Butuh saran mobil 150 jutaan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Butuh saran mobil 150 jutaan
Permisi suhu suhu SM sekalian, izinkan nubie open thread disini hehehhe
Saya lagi butuh saran buat minang mobil 150jt an, yang bakalan dipake buat kuliah 3tahun kedepan. Lagi galau antara brio satya matic, calya g manual atau mobkas fiesta s matic 2014 bekas temen
Kira kira yang paling worthed dari segi perawatan, FC, fitur sama harga, ambil yang mana ya
Atau mungkin ada saran lain? Terima kasih
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Saya lagi butuh saran buat minang mobil 150jt an, yang bakalan dipake buat kuliah 3tahun kedepan. Lagi galau antara brio satya matic, calya g manual atau mobkas fiesta s matic 2014 bekas temen
Kira kira yang paling worthed dari segi perawatan, FC, fitur sama harga, ambil yang mana ya
Atau mungkin ada saran lain? Terima kasih
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Kalo cuma mikir fun to drive dan power sih enak fiesta . apalagi kalo dapet yang 1.6 mesinnya. Tapi mungkin harus hati hati sama DCTnya kalo matic.. coz essentially pake plat kopling kayak manual tapi di-otomatis-kan, bukan torque converter seperti girboks matic conventional. Terutama kalo macet2 di tanjakan mending di netral aja.
Mending brio sih saya, lebih suka mobil baru dan dapat garansi lagi.
Mending brio sih saya, lebih suka mobil baru dan dapat garansi lagi.
Last edited by silentIm2 on Mon Dec 05, 2016 2:59, edited 1 time in total.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
buat kuliah berarti masi dibiayai ortu?
saran saya calya/sigra atau xenia bekas aja. multifungsi buat bergaul rame-rame, acara kampus, atau kalau kepepet duit bisa dikaryakan sebagai rental atau taksi online (ngga bisa calsig)
saran saya calya/sigra atau xenia bekas aja. multifungsi buat bergaul rame-rame, acara kampus, atau kalau kepepet duit bisa dikaryakan sebagai rental atau taksi online (ngga bisa calsig)
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Fiesta nya yang matic type s 1500cc om, rencana mau ambil bekas karna masih dari temen, dan lihat fitur fiesta paling "lengkap" dibanding di range harga yang kurang lebihsilentIm2 wrote:Kalo cuma mikir fun to drive dan power sih enak fiesta . apalagi kalo dapet yang 1.6 mesinnya. Tapi mungkin harus hati hati sama DCTnya kalo matic.. coz essentially pake plat kopling kayak manual tapi di-otomatis-kan, bukan torque converter seperti girboks matic conventional. Terutama kalo macet2 di tanjakan mending di netral aja.
Mending brio sih saya, lebih suka mobil baru dan dapat garansi lagi.
Fiesta nya matic om, heheheh[emoji1]martinnn wrote:fiesta manual .... atau mau aman ya brio saja
Hahaha iya om, dana tandon dari orang tua, rencana dipake buat pas ujan sama pergi jauh aja om mobilnya. Prefer ambil baru sih, ompendoli wrote:buat kuliah berarti masi dibiayai ortu?
saran saya calya/sigra atau xenia bekas aja. multifungsi buat bergaul rame-rame, acara kampus, atau kalau kepepet duit bisa dikaryakan sebagai rental atau taksi online (ngga bisa calsig)
zzzprince wrote:Fiesta nya yang matic type s 1500cc om, rencana mau ambil bekas karna masih dari temen, dan lihat fitur fiesta paling "lengkap" dibanding di range harga yang kurang lebihsilentIm2 wrote:Kalo cuma mikir fun to drive dan power sih enak fiesta . apalagi kalo dapet yang 1.6 mesinnya. Tapi mungkin harus hati hati sama DCTnya kalo matic.. coz essentially pake plat kopling kayak manual tapi di-otomatis-kan, bukan torque converter seperti girboks matic conventional. Terutama kalo macet2 di tanjakan mending di netral aja.
Mending brio sih saya, lebih suka mobil baru dan dapat garansi lagi.
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Masih muda masih kuliah vote for brio lah klo dr option nya dan prefer baru. Kecuali fiests second itu pny temen masih ok..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4913
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Kalo buat kuliah mending ambil brio satya, tahun 2014-2015 kayanya dapet di budget segitu, tapi asalkan om ts ga terlalu suka bawa temen terlalu banyak (>5 orang) serta ga terlalu butuh bagasi. Kalo om TS pengen mobil 7 seater & punya rencana buat dijadiin mobil rental / taksi online ambil calya G manual.
