Captiva sih memang lumayan enak sih. Pilihannya campur gitu tapi mungkin ada faktor prioritas laen?
Saran saya ya kalo fokus nyetir ga bikin capek: position driving harus enak, setir bisa tilt dan telescopic. Kalo setir gede enak buat long distance dan jalan keriting, tapi kurang enak di parkiran.
Captiva:
+: kencang apalgi yg FL, torsi bawah melimpah, 7 seater, roof rail, handling OK di kelasnya, suspensi independen, diesel=irit, tahan banjir. Setir tilt telescopic, ukuran gede pas buat long distance driving. Kabin senyap. Rem pakem banget.
-: ASS (rajin pantengin komunitas & forum untuk update info bengkel spesialis dan toko sparepart, so far saya gitu no problem sih, spare part slow moving mungkin inden). Shock self level kalo rusak mahal, tapi GM sedia shock OEM non self level, selain itu banyak shock aftermarket laen seperti monroe, bilstein, dll. Oli dexos2 mahal, tapi di tokped dan bukalapak ada yg jual lumayan terjangkau. Kantongan barang2 kurang.
Innova: ga usah di review, tapi kalo situ lebih penting ASS dan resale value daripada fitur & kualitas handling dan performa (kecuali chipped), inilah yg terbaik. Asal bukan bensin yg buoross.
Kalo low sedan dan hatchback ya kemampuan menembus banjir terbatas. Lewat jalan keriting ya bikin bokong tipis, apalagi kalo suspensi belakang masih torsion beam. Noise level menurut saya sama2 bising.
Vios 2013: kurang lebih versi nyamannya yaris kodok, terutama di jok belakang. Kurangnya ya kapasitas bagasi terbatas, ga bisa buat beli galon dan elpiji hehehhe. Tarikan bawah joss dan atas lumayan. Shock empuk tapi agak limbung. Stir gede tapi cuma bisa tilt. Speed terlimit oleh matic jadulnya. RPM di kecepetan 80-100 sudah sekitar 3000 rpm, jadi mesin nggerung banget di tol. Top speed matic 'cuma' sekitar 160 km/h.
Jazz 2013: power atas kuenceeng tapi bawah ngempos. Karena hatcback lebih enteng dari sedan. Di tol uenak banget, tapi GC rendah dan gampang terantuk poldur. Handling termasuk terbaik di kelasnya, bahkan menurut saya lebih enak dari GK5. Setir tilt telescopic bisa disetel sesuai selera. Ukuran setir kecil jadi terasa sporty cuma bikin capek. RPM mesin ga setinggi vios di tol.
Kalo freed ga pernah naek, tapi kayaknya kalo disuruh milih sienta vs freed masih milih freed aku.
Pilihan laen bisa outlander sport <=2012, kia sportage/ hyundai tucson. Heck avanza aja kalo ganti shock + per, stabilizer bars, strut bar dan sway bar aja bisa buat ngepot2.
Sent from my ASUS_Z00UD using
Seraya Motor mobile app