Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

DrgFredysen wrote: Mon Jan 06, 2020 5:40 Takut dikadalin sama bengkel doorsmeer.
Dikadalin gimana, emang bengkelnya sempet bongkar2 ruang mesin?
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sat May 25, 2019 7:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DrgFredysen »

evanbngdor wrote: Mon Jan 06, 2020 7:55
DrgFredysen wrote: Mon Jan 06, 2020 5:40 Takut dikadalin sama bengkel doorsmeer.
Dikadalin gimana, emang bengkelnya sempet bongkar2 ruang mesin?
:mky_01:
Hampir. Karna ane alasan ada janji makanya gak jadi dibongkar tu bengkel doorsmeer.
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

Kalo 2 KD emang kalo naik tenaga apa suaranya pasti lebih kasar ya?

Dulu saya pk das**q sampai 200HP suaranya jadi kasar. Getaran mesin jg tambah keras
Abis itu saya dpt 2KD lain, awal standar suara halus. Trs coba remap aja dan dapat 165HP, ternyata suara jadi kasar juga walo gk sekasar mobil sebelumnya yg mencapai 200HP. Terutama Suara tek tek nya tmbah keras.

Apakah emang seperti itu ya. Mohon share dr user lain yg pernah naikin tenaga, apakah pernah dpt suara yg tetap halus atau lbh halus.?
Bbm biosolar + aditif psdk, pemakaian oli 2T tdk membantu jg.
Adakah yg remap dpt suara tetep halus?
Makasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Saya ReNap di ACT

155 Bhp

suara mesin mirip kondisi std tuh
Dieselmani4 wrote:Kalo 2 KD emang kalo naik tenaga apa suaranya pasti lebih kasar ya?

Dulu saya pk das**q sampai 200HP suaranya jadi kasar. Getaran mesin jg tambah keras
Abis itu saya dpt 2KD lain, awal standar suara halus. Trs coba remap aja dan dapat 165HP, ternyata suara jadi kasar juga walo gk sekasar mobil sebelumnya yg mencapai 200HP. Terutama Suara tek tek nya tmbah keras.

Apakah emang seperti itu ya. Mohon share dr user lain yg pernah naikin tenaga, apakah pernah dpt suara yg tetap halus atau lbh halus.?
Bbm biosolar + aditif psdk, pemakaian oli 2T tdk membantu jg.
Adakah yg remap dpt suara tetep halus?
Makasih
* Bukan ajakan Beli *
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

Di dyno dimana Om?

Yg bikin suara kasar apanya ya om, setting frpnya?
Apa karena cuman 155 Hp ya makanya suara ipah om jd halus? kalo misal 200 HP bisa gak suara halus?
Soalnya saya kurang puas nih dgn tarikan 165Hp/370Nm. Pgn pasang IC tp males kalo suaranya kasar mah.

Note: bukan buat kebut2an :)
Turboman wrote: Tue Jan 07, 2020 7:56 Saya ReNap di ACT

155 Bhp

suara mesin mirip kondisi std tuh
Dieselmani4 wrote:Kalo 2 KD emang kalo naik tenaga apa suaranya pasti lebih kasar ya?

Dulu saya pk das**q sampai 200HP suaranya jadi kasar. Getaran mesin jg tambah keras
Abis itu saya dpt 2KD lain, awal standar suara halus. Trs coba remap aja dan dapat 165HP, ternyata suara jadi kasar juga walo gk sekasar mobil sebelumnya yg mencapai 200HP. Terutama Suara tek tek nya tmbah keras.

Apakah emang seperti itu ya. Mohon share dr user lain yg pernah naikin tenaga, apakah pernah dpt suara yg tetap halus atau lbh halus.?
Bbm biosolar + aditif psdk, pemakaian oli 2T tdk membantu jg.
Adakah yg remap dpt suara tetep halus?
Makasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Kalo karakter ReMap an si ACT itu mobil terasa natural, nggak terasa spt mobil modip

tapi terasa spt kita ganti mesin dgn V6 / V8 yang nature nya mmg High Power & High Torque

Saya dulu pernah pake Unichip Q & iDrive, itu kerasa banget karakternya "mobil modip"

Skg ReMap an ACT terasa spt mobil Setandard......tapi Setandard nya V6

lalu juga dibantu =
- Super Ground A Chien
- Muffler free flow Kansai
- Belalai Air Fil box ke depan
- FLEX FMIC
Dieselmani4 wrote:Di dyno dimana Om?

