Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by B064RT »

kisah ini dibuat dalam kondisi hati yang tidak menentu..... :big_childish: :big_cry:

Singkat cerita, seonggok mobil dengan desain unik bernama sienta dari diantar ke rumah. Sebenarnya Saya diijinkan untuk test drive selama 3 hari 2 malam. (sabtu siang sampai sabtu pagi), bahkan sang empunya mempersilakan bila mau testdrive sampai pangandaran (saya tinggal di bandung), tapi karena satu dan lain hal.. test drive long trip tidak bisa saya lakukan.
Sienta yang ditest adalah type Q, yang mana adalah type tertinggi (harga Rp.298jt)
Saya adalah pengguna Grand Livina (pre face lift) n ford escape 2.300 cc, so mau ga mau saya pasti membandingkan Sienta dgn ke dua mobil tersebut.
So here you go, (catatan .. bila mau tau lbh ttg fitur, mesin dsb, bisa http://www.toyota-id.com/2016/04/spesif ... l-new.html)
Exterior..
ummm kayanya dah banyak diulas.. Unik sih… respon Istri n anak-anak?.. Like it.. saya? Setelah mandang sienta dari berbagai sudut… terus mengalihkan pandangan ke ford escape…. Gile cakep bener ni mobil (escape maksudnya) wkwkw.. maklum SUV minded… :big_grin:
jadi untuk ulasan exterior yang berkaitan dengan desain, pasti penilaiannya subjective… toh pihak toyota dalam mendesain pasti melibatkan orang2 yang ahli dalam bidang nya. Krom? Bemper yang so plastic (pasti juga sudah diperhitungkan dari segi ekonomi dan keamanan)
so no more comments bout exterior design. Tapi ada yang menggelitik saat dijelaskan fungsi grid di bagian luar pilar A... bikin resing ktnya... hmmm who know?? :big_childish:

Interior

Saya bukan penyuka jok dengan pelapis bahan kain (yg katanya menggunakan bahan yang bagus) jadi kalaupun saya beli ni mobil.. pasti ta bungkus lagi.. :big_grin:
Busa jok terasa agak tipis walau masih acceptable.. tapi jok 3rd row….. what?! :big_think: Tipis bingit ya (terutama dibagian senderan)? (mungkin konsekuensi dari teknis pelipatan jok baris 3 yang unik… di ‘tenggelamkan’ ke bawah jok baris 2.
Image

Nah ttg cara unik pelipatan ini, awalnya ngeliat iklan cukup interest… pada kenyataan nya mmmm… ga terlalu suka. Kenapa? Ternyata menyisakan gap/ celah yang cukup lebar. Tidak seperti livina yang bener2 jadi flat, walau demikian saya masih lbh suka teknis pelipatan 3rd row sienta dibanding teknik menggantung jok pada freed.. subjective lho ya
Image

Dash board… waw.. modern (again.. saya bandingin dgn livina 2012 dan escape 2007).. I like it

Image

MID yang futuristis dengan berbagai info (yang saya ga sempat dioprek lbh dalem, ada apa aja..).. HU yang menyatu dengan desain dash, touch screen… pengatur AC digital ..waw… (sekali lagi dibanding puter2 di livina n escape)
Terdapat chiller box di dash sisi kiri. Cukup utk 2 kaleng minuman agaknya. (tidak coba dalam test)
Yang dirasakan menghilang.. consule box tengah antara seat driver n penumpang.. :big_think: yang biasanya juga berfungsi sebagai armrest.. hmm membuka kesempatan untuk usaha kreatif untuk membuat konsul box dari abs atau fiber. (indonesia biasanya jagoan dalam hal ginian)
Armrest di pintu depan dilapis bahan kain yang sama dengan bahan di jok.. yg mana.. lagi-lagi sy ga suka…. Pasti saya lapis… (kalo beliiiii)
Image

Di jok baris ke 2… jujur saya ga banyak perhatiin, karena full duduk as driver.. yang duduk di baris ke 2, anak-anak. . Cuma saya perhatiin.. kok ga ada arm rest ditengah.. (escape n livina ada).. entah mengapa :big_dunno: .. mungkin karena pembagiannya 50:50, sehingga sulit untuk ngatur peletakannya. (livina dan escape 60:40 mungkin atau malah 70:30)
Image