Yang paling worthed dari segi perawatan ya calya soalnya ASS Toyota yang terkenal dengan perawatannya yang cukup terjangkau, soal FC kayanya mirip2 dehh, kalo dari segi harga jelas calya, soalnya harga segitu udah dapet mobil 7 seater dengan fitur yang lumayan lengkap & bisa diobjekin juga kalo lagi kepepet. Kalo Fiesta sih worth dari segi fitur & harganya juga, tapi asal om ga masalah aja sama ASSnya Ford yang ga jelas kabarnya sampe sekarang tapi kalo bekas temen sendiri & kondisi barangnya oke, boleh lah dibeli.
Kalo alternatif ada yasir bakpao E/S 2013/ Swift 2011-2012, kalo mau merek nonmainstream ada mirage 2013-2014 / Mazda 2 2012-2013.
Yang paling worthed dari segi perawatan ya calya soalnya ASS Toyota yang terkenal dengan perawatannya yang cukup terjangkau, soal FC kayanya mirip2 dehh, kalo dari segi harga jelas calya, soalnya harga segitu udah dapet mobil 7 seater dengan fitur yang lumayan lengkap & bisa diobjekin juga kalo lagi kepepet. Kalo Fiesta sih worth dari segi fitur & harganya juga, tapi asal om ga masalah aja sama ASSnya Ford yang ga jelas kabarnya sampe sekarang tapi kalo bekas temen sendiri & kondisi barangnya oke, boleh lah dibeli.
Kalo alternatif ada yasir bakpao E/S 2013/ Swift 2011-2012, kalo mau merek nonmainstream ada mirage 2013-2014 / Mazda 2 2012-2013.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Mending brio ya om, kalau baru. Untuk trimnya juga lagi galau antara e cvt sama rs manual, mungkin ada saran om?cursQ wrote:Masih muda masih kuliah vote for brio lah klo dr option nya dan prefer baru. Kecuali fiests second itu pny temen masih ok..
Kalo fiesta nya sih, menurut saya masih mulus banget, walaupun udah tangan ke2, dan temen beli dari showroom. Posisi mobil jarang dipakai, kilometer 21rb. Tapi masih ragu buat kedepannya kalau ada masalah, denger2 dct nya bermasalah dan ongkosnya gak sedikit hehehe
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Last edited by zzzprince on Wed Dec 07, 2016 2:11, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Kalo buat keperluan kuliah gini sih ambil yg lebih worry free aja deh... kecuali emang hobi ngulik mobil. Vote brio satya
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Fiesta 1.5 dctnya yg model baru 7.6jtan. Tp hrsnya msh covered warranty. Clutch pack khan 5 years. Tcm 10 years. Yg rese itu clutch forknya. 1 biji 4jtan. Klo karatan kudu ganti gak cover warranty 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
kalo saya, new would always be better.
perna TD sigara gara matic, daily saya pakek Brio 1200 matic yang masi geared.
buat kenyamanan, fair fairan aja, sigra lebih nyaman dari Brio. nyaman dalam hal, jok lebih tebal, posisi duduk lebih layak, bantingan suspensi lebih empuk, peredaman kabin lebih layak, penyaluran tenaga lebih halus, space lebih besar, dan A/C lebih adem. buat tenaga dan fun-to drive, berbanding 180 derajat.
buat tenaga dan fun-to-drive, berbanding 180 derajat. Akselerasinya lebih kencang, handling jauh lebih baik, braking pakem dan ga ngebuang, posisi duduk lebih nikmat buat nyetir. buat kenyamanan, berbanding 180 derajat.
buat kehematan BBM, terakhir TD sigara gara, kombinasi masi dapet 1:11an, entah dalkot berapa lurkot berapa, ga jauh beda dari apansa 1300 dan Innova diesel generasi lama. Brio seboros borosnya 1:9-10, rata-rata 1:12-13, yang CVT pasti bisa lebih irit dari itu.