Yg bikin suara kasar apanya ya om, setting frpnya?
Apa karena cuman 155 Hp ya makanya suara ipah om jd halus? kalo misal 200 HP bisa gak suara halus?
Soalnya saya kurang puas nih dgn tarikan 165Hp/370Nm. Pgn pasang IC tp males kalo suaranya kasar mah.

Note: bukan buat kebut2an :)
Turboman wrote: Tue Jan 07, 2020 7:56 Saya ReNap di ACT

155 Bhp

suara mesin mirip kondisi std tuh
Dieselmani4 wrote:Kalo 2 KD emang kalo naik tenaga apa suaranya pasti lebih kasar ya?

Dulu saya pk das**q sampai 200HP suaranya jadi kasar. Getaran mesin jg tambah keras
Abis itu saya dpt 2KD lain, awal standar suara halus. Trs coba remap aja dan dapat 165HP, ternyata suara jadi kasar juga walo gk sekasar mobil sebelumnya yg mencapai 200HP. Terutama Suara tek tek nya tmbah keras.

Apakah emang seperti itu ya. Mohon share dr user lain yg pernah naikin tenaga, apakah pernah dpt suara yg tetap halus atau lbh halus.?
Bbm biosolar + aditif psdk, pemakaian oli 2T tdk membantu jg.
Adakah yg remap dpt suara tetep halus?
Makasih
* Bukan ajakan Beli *
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

Turboman wrote: Tue Jan 07, 2020 11:14 Kalo karakter ReMap an si ACT itu mobil terasa natural, nggak terasa spt mobil modip

tapi terasa spt kita ganti mesin dgn V6 / V8 yang nature nya mmg High Power & High Torque

Saya dulu pernah pake Unichip Q & iDrive, itu kerasa banget karakternya "mobil modip"

Skg ReMap an ACT terasa spt mobil Setandard......tapi Setandard nya V6

lalu juga dibantu =
- Super Ground A Chien
- Muffler free flow Kansai
- Belalai Air Fil box ke depan
- FLEX FMIC
Ok makasih
Flex FMIC apaan tuh om
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Duvebriliant0 »

Dieselmani4 wrote: Tue Jan 07, 2020 11:23
Turboman wrote: Tue Jan 07, 2020 11:14 Kalo karakter ReMap an si ACT itu mobil terasa natural, nggak terasa spt mobil modip

tapi terasa spt kita ganti mesin dgn V6 / V8 yang nature nya mmg High Power & High Torque

Saya dulu pernah pake Unichip Q & iDrive, itu kerasa banget karakternya "mobil modip"

Skg ReMap an ACT terasa spt mobil Setandard......tapi Setandard nya V6

lalu juga dibantu =
- Super Ground A Chien
- Muffler free flow Kansai
- Belalai Air Fil box ke depan
- FLEX FMIC
Ok makasih
Flex FMIC apaan tuh om
Front Mount Intercooler merk Flex oum
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
akio7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Aug 13, 2019 1:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by akio7 »

Om izin bertanya
Untuk Innova 2.5 V 2015 apakah velg ban serep sama seperti ke-empat velgnya?
Terimakasih
2015 - Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 A/T
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by bsetiawan »

akio7 wrote: Tue Jan 07, 2020 23:20 Om izin bertanya
Untuk Innova 2.5 V 2015 apakah velg ban serep sama seperti ke-empat velgnya?
Terimakasih
Bawaannya sama
akio7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Aug 13, 2019 1:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by akio7 »

bsetiawan wrote: Wed Jan 08, 2020 1:34 Bawaannya sama
Ok terima kasih om
Jadi kalau mau up ke velg 2015 harus beli 5 biji nih, dan kebanyakan yg jual cuma 4 biji :frm_bang_head:
2015 - Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 A/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

akio7 wrote: Wed Jan 08, 2020 3:36
bsetiawan wrote: Wed Jan 08, 2020 1:34 Bawaannya sama
Ok terima kasih om
Jadi kalau mau up ke velg 2015 harus beli 5 biji nih, dan kebanyakan yg jual cuma 4 biji :frm_bang_head:
Ya memang jarang banget sih ada yg jual 5 pcs gitu. Kalo mau beli 1 pcs di bengkel resmi pernah nanya sih untuk Innova 2013 harganya 2,5 juta/pcs
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1564
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by lemonadelovers »

