[Ask] Cx-5 Bekas

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

[Ask] Cx-5 Bekas

Post by NestlePureLife »

Permisi suhu"


Kebetulan ane ada rencana peremajaan mobil 2011 ke janda yg lebih muda
setelah hitung" budget dan test drive mobil sodara ketemu opsi cx-5 [2.5] 2013/2014 di range budget
Ane awam soal mesin jadi mau tanya gimn cara bedakan janda bekas isi premium dan pertamax? efek nya apa diisi selang kuning?
Masalah apa saja yg ada di cx-5?
Untuk long term use 5thn apakah masi worth?

Diinfo teman kalau sampai ada rusak mobil ini mahal untuk diservis?
jadi agak ragu, cakep tp ngeri" sedap
Mohon sarannya gan
The_Sa1nts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Mon Sep 05, 2011 7:29

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by The_Sa1nts »

NestlePureLife wrote:Permisi suhu"


Kebetulan ane ada rencana peremajaan mobil 2011 ke janda yg lebih muda
setelah hitung" budget dan test drive mobil sodara ketemu opsi cx-5 [2.5] 2013/2014 di range budget
Ane awam soal mesin jadi mau tanya gimn cara bedakan janda bekas isi premium dan pertamax? efek nya apa diisi selang kuning?
Masalah apa saja yg ada di cx-5?
Untuk long term use 5thn apakah masi worth?

Diinfo teman kalau sampai ada rusak mobil ini mahal untuk diservis?
jadi agak ragu, cakep tp ngeri" sedap
Mohon sarannya gan
kebetulan ni mobil diset minimal RON90, jadi selang kuning otomatis no. kalo diisi selang kuning sih ngeri turun mesin ga lama setelah dibeli. harusnya itungan per 6bulan ada cek ke beres. minimal cek track record servis.
CX 5 User - ex GE8 user - PS3 Gamer- javaddict

Jasa konsultan pajak (fee terjangkau)
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by psiturism »

: Untuk pemakaian 5 thn kedepan, sementara usia mobilnya sendiri yg paling muda sdh akan menginjak 3 tahun di tahun depan.. Yg artinya masa garansi tinggal sebentar lagi...

Menurut saya, lebih baik lirik rival2nya spt crv atau xtrail, walaupun mgkn fitur tidak selengkap cx5, tp utk peace of mind kedepannya masih lebih baik..

Ya sesusah2nya merawat nissan menurut warga sini tetap saya yakin masih lebih gampang dibanding merawat mazda yg bahkan nyaris tidak ada bengkel diluaran yg menjual parts mazda..

:big_peace:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by b8099ok »

Khan parts bisa minta modcing,... :ngacir:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by martinnn »

blom pernah liat pemilik mazda isi premium..... kalo mercy / bmw malah banyak
:big_biglaugh:
User avatar
fastlanedriving
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Jul 25, 2014 10:48

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by fastlanedriving »

Gw kira jika memang track record service CX-5nya bagus, dan tangan pertama tidak ada salahnya milih Mazda CX-5. Apalagi Mazda secara reliability salah satu yang terbaik diantara semua merek, tidak dibawah Honda maupun Nissan. Bisa dilihat survey reliability Mazda diluar negri sangat baik.

Perihal sparepart memang bener jgn harap ada di bengkel umum, ato toko onderdil umum. Cuma gw cek sekarang marketplace online seperti Toko pedia, Buka Lapak sudah ada juga barang2 part Mazda.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by Pboyz97 »

Saya mau tanya balik nih om mobil sebelumnya apa & mau beli mobil buat sehari2 / mobil ke2? Kalo buat mobil harian kayanya kurang worth mending cari saingannya kaya CRV RM / X-trail aja, kalo buat mobil ke2 / weekend masih ok lah menurut saya.

