LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

PROLOG

kisah ini dimulai ketika, disuatu hari akhir bulan ramadhan ditahun 2014, saat berbincang sama orang tua dan kakak"... ditariklah kesimpulan untuk mengganti seekor avanza yang telah berumur 3 tahun dengan odo sudah 120300 km

Image

Ditugaskanlah ane anak laki" terkecil oleh mereka buat mencari seekor mobil... awalnya 3 kandidat SUV
kandidat pertama
Image
seekor CR-V RM PRESTIGE

ini mobil enak ada sunroof, nanonano e dan transmisi nya yang halus... ditestlah seekor mobil ini, impresi saat akselerasi sih biasa cenderung lemot, dan saat itu fitur yang paling ane senangi adalah PBD yang wow canggih, maklum katro... tapi sayang mesti di coret karena menurut ane ini mobil sempit... what ?????? sempit ??? yaaa.. karena masih kurang besar, dan kakak juga udah pake accord di negara lain jadi dia emoh CR-V

kandidat kedua
Image
CHEVROLET CAPTIVA LTZ 2.0

sayang sekali gak bisa banyak kasih review nih mobl karena test unitnya dipalembang gak ada... tap sempat test duduk, mobilnya nyaman dan agak lebih kecil dari CR-V dan modelnya yang yang manis disukai oleh kakak kedua yang nolak CR-V, tapi ditolak oleh kakak paling tua dan ayah alasan nya adalah after sales nya yang gak jelas, resale value gak terlalu penting yang penting after sales :big_slap: .. jadi dicoretlah mobil ini.

dan akhirnya kandidat terakhir

setelah dua mobil di atas tidak ketemu jalan tengahnya, akhirnya ane beri sebuah usul, gimana kalo coba merek SUV mitsu, dan mereka pun setuju.. dan rencana untuk mengganti avanza berubah menjadi, keep avanza dan bought the new one... pergilah di suatu sore seminggu sebelum lebaran.. dan setengah jam sebelum dealer tutup, untungnya ada satu sales cowo yang mau menjelaskan produk, barang yang dipajang ada 2 yaitu exceed dan V6 resing, V6 resing di coret karena itu bensin, dan mau coba diesel... ( minyak boros )... akhirnya jatuh didua pilihan dakar atau exceed...
ane lebih memilih dakar, dan kakak pertama juga.. tetapi ada yang membuat itu dibatalkan, karena stocknya udah abis,dan kak kedua juga bilang untuk apa beli dakar dan gakperlu yang ngebut :big_slap: , serta tinggal 2 ekor exceed yang ready... menunggu dakar lepas lebaran gak ada yang mau karena mobil mau dipake mudik :big_slap: akhirnya datanglah mobil ini ke garasi

Image

sebuah PAJERO SPORT EXCEED 2014
mobil ini diserah terima dan dibawa kerumah dengan KM sekitar 18 KM dan minyak seperempat tanki.. oh iya mobil ini dibeli tanpa test drive..

engine

Image
saat awal mobil ini ane bawa pulang kerumah adalah torsi si diesel yang wow di low RPM, dengan mesin 2,5 L NON VGT

Image
serta maticnya cuma 4 SPEED AT dengan tiptronic..
mobil ini lumayanlah untuk dalam kota. dan dengan mobil ini juga ane belajar DIY mobil dari turbo cleaning, intake cleaning, purging yang diajarin oleh mod B0990K, serta modif ringan EGR valve dari om hentann
mesin 4D56 Legend ini bisa menghasilkan fuel cons sekitar
Image
dengan cara eco driving, kecepatan 60 KpJ dengan rpm konstan 1600 sampai 1800 dan jalan lempeng

INTERIOR

Image

Image
yah seperti biasa ini mobil 7 seater tapi gak pernah ke pake yang seater terakhirnya ... dengan jadi dibuat model macem DCABnya

serta sekarang juga bisa membongkar DASHBOARD sendiri berkat workshop manual yang diberikan seseorang sehingga bisa bongkar apa saja ini mobil
Image
HU yang NAV nya mati karena GPS receivernya MOKAD.. setelah dibongkar letaknya di kolom stir :big_slap: dan susah banget dilepas. setelah dibeli GPS receiver yang baru salah beli tail konektornya :big_chicken: alhasil tuh GPS meninggal sampai sekarang.