akio7 wrote: Wed Jan 08, 2020 3:36
bsetiawan wrote: Wed Jan 08, 2020 1:34 Bawaannya sama
Ok terima kasih om
Jadi kalau mau up ke velg 2015 harus beli 5 biji nih, dan kebanyakan yg jual cuma 4 biji :frm_bang_head:
Krna butuh buat serep om, beli velg variasi dptnya jg cm 4
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by bsetiawan »

akio7 wrote: Wed Jan 08, 2020 3:36 Ok terima kasih om
Jadi kalau mau up ke velg 2015 harus beli 5 biji nih, dan kebanyakan yg jual cuma 4 biji :frm_bang_head:
Serepnya belang seharusnya gpp. Apabila diperlukan, hanya digunakan sementara saja. Setelah direparasi, serepnya diganti lgi.
akio7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Aug 13, 2019 1:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by akio7 »

evanbngdor wrote: Wed Jan 08, 2020 3:55 Ya memang jarang banget sih ada yg jual 5 pcs gitu. Kalo mau beli 1 pcs di bengkel resmi pernah nanya sih untuk Innova 2013 harganya 2,5 juta/pcs
:mky_01:
Mayan mahal juga tu 2,5 jt/pcs, beli 5 udah 12,5 jt aja
Jauh dengan harga second
Tapi beli velg second worth it gak ya om? Takutnya velg udah rusak :frm_bang_head:
Kalau dijual karena udah bosen kemungkinan kondisinya masih bagus ya
lemonadelovers wrote: Wed Jan 08, 2020 5:33 Krna butuh buat serep om, beli velg variasi dptnya jg cm 4
Iya om bener
Jarang yang beli velg variasi cuma dijadiin serep
bsetiawan wrote: Wed Jan 08, 2020 6:47 Serepnya belang seharusnya gpp. Apabila diperlukan, hanya digunakan sementara saja. Setelah direparasi, serepnya diganti lgi.
Iya sih om cuma kepikiran aja gak bisa rotasi, sayang bannya rusak bukan karena gundul tapi karena expired :big_childish:
2015 - Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 A/T
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

Dieselmani4 wrote: Tue Jan 07, 2020 11:23 Flex FMIC apaan tuh om
Ini lohhh....

Image
Image
Image
Image

Pasang di REV engineering @teddyrev
https://www.instagram.com/teddyrev

Kena charge Rp 8.5 jt sudah termasuk jasa pasang + remap dari si teddy. (Harga agustus 2019, pas pasang tempo hari)

Tembus 210 BHP mesin 2KD nya. Torsi dpt 450 Nm

Setelah dipelajarin, intercooler posisi depan bawah (front mount) dipake buat ngerojok banjir enggak masalah sampe kelelep jg no problem. Yang penting perhatiin posisi selang-selang (hose) sambungannya itu From/To intercooler, jangan sampe ada bocor. Soalnya ada bocor dikit aja, aer masuk langsung kesedot ke throttle body di saluran intake udara. Buyar deh mesin. Jadi installnya harus kasih bengkel profesional/khatam buat modif2 bgini.

Oh iya, mobil lebih bergetar dipakein ini diarea mesin. Keknya pipa-pipanya beradu gitu dempet2an sama komponen laen di ruang mesin. Mungkin sebagian orang ada yang ga suka. Tapi buat ngejar 200 HP ++ harus pasang ini.

Remap 2KD doank (non intercooler) paling banter diangka 170 BHP aja.

Btw, salam sesama sasis gerobak sayur. Gerobak yg bisa diandalkan kemana-mana :mky_02:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Trims Om Keil informasinya, pasang FMIC selain vibrasi bertambah, juga saat akselerasi timbul suara mendenggung berlebih, kalau idle sih gak masalah.

Buat yang sensitive vibrasi & suara, better berpikir 2x pasang FMIC, karena ane dulu juga kaget pas pertama kali pasang, ane kira ada yang salah instalasi atau gimana, gak taunya itu hal yang "wajar".

