamanan - Handling
Yaaa.. khas Honda kesukaan babeh2, posisi duduk santai, sudut dengkul dan paha tepat buat saya, ga terlalu menjepit tangki dan ga terlalu mundur ke belakang. Rake setang juga pas, ga terlalu baplang, ga terlalu menukik ke dalam. Sempet pasang raiser setang, ga betah, balikin standard lagi.. posisi boncenger juga tidak terlalu menukik, landai, khas motor babeh babeh..
Karena posisi duduk khas babeh babeh plus sokbreker depan yang emang settingan empuk dari pabrikan plus sokbreker belakang adjustable yang bisa disetel keras lembutnya dan sementara ini saya selalu pakek ban yang medium compound / semi-soft, saya bilang motor ini nyaman dan empuk buat motor yang harga bekasnya ga lebih mahal dari Vario dan Supra di tahun yang sama. Buat jarak dibawah 150 km sekali jalan, motor ini masi sangat akomodatif. Buat selap selip di dalam kota juga enak digunakan, ga terlalu berat kayak bawa Ninja 250 / Tiger / Thunder yang wheelbase nya panjang, even belum selincah ViXion dan Ninja 2 tak atau RX-King.
Empuknya suspensi dan pelek yang ga terlalu lebar tentunya mempengaruhi handling di kecepatan tinggi. NMP kurang stabil saat dipacu diatas 80 kpj, diatas 100 kpj mulai berasa terbang, diatas 110 kpj uda berasa melayang, dan motor ini sangat amat teramat rendah hati, karena selalu mengangguk angguk saat direm mendadak. Pernah coba dikerasin sok depannya dengan penambahan oli shock, race bearing / komstir saya yang kalah karena ga terlalu kuat meredam benturan jalan hahahahaha. Rem cakram belakangnya pun tidak pakem pakem amat, dan saat cornering cepat, NMP sulit melawan kawan kawannya yang lebih muda dan bisa ditekuk lebih rebah.
4. Performa
Apa yang Anda harapkan dari seonggok motor babeh babeh? Hahahahaha. Ada yang bilang NMP sadis, NMP kencang, dsb. Kalau ente biasa bawa motor yang lebih modern, NMP akan terasa lambat. Suara mesin dan raungan knalpotnya memang sangat menggebu gebu, tapi pas lirik spido ga bakal jauh jauh dari 80-100 kpj hahahaha.
Motor ini overstroke, meski hampir square, dengan tenaga yang cukup nonjok di rentan 5500-8500 rpm, dibawah 5500 rpm berasa halus, kalo ga boleh dibilang lemot, diatas 8500 rpm, tinggal sisa sisa napas, kalo ga boleh dibilang ngempos. Bobot 136 kg dari motor ini ditopang oleh mesin dengan tenaga 13.6 HP / 8500 rpm dan torsi 12.8 Nm / 6500 rpm, berarti feeling saya bener kalo rentan tenaganya ada di sekitar putaran itu.
Top speed yang pernah saya capai, 124 kpj dengan ban dan gearset standard, 127 kpj dengan ban 80/80 dan gir belakang 41. On GPS ga jauh jauh dari kisaran 115-119 kpj.Cruising di 5000 rpm, standard ada di sekitar 60 kpj, sekarang di sekitar 63-64 kpj, lumayan ngiritin binsin pas lagi berkendara konstan.
Yang enak dari mesin jadul Honda adalah torsi yang besar, jadi ga terlalu ngempos pas lagi boncengan, dan daya tanjaknya juga cukup superior. Eventhough di jalan lurus, Vario 125 atau bahkan Yamaha Mio bisa dengan mudah melewati motor ini wkwkwkwkwk.
Konsumsi BBM: berkisar 1:25-30 dalam kota dan 1:38-43 untuk rute luar kota. Kombinasi dalkot-lurkot masih di kisaran 1:33-35. Boros? Yaa lumayan. Toh cukup Premium, dikasi Pertalite uda kesenengan doi, dikasi Pertamax malah minta diborosin setelan kerbunya wakakakakakak.
Oli: manual book versi AHM bilang suru pake 10w-30. Dealer resmi bilang pakek 20w-50, manual book Unicorn Dazzler versi India bilang pakek 15w-40. Well. Saya selalu pakek 20w-50 dari pertama kali ni motor sampe di rumah, uda coba semua merek mulai dari Federal, Motul, Repsol, Shell, sampe ke Mesran Super. Sempet beberapa kali pakek oli diesel macam Fastron Diesel, Meditran SX, Shell Rimula R4X, Mobil Delvac MX yang SAE nya 15w-40, lumayan enak, mesin jadi lebi adem, tapi kalo buat kehalusan dan adem ademan mesin, saya prefer SAE 40 Singlegrade the most, pake Meditran S. Murah, adem, halus, Cuma lemot bener aja wkwkwkwkwkwkwkwk.
5. Modifikasi
Ubahan yang pernah saya lakukan di NMP ini yaa ga jauh2 dari…
Box, Sidebag, Engine Guard, lampu, klakson, dan tempat minum.
Box pertama pake Givi E33 + Sidebag, ban standard saja IRC NF25 80/100 dan IRC NR25 100/90


