Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by adityawei »

Fun to drive mazda 2 sama fiesta ecoboost deh..
Nyaman row 2 ya paling jazz GE 2013RS masih dpt kokk, temen oe baru angkut 195jt Km 17 rebu.. jazz all rounder good sih..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
alie
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 05, 2016 8:58

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by alie »

grandis_GT wrote:Civic fd 2 gak minat Om , lebih fun to Drive di banding hetbek sekelass jaaz atau suv.
kurang suka sm sedan om, mungkin dengan jazz ge8 beda kenyamanannya jauh gak sih om?
adrevolution wrote:Kalau utamanya fun to drive dan dipake harian, saya rekomennya sih mazda 2 skyactiv taun 2015. Fun to drive dapet, irit dapet, taun muda :big_grin:
Ini mobil kalau buat drivernya sih enak sekali gak bikin capek, cuma yah kalau buat penumpang di row 2 mungkin kurang nyaman
lumayan juga modelnya, bagus banget dari depan, biasa banget dari belakang
row 2 agak sempit atau gmn om?
silentIm2 wrote:Captiva sih memang lumayan enak sih. Pilihannya campur gitu tapi mungkin ada faktor prioritas laen?

Saran saya ya kalo fokus nyetir ga bikin capek: position driving harus enak, setir bisa tilt dan telescopic. Kalo setir gede enak buat long distance dan jalan keriting, tapi kurang enak di parkiran.

Captiva:
+: kencang apalgi yg FL, torsi bawah melimpah, 7 seater, roof rail, handling OK di kelasnya, suspensi independen, diesel=irit, tahan banjir. Setir tilt telescopic, ukuran gede pas buat long distance driving. Kabin senyap. Rem pakem banget.
-: ASS (rajin pantengin komunitas & forum untuk update info bengkel spesialis dan toko sparepart, so far saya gitu no problem sih, spare part slow moving mungkin inden). Shock self level kalo rusak mahal, tapi GM sedia shock OEM non self level, selain itu banyak shock aftermarket laen seperti monroe, bilstein, dll. Oli dexos2 mahal, tapi di tokped dan bukalapak ada yg jual lumayan terjangkau. Kantongan barang2 kurang.

Innova: ga usah di review, tapi kalo situ lebih penting ASS dan resale value daripada fitur & kualitas handling dan performa (kecuali chipped), inilah yg terbaik. Asal bukan bensin yg buoross.

Kalo low sedan dan hatchback ya kemampuan menembus banjir terbatas. Lewat jalan keriting ya bikin bokong tipis, apalagi kalo suspensi belakang masih torsion beam. Noise level menurut saya sama2 bising.

Vios 2013: kurang lebih versi nyamannya yaris kodok, terutama di jok belakang. Kurangnya ya kapasitas bagasi terbatas, ga bisa buat beli galon dan elpiji hehehhe. Tarikan bawah joss dan atas lumayan. Shock empuk tapi agak limbung. Stir gede tapi cuma bisa tilt. Speed terlimit oleh matic jadulnya. RPM di kecepetan 80-100 sudah sekitar 3000 rpm, jadi mesin nggerung banget di tol. Top speed matic 'cuma' sekitar 160 km/h.

Jazz 2013: power atas kuenceeng tapi bawah ngempos. Karena hatcback lebih enteng dari sedan. Di tol uenak banget, tapi GC rendah dan gampang terantuk poldur. Handling termasuk terbaik di kelasnya, bahkan menurut saya lebih enak dari GK5. Setir tilt telescopic bisa disetel sesuai selera. Ukuran setir kecil jadi terasa sporty cuma bikin capek. RPM mesin ga setinggi vios di tol.

Kalo freed ga pernah naek, tapi kayaknya kalo disuruh milih sienta vs freed masih milih freed aku.