AC dobel blower, Livina n escape kaga… jadi anak2 very happy :big_love:
Apa lagi ya?
Oh space kaki untuk driver n penumpang depan ga terlalu luas.. (bandingin escape) tapi masih ok lah (sebanding dengan livina).. tapi kayanya kalo long trip agak capek juga.. ditambah posisi pedal rem yang agak tinggi di banding pedal gas.. ga bisa sekedar geser2 kaki utk gas rem.
HU interface nya bagus.. bisa mirroring dari hp ios atau android.. (waktu saya coba cukup kesulitan untuk konek) ga nyoba lbh jauh.. dalam HU sebenarnya saya hanya butuh HU yang ipod compatible.. pada HU sienta ini yang saya rasakan cukup baik (saat itu di set bahasa indonesia yang malah membingungkan bagi saya).. untuk suara.. ya so so lah audio standar.. kalo saya beli pasti upgrade dari segi speaker + power + sub)
Kekedapan kabin cukup baik..tapi kalo motor lewat saya otomatis cek window (pencet tombol naikin), dikira belom nutup.. :big_think:
O iya.. keindahan desain dashboard dan doortrim agak ‘ternoda’ dengan bahan yang digunakan, no softpad, tekstur jaitan palsu..

Ok segitu ttg exterior n interior

Then lets go.. (patut diingat walau dilengkapi fitur bisa manual.. selama test sama sekali ga pernah sy pake.. masih belum biasa, so full otomatis aja)
Malam pertama, hujan rintik mendera.. mulai masuk R… what.. ga ada camera blkg ternyata :big_cry: .. Cuma peringatan muncul di hu agar memperhatikan keadaan sekitar plus bunyi tit tit... dari parking sensor. Untuk tipe tertinggi agak disayangkan menghilangnya fitur rear cam.. yo wes lah mungkin ada pertimbangan dari sudut lain biar bisa ada tipe Q+
Mobil jalan smooth (ya pasti lah, mobil baru jeh.. ) lewat jalan agak sempit berpapasan dengan mobil lain , pencet tombol lipat spion... hmm berasa usefull nih (livina n eskip kaga ada yang beginian) :big_childish:
Lewat poldur, guncangan (sekali lagi dari sudut livina n eskip user) lebih keras dari livina tapi lbh lembut dari eskip….
Jemput ipar dulu jadi mobil terisi full hingga 2nd row (2 dewasa 1 anak).. suami ipar yang tingginya di atas rata2 (185) merasa ok2 aja duduk di sebelah driver, seat agak mundur sedikit. space kepala cukup baik.
Mobil jalan ke rumaha saudara di daerah atas (setiabudi).
Selama perjalanan ga ada gejala kurang tenaga, mobil cukup lincah menghadapi lalulintas bandung yang malam itu cukup semrawut.. pulang dari sana melewati tanjakan keluar komplek… dah rada was2 krn ada isu ga kuat ditanjakan apalagi ga ada pencetan O/D off.. n pilihan Low gear (1 or 2)… ambil ancang2 gas (ga pol) yes.. tanjakan bisa dilewati dgn baik.. (btw saat sebelum nya saat grup test bareng rekan2 di bandung.. yang pake sienta bilang saat menghadapi tanjakan terjal tanpa ancang2 sebelum nya sienta cukup kewalahan, masih bisa jalan merayap.. ngga sampe stuck atau mundur)

Esok nya mobil dibawa ke tol arah Kota Baru Parahyangan… ada yang ngajak test drive TRAX..
Di tol, sekali lagi saya bukan speedgoers, cenderung type mengemudi yang biasa2 aja. Ga selap selip..tapi pengen cepet sampe.. :big_grin:
Di tol speedo mencapai 120kph, gas masih nyisa.. tp saya dah ga mau utk nambah lagi. Cukup ok, entah bila ditanjakan cipularang nan panjang.. saya ga test ke sana.
Untuk handling.. mirip2 lah dgn Livina.. stir ringan (tp lbh ringan stir livina sih).. Inaf di tol test pulang pergi.

