Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
as subject
Kadang kita pakai suatu mobil nggak merasakan suatu problema, padahal mungkin sebetulnya ada TSB utk mobil yg kita pakai karena banyak complain report dr user lain dan problema hanya terjadi pada sebagian user
Sebetulnya jika suatu TSB terbit (katakan utk mobil X), maka sebetulnya siapa saja yang menggunakan mobil tsb berhak mendapat perbaikan / penggantian parts sesuai yg tertera pada TSB
Jadi sebetulnya kita2 sebagai pengguna mobil gak ada salahnya utk menanyakan secara berkala ke BeRes mengenai TSB utk mobil yg kita pakai, jika mobil gak ada masalah boleh tanya setahun sekali, siapa tahu ada terbit TSB baru dan kita berhak utk mendapat perbaikan / penggantian for FREE.
Jika melihat dari data di NHTSA, mobil modern makin ke sini dimana perlengkapan safety & elektronik makin banyak / makin banyak sensor dll, secara umum boleh dbilang mayoritas / hampir semua mobil yg beredar di dunia saat ini ada TSB nya (mau di negara maju / berkembang), hanya beda2 waktunya, mungkin ada yg setahun pertama sudah ada, atau ada juga yg baru terbit di tahun ke 2 / ke 3 / ke 4 baru ada TSB nya.
Jika menilik tentang TSB ini, bisa kita simpulkan bahwa membeli mobil di luar APM resmi resiko-nya cukup besar.
http://www.consumerreports.org/cro/news ... /index.htm
salam konsumen kritis
Kadang kita pakai suatu mobil nggak merasakan suatu problema, padahal mungkin sebetulnya ada TSB utk mobil yg kita pakai karena banyak complain report dr user lain dan problema hanya terjadi pada sebagian user
Sebetulnya jika suatu TSB terbit (katakan utk mobil X), maka sebetulnya siapa saja yang menggunakan mobil tsb berhak mendapat perbaikan / penggantian parts sesuai yg tertera pada TSB
Jadi sebetulnya kita2 sebagai pengguna mobil gak ada salahnya utk menanyakan secara berkala ke BeRes mengenai TSB utk mobil yg kita pakai, jika mobil gak ada masalah boleh tanya setahun sekali, siapa tahu ada terbit TSB baru dan kita berhak utk mendapat perbaikan / penggantian for FREE.
Jika melihat dari data di NHTSA, mobil modern makin ke sini dimana perlengkapan safety & elektronik makin banyak / makin banyak sensor dll, secara umum boleh dbilang mayoritas / hampir semua mobil yg beredar di dunia saat ini ada TSB nya (mau di negara maju / berkembang), hanya beda2 waktunya, mungkin ada yg setahun pertama sudah ada, atau ada juga yg baru terbit di tahun ke 2 / ke 3 / ke 4 baru ada TSB nya.
Jika menilik tentang TSB ini, bisa kita simpulkan bahwa membeli mobil di luar APM resmi resiko-nya cukup besar.
http://www.consumerreports.org/cro/news ... /index.htm
salam konsumen kritis
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
TSB klo mpord dpt dr websitenya (register via vin). Merk lain keknya ga ada.
TSB ada yg disebar ke owners dan ada yg cm sampe ke workshop doank.
Kadang ada yg silent recall gak disebar TSBnya. Klo menyangkut safety baru deh di sebar ke owner.
Indo jarang dpt krn konsumennya,...
Kurang edukasi,...
TSB ada yg disebar ke owners dan ada yg cm sampe ke workshop doank.
Kadang ada yg silent recall gak disebar TSBnya. Klo menyangkut safety baru deh di sebar ke owner.
Indo jarang dpt krn konsumennya,...
Kurang edukasi,...