Pilihan laen bisa outlander sport <=2012, kia sportage/ hyundai tucson. Heck avanza aja kalo ganti shock + per, stabilizer bars, strut bar dan sway bar aja bisa buat ngepot2.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
iya, ga tau saya suka aja sama captiva, kepikirannya bisa angkut temen kantor atau keluarga gitu kalau pas diperlukan, sama dieselnya itu milih captiva, kenapa ga pilih innova? karena kelihatannya masih lebih nyaman sasis monocoque ya om?
captiva penyakitnya selain minum oli apa yak yang mungkin menakutkan?

pilihannya menyusut tinggal jazz apa captiva, meskipun beda kelas.
ChZ wrote:Honda Civic FD1 2011....

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
kurang suka sedan sebenernya om, tapi boleh juga nanti kalau ada yang bisa dicoba, civicnya
cursQ wrote:Maintenance cost, daya tampung, FC, RV jd pertimbangan gak? Klo gak mah ambil e60 aja om atau w211 dapet gak tuh? Civic fd2 jg asik tuh.. sedan lah ukuran mid kalau nyetir sendiri dan cari fun to drivenya .. hehe..
jangan yang europpp dulu, masih takut2 gimana gitu, apalagi sedan, hehe
syafimsa wrote:budget segitu bisa dapet civic fd1 / fd2 2010-2011 sepertinya. fun to drive sekali ass juga banyak dmana2 om hehe
ok om, nanti pas cari dilapangan coba saya minta test drive civic, siapa tau berubah haluan, hehe
jivos wrote:Klo ngga ada mslh dg space, merek n modelnya..

Lempar saja 200jt k iklan swift sport 2013/2014

Msh yg plg fun...irit...low maint cost...kuenceng
antara swift sm jazz gmn om? nyaman mana driving positionnya?
belum pernah nyoba swift soalnya
PRBS wrote:nyaman untuk dikendarai yg pernah saya pakai (untuk dibawah 100jt second) itu opel blazer DOHC. empuk sekali mobilnya. dan kekedapannya ga kalah dengan mobil era sekarang.

tapi kalau performa dan Fc ga usah ditanya.. lemot dan boros.

backtotopic ya. FD2 dapat kok dengan budget itu. fun to drive dan looksnya masih "wah" banget.
banyak yang saranin civic FD2 memang, penasaran saya :D wajib cari mobil buat dicoba ini, thx om!
FRANKENSTEIN92 wrote:Saya pake jazz ge 8 2012 RS yang manual pakai dari baru...yg matic pernah coba

Mobil enak, meskipun kualitas interior ( mnurut sy) jauh dari toyota yaris..

tpi Jazz itu fun to drive...Plus bagasi luas..2nd row seat luas
jadi untuk interior menang yaris ya om? tapi untuk mesin yaris nanti dulu yak??
billyd1773dz wrote:Bwat sendiri, fun to drive, mostly dalkot..

Cari hatchback aja... Mazda2 skyactiv gimmick penghibur saat macet paling banyak ada istop jg agar tetep irit. Radius putar paling baik di banding HB sekelas (4.7m). Ukuran kompak.. bwat nyelip2 n parkir enak

saat jalan kosong di bejek jg enak karakter midrev, ke gunung twisty road makin enak lagi
sama jazz ge8 menang mazda2 sky ya om? kenyamanan saat mengemudinya?
edward wrote:Konotasi pertama kalo bicara mobil yg enak dikendarai dan nyaman adalah mobil jenis sedan...dari kenyamanan ga ada yg ngalahin mobil sedan.Yg menjadi masalah klasik di negeri kita hanyalah infrastruktur jalannya yg ga pernah beres dan selalu ada masalah-entah jalan penuh kubangan,tidak rata, bergelombang sampai semi offroad sehabis hujan..
Posisi nyetir sedan juga paling rileks,posisi rendah,posisi jok dan kaki juga paling enak di bandingkan dg jenis minibus/SUV.

