Berhubung mobil ini sedang ramai... sepertinya ane perlu membuat impresi awalnya...
Yak tidak lain dan tidak bukan... 2017 Honda Mobilio Facelift.
=======================
13 Januari 2017... Friday the 13th...
Mall Ciputra World menjadi saksi peluncuran sebuah edisi penyegaran dari MPV Honda yang cukup fenomenal... Peluncuran sebenarnya pukul 1 siang menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Tapi krn ane baru pulang kerja jam 5 jadi ane baru sempat mampir jam 7 malam, sekalian jalan-jalan dan cari makan malem.

Well, ane cukup kaget krn booth nya Honda sepi dan kecil sekali... Mobilio nya sendiri malah cuma 2 tipe (E CVT dan RS M/T, RS CVT yang diunggulkan malah gak ada


Dan yang rame malah stand nya Anne Avantie...


Yang tidak akan pernah terlupakan dari launching sebuah mobil terutama Honda.... tentu saja para penjaga-penjaganya...

Kembali ke Mobilio, kenapa ane sangat excited dengan Mobilio facelift ini ?
Karena di Mobilio Facelift ini Honda kembali melakukan terobosan dengan menjadi yang pertama di kelasnya memberikan fitur keselamatan terlengkap... dan bukti bahwa Honda mendengarkan hujatan demi hujatan para reviewer dan konsumen yang gak suka dengan muka depan Mobilio


Mukanya itu loh... Kenapa sih harus culun begitu

Honestly ane selalu menganggap Mobilio itu LMPV yang terbaik (ya ya ya habis ini bakal banyak tuduhan ane fenboi garis keras)... terutama setelah dash-lift. Secara ride, pengendalian, dan performance dia paling stand out di antara rivalnya... But honestly again... I can't stand the Brio face...


Well OK... Let's begin...
==============================
Exterior
Mengadopsi corporate identity terbaru Honda dengan mengikuti wajah dari Civic FC dan Accord, Mobilio ikut-ikutan punya tampang seperti ikan hiu (mungkin habis ini yang terkenal dengan istilah "hiu" malah Honda, bukan Mitsubishi lagi)...
Type E CVT

Mohon jangan salah fokus....


Type RS M/T


Lampu depan dari model bulat berubah menjadi memanjang ke samping. Menyatu harmonis dengan grill nya yang membentuk seperti alis, dan lampu posisi di bagian bawah yang menyerupai BR-V. Bahkan seekor All New Grand Livina pun serasa tidak layak menyandang nama "all new" jika dibandingkan dengan ubahan di muka Mobilio. Sekilas, ia terlihat sangat mirip dengan MPV low-slung Honda zaman dulu seperti Stream RSZ dan Odyssey RB-serie... Bahkan banyak yang menyamakannya dengan USDM Odyssey yang juga meluncur di waktu bersamaan



Type RS grill nya dicat warna hitam yang sangat serasi dengan warna orange menyala nya, yang merupakan warna baru special untuk type RS... dan atap yang dihitamkan memberikan kesan seperti panoramic glass roof... biar dikira punya mobil mevvah sama tetangga... Sayangnya untuk tipe RS headlamp nya berubah dari projector ke fiklitor...

Overall ane sangat menyukai corporate identity Honda yang sekarang ini, memberikan kesan sangat dinamis, even di mobil LMPV seperti Mobilio, terlihat sangat bagus.
Dari samping hanya terlihat ubahan di sisi velg... Tapi tampilan siluetnya terlihat lebih dewasa dibanding previous Mobilio krn kap mesin yang lebih panjang... dan profil muncung yang seperti ikan hiu...

Model velg baru... honestly agak kurang masuk ke selera ane... dan ban yang digunakan.... Ehnasep...

Type RS M/T


Bagian belakang sekilas tidak ada perubahan.... Tapi di bawah kaca ada list krum tipis memanjang... moar krum iz good... more resing... more lelegant...

Interior and Features
Tidak berbeda jauh dengan Mobilio dashlift sebelumnya... Dasbor mengadopsi milik BR-V... Yang ane heran kenapa sering dibully "salam satu dasbor" ... padahal Mercedes-Benz A-Class lineup juga dasbornya sama semua... Logo memang pengaruh.
Dash type E

Dash type RS

Perbedaan nya adalah.... di tipe RS mendapat meter cluster seperti milik BR-V dan Jazz... bukan meter cluster djelata seperti Mobilio sebelumnya.... sedangkan tipe bawah-bawahnya masih pake meter cluster djelata.
Type E

Type RS

Type E CVT mendapatkan steering switch yang lebih canggih dari M8 seharga setengah milyar... dimana tidak ada di varian sebelumnya.
Type RS mendapatkan 6 premium speakers... yah walaupun ane gak yakin dengan suara yang dihasilkan... tapi nice to have... terdiri dari 2 tweeter (lagi-lagi M8 kalah)... dan 4 midbass (2 depan 2 belakang)... Plus retractable mirror... Auto AC...