buat maintenance cost, sigara gara saya ga tau deh. harusnya ga berbeda jauh dari Avanza. buat Brio, kalo di BeRes per 10rb km ya lumayan juga setor duitnya, sejeti uda minimal. sampe 29rb km ini saya cuma ganti ban pakek eco-tire karena goodyear bawaannya berisik banget, dan ganti kampas rem depan pakek Bendix karena cuma dipakek stop n go dalem KOMPLEK jadi boros kampas rem adalah hal yang wajar wkwkwkwkwkwk sama genti aki sekali karena setaun terakhir, ni mubil banyakan diam di garasi.
pajak? sigara gara di 1.7-1.8 jutaan, satya saya ga tau, brio saya yang non-LCGC, 2.6 juta.
kalo disuru beli baru, saya tutup mata beli Sigra karena lebih nyaman, bisa dipake buat bawa orang dan barang, if necessary. sama lebi peace of mind kalo liwat jalan rusak apa banjir karena GC lebih tinggi. kecuali ente cuma nyetir sendiri dan ga bermasalah sama GC, go for Brio. mubil ini bener bener fun to drive buat dana segitu.
perna TD sigara gara matic, daily saya pakek Brio 1200 matic yang masi geared.
buat kenyamanan, fair fairan aja, sigra lebih nyaman dari Brio. nyaman dalam hal, jok lebih tebal, posisi duduk lebih layak, bantingan suspensi lebih empuk, peredaman kabin lebih layak, penyaluran tenaga lebih halus, space lebih besar, dan A/C lebih adem. buat tenaga dan fun-to drive, berbanding 180 derajat.
buat tenaga dan fun-to-drive, berbanding 180 derajat. Akselerasinya lebih kencang, handling jauh lebih baik, braking pakem dan ga ngebuang, posisi duduk lebih nikmat buat nyetir. buat kenyamanan, berbanding 180 derajat.
buat kehematan BBM, terakhir TD sigara gara, kombinasi masi dapet 1:11an, entah dalkot berapa lurkot berapa, ga jauh beda dari apansa 1300 dan Innova diesel generasi lama. Brio seboros borosnya 1:9-10, rata-rata 1:12-13, yang CVT pasti bisa lebih irit dari itu.
buat maintenance cost, sigara gara saya ga tau deh. harusnya ga berbeda jauh dari Avanza. buat Brio, kalo di BeRes per 10rb km ya lumayan juga setor duitnya, sejeti uda minimal. sampe 29rb km ini saya cuma ganti ban pakek eco-tire karena goodyear bawaannya berisik banget, dan ganti kampas rem depan pakek Bendix karena cuma dipakek stop n go dalem KOMPLEK jadi boros kampas rem adalah hal yang wajar wkwkwkwkwkwk sama genti aki sekali karena setaun terakhir, ni mubil banyakan diam di garasi.
pajak? sigara gara di 1.7-1.8 jutaan, satya saya ga tau, brio saya yang non-LCGC, 2.6 juta.
kalo disuru beli baru, saya tutup mata beli Sigra karena lebih nyaman, bisa dipake buat bawa orang dan barang, if necessary. sama lebi peace of mind kalo liwat jalan rusak apa banjir karena GC lebih tinggi. kecuali ente cuma nyetir sendiri dan ga bermasalah sama GC, go for Brio. mubil ini bener bener fun to drive buat dana segitu.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Iya om, saya nyari yang worry free,hehehe. Kalo ngulik sih saya lebih seneng utak atik audio doang sih[emoji1]adrevolution wrote:Kalo buat keperluan kuliah gini sih ambil yg lebih worry free aja deh... kecuali emang hobi ngulik mobil. Vote brio satya
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Wah, lumayan juga ya om, buat tranny doang. Tapi berbanding lurus dengan kualitas juga sih. Kalo biaya perawatan, kira kira lebih irit mana om, fiesta atau brio, calya.b8099ok wrote:Fiesta 1.5 dctnya yg model baru 7.6jtan. Tp hrsnya msh covered warranty. Clutch pack khan 5 years. Tcm 10 years. Yg rese itu clutch forknya. 1 biji 4jtan. Klo karatan kudu ganti gak cover warranty
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Well, this is what i looking for! Thanks om[emoji2]vulvy8858 wrote:kalo saya, new would always be better.
perna TD sigara gara matic, daily saya pakek Brio 1200 matic yang masi geared.