Akhirnya setelah pakai 4 taon, karet2nya mulai getas, getaran & bunyi2an makin bertambah di ruang mesin. Terakhir sopir nyundul halus mobil di depan & terjadi kebocoran halus pada FMIC. Selesai sudah nasib FMIC & akhirnya di copot lalu re-tune ulang dastek.

Jujur ane lebih happy tanpa FMIC meski tenaga & torsi berkurang dikit tapi kuping adem & vibrasi berkurang jauh, rasanya less stress aja bawa mobilnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

benzz89 wrote:Trims Om Keil informasinya, pasang FMIC selain vibrasi bertambah, juga saat akselerasi timbul suara mendenggung berlebih, kalau idle sih gak masalah.

Buat yang sensitive vibrasi & suara, better berpikir 2x pasang FMIC, karena ane dulu juga kaget pas pertama kali pasang, ane kira ada yang salah instalasi atau gimana, gak taunya itu hal yang "wajar".

Akhirnya setelah pakai 4 taon, karet2nya mulai getas, getaran & bunyi2an makin bertambah di ruang mesin. Terakhir sopir nyundul halus mobil di depan & terjadi kebocoran halus pada FMIC. Selesai sudah nasib FMIC & akhirnya di copot lalu re-tune ulang dastek.

Jujur ane lebih happy tanpa FMIC meski tenaga & torsi berkurang dikit tapi kuping adem & vibrasi berkurang jauh, rasanya less stress aja bawa mobilnya.
Tergantung yg masang

ada trik2 tertentu

mobil ane pake FLEX FMIC alus aja, gak ada suara aneh2, pasang nya di Alecon

ada 1 bagian pipa yg dekat reservoir air ane akalin juga biar gak sentuhan dgn reservoir.......

wkwkwkw
* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Hahahaha... nah itu dia om, dudukan reservoir air wiper ane sampe jebol om gara2 pipa FMIC itu. Yah namanya juga pipa2 nya panjang2 lalu kena goyang dombret mesin diesel lagi idle yah pasti berasa vibrasi bertambah.

Yang pasti owner harus lebih detail lagi karena ini FMIC juga harus di maintenance. Karet2nya harus di cek berkala (punya ane tiap 2 taon harus ganti semua sambungan karet2nya karena sobek/getas kena panas), lalu sambungan klem2nya juga harus di cek (takut kendor), apakah ada kebocoran2 halus yang ditandai dengan uap oli di sekitar pipa2nya.

Kalau mau dapet 200++/450++ di mesin 2KD Non VNT lalu kaki hobby bejek sih yah worth pasang FMIC (yang pasti vibrasi & suara gak akan bisa sama persis dengan standard tanpa FMIC). Tapi kalau buat jalan santai & sesekali bejek, 170 Hp/400 Nm juga sudah enak kok, gak akan terlalu berasa gimana2 kalau gak bejek2 gila [emoji16]

1 lagi syaratnya jangan sampai nyundul mobil di depan kaya sopir ane, bumper melesek dikit tapi bisa di lurusin lagi atau ganti klaim asuransi, tapi FMIC ane kisi2nya kena & bocor halus... ya sudah copot FMIC deh, sudah males juga vibrasi & suara dengungnya, padahal baru ganti semua karet2nya... nasib.

Pas lepas & balik setandard lagi rasanya legaaa banget, re-tune dastek boost turbo dikurangin dikit suara mesin jauh lebih adem, vibrasi jauh lebih halus & gak ada suara aneh2 kaya pipa FMIC benturan dengan tabung reservoir wiper, benturan dengan pipa AC dikit (terutama pada saat start/matiin mesin yang goyang dombretnya mesin lagi kuat2nya). Mobil kasih oli mesin, transmisi & gardan yang bagus juga sudah enak kok buat harian.

Sekilas pengalaman ane pasang FMIC, entah mungkin ane dapat FMIC yang kurang bagus atau pasangnya kurang jago kali [emoji4]
Turboman wrote:
benzz89 wrote:Trims Om Keil informasinya, pasang FMIC selain vibrasi bertambah, juga saat akselerasi timbul suara mendenggung berlebih, kalau idle sih gak masalah.

Buat yang sensitive vibrasi & suara, better berpikir 2x pasang FMIC, karena ane dulu juga kaget pas pertama kali pasang, ane kira ada yang salah instalasi atau gimana, gak taunya itu hal yang "wajar".