Image
dan sambung interior banyak yang lepas... akibat pemasangan karpet oleh showroom

EKSTERIOR

muka
Image

bokong
Image

dalam waktu 5 hari mobil ini menembus 300 KM dan kemudian perjalanan jalan jauh mobil ini dimulai ketika lebaran, start di palembang saat malam hari dan saya yang bawa.. tapi mobil ini telah mengalami penyiksaan yang perih ... baru 10 km dari rumah mobil udah kehilangan spion kanannya yang gak sengaja ane nabrak krangkeng mobil pickup dari lawan arah... untungnya cuma kaca dan cover crome spion yang lepas, mesin dan rangka aman.. selama perjalan langsung kakak kedua nyetir, dan diiringi oleh mobil avanza yang dibawa oleh kakak ayah dan emak. untungnya di hari sebelum lebaran ada bengkel mitsu muara bungo jambi yang buka, dan menjual kaca spion, :big_cry:

Image

setahun pertama ini mobil telah menempuh jarak 65000 KM dengan banya luka perang di bodynya
Image
nyium mobil orang

senggol knalpot motor
Image

dan paling parah adalah kacah belakang pecah tapi udah diganti oleh asuransi dan lua kepoto tuh kacah pecah
tapi ada penyok oleh kejadian lain.. mundur di kandang sapi kena atep kandang
Image dan belum sempat dibawa ke asurans

ditahun kedua yang sekarang ini mobil cuma mampu menambahkan 10000 KM aja dengan total KM
Image

:mky_03: hebatnya mitsu memberikan HL halogennya
osram NBR kayaknya ???????? :big_slap:
Image
kesimpulan :
jadi OPJS EXCEED ini merupakan mobil yang mumpuni untuk jadi mobil perang walau dia cuma 136 hp dan torsi 320 tapi dirasa cukup untuk dalkot dan lukot. overall merasa puas dengan ini SUV, dibandingkan vnt yang lembut ( kebetulan avanza diganti jadi vnt last gen 2015 new )

kekurangannya adalah
1. suspensi keras
2. rattle di tahun kedua semain parah
3. keras lagi suspensinya
4. berisik
5. 4 AT yang pinter tapi pernah [cencored].. kick down mau motong, malah step down ke gear 2. ilanglah momentum tenaganya

kelebihan.
1. RESING
2. HANDLING LEBIH MENDING DARI VNT
3. bagasi lapang
4. kayaknya lebih irit dari VNT

TOP SPEED
140 KPH dan gak berani lebih dari itu.. susah naiknya, dan jalan gak dukung

yang ingin dilakukan
1. ganti rem
2. ganti ban
3. manggil seseorang tukang kobel ke palembang biar RACING :mky_02:
( kalo bisa ganti mobil :mky_03: ) ke ANPS

demikian first review dari nubie... maaf kalo ada kata yang salah.. dan susah dimengerti
Last edited by FMEAKD on Tue Jan 24, 2017 13:23, edited 3 times in total.
uhuk2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Mon Jan 23, 2017 8:20

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by uhuk2 »

Pajero sport 2014 apa benar masih 4speed? Over all thanks udh share cerita menarik ini.
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

uhuk2 wrote: Tue Jan 24, 2017 11:58 Pajero sport 2014 apa benar masih 4speed? Over all thanks udh share cerita menarik ini.
ya benar exceed 2014 masih 4AT bedanya sama dakar di sunroof, gearbox, turbo VGT, gardan LSD dan disckbrake belakang buat DAKAR
User avatar
reyhandikag
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jun 04, 2016 8:56
Location: Depok - Jakarta - Bogor
Daily Vehicle: Vario 125 esp

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by reyhandikag »

Ko foto2nya ga keluar yaa.. :big_cry:

Saya jadi penasaran.. :glodak:
K3-DE G M/T 2005 :frm_tumbleft:
HR15DE SV M/T 2013 :frm_tumbright:
:ngacir:
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by ammophobia »