Tetapi seumur2 saya malah ga pernah miara sedan-cuma sering naik taksi yg mayoritas jenis sedan.
Dan masalah utama bagi saya di sedan adalah......kalo ada mobil yg mendekat dari arah depan atau samping rasanya cukup was was krn moncong mobil lawan yg jenis SUV/minibus seolah2 tepat di depan muka saya hehehe
Masalah lain adalah road noise dr arah roda ban,road noise dr arah putaran ban beradu aspal ini cukup mengganggu bagi sebagian orang...

My personal opinion bagi yg ingin kenyamanan maksimal tapi tidak cocok dg sedan adalah mobil2 small SUV atau SUV compact atau boleh juga cross over.Tipe2 mobil ini adalah utk berkompromi dg jalan yg tidak mulus dan bahkan masih bisa buat 'off road' ringan(tanda kutip)-namun masih mampu memberikan kenyamanan lbh baik dari jenis minibus/SUV besar...

Yg saya baru coba adalah model ecosport...
ya saya tau,saya tau,
saya ga rekomendasikan mobil ini krn APM nya kabur,APM pengganti hanya ngurusin after sales servis dan belum ada yg jualan lagi.
Saya bisa setel posisi di mobil ini sangat rendah seperti nyetir sedan,tetapi mobil tetap seperti SUV yg nyaman utk jalan keriting,dan GC nya tinggi pula,setirnya sangat ringan dan setelan bantingannya enak buat jalan mulus-persis seperti nyetir sedan.
Mobil lain dikelas ini selain ecosport adalah,nissan Juke,honda HRV dan chevy Trax,tetapi kalo ngeliat point pertama dr budget maks 200jt,ga ada yg dapat selain ecosport,harga bekasnya sdh dibawah 200juta...
korelasi dg point terakhir TS ttg ASS,pihak penerus APM ford udah menjamin ASS,dan lagian masih byk juga bengkel non beres khusus mobil amrik...
Happy hunting...
sebenernya sempat minat fiesta s sih om, tapi ya itu takut kalau nggak dijamin minimal 5 tahun kedepan,
isunya fiesta bekas ditawar dibawah 100jtaan tergantung tahunnya, tapi di OLX pada pasang harga tinggi semua
itu gmn yak? apa gambling aja cari fiesta s? kenyamanannya dibanding jazz gmn? thx.
GoldyBrown wrote:
alie wrote:hello semuanya, pekenankan saya buat new topic untuk mendapatkan bantuan teman-teman disini.
rencana 1-2 bulan kedepan mau ambil mobil untuk daily use di kota yang kalau berangkat & pulang kerja pasti macet
ambil baru maupun bekas nggak masalah, yang penting memenuhi kondisi sebagai berikut:

* budget max 200jt
* fun to drive
* nggak bikin capek
* transmisi automatic
* ass & service terjamin
kemarin baru saja nyoba nyopiri Dai Luxio seharian, akhirnya kaki berat sebelah & punggung serasa copot semua :mky_01:
MPV, LMPV, Hatchback, SUV, LCGC dll. dengan budget 200jt saya kira dapet bekas minimal captiva diesel 2011, innova diesel 2011, vios 2013, jazz rs 2013, freed psd, dll kalau baru sy kurang paham :ngacir:

saya sangat-sangat berterimakasih atas saran teman-teman di sini :thanks:
Saran saya sih vote for jazz rs 2013, fun to drive, very fun, power dapet, irit dapet hehe, saya aja blm move on 100% dari ge8 karna udh ganti mbl (utk kelas hatchback ya), freed jg recommend, sering bawa pnya pcr, pandangan luas nyaman, cm rada boros aja sm setirnya gaenak dilihat :big_peace:, tapi klo jazz dan freed menurut saya sih mending jazz, klo mpv vote innova diesel at laaa
kalau mobil kecil jazz aja berarti yak?
kalau mpv? innova apa captiva om? untuk fun to drive nya?
yeodi wrote:Mazda 2 ato mgkn vw polo... mazda 2 sih saya pake enak ya buat nyetir.. power ada, lincah, trus interior ga bosenin..
mazda 2 yang om pernah bawa ga bikin capek kan?
geofreyap wrote:Kalau dilihat dari budget, spertinya pilihan jatuh ke mitsubishi mirage.

