Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15611
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by ChZ »

vipere wrote: Wed Jan 25, 2017 1:30 berarti toyota musti belajar ama mazda cara bikin 6AT yang gak jedug.hehehe.
Semua merek tepatnya oom... Untuk conventional AT gak ada yang bisa sehalus dan secekatan Mazda...

TBH matik nya BMW 8-Speed aja masih kalah halus
geofreyap wrote: Wed Jan 25, 2017 2:11
Kebetulan dengan CVT, turbo lag menjadi berkurang jauh. Since stdr euro semakin lama semakin ketat, downsized engine size + turbo akan semakin common di masa yg akan datang. Dan CVT adalah solusinya. Atau TC yg slippage-nya sengaja dibikin lebih lama, sperti new focus.

Sayangnya bobot CVT biasanya agak berat. CMIIW
Errr turbo lags are still on... turbo lag itu perkara di engine bukan di tranny... CVT hanya membuat mobil bisa menahan rev di powerband jadi gak kehilangan momen dan dalam range kerja turbo. Kalau rev nya drop ya tetep aja lag. CVT, sangat efektif di mobil yang punya karakteristik flat-torque. contohnya Honda Civic Turbo.

Bobot CVT lebih ringan, oom... Mitsubishi OS CVT dan MT cuma beda 20kg... Roughly the same krn 20kg kayak yang MT dikasih 1 anak kecil doangan. Gak berasa.

Sedangkan konvensional bisa beda 50-70 kg... Komponen di AT biasa jauuuh lebih banyak dibanding CVT. Size nya CVT paling cuma 1/2 nya AT konvensional.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by geofreyap »

ChZ wrote: Wed Jan 25, 2017 2:52 Errr turbo lags are still on... turbo lag itu perkara di engine bukan di tranny... CVT hanya membuat mobil bisa menahan rev di powerband jadi gak kehilangan momen dan dalam range kerja turbo. Kalau rev nya drop ya tetep aja lag. CVT, sangat efektif di mobil yang punya karakteristik flat-torque. contohnya Honda Civic Turbo.

Bobot CVT lebih ringan, oom... Mitsubishi OS CVT dan MT cuma beda 20kg... Roughly the same krn 20kg kayak yang MT dikasih 1 anak kecil doangan. Gak berasa.

Sedangkan konvensional bisa beda 50-70 kg... Komponen di AT biasa jauuuh lebih banyak dibanding CVT. Size nya CVT paling cuma 1/2 nya AT konvensional.
Maksud oe ya itu om, karena CVT, jadi bisa tahan di rpm range kerja turbonya. Kalo geared AT kan harus gradual dari bawah dulu..
Atau kaya focus yg baru, TCnya lama lock up, biar rpm naik dulu ke range kerja turbo nya.
Kalau turbolag ya pasti tetap ada dari mesin. Namanya juga turbo lag, bukan tranny lag.. hehehe...

Oh CVT lebih ringan ya?
Mungkin oe yg salah baca ya. Soalnya yg oe inget, ada mobil yg dulunya Torque converter, trus skrg CVT, jadi lebih berat..

thx anyway :big_smile]
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by adityabp »

Sebentar. Bukannya transmisi CVT pake Torque Converter juga? :big_think:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by billyd1773dz »

adityabp wrote: Wed Jan 25, 2017 7:14 Sebentar. Bukannya transmisi CVT pake Torque Converter juga? :big_think:
Yep.. pake..


Kec few cvt jadul yg pke multiple plate
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Zulfahmi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Jan 25, 2017 13:56

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by Zulfahmi »

CTV bagus sesuai dengan mindset orang Indonesia yang perlu mobil irit
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by bensinsolar »

Ada benarnya turunin biaya produksi bwt long run. Gaq perlu research2 lagi spt dari 4AT,5AT,6AT dst. Tinggal pikir improvementnya aja biar makin durable & gesit. Cocok bwt yang tidak suka ada hentakan di mobil (comfort), karena saya masih suka hentakan cari cvt yg ada paddle shiftnya :mky_01:
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by jalananDOHC »

kata media sebelah, umur transmisi cvt cuma 10tahun .. benarkah?
http://autobild.co.id/Used-Car/Problema ... r-10-Tahun