Saya sebagai user CX5 2.0 Touring 2013 bantu jawab ya, kalo tahun 2013-2014 masih worth soalnya harga 2ndnya cukup jatuh + tenaga mesinnya juga paling gede dikelasnya, saran saya cari yang masih tangan pertama , km rendah & servis recordnya lengkap + belinya dari pemakai langsung.

Kalo soal masalah kalo dirawat dengan baik sih kayanya lumayan worry free, punya saya udah 3 tahun dengan km 90rb masih oke2 aja kecuali shockbreaker belakang kanannya yang udah pernah diganti. Kalo soal isi premium / pertamax kurang tau saya, sedangkan kalo untuk 5 tahun keatas sepertinya kurang karena biasanya masa garansi udah abis, jadinya kalo udah mulai minta jajan bakal susah & lumayan mahal juga menurut saya, tapi kalo itu ga jadi masalah go for it om.

Kalo soal perawatan sih sedang2 aja menurut saya, cuma inden sparepartnya aja yang lama hahaha, sekian dari newbie.
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by NestlePureLife »

Kalau boleh tau knp kurang worth buat sehari-hari ya? soalnya pny temen ini besin irit bgt
Iya om , rencana cari yg 2014 masi low km , mungkin lebih mahal dari pasaran gpp
asal nggak barang lemon
pengunaan saya setahun gk ada 10 rb km setahun, mobilnya 90 rb ud kmn aja om? haha
rata-rata ntah kenapa sy hunting sekilas bnyk yg setelah 3 tahun lsg dilego,apakah onderdil susah?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by Pboyz97 »

NestlePureLife wrote:Kalau boleh tau knp kurang worth buat sehari-hari ya? soalnya pny temen ini besin irit bgt
Iya om , rencana cari yg 2014 masi low km , mungkin lebih mahal dari pasaran gpp
asal nggak barang lemon
pengunaan saya setahun gk ada 10 rb km setahun, mobilnya 90 rb ud kmn aja om? haha
rata-rata ntah kenapa sy hunting sekilas bnyk yg setelah 3 tahun lsg dilego,apakah onderdil susah?
Kalo soal bensin emang irit banget menurut saya, dalkot dapetnya 9-10 km/l kalo sruntulan bawanya, terus 13-14 km/l kalo nyetirnya santai/kalem. Kalo sehari2 ya worth2 aja asal ga sering lewatin jalan rusak gitu & sukanya nyetir sendiri/ber2, soalnya baris ke2 mobil ini lumayan sempit kalo dibandingin sama CRV/XTRAIL, tapi kalo om TS nyari mobil yang enak dikendarai , irit BBM & fitur belimpah, CX5 adalah pilihan yang tepat menurut saya. Kalo yang 2014 mending yang tipe GT langsung aja, soalnya fiturnya paling lengkap dibanding tipe lainnya & velgnya udah 19 inch, sedangkan tipe bawahnya masih 17 inch (CMIW) :big_peace: . Setau saya CX5 sejauh ini termasuk trouble free deh hahaha, tapi semua tergantung cara perawatan masing2 pemilik menurut saya, lemonnya ya cuma issue MMI cabut dari Indo aja yang sering disalahartikan oleh sebagian pihak, padahal sebenernya MMI cuma mengalihkan kepengurusan mazda di Indo ke eurokars, jadinya ga perlu kuatir sama ASSnya mazda #bukanfanboy #bukansales. Kalo penggunaan kurang dari 10rb setahun bolehlah dipertimbangkan hehehe. Btw, CX5 saya jadi mobil oprasional bapak saya buat kerja (jatinegara - cibubur - depok PP) soalnya ,terus sering dipake lukot juga kaya bandung ,bogor , puncak & udah pernah dibawa ke jawa juga om hahaha, makanya udah 90rb Km.