Atau mungkin coba hunting diskon terbaik untuk Swift GX, mungkin bisa jadi nanti di bawah 200jt.

Kalau tidak takut dengan aftersales, boleh lirik Ford Ecoboost, karena setelah diskon harganya hanya 150juta-an saja..

Mazda2 ?
Out of league.. Karena saat ini setelah diskon harganya sekitar 240juta. Lebih 40jt dari budget yg om punya..
:D
kalau bekas gmn om? swift atau mazda 2 sky gt?
swift gx at disini setelah diskon masih diatan 210 soalnya
evolution21 wrote:mazda2
mesin kecil tapi responsif dan irit
transmisi sigap
stir enak dipegang dan komunikatif
suspensi cenderung sporty (tidak sampai keras jeduk2)
interior rapi bagus lebih berkelas dr merk H dan T
kelengkapan fitur bagus

kelemahan
kursi blakang sempit (gapapa ya toh buat nyetir sendiri)
ada ketakutan sparepart mahal, tp gpp toh mazda bukan mobil rewel.



Freed
easy to drive tapi ga fun to drive

captiva
power besar tp handling dan suspensi so so
kalau dibandingkan, dengan budget saya yg max 200jt om bakalan ambil captiva atau mazda2? meskipun beda kelas? kenyamanan, fitur, dan sparepart?
Pboyz97 wrote:Dari semua kandidat yang diajuin sama om TS ,yang paling memenuhi kriteria ya Jazz RS 2013, kayanya 180-190 udah dapet malah nambah dikit dapet yang tahun 2014/ GK5 S 2014 first batch, ada juga All new M2 Skyactiv R AT 2014 . Kalo alternatif ada Innova diesel 2011, saya saranin cari yang tipe V maticnya, soalnya fiturnya paling lengkap & torsinya enak buat nyalip + enak dimodif (dastek, piggy, etc) & badak juga mesinnya, asal desain interiornya yang sederhana ga jadi masalah & ga alergi sama mobil yang tahunnya udah agak tua. Kalo mau naik kelas ada CRV RE 2.4 FL 2010 / Xtrail T31 2.5 ST 2012, kalo mau merek nonmainstream ada Captiva 2011. Kalo mau sedan jepun ada Civic FD1/FD2 2010-2011

Kalo mau eropaan ada Golf MK6 TSI 2010-2011 , BMW E60 2008-2010 , BMW E90 325I 2009-2010/ BMW E46 330I/ W204 PFL 2008-2009
antara jazz ge8 rs dengan gk5 s mendingan ambil yang mana ya om?
lend3 wrote:Vote swift sport. Sportnya bukan sportipu. Happy hunting om.
dengan jazz ge8 rs bagaimana om? kenyamanan dll?
nuelgs wrote:
geofreyap wrote:Kalau dilihat dari budget, spertinya pilihan jatuh ke mitsubishi mirage.

Atau mungkin coba hunting diskon terbaik untuk Swift GX, mungkin bisa jadi nanti di bawah 200jt.

Kalau tidak takut dengan aftersales, boleh lirik Ford Ecoboost, karena setelah diskon harganya hanya 150juta-an saja..

Mazda2 ?
Out of league.. Karena saat ini setelah diskon harganya sekitar 240juta. Lebih 40jt dari budget yg om punya..
:D
Serius tuh om fiesta ecoboost after diskon cuma 150an?
ford fiesta trend pernah liat iklan di olx 160jt di ford nusantara om
yeodi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
Daily Vehicle: Accord_cp2

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by yeodi »

Engga cape om.. saya punya mazda 2 sky tipe R.. dulu beli diskon 45.. dari 259 diskon 45.. lumayan kan selisih tipis budget..hehe

Lama lama enak, posisi duduknya sesuai yg saya suka, agak rendah gitu.. tp semua bisa di setel kok posisi nyetir..