FMEAKD wrote: Tue Jan 24, 2017 11:50
kandidat pertama
Image
seekor CR-V RM PRESTIGE

ini mobil enak ada sunroof, nanonano e dan transmisi nya yang halus... ditestlah seekor mobil ini, impresi saat akselerasi sih biasa cenderung lemot, dan saat itu fitur yang paling ane senangi adalah PBD yang wow canggih, maklum katro... tapi sayang mesti di coret karena menurut ane ini mobil sempit... what ?????? sempit ??? yaaa.. karena masih kurang besar, dan kakak juga udah pake accord di negara lain jadi dia emoh CR-V
CMIIW, tapi bukannya CR-V baru ada sunroof dan nano-e di facelift 2015 yah? Dan bukannya untuk interior space malah lebih lega CR-V daripada PJS?
FMEAKD wrote: Tue Jan 24, 2017 11:50 5. 4 AT yang pinter tapi pernah [cencored].. kick down mau motong, malah step down ke gear 2. ilanglah momentum tenaganya
CMIIW lagi om, tapi bukannya memang respons yang diharapkan dari kickdown adalah downshift?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

ammophobia wrote: Tue Jan 24, 2017 12:56
FMEAKD wrote: Tue Jan 24, 2017 11:50
kandidat pertama
Image
seekor CR-V RM PRESTIGE

ini mobil enak ada sunroof, nanonano e dan transmisi nya yang halus... ditestlah seekor mobil ini, impresi saat akselerasi sih biasa cenderung lemot, dan saat itu fitur yang paling ane senangi adalah PBD yang wow canggih, maklum katro... tapi sayang mesti di coret karena menurut ane ini mobil sempit... what ?????? sempit ??? yaaa.. karena masih kurang besar, dan kakak juga udah pake accord di negara lain jadi dia emoh CR-V
CMIIW, tapi bukannya CR-V baru ada sunroof dan nano-e di facelift 2015 yah? Dan bukannya untuk interior space malah lebih lega CR-V daripada PJS?
FMEAKD wrote: Tue Jan 24, 2017 11:50 5. 4 AT yang pinter tapi pernah [cencored].. kick down mau motong, malah step down ke gear 2. ilanglah momentum tenaganya
CMIIW lagi om, tapi bukannya memang respons yang diharapkan dari kickdown adalah downshift?
naaah ini yang lupa... RM atau RE soalnya udah lama banget om... mungkin memori keinget waktu yang 2015 :mky_05:

kalo untuk 4AT nya memang kalo kick down pasti downshift.. tapi ini cuma 4 at dan diesel pula yang RPMNYA CUMA 6K ya, ilang lah tenaga tiba" rpmnya gelonjak dari 2000 rpm jadi 4500 RPM... biasanya dia down 1 step aja om.. ke 3... dan tenaga masih ngisi...
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by vp920b »

Baguslah om mobilnya awet.

Dulu saya punya bisa lari 185KM/H hanya modif Downpipe aja sama ganti Eibach Spring.

Abis itu ga lama kemudian(4 bulan setelah beli), mobilnya bermasalah sehingga dibulan ke 6 saya jual..

Wkwkwk..

Mobil yang lumayan tapi karena sy beli batch awal jadi problem..
Sitompul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Feb 07, 2016 4:43

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by Sitompul »

Sama mobil kita Om. Saya juga pakai exceed 2014. Skrng km baru 40rb. Sudah egr suspend dan pakai rcp2. Untuk harian udah lebih dari cukup exceed ini. Dan saya setuju ini mobil termasuk irit. Rute dalkot jakarta bisa dapet 1:10. Sampai saat ini juga masih trouble free. Cuma pernah klaim shock belakang yg bocor sama disc brake bergelombang aja. Btw kalo berkenan boleh share service manualnya. Siapa tau bisa belajar bongkar2 sendiri. Hehehe.
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

vp920b wrote: Tue Jan 24, 2017 13:31 Baguslah om mobilnya awet.

Dulu saya punya bisa lari 185KM/H hanya modif Downpipe aja sama ganti Eibach Spring.

Abis itu ga lama kemudian(4 bulan setelah beli), mobilnya bermasalah sehingga dibulan ke 6 saya jual..

Wkwkwk..

