Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
as subject
makin ke sini makin byk mobil pake CVT, terutama merek2 Jepun
melihat konstruksi CVT vs matic gear, si CVT memang lebih simple / fewer parts
sejak lama ane dah curiga, apakah aplikasi CVT ini sebetulnya utk menurunkan biaya produksi ?
Bagaimana menurut rekan2 ?
makin ke sini makin byk mobil pake CVT, terutama merek2 Jepun
melihat konstruksi CVT vs matic gear, si CVT memang lebih simple / fewer parts
sejak lama ane dah curiga, apakah aplikasi CVT ini sebetulnya utk menurunkan biaya produksi ?
Bagaimana menurut rekan2 ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Mungkin salah satu faktornya nurunin cost produksi, tapi kalo saya secara personal sih ngeliat pake CVT supaya bahan bakar lbh irit terutama buat mobil-mobil yang peruntukannya buat penggunaan dalam kota. Dan kalau tuningnya pas sebenernya enak pake CVT dibanding matic konvensional 4 speed.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Cm utk menaikkan cuan saja koq. Biaya produksi mah haram diturunkan. Liat aja skr krumnya makin berkualitas 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Jika ingin menghemat production cost agar cuan gedhe semua bakal pke AMT...
Wait
They did

Wait
They did

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Menurut saya, tidak....... Tidak mau jawap, karena ngga pake cvt di mobil...cuman pake cvt di Nex..
Sent from my Lenovo A6010 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Lenovo A6010 using Seraya Motor mobile app
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
...karna amt cuma manual yg dipasangin otak tambahan biar bisa pindah gigi sendiri istilahnya 
As long as teknologinya bagus (kyk cvt ini) sih, no problem walaupun tujuannya buat ngurangin biaya produksi juga kalo emg bener...
Somehow walaupun banyak yg hujat tapi ane suka ama CVT ASAL di mobil2 biasa yg emg dr sananya tujuannya untuk dipake harian dan efisien , bukan di mobil2 sport/performance... Irit banget abisnya hahaha
Mobil sehari2 ane (city vtec 05 at yang cvtnya udah geter2 kalo mundur
) irit bgt fc nya sama kaya yg manual (rekor bandung-jkt 50rb, 1:22), cocok buat mahasiswa duit cekak kyk ane yg sekali isi bensin cuma maksimal 50 rebuan... 
Kebayang kalo pake geared 5at kaya di jazz ge8. Boros bgt pasti kyk si jazz yg susah 1:10 dalkot rame
Masalah transmisi CVT boring? Rasa2nya emg cvt rata2 sengaja ditaro di mobil2 yg emg udh boring dari sananya, biar tambah efisien fuel cons na

As long as teknologinya bagus (kyk cvt ini) sih, no problem walaupun tujuannya buat ngurangin biaya produksi juga kalo emg bener...
Somehow walaupun banyak yg hujat tapi ane suka ama CVT ASAL di mobil2 biasa yg emg dr sananya tujuannya untuk dipake harian dan efisien , bukan di mobil2 sport/performance... Irit banget abisnya hahaha

Mobil sehari2 ane (city vtec 05 at yang cvtnya udah geter2 kalo mundur


Kebayang kalo pake geared 5at kaya di jazz ge8. Boros bgt pasti kyk si jazz yg susah 1:10 dalkot rame

Masalah transmisi CVT boring? Rasa2nya emg cvt rata2 sengaja ditaro di mobil2 yg emg udh boring dari sananya, biar tambah efisien fuel cons na

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
CVT buat ngejar efisiensi sekaligus mengoptimalkan kinerja mesin karena bisa mempertahankan peak power terus menerus, dan menurut Discovery Channel CVT adalah contoh yang perfect ketika suatu bagian mesin "berbicara" dengan bagian mesin yang lain...dan ini adalah transmisi yang dilarang total penggunaannya di Formula 1 karena Williams sudah mencoba dan hasilnya jauh lebih baik dari transmisi lainnya pada masanya
trus CVT juga bisa buat heavy duty vehicle, ada satu kendaraan yang berbobot 44 ton dengan mesin diesel yang dapat menghasilkan 1200rpm pakai transmisi dengan basis CVT, memungkinkan mesin ini bisa gerak maju mundur dengan kecepatan 70km/h, suatu hal yang agak sulit dilakukan oleh kendaraan lain sekelasnya..
ini transmisi yang bisa dibilang bisa untuk memeras tenaga mesin dengan sangat optimal tanpa perlu kehilangan momentum/tenaga ketika shifting..mobil turbodiesel saja sekarang ada yang beberapa pakai CVT agar torsi dan tenaga yang keluar bisa bekerja optimal terus menerus
bukan gw ngebelain CVT, gw juga demen dual clutch automatic dan conventional automatic..tapi CVT ini masih suka disangsikan kemampuannya karena bikin mobil lemot..
kalo lemot, cobain aja ada sedan jepang yang dulunya dikasi 5AT 0-100 cuma mentok di 6 detik, begitu dikasi CVT langsung memangkas 1 detik, 0-100 nya jadi 5 detik
trus CVT juga bisa buat heavy duty vehicle, ada satu kendaraan yang berbobot 44 ton dengan mesin diesel yang dapat menghasilkan 1200rpm pakai transmisi dengan basis CVT, memungkinkan mesin ini bisa gerak maju mundur dengan kecepatan 70km/h, suatu hal yang agak sulit dilakukan oleh kendaraan lain sekelasnya..
ini transmisi yang bisa dibilang bisa untuk memeras tenaga mesin dengan sangat optimal tanpa perlu kehilangan momentum/tenaga ketika shifting..mobil turbodiesel saja sekarang ada yang beberapa pakai CVT agar torsi dan tenaga yang keluar bisa bekerja optimal terus menerus
bukan gw ngebelain CVT, gw juga demen dual clutch automatic dan conventional automatic..tapi CVT ini masih suka disangsikan kemampuannya karena bikin mobil lemot..
kalo lemot, cobain aja ada sedan jepang yang dulunya dikasi 5AT 0-100 cuma mentok di 6 detik, begitu dikasi CVT langsung memangkas 1 detik, 0-100 nya jadi 5 detik
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Dugaan TS salah...
CVT ueennnnaaakkkk...halus n kencang
Malah ada oli khusus cvt anti slip merk ke sohor...

CVT ueennnnaaakkkk...halus n kencang
Malah ada oli khusus cvt anti slip merk ke sohor...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
1sasis puluhan model itu yg bner" cost cutting...
(Cth extreme: VAG group)
Gmn" klo mw bikin mobil kan development cost yg paling gede...
Cth di indo: jazz..
DiMelarin jd freed/fit shuttle
Ditinggiin+dimewahin jd hrv
Dikecilin jd brio
Brio
Ditrondoli jd satya
Dimelarin jd lio
Dimelarin + ditinggiin jd brv
Ato jual emblem sm cust service doang... fitur seadanya... itu jg IMO cost cutting yg niat...
Ya emg cvt less parts (ada cost cutting), tp dg risiko customer g suka (droning, boring etc), g bnyk bengkel biasa yg ngerti (cvtf sm atf aja kdg g bs bedain), dan (inherent produk baru) unforeseen flaws, yg klo smpe kejadian (dan trnyt flawnya catastrophic) ya image brand rusak..
(Cth extreme: VAG group)
Gmn" klo mw bikin mobil kan development cost yg paling gede...
Cth di indo: jazz..
DiMelarin jd freed/fit shuttle
Ditinggiin+dimewahin jd hrv
Dikecilin jd brio
Brio
Ditrondoli jd satya
Dimelarin jd lio
Dimelarin + ditinggiin jd brv
Ato jual emblem sm cust service doang... fitur seadanya... itu jg IMO cost cutting yg niat...
Ya emg cvt less parts (ada cost cutting), tp dg risiko customer g suka (droning, boring etc), g bnyk bengkel biasa yg ngerti (cvtf sm atf aja kdg g bs bedain), dan (inherent produk baru) unforeseen flaws, yg klo smpe kejadian (dan trnyt flawnya catastrophic) ya image brand rusak..

-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Salah satunya.
CVT pakai komponen yang jauh lebih simpel dan lebih sedikit dari AT or DCT.
Tapi diluar itu, dengan kerangka berpikir economy, CVT adalah pilihan terbaik. Transmisi dengan rasio variabel yang bisa berubah - ubah sesuai dengan kemauan pengemudi. Meminimalisir kehilangan momen saat berakselerasi. Ketika butuh momen tinggal injak maka CVT akan menyesuaikan ratio.
CVT depicted as lemot... itu tergantung tuning nya. Banyak CVT lock-up nya slow... Jadi berasa selip terus dan gak ada tenaga. Padahal begitu lock-up CVT bisa menjadi killer transmisi AT, DCT, bahkan MT yang bener-bener involving pengemudi.
Plus smoothness karena actually nggak ada perpindahan gigi, jadi untuk masyarakat perkotaan akan lebih cocok CVT dibanding geared... Geared yang nggak refined akan suffer di gear-hunting di perkotaan dan luar kota...
Kombinasi performa terbaik dan efisiensi terbaik ada di transmisi CVT... plus biaya produksi murah dan transmisinya ringan karena compact.
Beda cerita kalau cari fun, CVT sama sekali nggak ada fun factor nya... Tapi beberapa CVT memang ada yang di-set untuk performance contohnya Swift Sport.
Yah yang namanya fun justru terkadang sesuatu yang tidak sempurna...
CVT pakai komponen yang jauh lebih simpel dan lebih sedikit dari AT or DCT.
Tapi diluar itu, dengan kerangka berpikir economy, CVT adalah pilihan terbaik. Transmisi dengan rasio variabel yang bisa berubah - ubah sesuai dengan kemauan pengemudi. Meminimalisir kehilangan momen saat berakselerasi. Ketika butuh momen tinggal injak maka CVT akan menyesuaikan ratio.
CVT depicted as lemot... itu tergantung tuning nya. Banyak CVT lock-up nya slow... Jadi berasa selip terus dan gak ada tenaga. Padahal begitu lock-up CVT bisa menjadi killer transmisi AT, DCT, bahkan MT yang bener-bener involving pengemudi.
Plus smoothness karena actually nggak ada perpindahan gigi, jadi untuk masyarakat perkotaan akan lebih cocok CVT dibanding geared... Geared yang nggak refined akan suffer di gear-hunting di perkotaan dan luar kota...
Kombinasi performa terbaik dan efisiensi terbaik ada di transmisi CVT... plus biaya produksi murah dan transmisinya ringan karena compact.
Beda cerita kalau cari fun, CVT sama sekali nggak ada fun factor nya... Tapi beberapa CVT memang ada yang di-set untuk performance contohnya Swift Sport.
Yah yang namanya fun justru terkadang sesuatu yang tidak sempurna...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Sy sedikit penasaran :
Apa benar biaya overhaul CVT jauh lbh mahal dr AT biasa, jg bagaimana durabilitas CVT dibanding AT biasa?
Sent from my iPhone using Tapatalk
Apa benar biaya overhaul CVT jauh lbh mahal dr AT biasa, jg bagaimana durabilitas CVT dibanding AT biasa?
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Nope. Dan tergantung tingkat kerusakan. Malah kalau dirawat dengan benar, CVT maupun AT nyaris tidak memerlukan overhaul... Perawatan AT dan CVT jauh lebih simpel dibanding MT yang ada ritual ganti kopling...setsuka09 wrote: Sun Jan 22, 2017 3:05 Sy sedikit penasaran :
Apa benar biaya overhaul CVT jauh lbh mahal dr AT biasa, jg bagaimana durabilitas CVT dibanding AT biasa?
Sent from my iPhone using Tapatalk
Durabilitas asal kondisi standar, pemakaian normal dan perawatan jalan, sama-sama aja... Even manual kalau sering disentak-sentak juga tetep aja nggak awet... Intinya : semua mobil itu akan normal kalau dirawat dan dipakai dengan benar.
Tapi kembali lagi ke bagaimana si pabrikan merancang CVT tersebut.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
sebenernya,
kalau cost cutting emang knp?
kalau cost cutting emang knp?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Cost cutting kalau konsumen puas ya gak apa2. Mayoritas orang indonesia cari mobil itu murah, irit, gak ngerepotin, lain2 no sekian...
Nyari "fun to drive" tergantung masing2. Kalau sy fun driving itu kalau jalan gak kayak pasar tumpah, gak khawatir disenggol atau ditabrak motor dari belakang, gak ada penumpang yg ribut dan lasak, jalan gak banyak obstacle, pemandangan luar gak bosenin, gak pegel nyetir, MID gak bikin sakit hati FCnya, gak susah nyari parkir, hehe...
Nyari "fun to drive" tergantung masing2. Kalau sy fun driving itu kalau jalan gak kayak pasar tumpah, gak khawatir disenggol atau ditabrak motor dari belakang, gak ada penumpang yg ribut dan lasak, jalan gak banyak obstacle, pemandangan luar gak bosenin, gak pegel nyetir, MID gak bikin sakit hati FCnya, gak susah nyari parkir, hehe...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
CVT buat cost cutting sih sah2 saja nurut saya, teknologi kan terus berkembang sehingga makin lama kita bisa membuat suatu barang lebih murah ttp menghasilkan hasil yg sama.
CVT juga tidak jelek, dia tidak pelan. Tengok saja civic turbo yg bisa mencatat wkt 7.7 sec utk akselerasi 0-100 kph dalam kondisi standar. Utk penggunaan dalkot sehari2 juga transmisi ini bagus, dia bisa mengoptimalkan kehalusan berkendara serta kehematan bahan bakar dengan sangat baik.
Hanya memang, transmisi ini terasa "soul-less". Transmisi ini tidak pelan, tetapi dia tidak dapat memberi drivernya sensasi berkendara seperti transmisi torque conventer, DCT, apalagi transmisi manual. Mgkn hal ini yg menyebabkan masih banyak orang yg kurang suka dgn cvt, sekalo lagi bkn karena pelan, tapi karena tidak terasa "jiwanya".
Just my 2 cents
CVT juga tidak jelek, dia tidak pelan. Tengok saja civic turbo yg bisa mencatat wkt 7.7 sec utk akselerasi 0-100 kph dalam kondisi standar. Utk penggunaan dalkot sehari2 juga transmisi ini bagus, dia bisa mengoptimalkan kehalusan berkendara serta kehematan bahan bakar dengan sangat baik.
Hanya memang, transmisi ini terasa "soul-less". Transmisi ini tidak pelan, tetapi dia tidak dapat memberi drivernya sensasi berkendara seperti transmisi torque conventer, DCT, apalagi transmisi manual. Mgkn hal ini yg menyebabkan masih banyak orang yg kurang suka dgn cvt, sekalo lagi bkn karena pelan, tapi karena tidak terasa "jiwanya".
Just my 2 cents
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Kayaknya ke depannya nanti CVT utk mesin2 High Power / High performance bentuknya busa jadi bukan belt baja dan puli
Tapi kombinasi gear2 dan Pompa Hidrolik
contoh kayak di traktor CASE IH
juga ada CVT buatan AGCO
itu traktor CASE IH roda nya guede bener, sekali narik equipment kebun juga towing capacity kayaknya di atas 10 ton
Liat CVT nya mah edaaannnn........kayak 2 matic gear disatukan + hydraulic pumps
Cuman pasti CVT spt ini mahal sekali
wkwkwkwkkwkw
Tapi kombinasi gear2 dan Pompa Hidrolik
contoh kayak di traktor CASE IH
juga ada CVT buatan AGCO
itu traktor CASE IH roda nya guede bener, sekali narik equipment kebun juga towing capacity kayaknya di atas 10 ton
Liat CVT nya mah edaaannnn........kayak 2 matic gear disatukan + hydraulic pumps
Cuman pasti CVT spt ini mahal sekali
wkwkwkwkkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Cost cutting itu wajar di mobil-mobil jaman skrg... biaya bahan baku makin mahal... Tenaga kerja mahal... Sekarang dikasih low MPV harga 200juta aja pada teriak-teriak... Ga mikirin tuh dealer-dealer dapet keuntungan dan gaji karyawan gmn? Buruh ga skolah aja minta gaji 3juta... Namanya bisnis ya harus ada cuan tetep...Ichtyophile wrote: Sun Jan 22, 2017 3:58 Cost cutting kalau konsumen puas ya gak apa2. Mayoritas orang indonesia cari mobil itu murah, irit, gak ngerepotin, lain2 no sekian...
Nyari "fun to drive" tergantung masing2. Kalau sy fun driving itu kalau jalan gak kayak pasar tumpah, gak khawatir disenggol atau ditabrak motor dari belakang, gak ada penumpang yg ribut dan lasak, jalan gak banyak obstacle, pemandangan luar gak bosenin, gak pegel nyetir, MID gak bikin sakit hati FCnya, gak susah nyari parkir, hehe...
Tokh profit dari cost cutting tersebut pada akhirnya juga akan balik ke konsumen... dalam bentuk apa? Produk yang lebih berkualitas, aftersales service... Cost cutting itu hal yang baik... Selama cost cutting nya bukan bagian yang krusial misal safety.
Hahaha... betul... se-fun apapun mobil kalo jalannya macet dipotongin motor-motor gak sadar diri... mau naik mobil apapun tetep setres... setres mikirin tar dia nyenggol gmn... wkwkwkw.. Masalahnya klw motor nyenggol kita yg salah euy... Disuruh ganti rugi ga mau... Malah biasa ujungnya kita yang ganti rugi karena kalah set dikeroyokin bikers lain... drpd badan bonyok mending ngalah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Klo ada belt high torque keknya enak nih,... Tinggal tega gak denger mesin di rpm peak torque terus,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
CVT? salah satu tranny yg di anak tirikan ya menurut saya.... apalagi setelah salah satu media melakukan "brainwash" kalau CVT itu jelek, apa salahnya sih? tranny irit gitu.... semua udh dijelasin ama bro haristk7 dan satu lagi.... coba liat bocah2 drag, motornya mio korekan semua 

2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
fizrmen wrote: Sun Jan 22, 2017 5:00 CVT? salah satu tranny yg di anak tirikan ya menurut saya.... apalagi setelah salah satu media melakukan "brainwash" kalau CVT itu jelek, apa salahnya sih? tranny irit gitu.... semua udh dijelasin ama bro haristk7 dan satu lagi.... coba liat bocah2 drag, motornya mio korekan semua![]()



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
ANPS cvt bakal seru tuh mbahb8099ok wrote: Sun Jan 22, 2017 5:00 Klo ada belt high torque keknya enak nih,... Tinggal tega gak denger mesin di rpm peak torque terus,...



2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Bisa dibilang gitu sih, krn kalo komponen makin dikit / simpel biasanya biaya produksi berkurang krn bahan yang dipake berkurang, tapi CVT kan tranmisi yang dari awal dibuat untuk effecient driving, bukan effecient transmision production
Dri dulu baca baca di internet (termasuk di sini) ktny CVT tuh jelek, dri dulu kepikiran gt terus ampe punya mobil yng pake CVT, it aint so bad, emang sih pertama agak aneh, tapi sebenernya ni transmisi kalo soal efesiensi lebih bagus drpd torque converter, kenceng sih kenceng, cuma feelnya aja gk dapet krn ngggguuuuuunnnggg melulu kalo injek gas, kalo transmisi biasa kan rasanya lebih nendang, jadi berasa lebih kenceng, walau sebenernnya mirip mirip aslinya. Mobil ane 1:11 bisa dapet dalkot kalo nyetirnya bener (dan gk macet parah), bahkan pas lebaran dalkot 1:13.x (krn sepi), di tol bahkan bisa 1:20, gw gk yakin mobil AT torque converter 1500cc bisa segitu...
Dri dulu baca baca di internet (termasuk di sini) ktny CVT tuh jelek, dri dulu kepikiran gt terus ampe punya mobil yng pake CVT, it aint so bad, emang sih pertama agak aneh, tapi sebenernya ni transmisi kalo soal efesiensi lebih bagus drpd torque converter, kenceng sih kenceng, cuma feelnya aja gk dapet krn ngggguuuuuunnnggg melulu kalo injek gas, kalo transmisi biasa kan rasanya lebih nendang, jadi berasa lebih kenceng, walau sebenernnya mirip mirip aslinya. Mobil ane 1:11 bisa dapet dalkot kalo nyetirnya bener (dan gk macet parah), bahkan pas lebaran dalkot 1:13.x (krn sepi), di tol bahkan bisa 1:20, gw gk yakin mobil AT torque converter 1500cc bisa segitu...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Cvt nggak jelek kok...
Loss power due to transmission lebih minim, gak ada drop rpm krn shifting, jd lebih efisien.
Pernah baca, F1 dulu ada yg pakai cvt, trus dilarang.
Tank pakai hidraulic cvt. Thorodial cvt dipakai untuk engine high torque.
Apa cost production teknologi diatas lebih efisien vs geared auto trans?Sepertinya tidak.
Nah, kalau belt cvt, ya gitu deh.
Durability vs geared AT, hmmm...
Subjective, masih hands off dari gear cvt.
Loss power due to transmission lebih minim, gak ada drop rpm krn shifting, jd lebih efisien.
Pernah baca, F1 dulu ada yg pakai cvt, trus dilarang.
Tank pakai hidraulic cvt. Thorodial cvt dipakai untuk engine high torque.
Apa cost production teknologi diatas lebih efisien vs geared auto trans?Sepertinya tidak.
Nah, kalau belt cvt, ya gitu deh.
Durability vs geared AT, hmmm...
Subjective, masih hands off dari gear cvt.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Nu Vinci CVP
Konon bisa utk high torque application
Nggak pake Belt
Konon bisa utk high torque application
Nggak pake Belt
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?
Hydrostatic Trans
* Bukan ajakan Beli *