Cm ya kurangnya storage nya ga banyak om.. beda sama jazz yg luar biasa gede.. tp ane belom pernah nyetir jazz baru ini.. jd segi enak nyetir nya ane ga tau..
FRANKENSTEIN92
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Dec 11, 2015 6:58

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by FRANKENSTEIN92 »

alie wrote:
FRANKENSTEIN92 wrote:Saya pake jazz ge 8 2012 RS yang manual pakai dari baru...yg matic pernah coba

Mobil enak, meskipun kualitas interior ( mnurut sy) jauh dari toyota yaris..

tpi Jazz itu fun to drive...Plus bagasi luas..2nd row seat luas
jadi untuk interior menang yaris ya om? tapi untuk mesin yaris nanti dulu yak??
Ya itu perspektif sya ya bisa sja sy salah...sy pernah coba yaris 2010 matic putar balik cornering sharp di gambir dan sy lngsng takut....untuk maanuver mmg lbih stabil jazz..itu yg sy bilang "fun to drive"...Sya pernah coba injak pedal gas jazz ini spe rpm 7000 an sketika rpm down balik ke 5000an...ha ha ha rpm limiter...
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by vulvy8858 »

alie wrote:hello semuanya, pekenankan saya buat new topic untuk mendapatkan bantuan teman-teman disini.
rencana 1-2 bulan kedepan mau ambil mobil untuk daily use di kota yang kalau berangkat & pulang kerja pasti macet
ambil baru maupun bekas nggak masalah, yang penting memenuhi kondisi sebagai berikut:

* budget max 200jt
* fun to drive
* nggak bikin capek
* transmisi automatic
* ass & service terjamin
kemarin baru saja nyoba nyopiri Dai Luxio seharian, akhirnya kaki berat sebelah & punggung serasa copot semua :mky_01:
MPV, LMPV, Hatchback, SUV, LCGC dll. dengan budget 200jt saya kira dapet bekas minimal captiva diesel 2011, innova diesel 2011, vios 2013, jazz rs 2013, freed psd, dll kalau baru sy kurang paham :ngacir:

saya sangat-sangat berterimakasih atas saran teman-teman di sini :thanks:
hmmm...
saya lebi prefer mobil kecil..

citycar:
Brio E Satya baru / Mirage Exceed baru.

hatchback:
Yasir bapao / Jazz GE tahun semuda mungkin, kalo bisa ya kilometer dibawah 50rb

small sedan:
Vios facelift / City GM (Kalo dapet)
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by geofreyap »

alie wrote: kalau bekas gmn om? swift atau mazda 2 sky gt?
swift gx at disini setelah diskon masih diatan 210 soalnya
Vote 4 mazda2 :)

But anw, kalau ada budget 200, mending ambil buat DP aja. Cicil 1-2tahun ga berasa sih om..
Sekalian buat bantu oe jualan om.. Blom jualan nih soalnya.. Hehehehe.. :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by evolution21 »

Kalo saya tetep ambil second mazda2, saya lebih suka mobil handling bagus walaupun power kalah tp ni mazda 2 akselerasinya bagus, btw saya memang ga terlalu suka top speed.

Tp selera orang beda2 ya.. ada jg yg lebih suka power, handling nomer2 . Yg org tipe ini pasti pilih captiva.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4593
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by Pboyz97 »

alie wrote:antara jazz ge8 rs dengan gk5 s mendingan ambil yang mana ya om?
Mending GE8 RS om, apalagi kalo beli 2nd, walaupun tahunnya lebih tua, tapi tipenya lebih tinggi + RVnya lebih stabil dairpada GK5 S , GK5 S itu setau saya RVnya lumayan ancur buat sebuah jazz karena peminatnya ga sebanyak tipe RSnya, tapi kalo om TS ga masalah sama gimmicknya yang ga selengkap tipe RS , tipe S cukup worth kok sebenernya, soalnya semua kelebihan jazz GK5 udah didapet di tipe S, cuma aksesoris sama gimmick doang kalo dibandingin sama tipe RSnya, kalo ada budget lebih mending ambil GK5 RS CVT 2014 first batch om hehehe, selain tipe termahal & paling laris, desain exterior & interiornya juga lebih kekinian hehehe.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by Pugman »