Akhirnya setelah pakai 4 taon, karet2nya mulai getas, getaran & bunyi2an makin bertambah di ruang mesin. Terakhir sopir nyundul halus mobil di depan & terjadi kebocoran halus pada FMIC. Selesai sudah nasib FMIC & akhirnya di copot lalu re-tune ulang dastek.

Jujur ane lebih happy tanpa FMIC meski tenaga & torsi berkurang dikit tapi kuping adem & vibrasi berkurang jauh, rasanya less stress aja bawa mobilnya.
Tergantung yg masang

ada trik2 tertentu

mobil ane pake FLEX FMIC alus aja, gak ada suara aneh2, pasang nya di Alecon

ada 1 bagian pipa yg dekat reservoir air ane akalin juga biar gak sentuhan dgn reservoir.......

wkwkwkw
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

akio7 wrote: Wed Jan 08, 2020 10:38
evanbngdor wrote: Wed Jan 08, 2020 3:55 Ya memang jarang banget sih ada yg jual 5 pcs gitu. Kalo mau beli 1 pcs di bengkel resmi pernah nanya sih untuk Innova 2013 harganya 2,5 juta/pcs
:mky_01:
Mayan mahal juga tu 2,5 jt/pcs, beli 5 udah 12,5 jt aja
Jauh dengan harga second
Tapi beli velg second worth it gak ya om? Takutnya velg udah rusak :frm_bang_head:
Kalau dijual karena udah bosen kemungkinan kondisinya masih bagus ya
Ya mesti diliat juga sih Om gimana kondisi velg nya, sukur2 beli nya di bengkel ban minta sekalian balancing velgnya, keliatan nanti tuh peyang atau ngga.

Umumnya sih velg yg dijual paling parah ya peyang aja, kebanyakan sih ya baret2 pakai aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

benzz89 wrote: Thu Jan 09, 2020 1:27 Hahahaha... nah itu dia om, dudukan reservoir air wiper ane sampe jebol om gara2 pipa FMIC itu. Yah namanya juga pipa2 nya panjang2 lalu kena goyang dombret mesin diesel lagi idle yah pasti berasa vibrasi bertambah.

Yang pasti owner harus lebih detail lagi karena ini FMIC juga harus di maintenance. Karet2nya harus di cek berkala (punya ane tiap 2 taon harus ganti semua sambungan karet2nya karena sobek/getas kena panas), lalu sambungan klem2nya juga harus di cek (takut kendor), apakah ada kebocoran2 halus yang ditandai dengan uap oli di sekitar pipa2nya.


1 lagi syaratnya jangan sampai nyundul mobil di depan kaya sopir ane, bumper melesek dikit tapi bisa di lurusin lagi atau ganti klaim asuransi, tapi FMIC ane kisi2nya kena & bocor halus... ya sudah copot FMIC deh, sudah males juga vibrasi & suara dengungnya, padahal baru ganti semua karet2nya... nasib.

Pas lepas & balik setandard lagi rasanya legaaa banget, re-tune dastek boost turbo dikurangin dikit suara mesin jauh lebih adem, vibrasi jauh lebih halus & gak ada suara aneh2 kaya pipa FMIC benturan dengan tabung reservoir wiper, benturan dengan pipa AC dikit (terutama pada saat start/matiin mesin yang goyang dombretnya mesin lagi kuat2nya). Mobil kasih oli mesin, transmisi & gardan yang bagus juga sudah enak kok buat harian.
Nah ini bener banget tulisannya.

Namanya modifikasi sudah ngelawan desain pabrikan, jadi harus extra care sama modifannya. Kadang aja serem kalo kesambit batu kerikil kecil2, kisi-kisi intercoolernya. Skalinya bocor kan berabe. Install at your own risk gitu.

Gw jd ngeh jg kenapa fortuner VNT (2kd) psang intercoolernya diatas mesin, trus dikasih air scoop di kap mesin. Soalnya dipasang di front mount agak kurang safe.

Cuman om turbo paling sakti sihhh.... pasang intercooler. Set power 155 bhp only, dimana orang lain ngejer more powerr.