Besoknya lagi mobil dibawa ke lembang berdua dgn istri.. lewat jalur menanjak.. nyusul truk n angkot.. hmm cukup nyaman.. ga ada perasaan kurang pede karena keabisan tenaga… muter pulang via dago giri.. jalur turun uji rem.. rem berfungsi sebagaimana mestinya… hanya menurut informasi girbox sienta cukup cerdas hingga akan ada efek engine break saat menghadapi turunan.. tapi saat di coba lepas gas kok masih ngeloyor :big_think: .. (mungkin harus pencet2 tombol apa gitu?) -- masih lbh suka pake low gear di escape/ livina yang bisa secara fisik masuk ke gigi 1
done.. jemput anak balik ke rumah... besok pagi harus mulangin ke tempat asalnya.
Image

Demikian review sienta type q dari sudut daily user yang masih newbie (user Glivina n escape)… pengen nya nyoba minimal pulang pergi jkt-bandung pengen nyobain long trip n tanjakan panjang.
O iya selama test drive, liat MID.. FC cm kena 1: 9.7 bahkan kurang… di MID ad ranking Fuel consumption.. bisa 1:14.. . mungkin kaki saya masih perlu sekolah
Pro… MID modern, keyless, teknis pelipatan 3rd row yang unik n gimmick2 lain nya.. cocok untuk mahmud... :big_love:
Cons .. material interior.. dashboard, kain pelapis jok, no armrest/ consule box di antara 1st row.. no arm rest di 2nd row… pelipatan 3rd row ada gap yg cukup besar
Kesimpulan mengendarai sienta (dari perspektif livina n escape user) adlah sensasi mengendarai sebuah mobil baru.. saya suka fitur2 nya… (maklum di mobil sebelum nya ga ada) kalo istri n anak2 sih suka banget… mereka terkesan dgn power door sliding.. mid n HU serta kenyamanan double blower.
Freed pasti jadi patokan dalam menilai… karena secara bentuk mirip. Jadi monggo freed user bisa kasih masukan..Should I buy this car (kalo uang nya ada) ga yakin maklum SUV minded (subjective).. tapi kalo beliin istri sih mungkin…

:big_cry: :big_cry:
(lanjutin nangis dipojokan)
Last edited by B064RT on Thu Jan 26, 2017 7:41, edited 2 times in total.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by b8099ok »

Mantap om bogin,... Lanjutkan perjuangan jess jess,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by r12qiSonH4ji »

izin nyimak ya om Bogar,
kebetulan gak punya freed, jadi gak bisa kasih masukan.

klo menurut ane sh mobil ini gak cocok sama yg hobby roadtrip, jadi klo hobby roadtrip mending ambil mobil SUV aja kyk everest 3,2
kekurangan menurut ane memang tidak adanya captain seat, klo ada captain seat, anak2 bisa dengan mudah pindah dari row ke 2 ke row ke 3

ditunggu review selanjutnya (khususnya review escape) :big_exellent:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by artoodetoo »

Tunggu All New Freed aja. Habis AN Freed keluar, pasti dapat facelift tuh Sienta. Baru dicompare lagi, pasti seru :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by liep »

knp nangis di pojokan? hehe

ane ad prit di rmh, sehari2 buat bini anjem, imho klo utk beliin bini, ya cucok deh, krn prit ud ga kluar, istri om dan anak pasti akan merasakan banget manfaat sliding door

tp klo sbg user prit utk ganti ke sienta, bini ane ga mau krn bini doyan merk H, bentuknya ga sesuai slera pribadi--lbih bagus prit mnurut kami bdua, tdk ad armrest di baris1+2, baris kedua mslh slera aj klo kursi ful tp sharusnya ad arm rest jg, tuas pedal transmisi di bwh--bini lbih suka di dpn macam prit/crv, hand rem jg tdk disukai krn lebih enak pake pedal kaki--mslh kbiasaan+ruang jd lbih lega, posisi nyetir prit lbih tinggi spt nyetir bus mini-memudahkan ibu2 utk handle halauan--klo sienta mirip lio/GL yg rendah--bini ga suka rendah gitu

fitur sienta yg ga ad di prit yg paling mencolok slain lampu dpn, adl hill assist utk tipeQ, pelipatan bangku (saya jg lihat meskipun praktis tp bangkunya terkesan murahan--tdk sekuat prit dan gapnya bikin jelek pas dilipat), bisa jd sienta lbih irit dikit, GC jg sptnya ga jauh beda, peredaman skilas sptnya lbih bagus sienta, stir sienta jg lbih bagus drpd prit--enak diliat+dipegang

klo mobil lama om salah 1 mau ditukar, ane sih nyarin sienta Q matic utk dipakai bini+anak, dan rasakan senyuman mreka om, hehe

pilihan lain sliding adl: beli prit seken(sisa uang byk), ato nambah dikit beli nav1 seken th 2014-2015an yg harganya lbih anjlok dg lebar sama dg prit+lbih irit+GC lbih rendah+merk T

btw, kami bdua jg sdh test drive trax, hasilnya mending beli sienta/pake prit lama drpd trax, sempit+ga nyaman+brisik jg, meskipun kpala bisa kluar lewat atas atap hehe
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by ternakblog »

r12qiSonH4ji wrote: Thu Jan 26, 2017 6:44 izin nyimak ya om Bogar,
kebetulan gak punya freed, jadi gak bisa kasih masukan.

klo menurut ane sh mobil ini gak cocok sama yg hobby roadtrip, jadi klo hobby roadtrip mending ambil mobil SUV aja kyk everest 3,2
kekurangan menurut ane memang tidak adanya captain seat, klo ada captain seat, anak2 bisa dengan mudah pindah dari row ke 2 ke row ke 3

ditunggu review selanjutnya (khususnya review escape) :big_exellent:
Masih capable kok dibuat roadtrip ini mobil
Kwbwtulan hobi jalan2 juga
Kmrn2 ngetes jalan ke blega madura,paralayang pujon batu,ga ada sama skali gejala kekurangan tenaga.cuma dg catatan lem biru aja itu ban terkutuk si bakPIA.itu ban yg bikin negara api kacau.oh iya belinya jgn di auto2000,selaen auto2000 dapet kamera mundur dan kacafilm 3m
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by r12qiSonH4ji »

ternakblog wrote: Thu Jan 26, 2017 7:12
Masih capable kok dibuat roadtrip ini mobil
Kwbwtulan hobi jalan2 juga
Kmrn2 ngetes jalan ke blega madura,paralayang pujon batu,ga ada sama skali gejala kekurangan tenaga.cuma dg catatan lem biru aja itu ban terkutuk si bakPIA.itu ban yg bikin negara api kacau.oh iya belinya jgn di auto2000,selaen auto2000 dapet kamera mundur dan kacafilm 3m
Oia om ternakblog baru minang ini mobil ya, ternyata masih enak dibawa roadtrip ke madura ya,
harus diganti dlu ban standarnya ya om. :big_okay:
sekarang pake ban apa om ?
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by B064RT »

liep wrote: Thu Jan 26, 2017 7:05 knp nangis di pojokan? hehe

ane ad prit di rmh, sehari2 buat bini anjem, imho klo utk beliin bini, ya cucok deh, krn prit ud ga kluar, istri om dan anak pasti akan merasakan banget manfaat sliding door

tp klo sbg user prit utk ganti ke sienta, bini ane ga mau krn bini doyan merk H, bentuknya ga sesuai slera pribadi--lbih bagus prit mnurut kami bdua, tdk ad armrest di baris1+2, baris kedua mslh slera aj klo kursi ful tp sharusnya ad arm rest jg, tuas pedal transmisi di bwh--bini lbih suka di dpn macam prit/crv, hand rem jg tdk disukai krn lebih enak pake pedal kaki--mslh kbiasaan+ruang jd lbih lega, posisi nyetir prit lbih tinggi spt nyetir bus mini-memudahkan ibu2 utk handle halauan--klo sienta mirip lio/GL yg rendah--bini ga suka rendah gitu

fitur sienta yg ga ad di prit yg paling mencolok slain lampu dpn, adl hill assist utk tipeQ, pelipatan bangku (saya jg lihat meskipun praktis tp bangkunya terkesan murahan--tdk sekuat prit dan gapnya bikin jelek pas dilipat), bisa jd sienta lbih irit dikit, GC jg sptnya ga jauh beda, peredaman skilas sptnya lbih bagus sienta, stir sienta jg lbih bagus drpd prit--enak diliat+dipegang