Dari pengalaman nyetir
1.Yaris Bakpao
- Tarikan bawah galak.
- Suspensi cukup nyaman
- Kekedapan biasa saja
- Rem No Abs
- Pakai jakarta-jogja masih Ok.
2. yaris Lele Trd
- Tarikan lebih lemot tapi rata
- keyless
- interior lebih Ok dari sebelumnya tapi..
- Mobil Baru aja ada bunyi/rattling di dashboard kalau lewat jalan desa yg blm aspal
- Suspensi lebih nyaman dan kabin lebih lega
- Remnya ciamik..
- Stirnya tetap enteng meski sudah 120 kpj, tidak fun to drive
- Headlamp LEDnya bikin mata Cepet capek

3. Jazz Rs GE8
- lebih fun to drive dari Yaris diatas
- untuk nyetir sendiri bisa betah lama
- Suspensi cenderung stiff tapi pas kalau sebagai Driver, kalau sebagai penumpang baru terasa stiffnya.
- ada paddle shift meski saya jamin anda bakal sebel makenya, karena lemot shiftingnya
- 100kpj keatas noise si windscreen cukup mengganggu

Pengalaman numpang
1.Mazda2 sebelum yg all new
- kabin penumpang lebih sempit dari Yaris dan jazz
- sangat terasa stiff Suspensinya
- interior kesannya biasa saja.
2. Fiesta sedan
- Saya terkesan dengan interiornya, kelihatan berkelas dibandingkan jazz dan yaris
- Rasanya sangat mirip dengan Mazda2 namun dengan Suspensi yang sedikit lebih lembut.

3. New fiesta
Sama dengan fiesta sedan namun rasa sebagai penumpang identik dengan Mazda2, mungkin karena sharing platform.

4. Ford Ecosport
Sebagai Driver juga penumpang, rasanya ga ada bedanya dengan fiesta hanya kabin lebih lapang dan GC lebih tinggi.
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by Mozawa »

jazz gk5 seri S dapet , yg cvt nyaman smooth dan tarikannya galak.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by billyd1773dz »

alie wrote:
billyd1773dz wrote:Bwat sendiri, fun to drive, mostly dalkot..

Cari hatchback aja... Mazda2 skyactiv gimmick penghibur saat macet paling banyak ada istop jg agar tetep irit. Radius putar paling baik di banding HB sekelas (4.7m). Ukuran kompak.. bwat nyelip2 n parkir enak

saat jalan kosong di bejek jg enak karakter midrev, ke gunung twisty road makin enak lagi
sama jazz ge8 menang mazda2 sky ya om? kenyamanan saat mengemudinya?
bwat pengemudi sih enakan M2sky... karakater mesinya unik untuk n.a petrol, jika yg lain kebanyakan rpm 2000-4000 itu torque dip/kosong, M2sky justru kuat di rpm itu dan terus flat sampai redline. transmisi juga jauh lebih sigap minim slip, dengan ratio gigi1 sangat rendah jadi pickingup speed cepat dan nanjak enteng. curve nya mirip mesin turbo, tp bebas lag dan bisa minum ron 90 meski torsinya juga tdk sebesar mesin turbo.