Boks kedua, karena masa2 awal bekerja butuh space besar, dan sidebag saya sobek, terpasanglah Kappa K42. Karena waktu itu motor Cuma satu, dipake harian juga, turun ke jalan juga, ke luar kota juga, terpasanglah ban FDR Sport XR Soft Compound 120/70-17 di belakang, depan? Mizzle sajalah wkwkwkwkw


Dan inilah penampakan si Megi sekarang..
Box ketiga cukup pake GIVI E20, karena pake boks selebar Kappa K42 cukup merepotkan buat selap seliper kayak saya, ban juga dikecilin, depan 80/80 belakang 100/80 pakek Corsa Platinum R26, karena IRC Exato 90/80 dan 120/70 sebelumnya uda mulai getas, selain karena berat dan motor uda jarang digunakan. LED bar dilepas semua, enjin guard dilepas, foglamp lepas semua, HID dilepas, dan kembalikan semua ke standard. Oiya lupa ada tambahan Luxeon 10w buat ngedim truk dan bis malam kalok pas keluar kota wkwkwkwk.

6. Verdict
Diperkenalkan tahun 2001 sebagai motor pekerja, kalo ga boleh saya bilang motor babeh babeh, sampe generasi terbarunya pun Megapro tetap motor babeh babeh, handling moderat, tenaga moderat, bensin ga irit-irit amat, tapi yang saya suka sekali dari motor ini adalah…
- Ga butuh bensin bagus
- Ga butuh oli bagus
- Sparepart fast moving murah meriah ngamprak dan sangat banyak substitusinya, asal jangan body part aja karena body part nya susah bener nyarinya wkwkwkwkwk
- Durability kelas badak, saya belom pernah ganti laher sampe 30rb km, komstir ganti setelah tahun kelima, kampas rem ya wajar lah, girset yang lembek kayak tempe uda saya ganti ketengan, gir depan standard, gir belakang 41 megapro lama, rantai Suzuki RGR, uda beberapa bulan kagak disetel setel aman aman aja wkwkwkwk, kampas kopling ganti di 30rb km dan sampe detik ini saya baru 4x turun karbu, di 1000km, 10rb km, 20rb km dan 28rb km. Aki baru ganti setelah tahun keempat. Benar benar motor yang awet.
- Aki bisa support sampe 6A dengan kiprok dan sepul standard, hampir 2x lipat aki bawaannya yang hanya 3.5 A.
Yaa demikian review saya atas besutan tua saya, beruntunglah yang menemukan motor yang sejenis dengan ini dalam kondisi bekas yang masih sehat dan terawat, karena setelah 5 tahun berjalan, harga bekasnya ga sampe ½ dari harga barunya dengan kenyamanan dan gaya serta image yang jauh lebih baik dari motor bebek dan matic pada umumnya.
Cheers.