buat kenyamanan, fair fairan aja, sigra lebih nyaman dari Brio. nyaman dalam hal, jok lebih tebal, posisi duduk lebih layak, bantingan suspensi lebih empuk, peredaman kabin lebih layak, penyaluran tenaga lebih halus, space lebih besar, dan A/C lebih adem. buat tenaga dan fun-to drive, berbanding 180 derajat.
buat tenaga dan fun-to-drive, berbanding 180 derajat. Akselerasinya lebih kencang, handling jauh lebih baik, braking pakem dan ga ngebuang, posisi duduk lebih nikmat buat nyetir. buat kenyamanan, berbanding 180 derajat.
buat kehematan BBM, terakhir TD sigara gara, kombinasi masi dapet 1:11an, entah dalkot berapa lurkot berapa, ga jauh beda dari apansa 1300 dan Innova diesel generasi lama. Brio seboros borosnya 1:9-10, rata-rata 1:12-13, yang CVT pasti bisa lebih irit dari itu.
buat maintenance cost, sigara gara saya ga tau deh. harusnya ga berbeda jauh dari Avanza. buat Brio, kalo di BeRes per 10rb km ya lumayan juga setor duitnya, sejeti uda minimal. sampe 29rb km ini saya cuma ganti ban pakek eco-tire karena goodyear bawaannya berisik banget, dan ganti kampas rem depan pakek Bendix karena cuma dipakek stop n go dalem KOMPLEK jadi boros kampas rem adalah hal yang wajar wkwkwkwkwkwk sama genti aki sekali karena setaun terakhir, ni mubil banyakan diam di garasi.
pajak? sigara gara di 1.7-1.8 jutaan, satya saya ga tau, brio saya yang non-LCGC, 2.6 juta.
kalo disuru beli baru, saya tutup mata beli Sigra karena lebih nyaman, bisa dipake buat bawa orang dan barang, if necessary. sama lebi peace of mind kalo liwat jalan rusak apa banjir karena GC lebih tinggi. kecuali ente cuma nyetir sendiri dan ga bermasalah sama GC, go for Brio. mubil ini bener bener fun to drive buat dana segitu.
Rencana saya pakai mobil buat kuliah doang om. Kalo hujan dan sebagainya.
Saya juga nyari yanh reliable supaya gak nyusahin saya di kemudian hari. Sebenarnya rada ragu sama calya karna ini kan mobil 1st batch, berdasar pengalaman beli barang 1st batch pasti ada aja lemahnya. Sementara brio kan udah 3x facelift (cmiiw) paling gak udah ada peningkatan dibanding generasi sebelumnya.
Saya pernah pake brio 1st gen yang L13 matic, kira kira dibanding satya E cvt, apa perbedaan tenaga nya kerasa om?
Untuk maintenance, saya dengar honda sekarang menawarkan paket cermat, jadi bayar biaya perawatan di depan. Kalau misalnya apply paket itu, apa bisa lebih hemat om untuk segi perawatan nya?
Dan untuk pajak tahunan nya, brio rs sama brio satya apa beda banyak om? Secara statusnya lcgc dan non.
Thank you in advance
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
1. dari beberapa user sigara gara maupun caya caya caya di sebelah dan sebelahnya lagi, penyakit ni mubil ada di:zzzprince wrote:Well, this is what i looking for! Thanks om[emoji2]vulvy8858 wrote:kalo saya, new would always be better.
perna TD sigara gara matic, daily saya pakek Brio 1200 matic yang masi geared.
buat kenyamanan, fair fairan aja, sigra lebih nyaman dari Brio. nyaman dalam hal, jok lebih tebal, posisi duduk lebih layak, bantingan suspensi lebih empuk, peredaman kabin lebih layak, penyaluran tenaga lebih halus, space lebih besar, dan A/C lebih adem. buat tenaga dan fun-to drive, berbanding 180 derajat.
buat tenaga dan fun-to-drive, berbanding 180 derajat. Akselerasinya lebih kencang, handling jauh lebih baik, braking pakem dan ga ngebuang, posisi duduk lebih nikmat buat nyetir. buat kenyamanan, berbanding 180 derajat.
buat kehematan BBM, terakhir TD sigara gara, kombinasi masi dapet 1:11an, entah dalkot berapa lurkot berapa, ga jauh beda dari apansa 1300 dan Innova diesel generasi lama. Brio seboros borosnya 1:9-10, rata-rata 1:12-13, yang CVT pasti bisa lebih irit dari itu.