GE8 menang akomondasi, dan ass. juga klw demen modip, GE8 MT enginnya lebih oprekable. bisa 160hp n.a meski karakternya highrev.

highrev vs midrev tergantung rute sehari2 dan driving style, bwat tol bisa lebih enak highrev. bwat rural n dalkot bisa lebih enak midrev.





saya punya captiva awd dan ipah dastekan juga. fun todrive menang m2sky jauh. captiva menang comfort,torsi, peredam, akomondasi dan daya jelajah. ipah... menang akomondasi, durabilitas, ass dan enjin (karna dastekan 190hp) lainy2 termasuk comfort.. engga deh. jika fun todrive yg om maksud tenaga sebesar mungkin.. hal lain2 sbodo ya ambil ipah aja oprek di atas 300hp.


captiva bukan monokoknya yg bikin enak, tapi independent rear suspensionnya, dan lower centerofgravity. bobot captiva sama aja dgn suv ladder, dan dikolong captiva juga ada ladder-reinforced.


saran sya klw dipke bwat sendiri dan handling,performa nomer 1, tetep mending hatchback/suv kecil saja.

meski "fun to drive" sendiri harus di jabarin apa yg dimaksud... karna "fun" itu relatif bagi masing-masing individu. sementara saya terjemahkan sebagai enjoy of driving, from handling and performance

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Welly2008
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by Welly2008 »

billyd1773dz wrote:
alie wrote:
billyd1773dz wrote:Bwat sendiri, fun to drive, mostly dalkot..

Cari hatchback aja... Mazda2 skyactiv gimmick penghibur saat macet paling banyak ada istop jg agar tetep irit. Radius putar paling baik di banding HB sekelas (4.7m). Ukuran kompak.. bwat nyelip2 n parkir enak

saat jalan kosong di bejek jg enak karakter midrev, ke gunung twisty road makin enak lagi
sama jazz ge8 menang mazda2 sky ya om? kenyamanan saat mengemudinya?
bwat pengemudi sih enakan M2sky... karakater mesinya unik untuk n.a petrol, jika yg lain kebanyakan rpm 2000-4000 itu torque dip/kosong, M2sky justru kuat di rpm itu dan terus flat sampai redline. transmisi juga jauh lebih sigap minim slip, dengan ratio gigi1 sangat rendah jadi pickingup speed cepat dan nanjak enteng. curve nya mirip mesin turbo, tp bebas lag dan bisa minum ron 90 meski torsinya juga tdk sebesar mesin turbo.


GE8 menang akomondasi, dan ass. juga klw demen modip, GE8 MT enginnya lebih oprekable. bisa 160hp n.a meski karakternya highrev.

highrev vs midrev tergantung rute sehari2 dan driving style, bwat tol bisa lebih enak highrev. bwat rural n dalkot bisa lebih enak midrev.





saya punya captiva awd dan ipah dastekan juga. fun todrive menang m2sky jauh. captiva menang comfort,torsi, peredam, akomondasi dan daya jelajah. ipah... menang akomondasi, durabilitas, ass dan enjin (karna dastekan 190hp) lainy2 termasuk comfort.. engga deh. jika fun todrive yg om maksud tenaga sebesar mungkin.. hal lain2 sbodo ya ambil ipah aja oprek di atas 300hp.


captiva bukan monokoknya yg bikin enak, tapi independent rear suspensionnya, dan lower centerofgravity. bobot captiva sama aja dgn suv ladder, dan dikolong captiva juga ada ladder-reinforced.


saran sya klw dipke bwat sendiri dan handling,performa nomer 1, tetep mending hatchback/suv kecil saja.

meski "fun to drive" sendiri harus di jabarin apa yg dimaksud... karna "fun" itu relatif bagi masing-masing individu. sementara saya terjemahkan sebagai enjoy of driving, from handling and performance

:beer:
Mantap ulasan Om Billy.

Saya user ex Mazda 2 old model,, menurut ane M2 model lama aja udah cukup lincah & fun to drive.... apalagi M2 new model
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by evolution21 »

Setuju ama um billy
Mazda2 mobil yg wajib utk di tes jalan, karena bila dinilai hanya dr tes duduk doank, ga akan menarik

Rasakan stir suspensi dan respon gasnya
Langsung jatuh cinta
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: Mobil Nyaman Dikendarai Sendiri

Post by puskas »

E46 memenuhi sèmua kriteria yang diinginkan
siluman knalpot