Oh iya soal innova dono, bisa pasang intercooler agak diatas di kisi2 dono nya, jd ga perlu terlalu dibawah ky model innova sebelom dono. Dibalik desain grillnya yg orang banyak ga suka, ternyata banyak keuntungan buat ngisep udara segede bagong gitu. Taro oil cooler ok, taro atf cooler ok, intecooler jg masuk. Sakti tuh grill dono.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by supergiant »

aipiesblue wrote: Fri Jan 03, 2020 1:41
nyebrang ke bali ya om sampe habis 3 botol?

saya kemarenan PP ke jkt-jogja pake 2GD cuman ngabisin 2 kaleng PTT.
[/quote]

oo kemarin abis 3 botol berangkat itu ada yg isi cuman 30ltr biosol
keliling bumi parahyangan plus kena macet parah di lembang
lanjut ngukur DKI hehehe......
3 botol itu berangkatnya aja lho
pulangnya pakai psdk itu 300ml aja
supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by supergiant »

Suhu2 SM,

minta info dikit nih
berhubuung 2KD-matic 2014 ini bukan kendaraan harian, tapi dipakai pas weekend aja
baru nyadar kalau pas kena macet atau kena traffic light yg agak lama

kalau pas posisi D, tahan rem, itu kaya ada suara halus krek2 dan getaran halus banget
kalau di N kan, suara itu hilang

kira2 kenapa ya suhu2 ? apakah hal itu biasa? kan referensi nya kalau pas lampu merah atau macet, lebih baik tetap di D tahan rem ya?

please info ya, terimakasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

KielConstantine wrote:
benzz89 wrote: Thu Jan 09, 2020 1:27 Hahahaha... nah itu dia om, dudukan reservoir air wiper ane sampe jebol om gara2 pipa FMIC itu. Yah namanya juga pipa2 nya panjang2 lalu kena goyang dombret mesin diesel lagi idle yah pasti berasa vibrasi bertambah.

Yang pasti owner harus lebih detail lagi karena ini FMIC juga harus di maintenance. Karet2nya harus di cek berkala (punya ane tiap 2 taon harus ganti semua sambungan karet2nya karena sobek/getas kena panas), lalu sambungan klem2nya juga harus di cek (takut kendor), apakah ada kebocoran2 halus yang ditandai dengan uap oli di sekitar pipa2nya.


1 lagi syaratnya jangan sampai nyundul mobil di depan kaya sopir ane, bumper melesek dikit tapi bisa di lurusin lagi atau ganti klaim asuransi, tapi FMIC ane kisi2nya kena & bocor halus... ya sudah copot FMIC deh, sudah males juga vibrasi & suara dengungnya, padahal baru ganti semua karet2nya... nasib.

Pas lepas & balik setandard lagi rasanya legaaa banget, re-tune dastek boost turbo dikurangin dikit suara mesin jauh lebih adem, vibrasi jauh lebih halus & gak ada suara aneh2 kaya pipa FMIC benturan dengan tabung reservoir wiper, benturan dengan pipa AC dikit (terutama pada saat start/matiin mesin yang goyang dombretnya mesin lagi kuat2nya). Mobil kasih oli mesin, transmisi & gardan yang bagus juga sudah enak kok buat harian.
Nah ini bener banget tulisannya.

Namanya modifikasi sudah ngelawan desain pabrikan, jadi harus extra care sama modifannya. Kadang aja serem kalo kesambit batu kerikil kecil2, kisi-kisi intercoolernya. Skalinya bocor kan berabe. Install at your own risk gitu.

Gw jd ngeh jg kenapa fortuner VNT (2kd) psang intercoolernya diatas mesin, trus dikasih air scoop di kap mesin. Soalnya dipasang di front mount agak kurang safe.

Cuman om turbo paling sakti sihhh.... pasang intercooler. Set power 155 bhp only, dimana orang lain ngejer more powerr.

Oh iya soal innova dono, bisa pasang intercooler agak diatas di kisi2 dono nya, jd ga perlu terlalu dibawah ky model innova sebelom dono. Dibalik desain grillnya yg orang banyak ga suka, ternyata banyak keuntungan buat ngisep udara segede bagong gitu. Taro oil cooler ok, taro atf cooler ok, intecooler jg masuk. Sakti tuh grill dono.
Bukan apa apa si

Tuner ReMap nya udah gak mau naekkin Powernya lagi, riskan katanya

akakkakakakka

* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Pasang kawat/jaring pengaman om di depan IC, lumayan bantu supaya batu kerikil tidak bikin sirip2 IC bocor (paling gak lebih safe, meski gak jamin pasti 100% aman). Selain batu kerikil, om juga harus hati2 kalau cuci mobil dengan high pressure steam water, takut sirip2nya meleot gak karuan nanti mengurangi pelepasan panasnya.