buat maintenance cost, sigara gara saya ga tau deh. harusnya ga berbeda jauh dari Avanza. buat Brio, kalo di BeRes per 10rb km ya lumayan juga setor duitnya, sejeti uda minimal. sampe 29rb km ini saya cuma ganti ban pakek eco-tire karena goodyear bawaannya berisik banget, dan ganti kampas rem depan pakek Bendix karena cuma dipakek stop n go dalem KOMPLEK jadi boros kampas rem adalah hal yang wajar wkwkwkwkwkwk sama genti aki sekali karena setaun terakhir, ni mubil banyakan diam di garasi.
pajak? sigara gara di 1.7-1.8 jutaan, satya saya ga tau, brio saya yang non-LCGC, 2.6 juta.
kalo disuru beli baru, saya tutup mata beli Sigra karena lebih nyaman, bisa dipake buat bawa orang dan barang, if necessary. sama lebi peace of mind kalo liwat jalan rusak apa banjir karena GC lebih tinggi. kecuali ente cuma nyetir sendiri dan ga bermasalah sama GC, go for Brio. mubil ini bener bener fun to drive buat dana segitu.
Rencana saya pakai mobil buat kuliah doang om. Kalo hujan dan sebagainya.
Saya juga nyari yanh reliable supaya gak nyusahin saya di kemudian hari. Sebenarnya rada ragu sama calya karna ini kan mobil 1st batch, berdasar pengalaman beli barang 1st batch pasti ada aja lemahnya. Sementara brio kan udah 3x facelift (cmiiw) paling gak udah ada peningkatan dibanding generasi sebelumnya.
Saya pernah pake brio 1st gen yang L13 matic, kira kira dibanding satya E cvt, apa perbedaan tenaga nya kerasa om?
Untuk maintenance, saya dengar honda sekarang menawarkan paket cermat, jadi bayar biaya perawatan di depan. Kalau misalnya apply paket itu, apa bisa lebih hemat om untuk segi perawatan nya?
Dan untuk pajak tahunan nya, brio rs sama brio satya apa beda banyak om? Secara statusnya lcgc dan non.
Thank you in advance
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
- suspensi belakang terlalu empuk kalo diisi lebih dari 4 orang => solusi: pasang damper belakang atau ganti shock yang lebi keras, tapi jadi keras bener pas dibawa sendiri
- ban ekopitak bawaan dealernya kurang kuat menahan bobot mobil, apalagi kalo sering diisi full => ganti ban yang bagusan, heran masi ada yang pakek ekopitak brrrrrrr

- tenaga dan torsi di RPM bawah yang lelet dan ga seberapa cepat di puteran menengah atas => pasrah, mesin kecil disuru bawa body berat
- some cases of motor fan prematur, sama kayak brio satya dan avxen batch awal => cek coolant sering2 sama biarkan mubil idle beberapa saat sebelum mematikan mesin, biarin motor fan nya berenti muter dulu.
sisanya relatively aman. rata-rata pada puwas sama ni mubil.
2. buat Brio, tenaga dan handling menurut saya paling bagus malah pas masi CBU Thailand, yang L13Z, selain mesin emang lebi gede dan ban pakek Michelin, ni mubil berasa lebi antep. maybe karena enjin lebi gede jadi agak lebi berat. pas turun ke L12Z (saya pakek yang 1200 matic), berasa bener lemotnya hahahahahaa, iritnya ga beda jauh. cuma buat Brio yang baru ini, posisi lobang AC uda ada di tempat yang bener lah

3. saya ga perna percaya paket2 begituan. kalok ke BeRes, selalu ikut buku serpis. no others.
anyway, Brio mubil pasaran. kalo deket2 rumah ente ada spesialis Hondul pasti bisa menangani, sparepartnya ga mahal2 amat, requirement pelumasnya juga ga susah dicari, doi cuma minta SAE 10w-30, bisa 5w-30 akan much better, tranny oil pakek CVT-F means sama aja sama Lio dan HR-V jadi pasti aman, kampas rem juga banyak replacement, filter2 banyak, kaki2 banyak. ya aman lah. dan tentunya jauh lebih murah dari BeRes.
4. a friend of mine pakek Satya E 2014, eke pakek E matic 2014. pajak mubil doi 1.7 juta, pajak mubil eke 2.6 juta. sama sama 1st car dan cuma beda 7 bulan pembelian...