Sayangnya Type E dan S tidak mendapat retractable mirror...

Auto AC... di Type RS saja...
Oh ya ane cukup suka dengan motif jok di type RS... dengan headrest terpisah dan cushion yang lebih tebal... Plus profil jok yang sangat supportive dibanding Avanza maupun Ertiga... dan driving position ala Honda yang cukup rendah seperti sedan...
Jok Type E

Jok Type RS

Hanya saja entah sugesti ane atau gimana, terasa sedikit lebih tinggi mungkin karena penambahan busa jok... Yang akan langsung ambles ketika diduduki oleh seorang moderator berinisial F....Tapi tidak terasa se-awkward Avanza atau Ertiga.
Legroom dan bagasi masih sama dengan Mobilio lama...
Dan di sisi safety, Mobilio dilengkapi ABS+EBD dan Airbags di semua trim... Gimmick boleh pandang kasta, safety jangan. Masalahnya yang terjadi di merek sebelah... dua duanya pandang kasta. Baik Mobilio S untuk rakjat djelata atau RS untuk masyarakat yang kebanyakan duid tapi gak kepengen pamer Mersi nya di garasi...
Tapi sistem pengkastaan di Honda ini terjadi di tipe RS CVT... Ya, hanya RS bertransmisi CVT saja... yang dapet Hill-start Assist dan Vehicle-stability Assist (VSA). Masalahnya tadi yang dipamerkan adalah RS M/T krn RS CVT unit displaynya ga ready

Mungkin juga strategi Honda untuk tetap mempertahankan BR-V sehingga sistem pengkastaan ini ada... Seperti X-Gear menjadi trim tertinggi dari Grand Livina dan Heykers menjadi trim tertingginya Toyota Yaris baru, BR-V mungkin "diposisikan" untuk menjadi "trim tertinggi" Mobilio.
Still, kalau lihat dari equipment saja Mobilio terlihat sangat baik.
Fit and Finish... Aduh mobil LMPV ngarep fit and finish sebagus apa? Seperti begitulah... Mediocre. Tapi so far tidak terlihat ada keanehan yang disebabkan oleh kesalahan assembling.
Engine and Drivetrain
Still the same old glorious L15Z1 and EarthDreams CVT...

Mungkin impresi berkendaranya seperti nyetir Mobilio lama dengan jok lebih tebal aja.... Jadi kalo ngerasa Mobilio lama udah enak... Ya pastinya yang ini lebih enak... Saya pernah nyetir Mobilio lama ke luar kota, jujur keluhan saya cuma di joknya aja... bantingan sih fine. Joknya tipis somehow bikin pegel...
Price
Honda Mobilio ini dibanderol OTR Surabaya mulai 200juta (S M/T) sampai 255juta (RS CVT). Price list resmi nya belum keluar di Surabaya. Tapi range harganya segitu.
Lawan seimbang Mobilio tentu saja kita tahu, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Tentu New Mobilio ini akan menjadi tantangan yang cukup berat untuk 2 brand tersebut.
Mungkin untuk Suzuki Ertiga tahun ini mencoba berinovasi dengan mesin diesel dan mild hybrid. Toyota Avanza? Well seperti kita tau merek ini selalu merasa diatas angin dan wait and see baru mereka mau jor-joran fitur. Yah masak SUV 500juta mereka bahkan fiturnya kalah sama LMPV.
Seandainya muka, interior, dan fitur Mobilio yang sekarang kita aplikasikan ke Mobilio yang keluar sangat awal sekali, mungkin tagline "banyak kelebihan, banyak keunggulan" itu akan lebih relevan.
In the end, ane sangat salut dengan effort dan keberanian yang dilakukan Honda untuk menegaskan kembali brand image nya sebagai pelopor safety. Semoga nantinya semua pabrikan mainstream mulai sadar dan jor-joran dalam fitur safety.
Dan tentu saja, ubahan di Mobilio ini akan membuat seorang moderator berinisial F semakin terbully....

==============================
Sekian ulasan ane mengenai New Mobilio... Selamat menikmati.