Mobil yang lumayan tapi karena sy beli batch awal jadi problem..
ya om mobil ini awet setelah dilakukan banyak penyiksaan, dan lewat jalan jelek dengan kecepatan 80 kpj, kaki-kaki dan mesin masih sehat.. cuma penyakit rattlenya makinn parah... menurut kuping nubie .. sangat ganggu kalo lewat jalan kriting

kalo masalah di mesin belum ada... kaki paling keras.. dan baru ganti rem set depan belakang, oli matic, dan gardan di KM 40000 .. abis 6.5 di bengkel resmi :mky_05:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by b8099ok »

Sitompul wrote: Tue Jan 24, 2017 19:03 Sama mobil kita Om. Saya juga pakai exceed 2014. Skrng km baru 40rb. Sudah egr suspend dan pakai rcp2. Untuk harian udah lebih dari cukup exceed ini. Dan saya setuju ini mobil termasuk irit. Rute dalkot jakarta bisa dapet 1:10. Sampai saat ini juga masih trouble free. Cuma pernah klaim shock belakang yg bocor sama disc brake bergelombang aja. Btw kalo berkenan boleh share service manualnya. Siapa tau bisa belajar bongkar2 sendiri. Hehehe.
mmc-manuals.ru/manuals/pajero_sport_ii/ ... dex_M1.htm
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

Sitompul wrote: Tue Jan 24, 2017 19:03 Sama mobil kita Om. Saya juga pakai exceed 2014. Skrng km baru 40rb. Sudah egr suspend dan pakai rcp2. Untuk harian udah lebih dari cukup exceed ini. Dan saya setuju ini mobil termasuk irit. Rute dalkot jakarta bisa dapet 1:10. Sampai saat ini juga masih trouble free. Cuma pernah klaim shock belakang yg bocor sama disc brake bergelombang aja. Btw kalo berkenan boleh share service manualnya. Siapa tau bisa belajar bongkar2 sendiri. Hehehe.
penyakit disc bergelombang berdecit .. hahahaha mahal pula gantinya..
sekarang egr suspendya saya lepas dulu om.. dalkot gak begitu ngaruh kerasa juga :big_smile] kalo lukot baru pasang lagi..
BTW rattle gak mobilnya ? kayak mau lepas begitu panel kanan kiri depan belakang ?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

b8099ok wrote: Tue Jan 24, 2017 22:39
Sitompul wrote: Tue Jan 24, 2017 19:03 Sama mobil kita Om. Saya juga pakai exceed 2014. Skrng km baru 40rb. Sudah egr suspend dan pakai rcp2. Untuk harian udah lebih dari cukup exceed ini. Dan saya setuju ini mobil termasuk irit. Rute dalkot jakarta bisa dapet 1:10. Sampai saat ini juga masih trouble free. Cuma pernah klaim shock belakang yg bocor sama disc brake bergelombang aja. Btw kalo berkenan boleh share service manualnya. Siapa tau bisa belajar bongkar2 sendiri. Hehehe.
mmc-manuals.ru/manuals/pajero_sport_ii/ ... dex_M1.htm
herooo :big_love: :big_love: :big_love:

nanti om bisa membuat ini mobil samtjannized :big_love: :big_love:
Jeepcj71982
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Feb 18, 2015 0:10

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by Jeepcj71982 »

Mantap om reviewnya. Saya jg puas pake dakar 2014 kecuali setirnya yg naujubile beratnya untuk di dalam kota. Suspensi setuju keras amit2 tapi emang kompensasinya ketika high speed diatas 100 anteng.

Good choice ketika pilih exceed krn di varian dakar headroom sangat sempit karena ada sunroof. Overall sejauh ini sy jg blm sempet ktm lagi replacement utk yg selevel dengan dakar (fyi sy jg pake VNt 13)

Minusnya lagi adalah, dalam kondisi standart, ketika low speed dibawah 60km, dakar ini sangat lemot kecuali tega utk bejek abis dan akhirnya asap ngebul diblkg (padahal sdh pake dex)
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FMEAKD »

Jeepcj71982 wrote: Wed Jan 25, 2017 2:57 Mantap om reviewnya. Saya jg puas pake dakar 2014 kecuali setirnya yg naujubile beratnya untuk di dalam kota. Suspensi setuju keras amit2 tapi emang kompensasinya ketika high speed diatas 100 anteng.

Good choice ketika pilih exceed krn di varian dakar headroom sangat sempit karena ada sunroof. Overall sejauh ini sy jg blm sempet ktm lagi replacement utk yg selevel dengan dakar (fyi sy jg pake VNt 13)

Minusnya lagi adalah, dalam kondisi standart, ketika low speed dibawah 60km, dakar ini sangat lemot kecuali tega utk bejek abis dan akhirnya asap ngebul diblkg (padahal sdh pake dex)
Ada caranya biar gak ngebul lagi om.. pertama purging, ganti filter bahan bakar, filter udara... sama bersihin turbo.... DIY sendiri pun bisa.. kemaren juga sama cumi.. sekarang ga lagii setelah DIY sendiri
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by anrico17 »

Mau nyana om, isinya solar dex, dexlite ato bensin kopaja, hehe...