Memang IC ini paling cocok yah pasang di top mount kap mesin mobil (TMIC), gak perlu pipa panjang & lebih aman posisinya dari banjir, batu kerikil, pressure water steam & benturan keras di depan moncong/bumper mobil.

Yang repot itu kaya kasus ane sopir nyundul mobil depan, selain sirip2 kena, dudukan2 pipa2nya juga pada berubah semuanya efek dari bagian kondensor (bagian sirip2) yang agak terdorong ke belakang sedikit, ribet deh benahinnya lagi makanya ane copot aja, selesai perkara. Jadi better om hati2 jangan sampai nyundul karena power & torsi kegedean malah rem kedodoran [emoji16]

Iya nih ane juga bingung napa om Turbo pasang FMIC padahal gak ngejar power & torsi gede, mungkin supaya udara yang masuk ke turbo suhunya lebih stabil & lebih dingin banding tanpa FMIC terutama di musim panas? Ujung2nya untuk menjaga kestabilan power & torsi mesin serta peningkatan dari efisiensi bbm? Mohon petunjuknya om Turbo [emoji120]
KielConstantine wrote:
benzz89 wrote: Thu Jan 09, 2020 1:27 Hahahaha... nah itu dia om, dudukan reservoir air wiper ane sampe jebol om gara2 pipa FMIC itu. Yah namanya juga pipa2 nya panjang2 lalu kena goyang dombret mesin diesel lagi idle yah pasti berasa vibrasi bertambah.

Yang pasti owner harus lebih detail lagi karena ini FMIC juga harus di maintenance. Karet2nya harus di cek berkala (punya ane tiap 2 taon harus ganti semua sambungan karet2nya karena sobek/getas kena panas), lalu sambungan klem2nya juga harus di cek (takut kendor), apakah ada kebocoran2 halus yang ditandai dengan uap oli di sekitar pipa2nya.


1 lagi syaratnya jangan sampai nyundul mobil di depan kaya sopir ane, bumper melesek dikit tapi bisa di lurusin lagi atau ganti klaim asuransi, tapi FMIC ane kisi2nya kena & bocor halus... ya sudah copot FMIC deh, sudah males juga vibrasi & suara dengungnya, padahal baru ganti semua karet2nya... nasib.

Pas lepas & balik setandard lagi rasanya legaaa banget, re-tune dastek boost turbo dikurangin dikit suara mesin jauh lebih adem, vibrasi jauh lebih halus & gak ada suara aneh2 kaya pipa FMIC benturan dengan tabung reservoir wiper, benturan dengan pipa AC dikit (terutama pada saat start/matiin mesin yang goyang dombretnya mesin lagi kuat2nya). Mobil kasih oli mesin, transmisi & gardan yang bagus juga sudah enak kok buat harian.
Nah ini bener banget tulisannya.

Namanya modifikasi sudah ngelawan desain pabrikan, jadi harus extra care sama modifannya. Kadang aja serem kalo kesambit batu kerikil kecil2, kisi-kisi intercoolernya. Skalinya bocor kan berabe. Install at your own risk gitu.

Gw jd ngeh jg kenapa fortuner VNT (2kd) psang intercoolernya diatas mesin, trus dikasih air scoop di kap mesin. Soalnya dipasang di front mount agak kurang safe.

Cuman om turbo paling sakti sihhh.... pasang intercooler. Set power 155 bhp only, dimana orang lain ngejer more powerr.

Oh iya soal innova dono, bisa pasang intercooler agak diatas di kisi2 dono nya, jd ga perlu terlalu dibawah ky model innova sebelom dono. Dibalik desain grillnya yg orang banyak ga suka, ternyata banyak keuntungan buat ngisep udara segede bagong gitu. Taro oil cooler ok, taro atf cooler ok, intecooler jg masuk. Sakti tuh grill dono.