Kalo soal onderdil sih lumayan susah menurut saya, karena di beres indennya lumayan lama & harganya lebih mahal juga kalo dibandingin H&N + diluaran susah nyari part KWnya hahaha (CMIW) :big_peace: , terus biasanya banyak pemilik cx5 yang 3 tahun langsung lego mungkin lebih ke RVnya yang dikhawatirkan semakin anjlok menurut saya, terus onderdil susah mungkin juga, terutama buat yang tinggal di daerah, kalo di kota besar kaya Jkt/ SBY mestinya ga masalah menurut saya, kalo ada kesalahan mohon dikoreksi, saya juga masih newbie soalnya , jadinya masih harus banyak belajar juga dari suhu2 & master2 dimari.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1485
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by Pugman »

NestlePureLife wrote:Permisi suhu"


Kebetulan ane ada rencana peremajaan mobil 2011 ke janda yg lebih muda
setelah hitung" budget dan test drive mobil sodara ketemu opsi cx-5 [2.5] 2013/2014 di range budget
Ane awam soal mesin jadi mau tanya gimn cara bedakan janda bekas isi premium dan pertamax? efek nya apa diisi selang kuning?
Masalah apa saja yg ada di cx-5?
Untuk long term use 5thn apakah masi worth?

Diinfo teman kalau sampai ada rusak mobil ini mahal untuk diservis?
jadi agak ragu, cakep tp ngeri" sedap
Mohon sarannya gan
Kenapa mesti ngeri Om? Saya aja yang pelihara mobil eropa tua yang umurnya udah bisa punya KTP. yang katanya mobil rewel sudah hampir 5tahun saya pakai, Ok-Ok saja. Kl cm CX5 2.0 mah masih gampang saya asepin. Hehehe..

Semua mobil yang elektroniknya kompleks kalau rusak pasti lumayan biaya perbaikannya. Skyactive tuh teknologi yang memungkinkan kompresi 13:1 dikasih BBM Ron 90 jadi sensor untuk mapping O2 dan fuel nya sedikit lebih banyak untuk anti knocking. Makanya tenaga paling gede karena kompresi paling tinggi. Di mobil apapun, untuk sekelas ini 1Pc sensor terkait afr ini harganya tidak kurang dari 500rb.
Cara paling aman ya bawa mobil incaran kebengkel, minta scanning dengan diagnostic toolsnya, minta tes gas buangnya juga. Kalau emisi CO2 hasilnya ga jauh dari standar pabrik dengan mobil baru, berarti pembakarannya masih bagus.

Menurut saya mobil dilevel ini punya teknologi dan kompleksitas elektronik yang setara dan masalah yang dihadapi juga umumnya tidak jauh beda, yang membedakan antara susah dan tidaknya dapat part. Mobil dengan harga jual baru yang mirip berarti biaya produksinya tidak beda signifikan satu sama lain. Jika ada 1 teknologi diunggulkan biasanya part2 penyusunnya mahal dan part lain bukan unggulan akan didowngarde. Nah kalau rusak dibagian teknologi yang diunggulkan maka umumnya biaya perbaikannya juga lebih mahal.
Opini aja seh..

Andaikan CX-5 ini 7 kursi, saya juga pengen..
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: [Ask] Cx-5 Bekas

Post by Or4cle »

Menurut pengamatan saya, fenomena saat ini pemilik Mazda kebanyakan "kawin kontrak" dengan Mazda CX5, dan masih dalam masa honeymoon (CMIIW)

Entah mengapa masih banyak wait & see untuk meminang "janda kembang" ini. Mungkin karena terkendala dgn biaya spareparts & perawatan yang lumayan muahall (mobil Jepang, "rasa" Eropa ) atau jangka waktu 3 tahun dimana realibility mesin belum cukup teruji.

Sayangnya diperparah dgn angkat kakinya MMI dari Indonesia yang ujung2nya membuat "janda kembang" ini layu sebelum berkembang

However, untuk aspek driving pleasure & features CX5 tidak diragukan lagi. Malah bisa bersaing dengan merk H tegak yang semakin plain, dull and boring

#bukanhatersMAZDA
#bukanhatersHONDA