ini adalah review ke 2 saya
kali ini saya akan mereview motor saya
yaitu yamaha jupiter mx king
saya melakukan review ini tak lupa berterima kasih kepada om victor777 yang melakukan review xabrenya sehingga memberikan saya inspirasi untuk review sepeda motor di sm
1. Exterior

hmmm
pertama lihat kelihatan tidak proposional
antara body depan dengan ban depan yang terasa kekecilan

namun makin lama lihat makin suka
lama2 terlihat cakep juga ini motor
desain depan masih khas mx, dengan drl yang menjadi signaturenya mx king, dengan lampu halogen dan desain depan yang menunjukkan ini mx yang baru

entah kenapa saya lebih demen lampu motor ini daripada model supra gtr (is it toyota? is it nissan? no its a Honda

lalu pindah ke bagian belakangnya

hmmm
keren
lampu belakang ala moge dipadu dengan spakbor yang juga ala moge dengan sein terpisah
lalu dihias dengan lampu plat nomor, tidak seperti normalnya bebek yang lampu plat nomor digabung dengan lampu belakang
tak lupa knalpot yang cukup gagah, velg yang desainnya cukup gagah pula

dari samping, nah ini kelihatan jeleknya, desain depan yang gambot, namun belakang ramping, jadi kurang proposional menurut saya.
namun ada 1 kekurangan, yaitu build qualitinya kurang, khas motor bebek, namun seharusnya masih bisa di improve, salah satunya adalah gap antar panel yang tidak merata.
2. Panel instrumen dan fitur
oke, inilah menurut saya yang menjadi keunggulang mx king dibanding rivalnya, bahkan di bandingkan dengan motor sekelas ayago pun masih unggul mx king menurut saya
pertama speedometernya

desainnya cukup oke
ada tachometer analog dan speedometer digital
dan ada mid, inilah yang spesial dari mx king, midnya berisi fuel cons (average dan real time) bisa disetel satuannya, mau l/100km atau km/l, average speed, tripmeter a dan b, dan odometer, luar biasa lengkap

bahkan motor ini bisa menyapa anda ketika speedometernya dinyalakan, antara hi buddy(bisa diganti dengan nama anda), dan ready to go
fitur2 selengkap ini tidak ada di motor manapun dengan harga sekitar 20 jutaan

tapi tentu saja ada kekurangannya dari speedometer ini, yaitu kalau siang lampu speedonya kurang terang, dan kaca speedometernya sangat mudah baret
lalu pada batch awal banyak yang mengeluhkan rusaknya speedometer setelah menerjang hujan deras dan dicuci

untunglah yamaha tanggap sehingga pada batch2 berikutnya sudah tidak ada masalah serupa (motor saya bulan oktober 2015 sudah tidak ada masalah ini).
lalu fitur2 yang menarik adalah selain lampu belakang yang sudah led, dan drl depan, ada juga footstep depan yang bisa di lipat, nice one yamaha.

sialnya karena desain "nanggung" seperti ini, meskipun motor ini pada bagasinya sudah cukup rapi dengan karet2 yang menutupi tangki dan aki, namun bagasinya sangat sempit, hanya cukup untuk 1 jas hujan "batman" dengan metode pelipatan yang menggunakan semua space bagasi, dari atas box filter udara hingga ke atas tempat perkakas, secara harafiah semua tempat dibawah jok dipakai untuk jas hujan.

3. performance
untuk performa
yamaha mx king ini dibekali mesin 150 cc silinder tunggal, posisi tegak. naik 15 cc dari generasi sebelumnya
powernya sekarang menjadi 15hp pada 8500rpm dan torsinya 13,8 nm pada 7000rpm, perlu di ingat ini angka klaim pabrikan dan on crank, bukan on wheel

lanjut bawa motor ini ke jalan
nyalakan mesin dan terdengar suara mesin seperti vixion, khas motor laki cc 150

namun kalau di rev suara khas mx masih terdengar.
tenaga putaran bawahnya cukup, meskipun tidak bisa di bilang besar namun cukup
rpm tinggi tenaganya masih mengisi terus sampai sudah mulai terasa kehilangan tenaga pada rpm 9000an ke atas. oiya motor ini di set limiternya pada 10000rpm.
lalu bawa untuk akselerasi, rasanya cukup menjambak pada gigi 1 , pindah ke gigi 2 terasa ada tendangan tenaga, ban depan sedikit wheelie


hmmm untuk bersantai motor ini ternyata cukup jinak, tidak ada rasa2 seperti terkekang, cukup lah bisa buat santai bisa buat ngebut kalau kebelet boker.

dan remnya, rem depan dengan cakram 1 piston, rem belakang cakram 1 piston, rasanya sangat pakem menurut saya, terutama rem belakangnya sangat pakem, terasa lebih pakem daripada rem depannya. untuk urusan rem saya acungi jempol

bahan bakar pun cukup irit, dengan melihat mid saya bisa mendapat 1:38, rata2 mid ini dari penggunaan sejak baru hingga sekarang, jadi sendiri, boncengan, santai, ngebut, segitulah konsumsi bbmnya, cukuplah untuk motor cc segini.
namun ada kendalanya, yaitu panasnya kalau macet, dan ketika masih inreyen menggunakan oli asli yamaha, suara klep ketika mesin panas sangat terdengar, terasa kasar sekali mesinnya.

lalu handlingnya masih terasa lincah khas bebek, radius putarnya cukup kecil, buat luar kota pun juga terasa tidak terlalu capek, hanya saja ketika dibawa kecepatan 60-70 kph terasa getar di stang, menurut yamaha ini karena bannya

4. kesimpulan
yah pada akhir review saya ini akan saya ambil kesimpulan, menurut saya yamaha mx king ini sangat worth untuk motor seharga 20an juta, dan saran saya jangan ambil mx 150 biasa, percuma nanti juga kecewa, sunatan di mid, drl, sein lebih melingkar, lampu depan bohlam model motor biasa, yang ada ntar cuma kecewa aja kenapa gak ambil mx king sekalian.

namun entah kenapa saya kurang cocok dengan assnya yamaha, servis mereka terhadap motor customer kurang bagus, sampai2 saya trauma untuk ke beres yamaha.

pros:
1. model cukup keren
2. mesin cukup bertenaga
3. buat dalam kota cukup lincah
4. konsumsi bahan bakar relatif irit
cons
1. bagasi sempit
2. build quality so so
3. ass yamaha kurang memuaskan
4. desain depan belakangnya kurang proposional
akhir kata sekian review saya yang masih berantakan ini
jika ada kata2 yang kurang berkenan saya mohon maaf sebesar2nya