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Wah oke deh om, ditampung dulu. Brio satya E cvt berarti yavulvy8858 wrote:1. dari beberapa user sigara gara maupun caya caya caya di sebelah dan sebelahnya lagi, penyakit ni mubil ada di:zzzprince wrote:Well, this is what i looking for! Thanks om[emoji2]vulvy8858 wrote:kalo saya, new would always be better.
perna TD sigara gara matic, daily saya pakek Brio 1200 matic yang masi geared.
buat kenyamanan, fair fairan aja, sigra lebih nyaman dari Brio. nyaman dalam hal, jok lebih tebal, posisi duduk lebih layak, bantingan suspensi lebih empuk, peredaman kabin lebih layak, penyaluran tenaga lebih halus, space lebih besar, dan A/C lebih adem. buat tenaga dan fun-to drive, berbanding 180 derajat.
buat tenaga dan fun-to-drive, berbanding 180 derajat. Akselerasinya lebih kencang, handling jauh lebih baik, braking pakem dan ga ngebuang, posisi duduk lebih nikmat buat nyetir. buat kenyamanan, berbanding 180 derajat.
buat kehematan BBM, terakhir TD sigara gara, kombinasi masi dapet 1:11an, entah dalkot berapa lurkot berapa, ga jauh beda dari apansa 1300 dan Innova diesel generasi lama. Brio seboros borosnya 1:9-10, rata-rata 1:12-13, yang CVT pasti bisa lebih irit dari itu.
buat maintenance cost, sigara gara saya ga tau deh. harusnya ga berbeda jauh dari Avanza. buat Brio, kalo di BeRes per 10rb km ya lumayan juga setor duitnya, sejeti uda minimal. sampe 29rb km ini saya cuma ganti ban pakek eco-tire karena goodyear bawaannya berisik banget, dan ganti kampas rem depan pakek Bendix karena cuma dipakek stop n go dalem KOMPLEK jadi boros kampas rem adalah hal yang wajar wkwkwkwkwkwk sama genti aki sekali karena setaun terakhir, ni mubil banyakan diam di garasi.
pajak? sigara gara di 1.7-1.8 jutaan, satya saya ga tau, brio saya yang non-LCGC, 2.6 juta.
kalo disuru beli baru, saya tutup mata beli Sigra karena lebih nyaman, bisa dipake buat bawa orang dan barang, if necessary. sama lebi peace of mind kalo liwat jalan rusak apa banjir karena GC lebih tinggi. kecuali ente cuma nyetir sendiri dan ga bermasalah sama GC, go for Brio. mubil ini bener bener fun to drive buat dana segitu.
Rencana saya pakai mobil buat kuliah doang om. Kalo hujan dan sebagainya.
Saya juga nyari yanh reliable supaya gak nyusahin saya di kemudian hari. Sebenarnya rada ragu sama calya karna ini kan mobil 1st batch, berdasar pengalaman beli barang 1st batch pasti ada aja lemahnya. Sementara brio kan udah 3x facelift (cmiiw) paling gak udah ada peningkatan dibanding generasi sebelumnya.
Saya pernah pake brio 1st gen yang L13 matic, kira kira dibanding satya E cvt, apa perbedaan tenaga nya kerasa om?
Untuk maintenance, saya dengar honda sekarang menawarkan paket cermat, jadi bayar biaya perawatan di depan. Kalau misalnya apply paket itu, apa bisa lebih hemat om untuk segi perawatan nya?
Dan untuk pajak tahunan nya, brio rs sama brio satya apa beda banyak om? Secara statusnya lcgc dan non.
Thank you in advance
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
- suspensi belakang terlalu empuk kalo diisi lebih dari 4 orang => solusi: pasang damper belakang atau ganti shock yang lebi keras, tapi jadi keras bener pas dibawa sendiri
- ban ekopitak bawaan dealernya kurang kuat menahan bobot mobil, apalagi kalo sering diisi full => ganti ban yang bagusan, heran masi ada yang pakek ekopitak brrrrrrr![]()
- tenaga dan torsi di RPM bawah yang lelet dan ga seberapa cepat di puteran menengah atas => pasrah, mesin kecil disuru bawa body berat
- some cases of motor fan prematur, sama kayak brio satya dan avxen batch awal => cek coolant sering2 sama biarkan mubil idle beberapa saat sebelum mematikan mesin, biarin motor fan nya berenti muter dulu.
sisanya relatively aman. rata-rata pada puwas sama ni mubil.
