ChZ wrote: Wed Jan 25, 2017 11:35
Award begini... memang biasa banyak blundernya, dan tdk bisa dijadikan patokan dalam memilih mobil...
Bagi ane sebuah mobil yang layak dianugerahi tahta terhormat "car of the year" harus memenuhi :
- Hasil dari inovasi teknikal yang berbeda dan one step ahead dari kompetitor dan belum ada sebelumnya...
- Selain itu inovasi teknikal tersebut harus berguna bukan sekadar gimmick... Harus memiliki efficiency rating yang baik... Bukan sekedar irit BBM tapi nggak bisa lari... Atau lari tapi borosnya amit - amit... Bukan sekadar empuk tapi limbung... Atau stabil tapi ngerusak tulang punggung... Intinya bicara tentang "compromise" yang diambil dari sebuah engineering design.
- Selain unik dan berguna juga harus reliabel... Dengan kata lain it won't break down easily... Percuma teknologi baru tapi resiko jebolnya tinggi.
- Tentu saja di luar itu design tetap jadi pertimbangan... Flow design harus jelas. Masak mobil yang didesain sembarangan dengan flow design nabrak dan tanpa mempertimbangkan aerodynamics aspect mau dibilang best of the best?
- Memiliki tingkat safety yang baik. (4-5 stars NCAP Rating). Kalo bilang best of the best, masak mobil rating safety cuma 3 bintang layak dibilang best of the best?
- Good brand reputation and sells well... Yakin mobil dari brand yang enggak jelas nasibnya, kejual 10 unit sebulan aja udah tumpengan... layak dibilang "terbaik"...? (tdk berlaku untuk supercar yang pasarnya niche)
- Good customer service... Yang namanya best of the best tentunya harus punya customer service yang baik pula dari brand tsb. Mobil terbaik tapi customer service/aftersales service buruk alamat 5 taun lagi tinggal nama dan award itu tinggal sejarah... Buktikan kalau memang mobil itu layak disebut best of the best pada zamannya.
- Good value for money... Apa yang didapat sebanding dengan apa yang dibayarkan... Dari segala aspek di atas.
Award memang subjective... tapi harus ada parameternya... Seperti menilai sebuah kontes mobil... yang layak dijuluki "KING" adalah yang paling "beda" dan ada parameternya sebuah mobil modifikasi layak menyandang gelar "KING of Contest" atau engga...
Sedihnya kebanyakan award seperti ini hanya "bayaran"... atau paling bagus cuma ngeliat aspek produknya tanpa ngeliat aspek - aspek pendukungnya...
John Cadogan sering nyindirin para jurnalis yang jadi korban "disuap" APM di Australia... Dibayarin liburan ke hotel mahal, makan di restoran mahal, biar review mobilnya dibilang bagus.
Tengkyu om ...lengkap eui..
Ha ha ..hotel n restoran mahal, plus uang saku mungkin. Makanya jgn kejam" ngereview mblnya om....kali dpt tawaran diatas
Sy rewrite ya kriterianya, Good guidance dlm mimilih yg mn.
*Leading Tech inovation..genuine
*functionality over cosmetic gimmick
*won't break easily....longevity
*clear flow d'sign.....benefit fm aerodinamika
*safety score...ur life score in the eyes carmaker
*value for money
*good brand reputation n sells well....
*total customer support....
2 point trakhir bs liat whether they (pabrikan) trully interest on their cust satisfaction or only looking at ur money....since angkanya gede buat support diatas.....carmaker bth sales volumes yg cukup buat bayarinnya.
==========
Ngga bs quote n komen satu" ni

Pegel typing di hp...thx eniwei...lanjut dah..