Ane pengen mencoba membagi pengalaman ane mengenai 3 motor bungkuk berfairing yang hinggap di kehidupan ane.
Sebelum review ini ane mulai, review ini menurut analisa ane sendiri. Jadi pasti banyak kekurangannya

Ninja 150RR

Ini merupakan motor sport pertama ane pas masih kuliah, banyak yang bilang ini adalah motor legenda (legenda jambakan setan). motor ini sangat terkenal di medio thn 90an sampe awal tahun 2000an. Ini merupakan motor Drag sejati (klo udah lari susah ngeremnya). Ini adalah motor 2tak yang sangat disegani di jalan, karena ini motor kastanya hampir sama dgn motor 2tak legendaris honda (Honda NSR SP). Dalam keadaan standar pun sdh sangat mumpuni buat lari 150 km/jam (menurut speedo), Motor ini menemani ane selama 3 tahun. Dari antar jemput pacar sampe menikah.
Bentuknya sangat Racing sekali yaitu sangat bongkok, klo udh nyemplak motor ini, pengen banget buat betot gas di RPM Tinggi (karena efek dari SUPERKIPS).

Motor ini ane ganti knalpotnya dengan knalpot CMS (klo gak salah), setelah diganti knalpotnya membuat motor ini lebih agresif lg. motor ini menggunakan blok mesin 1855 yg terkenal dengan SUPERKIPS nyangkut (SUPERKIPS tidak membuka atau menutup di RPM 7000) ini akan membuat motor jadi lemot bila jarang dilumasi Batang SUPERKIPS nya. Berikut ane akan paparkan kelebihan dan kekurangan motor ini
Pros :
1. Kencang (jambakan setan) setelah SUPERKIPS bekerja akselerasi motor akan sangat cepat.
2. Bentuknya abadi (tidak lekang waktu)
3. Naik motor ini dijamin akan tambah ganteng 200% di jamannya,

4. Tidak terlalu berat
Kons :
1. Boros
2. Pake Oli Samping jadi asap rada ngebul
3. Harus sering bersihkan SUPERKIPS, klo jarang bersihin pasti ngadat SUPERKIPS nya, jadi gak enak bgt bawa motornya.
4. Rem standar kurang pakem
5. Sangat tidak disarankan untuk jalan menanjak, karena powernya akan sangat lemah
Nahhh, karena ane orgnya pemalas (malas bersihin SUPERKIPS) jadinya ane lego motor ini di thn 2013 dan diganti dengan.....
Ninja 250fi

motor ini ane beli karena ane males bersihin SUPERKIPS, jadinya ane beralih ke ninja 250fi. Varian ini merupakan motor sport berfairing pertama di kelas 250 cc yang pake Fuel Injection. jadi klo misalkan ganti knalpot harus di setting dlu biar gak nembak2 (klo karbu kan tinggal mainin pilot jet dan main jet). motor ini merupakan motor yang paling jarang ane pake. bayangin aja ane beli dari baru trus dijual lagi setahun kemudian kilometer baru 650 km. Mungkin ini efek dari ane sudah menikah dan istri hamil, jadinya jarang pake motor ini. Posisi berkendaranya lebih enak dibanding ninja 150RR, karena agak tegak sedikit

Pros :
1. Kencangnya Rata (linear) tdk seperti 150RR yang mengamuk di putaran atas
2. Riding positionnya nyaman untuk ukuran tubuh ane
Kons :
1. Lebih Berat dibanding ninja 150RR
2. Modelnya pasaran
3. Kurang ada feelnya dibanding ninja 150 RR
4. Klo lagi macet bgt, panas mesinnya bisa sampe ke tangan
ane jual aja setahun kemudian, trus ane ada pake Ninja 150SS (Tp ane skip aja karena karakternya sama dengan Ninja 150RR)

Lalu di tahun 2016 bulan september, ane indent motor yg lg bahan pembicaraan para bikers yaitu.....

Honda CBR 250RR

ane inden dari september, baru dapat motor akhir November (ane ogah inden motor lg, rasanya kyk di PHP)

Bentuk motor ini ane sangat suka karena mirip dengan ducati

Ini merupakan motor pertama di kelasnya yang pake teknologi Throttle by wire di Indonesia. Teknologi ini lazim dipake di kelas moge (500 cc ke atas). Spek HP dan Torsi nya mengungguli Rival2nya seperti Ninja 250fi dan Yamaha R25.
Motor ini memakai suspensi upside down (USD) jadi lebih stabil ketika cornering

Motor ini ada 3 mode yaitu COMFORT, SPORT, SPORT+
Mode COMFORT sangat berguna ketika hujan deras, karena mode ini respon gas nya paling lemot

Mode SPORT merupakan mode yg respon gas nya masih normal (tidak kencang, tidak lemot) berguna ketika di jalanan perkotaan yg macet dan sesekali ingin ngebut sedikit

Mode SPORT+ ini adalah Mode yang paling bringas, respon gas sangat sensitif, tarik sedikit, langsung akselerasi. Mungkin inilah Feel yg ane rindukan ketika ane nyemplak di ninja 150RR ane, ini motor punya jambakan setan jg




Pros :
1. Bentuknya Indah

2. Kencang
3. Masih jarang di jalanan
Kons :
1. Harganya mahal (cenderung overprice) dibanding rival sekelas
2. Posisi berkendaranya sangat nunduk (karena stang nya underyoke)
3. Engine Break saat mode SPORT sangat tidak nyaman, lebih mudah ketika gas masih pake kabel baja.
4. Teknologi Throttle by wire motor ini sangat rentan kemasukan air bertekanan tinggi. jangan menembakkan selang cuci steam ke bagian throttle gas di stang bagian kanan, karena ada kemungkinan bisa membuat kemasukan air ke dalam rumah gasnya sehingga bisa rusak. sedangkan Parts nya masih inden, jadi klo mau cuci steam jangan disemprot bagian gasnya, klo mau lebih aman lg, cuci motor pake selang biasa aja

Mungkin itu dlu pengalaman yang ane bisa share ke rekan2 SM yg lain,
Mohon maaf karena ane tidak memberi info mengenai spek mesin lengkap
bagi yang mau menambahkan, monggo

Semoga bermanfaat



cmiiw