2. buat Brio, tenaga dan handling menurut saya paling bagus malah pas masi CBU Thailand, yang L13Z, selain mesin emang lebi gede dan ban pakek Michelin, ni mubil berasa lebi antep. maybe karena enjin lebi gede jadi agak lebi berat. pas turun ke L12Z (saya pakek yang 1200 matic), berasa bener lemotnya hahahahahaa, iritnya ga beda jauh. cuma buat Brio yang baru ini, posisi lobang AC uda ada di tempat yang bener lahsama pencetan di konsol tengahnya bikin ni mubil agak sedikit lebih enak diliat wkwkwkwkwkwk. entah saya belom perna coba respon CVT nya, tapi harusnya ga akan terlalu lemot2 amat kalo dikomper sama mubil sebelah dan sebelahnya lagi.
3. saya ga perna percaya paket2 begituan. kalok ke BeRes, selalu ikut buku serpis. no others.
anyway, Brio mubil pasaran. kalo deket2 rumah ente ada spesialis Hondul pasti bisa menangani, sparepartnya ga mahal2 amat, requirement pelumasnya juga ga susah dicari, doi cuma minta SAE 10w-30, bisa 5w-30 akan much better, tranny oil pakek CVT-F means sama aja sama Lio dan HR-V jadi pasti aman, kampas rem juga banyak replacement, filter2 banyak, kaki2 banyak. ya aman lah. dan tentunya jauh lebih murah dari BeRes.
4. a friend of mine pakek Satya E 2014, eke pakek E matic 2014. pajak mubil doi 1.7 juta, pajak mubil eke 2.6 juta. sama sama 1st car dan cuma beda 7 bulan pembelian...
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- SM Specialist
- Posts: 16683
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Ford isu kelanjutan nasibnya enggak jelas... Gosipnya macem macem. Jadi hold dulu kl mau ambil mpord...
Kalo pake sendiri brio Satya lebih dari cukup koq. Pake sigra atau 7seater lain nanti malah jdi langganan ditumpangin temen temen yg ga tau diri zzz....
Paket cermat... Well cara BeRes ambil untung di depan.. Keuntungan terbesar diler adalah dari service, dan Ngahon secara jenius ambil untung d depan sblm si pemilik kabur serpis di bengkel luar
Klw oom tipikal yang apa apa BeRes ya ambil aja paket cermat. Artinya untuk kurun waktu tertentu mobil nya servis tinggal dateng aja... G pake biaya apapun.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Kalo pake sendiri brio Satya lebih dari cukup koq. Pake sigra atau 7seater lain nanti malah jdi langganan ditumpangin temen temen yg ga tau diri zzz....
Paket cermat... Well cara BeRes ambil untung di depan.. Keuntungan terbesar diler adalah dari service, dan Ngahon secara jenius ambil untung d depan sblm si pemilik kabur serpis di bengkel luar

Klw oom tipikal yang apa apa BeRes ya ambil aja paket cermat. Artinya untuk kurun waktu tertentu mobil nya servis tinggal dateng aja... G pake biaya apapun.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Vote Sigra atau calya lah Om , lebih luas , cocok untuk jalan" bareng teman" 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Nah itu dia om, ford masih belum begitu jelas kedepan nya, ditambah gimmick yang agak menyeramkan kalo rusak. Secara udah pake body control module, cmiiw.ChZ wrote:Ford isu kelanjutan nasibnya enggak jelas... Gosipnya macem macem. Jadi hold dulu kl mau ambil mpord...
Kalo pake sendiri brio Satya lebih dari cukup koq. Pake sigra atau 7seater lain nanti malah jdi langganan ditumpangin temen temen yg ga tau diri zzz....
Paket cermat... Well cara BeRes ambil untung di depan.. Keuntungan terbesar diler adalah dari service, dan Ngahon secara jenius ambil untung d depan sblm si pemilik kabur serpis di bengkel luar
Klw oom tipikal yang apa apa BeRes ya ambil aja paket cermat. Artinya untuk kurun waktu tertentu mobil nya servis tinggal dateng aja... G pake biaya apapun.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Untuk saya sih rencana pemakaian sendiri aja om, paling sih bawa temen satu orang hahahaa.