Ni mobil pokoknya jangan dibawa ngebut om, kalo std max 165, apalagi belok sambil ngebut, bodyroll najibuleh gile udh kayak kapal pesiar resing.
suspensi rada keras (yang menurut ane sebenernya agak soft), setir berat, rattle dan berisik itu normal sih, orng sebenernya pickup karoseri, ni mobil emang berisiknya juga gile udh kayak truk aja, kalo idle dari 10meter kedengeran sih suaranya 'khas' banget.

Tapi kalo dibawa luar kota, baru kerasa enaknya ni mobil (kata supir juga), irit, kenceng, nyaman (subjektif sih), bisa jalan hampir kemana aja, minum bensin kopaja aman (udh 92.[cencored] km pake bensin kopaja tanpa aditif dari awal dtng ampe skrng masih aman sentosa mesin)
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
Sitompul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Feb 07, 2016 4:43

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by Sitompul »

Makasih banyak Om dibantu manualnya. Cuma saya kok ga bisa buka yah?. Thread doesnt exist. Mungkin saya masih terlalu newbie untuk buka itu yah. Wkwkw
Sitompul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Feb 07, 2016 4:43

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by Sitompul »

FMEAKD wrote: Tue Jan 24, 2017 22:42
Sitompul wrote: Tue Jan 24, 2017 19:03 Sama mobil kita Om. Saya juga pakai exceed 2014. Skrng km baru 40rb. Sudah egr suspend dan pakai rcp2. Untuk harian udah lebih dari cukup exceed ini. Dan saya setuju ini mobil termasuk irit. Rute dalkot jakarta bisa dapet 1:10. Sampai saat ini juga masih trouble free. Cuma pernah klaim shock belakang yg bocor sama disc brake bergelombang aja. Btw kalo berkenan boleh share service manualnya. Siapa tau bisa belajar bongkar2 sendiri. Hehehe.
penyakit disc bergelombang berdecit .. hahahaha mahal pula gantinya..
sekarang egr suspendya saya lepas dulu om.. dalkot gak begitu ngaruh kerasa juga :big_smile] kalo lukot baru pasang lagi..
BTW rattle gak mobilnya ? kayak mau lepas begitu panel kanan kiri depan belakang ?
Wah liat service 40rb di beres abis 6.5jt jadi males masuk beres kyknya. Wkwkw. Mobil saya ga rattle sih paling di bagian head unit ada rattle dikit sama di karet2 pintu aja kalo lewat jalan jelek di karet2 pintunya pada bunyi2. Untuk menjawab yg nanya bbm. Saya dari baru pakai biosolar + aditif crc ga pernah ada masalah. Oh iya saya ganti filter solar per 10rb km. Pernah kemarin ini 1x lagi malas antri coba2 pakai dex. Kerasa banget tarikannya beda sama biosol. Memang mungkin kalau dompet sanggup lebih baik pakai dex sih.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by Pboyz97 »

Nice review oom
Ternyata irit & awet juga PJS Exceed ini, sayang transmisinya masih 4 speed & modelnya sudah mulai terlihat usang semenjak kehadiran ANPS, serta RV yang ga sebagus tipe Dakarnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by b8099ok »

Jeepcj71982 wrote: Wed Jan 25, 2017 2:57 Mantap om reviewnya. Saya jg puas pake dakar 2014 kecuali setirnya yg naujubile beratnya untuk di dalam kota. Suspensi setuju keras amit2 tapi emang kompensasinya ketika high speed diatas 100 anteng.

Good choice ketika pilih exceed krn di varian dakar headroom sangat sempit karena ada sunroof. Overall sejauh ini sy jg blm sempet ktm lagi replacement utk yg selevel dengan dakar (fyi sy jg pake VNt 13)

Minusnya lagi adalah, dalam kondisi standart, ketika low speed dibawah 60km, dakar ini sangat lemot kecuali tega utk bejek abis dan akhirnya asap ngebul diblkg (padahal sdh pake dex)
Lemod low speed range ada obatnya,... Its quite simple,... :ngacir:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by FRD »

sama2 warna putih yak ternyata... :mky_03:
:big_smoking:
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
Daily Vehicle: 2019 Honda Vario 150 - K59J

