

Singkat cerita, seonggok mobil dengan desain unik bernama sienta dari diantar ke rumah. Sebenarnya Saya diijinkan untuk test drive selama 3 hari 2 malam. (sabtu siang sampai sabtu pagi), bahkan sang empunya mempersilakan bila mau testdrive sampai pangandaran (saya tinggal di bandung), tapi karena satu dan lain hal.. test drive long trip tidak bisa saya lakukan.
Sienta yang ditest adalah type Q, yang mana adalah type tertinggi (harga Rp.298jt)
Saya adalah pengguna Grand Livina (pre face lift) n ford escape 2.300 cc, so mau ga mau saya pasti membandingkan Sienta dgn ke dua mobil tersebut.
So here you go, (catatan .. bila mau tau lbh ttg fitur, mesin dsb, bisa http://www.toyota-id.com/2016/04/spesif ... l-new.html)
Exterior..
ummm kayanya dah banyak diulas.. Unik sih… respon Istri n anak-anak?.. Like it.. saya? Setelah mandang sienta dari berbagai sudut… terus mengalihkan pandangan ke ford escape…. Gile cakep bener ni mobil (escape maksudnya) wkwkw.. maklum SUV minded…

jadi untuk ulasan exterior yang berkaitan dengan desain, pasti penilaiannya subjective… toh pihak toyota dalam mendesain pasti melibatkan orang2 yang ahli dalam bidang nya. Krom? Bemper yang so plastic (pasti juga sudah diperhitungkan dari segi ekonomi dan keamanan)
so no more comments bout exterior design. Tapi ada yang menggelitik saat dijelaskan fungsi grid di bagian luar pilar A... bikin resing ktnya... hmmm who know??

Interior
Saya bukan penyuka jok dengan pelapis bahan kain (yg katanya menggunakan bahan yang bagus) jadi kalaupun saya beli ni mobil.. pasti ta bungkus lagi..

Busa jok terasa agak tipis walau masih acceptable.. tapi jok 3rd row….. what?!


Nah ttg cara unik pelipatan ini, awalnya ngeliat iklan cukup interest… pada kenyataan nya mmmm… ga terlalu suka. Kenapa? Ternyata menyisakan gap/ celah yang cukup lebar. Tidak seperti livina yang bener2 jadi flat, walau demikian saya masih lbh suka teknis pelipatan 3rd row sienta dibanding teknik menggantung jok pada freed.. subjective lho ya

Dash board… waw.. modern (again.. saya bandingin dgn livina 2012 dan escape 2007).. I like it

MID yang futuristis dengan berbagai info (yang saya ga sempat dioprek lbh dalem, ada apa aja..).. HU yang menyatu dengan desain dash, touch screen… pengatur AC digital ..waw… (sekali lagi dibanding puter2 di livina n escape)
Terdapat chiller box di dash sisi kiri. Cukup utk 2 kaleng minuman agaknya. (tidak coba dalam test)
Yang dirasakan menghilang.. consule box tengah antara seat driver n penumpang..

Armrest di pintu depan dilapis bahan kain yang sama dengan bahan di jok.. yg mana.. lagi-lagi sy ga suka…. Pasti saya lapis… (kalo beliiiii)

Di jok baris ke 2… jujur saya ga banyak perhatiin, karena full duduk as driver.. yang duduk di baris ke 2, anak-anak. . Cuma saya perhatiin.. kok ga ada arm rest ditengah.. (escape n livina ada).. entah mengapa


AC dobel blower, Livina n escape kaga… jadi anak2 very happy

Apa lagi ya?
Oh space kaki untuk driver n penumpang depan ga terlalu luas.. (bandingin escape) tapi masih ok lah (sebanding dengan livina).. tapi kayanya kalo long trip agak capek juga.. ditambah posisi pedal rem yang agak tinggi di banding pedal gas.. ga bisa sekedar geser2 kaki utk gas rem.
HU interface nya bagus.. bisa mirroring dari hp ios atau android.. (waktu saya coba cukup kesulitan untuk konek) ga nyoba lbh jauh.. dalam HU sebenarnya saya hanya butuh HU yang ipod compatible.. pada HU sienta ini yang saya rasakan cukup baik (saat itu di set bahasa indonesia yang malah membingungkan bagi saya).. untuk suara.. ya so so lah audio standar.. kalo saya beli pasti upgrade dari segi speaker + power + sub)
Kekedapan kabin cukup baik..tapi kalo motor lewat saya otomatis cek window (pencet tombol naikin), dikira belom nutup..