klo mobil lama om salah 1 mau ditukar, ane sih nyarin sienta Q matic utk dipakai bini+anak, dan rasakan senyuman mreka om, hehe

pilihan lain sliding adl: beli prit seken(sisa uang byk), ato nambah dikit beli nav1 seken th 2014-2015an yg harganya lbih anjlok dg lebar sama dg prit+lbih irit+GC lbih rendah+merk T

btw, kami bdua jg sdh test drive trax, hasilnya mending beli sienta/pake prit lama drpd trax, sempit+ga nyaman+brisik jg, meskipun kpala bisa kluar lewat atas atap hehe
untuk desain.. well itu very2 subjective.. hahaha.. setuju dalam beberapa sudut freed lbh gimanaaaa gitu..
selama test bareng anak istri sih mereka senyum-senyum... hahaha

tentang lampu depan, baru nyadar bagus nya saat liat pantulan dari body belakang mobil yang didepan saat macet.
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by B064RT »

ternakblog wrote: Thu Jan 26, 2017 7:12
r12qiSonH4ji wrote: Thu Jan 26, 2017 6:44 izin nyimak ya om Bogar,
kebetulan gak punya freed, jadi gak bisa kasih masukan.

klo menurut ane sh mobil ini gak cocok sama yg hobby roadtrip, jadi klo hobby roadtrip mending ambil mobil SUV aja kyk everest 3,2
kekurangan menurut ane memang tidak adanya captain seat, klo ada captain seat, anak2 bisa dengan mudah pindah dari row ke 2 ke row ke 3

ditunggu review selanjutnya (khususnya review escape) :big_exellent:
Masih capable kok dibuat roadtrip ini mobil
Kwbwtulan hobi jalan2 juga
Kmrn2 ngetes jalan ke blega madura,paralayang pujon batu,ga ada sama skali gejala kekurangan tenaga.cuma dg catatan lem biru aja itu ban terkutuk si bakPIA.itu ban yg bikin negara api kacau.oh iya belinya jgn di auto2000,selaen auto2000 dapet kamera mundur dan kacafilm 3m
lho kok dapet kamera mundur? aslinya tu rear cam kelengkapan standard atau optional?
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by B064RT »

b8099ok wrote: Thu Jan 26, 2017 6:40 Mantap om bogin,... Lanjutkan perjuangan jess jess,...
suatu kehormatan si Mbah hadir disini...
suwun saget mbah
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Short trip with sienta dari seorang newbie driver

Post by liep »

B064RT wrote: Thu Jan 26, 2017 7:29 untuk desain.. well itu very2 subjective.. hahaha.. setuju dalam beberapa sudut freed lbh gimanaaaa gitu..
selama test bareng anak istri sih mereka senyum-senyum... hahaha

tentang lampu depan, baru nyadar bagus nya saat liat pantulan dari body belakang mobil yang didepan saat macet.
stuju, pendapat subyektive di atas, prit lbih kliatan mahal--serius dan bkn kyk mainan, mslh slera jdm aj
B064RT wrote: Thu Jan 26, 2017 7:31 lho kok dapet kamera mundur? aslinya tu rear cam kelengkapan standard atau optional?
imho, bonus terpisah diluar standard, heran jg kita pas test drive, 'mas saya mau mundur ya skalian mau liat tampilan kamera mundurnya--mumpung hunya support+kliatan bagus'..djawab maaf pak, bm ad kamera mundurnya,=====glodakkkkk, buat emak2 kamera mundur+hill assist itu penting slaian lipat spion, hehe
Iap
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:55

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by Iap »

Good review Pak. Saya pengguna freed dan yaris, pernah test drive sienta. Bantingannya rasanya yaris bener, yang membuat saya merasa makin yakin untuk terus pake freed saya.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by paidjho »

Mantab review nya om Bogart... Jangan bersedih, ditunggu proses pencarian & akhir kisah nya...
:emo-big_love:

Semoga menemukan pengganti yang pas....
:emo-flowerforyou:

Hilux yes?
:mky_02:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by adrevolution »

Nice review om bogart... cakep banget sientanya warna coklat, semoga bisa dibuat long-term reviewnya :big_exellent:
Sekedar info aja om, buat mengatasi ngga adanya O/D off sama low gear (posisi L sama 2) itu memang pake mode manualnya... O/D off mirip spt mode manual di gigi 4-5, sedangkan low gear spt di mode manual masuk gigi 1 sama 2... kalo dr rasio cvt & final gearnya sih low gearnya sienta lumayan bagus kok buat mobil cvt, better than mobilio & livina
CMIIW
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by Jindanjun »

Nice review om,

Sy kebetulan pernah bawa freed beberapa kali termasuk pp jakarta bandung, tapi belum pernah coba sienta..cuma pernah duduk2 di dalem nya aja pas servis di a2k

Mnrt saya yg awam, posisi nyetir sy lebih suka freed krn dasbornya rendah dan sangat ergonomis + arm rest, sienta berasa agak tenggelem (maklum sy posturnya cukup pendek hehe)

Interior nya freed menang di captain seat jd kesannya lega di tengah bisa jalan mondar mandir gampang kalo anak2..

Tapi freed super boyo...penumpang isi penuh pas nanjak di cipularang perlu perjuangan super keras dan transmisi 5ATnya walaupun di jazz cukup ok tapi kalo di freed payah...

feeling sy kok sienta tenaganya mirip2 freed ya kalo liat spec mesin dan bentuk bodi...cuma (tebakan sy lagi) cvt di sienta bakal nolong krn nahan di putaran tinggi terus..kalo freed kan perlu pindah gigi rendah saat kickdown itu agak bikin2 khawatir apalagi pas sy nanjak di komplek dago pakar.

Dan sienta ada pilihan manual 6speed kalo sering keluar kota dan lewat tanjakan :big_peace:

Oh ya, ayah sy pernah test drive sienta ktnya bantingan nya ok....sy naik freed merasa freed itu terlalu keras buat mpv

Semoga cukup membantu om :big_childish:
ap kt nt aj
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by liep »

Jindanjun wrote: Thu Jan 26, 2017 9:20 Tapi freed super boyo...penumpang isi penuh pas nanjak di cipularang perlu perjuangan super keras dan transmisi 5ATnya walaupun di jazz cukup ok tapi kalo di freed payah...
feeling sy kok sienta tenaganya mirip2 freed ya kalo liat spec mesin dan bentuk bodi...cuma (tebakan sy lagi) cvt di sienta bakal nolong krn nahan di putaran tinggi terus..kalo freed kan perlu pindah gigi rendah saat kickdown itu agak bikin2 khawatir apalagi pas sy nanjak di komplek dago pakar.
Dan sienta ada pilihan manual 6speed kalo sering keluar kota dan lewat tanjakan :big_peace:
Oh ya, ayah sy pernah test drive sienta ktnya bantingan nya ok....sy naik freed merasa freed itu terlalu keras buat mpv
Semoga cukup membantu om :big_childish:
sptnya klo perbandingannya prit full load dg jazz, berat mobil+jumlah penumpang ud slisih jauh--ngefek jg pdhal tenaga dan transmisi mirip hehe, tp klo pointnya utk emak2 di dalkot ya sdh lbih dr cukup, tgantung driver jg, ane denpasar mlg jg cuma bis mlm+bmw aj yg bisa nyalip, jd ga lemot2 amat, asal tega narik pake d3
dbanding sienta skilas pas test drive, sptnya utk posisi dr brenti, lebih lemot sienta, tp lagi2 buat emak2 dalkot jg ud cukup
btul, klo lewati poldur, lbih enak sienta, prit keras, tp klo buat salip2an, imho enak prit--lbih stabil ga kebuang spt klo pas pake apanyahh

btw, imho, klo bini yg make, ya bini yg test drive+mutusi krn sehari2 dia yg bakalan pake, krn ga menarik buat kita, sering kali malah menarik buat bini, hehe
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by KelinciPutih047 »

Nice Review Om Bogart..

perbandingan yg mendekati memang dengan prit ..jadi pgn coba tes drive ah.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2156
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by Venturtle »

mantap reviewnya om.. wah, sienta belum punya kamera mundur ya..
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Oct 02, 2014 3:42

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by rakjatdoni »

Nice review om Bogar.
Akhirnya muncul juga review nya, hehe.

Jangan patah semangat oom. Selama bendera ........
Hehe, ga jadi lanjutin deh. Peace oom.
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by ddyta27 »

Hahaha, mobil ini nih yang minggu kemarin bikin saya sekeluarga tertawa terpingkal pingkal.. tetangga ambil warna orange pas diantar ke rumah, istrinya ga mau ttd serah terima, dia bilang ke sales minta dibenerin dulu itu penyok di fender kiri depan, mas salesnya bingung :D
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by Jindanjun »

liep wrote: Thu Jan 26, 2017 9:57
Jindanjun wrote: Thu Jan 26, 2017 9:20 Tapi freed super boyo...penumpang isi penuh pas nanjak di cipularang perlu perjuangan super keras dan transmisi 5ATnya walaupun di jazz cukup ok tapi kalo di freed payah...
feeling sy kok sienta tenaganya mirip2 freed ya kalo liat spec mesin dan bentuk bodi...cuma (tebakan sy lagi) cvt di sienta bakal nolong krn nahan di putaran tinggi terus..kalo freed kan perlu pindah gigi rendah saat kickdown itu agak bikin2 khawatir apalagi pas sy nanjak di komplek dago pakar.
Dan sienta ada pilihan manual 6speed kalo sering keluar kota dan lewat tanjakan :big_peace:
Oh ya, ayah sy pernah test drive sienta ktnya bantingan nya ok....sy naik freed merasa freed itu terlalu keras buat mpv
Semoga cukup membantu om :big_childish:
sptnya klo perbandingannya prit full load dg jazz, berat mobil+jumlah penumpang ud slisih jauh--ngefek jg pdhal tenaga dan transmisi mirip hehe, tp klo pointnya utk emak2 di dalkot ya sdh lbih dr cukup, tgantung driver jg, ane denpasar mlg jg cuma bis mlm+bmw aj yg bisa nyalip, jd ga lemot2 amat, asal tega narik pake d3
dbanding sienta skilas pas test drive, sptnya utk posisi dr brenti, lebih lemot sienta, tp lagi2 buat emak2 dalkot jg ud cukup
btul, klo lewati poldur, lbih enak sienta, prit keras, tp klo buat salip2an, imho enak prit--lbih stabil ga kebuang spt klo pas pake apanyahh

btw, imho, klo bini yg make, ya bini yg test drive+mutusi krn sehari2 dia yg bakalan pake, krn ga menarik buat kita, sering kali malah menarik buat bini, hehe
Iya om kalo dipake dalem kota aja sih cukup...sy suka bgt posisi nyetir freed bener2 pas buat di dalem kota...cuma kalo buat kickdown pindah d3 atau 2 emang ttp bs nanjak/nyalip tp kerasa bukan kodratnya mbl jenis ini...mungkin krn ini juga mbl ini identik dipake ibu2 jemput anak sekolah di alazhar :mky_01:

Kalo buat stabil pas salip2an....eee..gabisa dibuat ngebut om jd mnrt sy (opini pribadi) kalo empuk lebih enak, apalagi bawa Keluarga..

Cuma dibanding avanza (apalagi gen1) ya jauh bgt nyaman dan stabilnya :big_slap: :big_peace:

Ngarep bgt freed baru dimasukin sini...sepertinya ok, captain seat pula...yg lama aja udh poin plus bgt captain seat dan armrest kumplit depan blkg jd makin pewe nyetir sama duduk ditengah..sienta ga punya :big_dunno:
ap kt nt aj
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by B064RT »

Setuju statement oom jindanjun.. bukan kodratnya spt ninja hatori.. mendaki bukit turuni lembah...
Tp sekedar tanjakan perkotaan ok lah.. utk berkutat di kota lebih dari cukup..
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by liep »

Hehe..betul. habitatnya sienta..prit lbih cocok dalkot buat emak2 anjem hehe
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by B064RT »

Skrg tapi banya emak2 pake suv2 guede anjem..
User avatar
haho
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Tue Nov 04, 2014 9:40

Re: Short trip with sienta bersama seorang newbie driver

Post by haho »

Sempet mo deal sienta q tapi batal, jadinya ambil freed second, anak saya yg baru 5 tahun ma istri lebih demen freed.

Dipake perang harian serpong-jkt tiap hari plus selalu pp jkt-bdg tiap minggu dengan mode sruntulan juga oke, maklum sering pake yaris [emoji28]


Sent from my iPhone using Tapatalk