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by kepo2601 »

FRD wrote: Wed Jan 25, 2017 11:14 sama2 warna putih yak ternyata... :mky_03:
Punya ente apakabar mod? :ngacir:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else

K59J - 2019 Honda Vario 150
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by Nainggolan21 »

Sitompul wrote: Tue Jan 24, 2017 19:03 Sama mobil kita Om. Saya juga pakai exceed 2014. Skrng km baru 40rb. Sudah egr suspend dan pakai rcp2. Untuk harian udah lebih dari cukup exceed ini. Dan saya setuju ini mobil termasuk irit. Rute dalkot jakarta bisa dapet 1:10. Sampai saat ini juga masih trouble free. Cuma pernah klaim shock belakang yg bocor sama disc brake bergelombang aja. Btw kalo berkenan boleh share service manualnya. Siapa tau bisa belajar bongkar2 sendiri. Hehehe.
Mobil2 gede begini emang disk brakenya pada bergelombang ya... apa desainnya kurang mempertimbangkan bobot gajah kendaraan???
Saya baru ganti disk brake depan sepasang habis 4.5juta (tapi VNT).
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by ChZ »

Nainggolan21 wrote: Thu Jan 26, 2017 2:12 Mobil2 gede begini emang disk brakenya pada bergelombang ya... apa desainnya kurang mempertimbangkan bobot gajah kendaraan???
Saya baru ganti disk brake depan sepasang habis 4.5juta (tapi VNT).
Disc brake bergelombang merupakan kasus umum yang bisa saja diakibatkan oleh pemakaian (heavy braking terus menerus apalagi di Indonesia), bahan kampas rem... Faktornya banyak kalau disc bergelombang... Dan saya pikir pabrikan pasti sudah memperhitungkan berapa lama disc brake bisa bertahan...

Solusinya tinggal di slep (bubut)... Relatif murah kalau ini sekitar 300ribuan sepasang... atau ganti kalau sudah tdk bisa di slep (ketebalan piringan mencapai ambang batas).

Mobil - mobil ringan seperti Honda Odyssey dan Honda Civic juga kerap kali ditemui disc nya bergelombang pada masa pemakaian yang relatif sama...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by B064RT »

b8099ok wrote: Wed Jan 25, 2017 10:07
Jeepcj71982 wrote: Wed Jan 25, 2017 2:57 Mantap om reviewnya. Saya jg puas pake dakar 2014 kecuali setirnya yg naujubile beratnya untuk di dalam kota. Suspensi setuju keras amit2 tapi emang kompensasinya ketika high speed diatas 100 anteng.

Good choice ketika pilih exceed krn di varian dakar headroom sangat sempit karena ada sunroof. Overall sejauh ini sy jg blm sempet ktm lagi replacement utk yg selevel dengan dakar (fyi sy jg pake VNt 13)

Minusnya lagi adalah, dalam kondisi standart, ketika low speed dibawah 60km, dakar ini sangat lemot kecuali tega utk bejek abis dan akhirnya asap ngebul diblkg (padahal sdh pake dex)
Lemod low speed range ada obatnya,... Its quite simple,... :ngacir:
Mbahh.... janji make me smile
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: LONG TERM REVIEW OPJS EXCEED 2014

Post by b8099ok »

B064RT wrote: Thu Jan 26, 2017 15:27
b8099ok wrote: Wed Jan 25, 2017 10:07
Jeepcj71982 wrote: Wed Jan 25, 2017 2:57 Mantap om reviewnya. Saya jg puas pake dakar 2014 kecuali setirnya yg naujubile beratnya untuk di dalam kota. Suspensi setuju keras amit2 tapi emang kompensasinya ketika high speed diatas 100 anteng.

Good choice ketika pilih exceed krn di varian dakar headroom sangat sempit karena ada sunroof. Overall sejauh ini sy jg blm sempet ktm lagi replacement utk yg selevel dengan dakar (fyi sy jg pake VNt 13)

Minusnya lagi adalah, dalam kondisi standart, ketika low speed dibawah 60km, dakar ini sangat lemot kecuali tega utk bejek abis dan akhirnya asap ngebul diblkg (padahal sdh pake dex)
Lemod low speed range ada obatnya,... Its quite simple,... :ngacir:
Mbahh.... janji make me smile
Buy dokar/cipeksid,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat: