Honda Mobilio Facelift 2017
Diluncurkan pada awal januari 2017, sekaligus menjadi produk pembuka HPM di tahun 2017 ini, Honda mobilio mengalami pembahruan dibagian depan yang membuatnya terlihat lebih kekinian & agresif daripada sebelumnya. Honda mobilio FL ditawarkan dalam 5 varian yaitu S MT , E (MT & CVT) & RS (MT & CVT), dengan kisaran harga mulai dari 189 - 243 jt rupiah OTR Jakarta. Mobilio FL ini mengalami beberapa ubahan diantaranya:
- Desain bodi yang menggunakan bahasa design kekinian honda "Solid Wing Face" yang membuatnya terlihat lebih modern
- Desain Velg baru
- Fitur Auto AC untuk varian RS
- HU baru untuk tipe E & RS
- VSC & HSA untuk tipe RS CVT
- Dual airbag & ABS Untuk semua tipenya
- Jok yang berganti menjadi model yang terpisah dengan headrest
- Improvement pada jok yang diklaim lebih tebal daripada sebelumnya
- Tambahan 6 speaker & pembahruan audio pada tipe RS.
Intro:
Pada tanggal 18 januari kemarin, saya mendatangi dealer ahond di kawasan jaktim untuk TD HRV , sebagai salah satu kandidat pengganti GE tua saya, namun sayangnya salesnya bilang kalo unit TD lagi dipake keluar kota, sehingga ga bisa TD pada hari itu

1. Exterior
Perubahan drastis mobilio FL ini terjadi pada exteriornya, terutama bagian depannya
Tapak depan

Terlihat sangat ganteng, jauh membaik dibanding sebelumnya& lebih nyambung sama bagian belakangnya , mengingatkan saya pada muka Civic turbo & City GM5 FL


Tapak samping

Ga jauh beda dari sebelumnya ,tapi terlihat lebih proporsional daripada sebelumnya , walaupun masih belum bisa mengimbangi GN Avanza & Veloz
menurut saya, serta plat bodi yang masih sama tipisnya dengan yang lama (terbukti dengan buka tutup pintunya yang masih agak kaleng & plat bodi yang mudah penyok ketika ditekan, terutama di bagian pintu belakang


Tapak belakang

Ga ada perubahan yang kentara dari versi sebelumnya , penempatan refelektornya cukup proporsional & nyambung sama keseluruhan desain bokongnya, lebih baik daripada Avanza & Ertiga yang kaya tempelan serta ga nyambung sama bagian belakangnya.
Score 7/10, perubahan yang lumayan jauh daripada sebelumnya, membuatnya kini terlihat lebih futuristik & agresif daripada sebelumnya, sekilas seperti Stream RSZ versi pahe

2. Interior
Desain interiornya ga mengalami perubahan signifikan daripada sebelumnya
Dashboard



Desainnya cukup baik,jauh membaik daripada mobilio batch awal yang sangat kental nuansa LCGCnya, namun, ada yang mengganjal disini, ini tipe E kan? bukan tipe S, kok ga ada tombol audio disetir & HU Touchscreen kaya di tipe E CVT??, apa beda ya fiturnya E MT & CVT

Sayang ada sedikit yang mengganjal & merusak keindahan desain interiornya, yaitu BQ yang masih sama jeleknya dengan yang lama, plastik dashboard mobilio terkesan ringkih & murahan begitu diketuk, serta masih goyang sedikit ketika diditekan terutama bagian depan, menandakan bahwa kualitas interior serta fit n finish mobilio masih kurang solid, hmmm lagi2 mobilio kalah dari avanza dalam soal BQ, walaupun material plastiknya mirip2 sama avanza

Untungnya mobilio akhirnya mendapat jok dengan model terpisah dengan headrest, sehingga bisa diatur ketinggiannya sesuai dengan ketinggian badan & posisi nyetir kita

Bagasi& bangku baris ke2


Ga ada perubahan dari versi sebelumnya, mobilio tetap mempunyai bangku baris ke 2 &3 yang terlega dikelasnya + bagasi yang terluas juga dikelasnya



Doortrim


Desainnya cukup baik, sayang pemilihan warna beige di bagian atas & black pada bagian console terkesan tabrakan & ga nyambung dengan keseluruhan interiornya, ditambah lagi dengan penggunaan material plastik yang terkesan ringkih & kopong duhh!!