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Yuk kita mulai
gerakan pemilik mobil paham TSB
gerakan pemilik mobil paham TSB
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
bisa dapat dari mana kita tsb itu oom yang resmi? apa semua website pabrikan menyediakan, atau via nhtsa, terus kalo kita klaim berdasarkan tsb nhtsa, apakah dilayani ya? biasa jawaban atpm sini kan, produk beda, dll dll
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Iya tuh, yg sering di bc klo ada beginian
Beda product....dg yg diluaran
...duh
Beda product....dg yg diluaran
...duh

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
ya omniubi wrote:bisa dapat dari mana kita tsb itu oom yang resmi? apa semua website pabrikan menyediakan, atau via nhtsa, terus kalo kita klaim berdasarkan tsb nhtsa, apakah dilayani ya? biasa jawaban atpm sini kan, produk beda, dll dll
ane juga survey, terutama utk produk Toyo
ada hopeng pakai Tucson 2013, dia udah nemuin kalo di US ada bbrp TSB perbaikan tertentu, skg dia lagi coba urus ke bkl H miring
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Ini 1 contoh aneka TSB utk CRV RE dan CRV gen.2 di US
http://www.hondaproblems.com/tsbs/CR-V/2007/
monggo liat ampe bawah
sampe kopling magnet AC aja mrk akuin itu ada cacat
surprise yah
http://www.hondaproblems.com/tsbs/CR-V/2007/
monggo liat ampe bawah
sampe kopling magnet AC aja mrk akuin itu ada cacat
surprise yah
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
info berharga. tapi masalahnya ini indonesia, you know laah.....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Hahahahaha ternyata memang cacat ya... Ga heran sih banyak CR-V ACnya trobel.Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 14:55 Ini 1 contoh aneka TSB utk CRV RE dan CRV gen.2 di US
http://www.hondaproblems.com/tsbs/CR-V/2007/
monggo liat ampe bawah
sampe kopling magnet AC aja mrk akuin itu ada cacat
surprise yah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
TSB bisa diakses dealer resmi. Utk webnya yg ane tau cm =
1. Boyota = techinfo.toyota.com
2. Ahong = techinfo.honda.com
3. GM = www.gme-infotech.com
4. VW = erwin.vw.com
5. Mpord = motorcraftservice.com
6. Mitsubisi = [cencored].com
7. Mazda = mazdaserviceinfo.com & 1 lg yg jepangan ga tau. Hrs tanya modcing.
Semuanya berbayar. Baik utk registrasi dan subscription tahunannya. Krn yg dibeli itu mobilnya, bukan technology yg tertanam didalamnya. Cm sekedar hak sewa/hak pakai saja. Pdhl kluar duid wkwkwk
1. Boyota = techinfo.toyota.com
2. Ahong = techinfo.honda.com
3. GM = www.gme-infotech.com
4. VW = erwin.vw.com
5. Mpord = motorcraftservice.com
6. Mitsubisi = [cencored].com
7. Mazda = mazdaserviceinfo.com & 1 lg yg jepangan ga tau. Hrs tanya modcing.
Semuanya berbayar. Baik utk registrasi dan subscription tahunannya. Krn yg dibeli itu mobilnya, bukan technology yg tertanam didalamnya. Cm sekedar hak sewa/hak pakai saja. Pdhl kluar duid wkwkwk
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Ngomongin TSB, Kepala bengkel aja belon tentu tau ada TSB.
Kan seringkali jurus mereka kalau kita terlalu banyak nanya2, dijawab "untuk konsumsi internal".
Ini jawaban real dari Kepala Bengkel Nasmoco Semarang, ketika saya nanya2 info tentang hal yang berhubungan dengan ANF ANKI.
Kalau customer aja ga boleh tau perbaikan apa saja yang dilakukan, dan cuma disuruh percaya buta kepada bengkel resmi, namanya ibarat beli kucing dalam karung.....
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
Kan seringkali jurus mereka kalau kita terlalu banyak nanya2, dijawab "untuk konsumsi internal".
Ini jawaban real dari Kepala Bengkel Nasmoco Semarang, ketika saya nanya2 info tentang hal yang berhubungan dengan ANF ANKI.
Kalau customer aja ga boleh tau perbaikan apa saja yang dilakukan, dan cuma disuruh percaya buta kepada bengkel resmi, namanya ibarat beli kucing dalam karung.....
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
Kalo di US yg sering baca mesin toyota 2AZ dapet TSB desain ring piston salah apa gmn gitu jadi mesin boros oli
Udah banyak yg kena terutama scion tc
Btw pernah baca di modcom ada harrier 2.4 2004 & camry xv30 2.4 2005 lampu oli nyala dan berujung mesin rusak entah ada hubungannya dgn TSB di amerika ini atau ngga
Copas dari wiki :
"There have been complaints of this engine "burning oil" in North America with the issue starting after 45k miles, though mostly after 60k-75k miles. Piston ring design has been identified as a problem. Toyota has even issued a TSB (Technical service bulletin) TSB #0094-11 in August 2011 but have refused to issue general recall"
Udah banyak yg kena terutama scion tc
Btw pernah baca di modcom ada harrier 2.4 2004 & camry xv30 2.4 2005 lampu oli nyala dan berujung mesin rusak entah ada hubungannya dgn TSB di amerika ini atau ngga
Copas dari wiki :
"There have been complaints of this engine "burning oil" in North America with the issue starting after 45k miles, though mostly after 60k-75k miles. Piston ring design has been identified as a problem. Toyota has even issued a TSB (Technical service bulletin) TSB #0094-11 in August 2011 but have refused to issue general recall"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
kalo memang cacat, apakah pernah ada recall om..??Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 14:55 Ini 1 contoh aneka TSB utk CRV RE dan CRV gen.2 di US
http://www.hondaproblems.com/tsbs/CR-V/2007/
monggo liat ampe bawah
sampe kopling magnet AC aja mrk akuin itu ada cacat
surprise yah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Technical Service Bulletin (TSB) dan hak konsumen (berlaku semua merek)
btw, TSB nya suzuki dimana yak..??