O iya.. keindahan desain dashboard dan doortrim agak ‘ternoda’ dengan bahan yang digunakan, no softpad, tekstur jaitan palsu..
Ok segitu ttg exterior n interior
Then lets go.. (patut diingat walau dilengkapi fitur bisa manual.. selama test sama sekali ga pernah sy pake.. masih belum biasa, so full otomatis aja)
Malam pertama, hujan rintik mendera.. mulai masuk R… what.. ga ada camera blkg ternyata

Mobil jalan smooth (ya pasti lah, mobil baru jeh.. ) lewat jalan agak sempit berpapasan dengan mobil lain , pencet tombol lipat spion... hmm berasa usefull nih (livina n eskip kaga ada yang beginian)

Lewat poldur, guncangan (sekali lagi dari sudut livina n eskip user) lebih keras dari livina tapi lbh lembut dari eskip….
Jemput ipar dulu jadi mobil terisi full hingga 2nd row (2 dewasa 1 anak).. suami ipar yang tingginya di atas rata2 (185) merasa ok2 aja duduk di sebelah driver, seat agak mundur sedikit. space kepala cukup baik.
Mobil jalan ke rumaha saudara di daerah atas (setiabudi).
Selama perjalanan ga ada gejala kurang tenaga, mobil cukup lincah menghadapi lalulintas bandung yang malam itu cukup semrawut.. pulang dari sana melewati tanjakan keluar komplek… dah rada was2 krn ada isu ga kuat ditanjakan apalagi ga ada pencetan O/D off.. n pilihan Low gear (1 or 2)… ambil ancang2 gas (ga pol) yes.. tanjakan bisa dilewati dgn baik.. (btw saat sebelum nya saat grup test bareng rekan2 di bandung.. yang pake sienta bilang saat menghadapi tanjakan terjal tanpa ancang2 sebelum nya sienta cukup kewalahan, masih bisa jalan merayap.. ngga sampe stuck atau mundur)
Esok nya mobil dibawa ke tol arah Kota Baru Parahyangan… ada yang ngajak test drive TRAX..
Di tol, sekali lagi saya bukan speedgoers, cenderung type mengemudi yang biasa2 aja. Ga selap selip..tapi pengen cepet sampe..

Di tol speedo mencapai 120kph, gas masih nyisa.. tp saya dah ga mau utk nambah lagi. Cukup ok, entah bila ditanjakan cipularang nan panjang.. saya ga test ke sana.
Untuk handling.. mirip2 lah dgn Livina.. stir ringan (tp lbh ringan stir livina sih).. Inaf di tol test pulang pergi.
Besoknya lagi mobil dibawa ke lembang berdua dgn istri.. lewat jalur menanjak.. nyusul truk n angkot.. hmm cukup nyaman.. ga ada perasaan kurang pede karena keabisan tenaga… muter pulang via dago giri.. jalur turun uji rem.. rem berfungsi sebagaimana mestinya… hanya menurut informasi girbox sienta cukup cerdas hingga akan ada efek engine break saat menghadapi turunan.. tapi saat di coba lepas gas kok masih ngeloyor

done.. jemput anak balik ke rumah... besok pagi harus mulangin ke tempat asalnya.

Demikian review sienta type q dari sudut daily user yang masih newbie (user Glivina n escape)… pengen nya nyoba minimal pulang pergi jkt-bandung pengen nyobain long trip n tanjakan panjang.
O iya selama test drive, liat MID.. FC cm kena 1: 9.7 bahkan kurang… di MID ad ranking Fuel consumption.. bisa 1:14.. . mungkin kaki saya masih perlu sekolah
Pro… MID modern, keyless, teknis pelipatan 3rd row yang unik n gimmick2 lain nya.. cocok untuk mahmud...

Cons .. material interior.. dashboard, kain pelapis jok, no armrest/ consule box di antara 1st row.. no arm rest di 2nd row… pelipatan 3rd row ada gap yg cukup besar
Kesimpulan mengendarai sienta (dari perspektif livina n escape user) adlah sensasi mengendarai sebuah mobil baru.. saya suka fitur2 nya… (maklum di mobil sebelum nya ga ada) kalo istri n anak2 sih suka banget… mereka terkesan dgn power door sliding.. mid n HU serta kenyamanan double blower.
Freed pasti jadi patokan dalam menilai… karena secara bentuk mirip. Jadi monggo freed user bisa kasih masukan..Should I buy this car (kalo uang nya ada) ga yakin maklum SUV minded (subjective).. tapi kalo beliin istri sih mungkin…


(lanjutin nangis dipojokan)