Rencana ambil paket cermat karna takut harga service ahond yang menurut nubie lebih mahal daripada triple elips atau dai, selain itu juga supaya garansi tetep bisa jalan. Hehehe
Buat brio, bagusnya ambil tipe yg mana ya om? Saya masih mikir ambil E CVT atau RS MT sekalian. Nyari yang safety nya udah lengkap
Atau ada opsi mobil 2nd yang oke om di range 150an? Thanks
Lihat2 calya, tapi masih ragu om, takut ambil batch awal2 hehehe. Ditampung dulu ya om[emoji5]grandis_GT wrote:Vote Sigra atau calya lah Om , lebih luas , cocok untuk jalan" bareng teman"
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
pernah pake brio satya 1.2 2014, baru aja dijual dan beli calya sebagai penggantinya.
kelebihan brio :
handling dan posisi mengemudi yang mantap, mesinnya juga ga malu2in..kalo yg geared matic sih lemot bangettttt (adik ipar punya)
well setuju ama om vulvy.
pajak brio kemarin ga tau karna mobil dijual sebelum bayar pajak...kalo ga salah sekitaran 1.5 jt
calya saya kalo non progresif jatuhnya 1.8-1.9an, terpaut ga banyak.
kalo saya ambil brio RS, tampangnya menjanjikan banget buat didandanin...toh kuliah mau angkut apa sih...hahahaha
kelebihan brio :
handling dan posisi mengemudi yang mantap, mesinnya juga ga malu2in..kalo yg geared matic sih lemot bangettttt (adik ipar punya)
well setuju ama om vulvy.
pajak brio kemarin ga tau karna mobil dijual sebelum bayar pajak...kalo ga salah sekitaran 1.5 jt
calya saya kalo non progresif jatuhnya 1.8-1.9an, terpaut ga banyak.
kalo saya ambil brio RS, tampangnya menjanjikan banget buat didandanin...toh kuliah mau angkut apa sih...hahahaha
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32
Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Paket cermat mah cuma akal2an HPM buat narik untung tambahan. Hitung2an sy lebih murah gak pakai paket cermat. Sy servis selalu di beres. Bapak sy pakai ahond selalu servis di beres, rata2 tiap servis rutin cuma bayar 300-400 rban saja. Tinggal di mana TSnya. Kalau di jabodetabek, ongkos servis rutin ahond relatif murah, Oom.zzzprince wrote: Rencana ambil paket cermat karna takut harga service ahond yang menurut nubie lebih mahal daripada triple elips atau dai.
Last edited by Ichtyophile on Tue Dec 13, 2016 1:40, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Brio ambil yg cvt aja om...tipe E cukup...yg manual banyak kasus overheat..soalnya fan ama radiator beda yg manual n cvt....sisa duit banyak bisa beli velg original...lebih ganteng dripada RS..dmana2 yg paling laku E CVT..stoknya rebutan....cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: RE: Re: RE: Re: Butuh saran mobil 150 jutaan
Baik om, berarti ikut servis honda standar aja ya. Kalo misal servis di beres, tapi oli bawa dari luar apa boleh om? Rencana mau cekokin amsoil signature 0w20 kalo bolehIchtyophile wrote:Paket cermat mah cuma akal2an HPM buat narik untung tambahan. Hitung2an sy lebih murah gak pakai paket cermat. Sy servis selalu di beres. Bapak sy pakai ahond selalu servis di beres, rata2 tiap servis rutin cuma bayar 300-400 rban saja. Tinggal di mana TSnya. Kalau di jabodetabek, ongkos servis rutin ahond relatif murah, Oom.zzzprince wrote: Rencana ambil paket cermat karna takut harga service ahond yang menurut nubie lebih mahal daripada triple elips atau dai.
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Iya om, abis nimang2 mending ambil tipe e cvt, dengan pertimbangan spek radiator lebih baik daripada versi manual, masih lcgc otomatis pajak murah, dan bisa di modifikasi sendiri hehehe. Kalo beli rs manual kan gak bs di modif, dijadiin matic heheheChevyman wrote:Brio ambil yg cvt aja om...tipe E cukup...yg manual banyak kasus overheat..soalnya fan ama radiator beda yg manual n cvt....sisa duit banyak bisa beli velg original...lebih ganteng dripada RS..dmana2 yg paling laku E CVT..stoknya rebutan....cmiiw
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app