Instrument cluster

Cluster mobilio FL ini cukup modern, mirip dengan punya BRV Tipe S, ga kampungan kaya mobilio batch awal yang kaya tempelan indiglow alay
Glovebox

Berukuran cukup besar sehingga dapat menyimpan barang dalam jumlah besar, serta panelgapnya jauh lebih manusiawi dibanding versi batch awal panelgapnya yang segede gaban macam "grand canyon" itu

Score 6/10, desain interior cukup baik, paling lega , paling luas & cukup practical dikelasnya, namun masih membutuhkan improvement disektor BQ & kualitas pengerjaannya
3. Fitur
Mobilio E ini dilengkapi dengan dual airbag & ABS sebagai standar, tapi belum mendapat VSC & HSA seperti di tipe RS, juga belum dilengkapi dengan auto AC seperti di tipe RS.
Skor 8/10, fitur cukup lengkap untuk kelasnya & ada improvement dari sebelumnya , terutama fitur safetynya which is pertama dikelasnya yang menerapkan VSC & HSA sebagai standar walaupun cuma di tipe RS CVT aja

4. Engine
Bagian terburuk pada mobilio FL ini ada bagian ini, tapi bukan di enginenya lho, mungkin anda bisa menilai sendiri bedasarkan foto2 berikut ini
Engine Bay






Mobilio dilengkapi dengan engine L15 Z1 bertenaga 118 HP & torsi 145NM , dengan transmisi 5 speed manual & CVT, which is paling bertenaga dikelasnya, serta punya peforma & handling yang terbaik dikelasnya, belum lagi transmisi CVTnya merupakan yang terbaik juga dikelasnya






Skor : 5,5/10 , mesinnya punya potensi yang luar biasa, sayang BQ & Fit n finish engine baynya PR banget deh buat Ahond
Oh iya ,buat yang bertanya apakah "hidden storage" pada mobilio lama masih ada di mobilio FL ini, jawabannya adalah
Voilaaaa

Ternyata masih adaaa, yaampun, amburadul banget lah attention to detail , BQ & Fit n finish mobil ini

Conclusion
Mobilio merupakan mobil yang punya potensi yang luar biasa, dia paling kenceng, peformanya & handling paling oke, mesin paling bertenaga ,transmisi terbaik dikelasnya , belum lagi mobil ini paling praktis , paling lega & paling luas dikelasnya , serta penambahan fitur VSC & HSA pada tipe RS Menjadi nilai tambah buat mobil ini dibanding lawan2nya, serta improvement pada desain depannya menjadikan mobil ini lebih ganteng daripada sebelumnya, sayang BQ & Kualitas pengerjaan mobil ini masih menjadi PR besar bagi honda saat ini , andai saja honda mau meningkatkan bq mobil ini, maka mobil ini akan menjadi mobil yang paling value for money & mendekati sempurna dikelasnya.
Still pick GN Veloz 1.5 M/T in the same class & price range.
Pros:
- Desain exteiror & Interior
- Fitur lengkap
- VSC & HSA
- Desain jok sudah improve
- Best peformance , handling & transmission on it's class
- mesin paling bertenaga dikelasnya
- Bagasi paling luas dikelasnya
- Bangku baris ke2&3 paling lega dikelasnya
- Cukup practical karena tempat penyimpanan banyak
Cons:
- Bad noise insulation
- Rubbish built quality
- Bodi masih sama tipisnya kaya yang lama
- Jok masih sama tipisnya dengan yang lama
Sekian first impression saya ini , maaf kalo ada kesalahan