2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adit129
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Apr 19, 2015 13:24

2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by adit129 »

Salam buat semua penghuni SM, ijinkan saya memberikan sedikit review tentang penghuni garasi rumah..

Background:
Semua berawal dari kakak saya yg jengah ngelihat saya males-malesan, kuliah ngga lulus-lulus. Akhirnya beliau punya ide untuk membelikan ane satu unit kendaraan yang bisa untuk didaftarin taksi online, biar ada kerjaan katanya..
Entah bagaimana ceritanya, dari berbagai macam pilihan, menjadi dua pilihan tersisa, yaitu avanza veloz dan ertiga GX, kita sengaja tidak memilih varian dreza karena merasa wasting money, hanya untuk melihat tampilan bumper yg kaya akan chrome..

Akhirnya terpilihlah ertiga, karena tampang yang lebih keren dan interior yang terlihat lebih proper dibanding avanza.

Berikut Review saya tentang suzuki ertiga GX M/T yang baru berjalan 260 km ini.

Exterior
Image
Image
Image

Saya yakin semua penghuni SM ini pernah melihat exterior dari ertiga facelift ini. Banyaknya aksen chrome di grill harusnya membuat saya membencinya, namun entah bagaimana ceritanya, aksen chrome di grill ertiga ini terlihat manis di mata saya.. Atau mata saya yg harus diperiksakan?

Dari depan hingga samping menurut saya tidak ada kejanggalan sama sekali, walaupun model velg nya terkesan 'kuno' namun masih bisa membuat keren tampilan samping suzuki ertiga ini..

Masuk ke bagian belakang, banyak hal yang sangat janggal, bahkan jika sebelumnya saya tidak memasangkan spoiler, saya akan sangat sangat membenci bagian belakang dari mobil ini. Garnish stop lamp yg lebay dan menyambung dengan chrome panjang dengan tulisan ertiga diatasnya yg berbahan chrome juga.. Penghuni SM ada yg berprofesi dokter mata? Mata saya kelilipan chrome sepertinya. :big_peace:
Jujur Saya lebih suka tampilan belakang suzuki ertiga pre facelift. :big_think:

Oh ya, untuk bagian kaca, mobil ini telah dilapisi Kaca film Solar Gard Untuk SKKB, dan Perfection untuk bagian depannya. Saya sendiri masih belum ada rencana mengganti kaca film tersebut.

Interior
Image
Image
Image
Image

Menurut subjektifitas saya, bagian interior mobil ini sangatlah keren dibanding kompetitor nya, katakanlah dengan duo avxen, mobilio, atau bahkan dengan ANGL sekalipun..

Bahan fabric bawaan mobil ini memiliki corak yg lama-kelamaan bikin pusing, kalau dilihatin terus menerus, oleh karena itu, tanpa harus menunggu lama, saya memilih untuk full bekleed jok nya dengan bahan kulit sintetis.

Mesin
Mobil ini dibekali dengan mesin K14B VVT 1400 cc (94 hp pada pada 6000 rpm torsi 130 Nm), mesin yg identik dengan saudara pendeknya, suzuki swift. Setelah saya coba, mesin ini enak untuk dalam perkotaan, tarikan bawahnya bisa diandalkan, sedangkan tarikan atasnya agak berat.
Konsumsi BBM mobil ini bisa dikatakan irit, namun akurasi saya dalam mengatakan irit sangat tidak tepat, karena sejak mobil datang lalu di isi full tank pertamax, hingga telah jalan 260km ini belum pernah refuel, ataupun reset mid. Jarum penunjuk bbm pun masi anteng di garis tengah.

Untuk top speed saya hanyaa berani maksimal 150 kph, nyali saya sudah ciut.

Driving experience
Sebelumnya saya telah meremehkan keasyikan berkendara mobil ini, karena saya rasa LMPV di rentang harga 200 jutaan tidak ada yang asyik untuk dikendarai, didukung oleh pengalaman saya test drive suzuki ertiga first batch di tahun 2012 lampau.
Namun saya salah, saya coba geber sepanjang tol JUANDA - WARU, mobil ini sangat enak, setir eps nya pun mampu mengarahkan mobil sesuai kearah yg kita mau, gejala limbung pun sangat minim, saya sangat Percaya diri mengajak mobil ini menikung panjang di kecepatan 120 kph.
Semacam bawa LMPV rasa hatchback.
Fitur tilt steering dan height adjuster seat juga membantu kita untuk menemukan posisi berkendara yg nyaman.

Kesimpulan
Buat para penghuni suggestion corner yang butuh mobil 7 seaters dengan budget dibawah 200juta (setelah diskon, November 2016), mobil ini layak diperhitungkan, build quality yg lumayan, tampang yg masih dicerna oleh mayoritas masyarakat Indonesia, mesin yg bisa dikatakan irit dan (semoga) bandel, interior yg agak lega dibanding rivalnya dan dengan desain yg keren. Ya two thumbs up lah untuk mobil ini.

Pro's
+ Fitur yg lumayan lengkap (ABS, dual airbag, immobilizer, tilt steering, EPS, Steering audio control, blinker etc)
+ Build Quality
+ Minim bodyroll
+ Hemat BBM
+ Kekedapan kabin
+ Posisi mengemudi
+ 2nd row reclining seat
+ 50:50 configuration 3rd row

Con's
- Tarikan atas lemot
- Bau BBM masuk kabin
- Bau sangit saat digeber di kec. tinggi
- Headlamp gampang berembun
- Ban bawaan berisik
- Suspensi paling rigid di kelasnya

Review diatas adalah murni pendapat saya pribadi, mohon maaf jika ada perbedaan persepsi dalam menilai mobil ini. Terima kasih.
:big_deal:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Pboyz97 »

Nice review om
Btw suspensi paling rigid itu kelebihan ya, kok masuknya ke con's om hehehe. Back to topic, mobil ini memang punya potensi di kelas LMPV, paling nyaman & lega di kelasnya, BQ terbaik di kelasnya & cukup enak dikemudikan + fitur cukup lengkap, sayangnya mobil ini tidak diseriusi oleh brandnya, entah kenapa FL dari ertiga ini merupakan FL yang kacau menurut saya (barang bagus kok dipretelin) :big_dunno: , seperti hilangnya ABS & Tweeter pada Ertiga GL & GX FL batch awal serta penyunatan tenaga mesin pada ertiga FL ini :big_chicken: :big_slap: , hal tersebut menjadi kelemahan yang cukup fatal buat ertiga FL ini + suzuki yang terlihat mulai ogah2an dalam memasarkan ertiga ini (soalnya jarang banget liat ertiga FL di jalan, sekalinya ketemu malah yang tipe GLnya bukan yang GX) . btw saya setuju sama om TS ,saya juga lebih suka tampilan ertiga PFL soalnya lebih simpel & less-chromey dibandingin sama ertiga PFL ini , terutama chrome di bagian belakangnya + penempatan reflektor yang ga proporsional sama sekali menurut saya, tapi kalo ditambahin aksesoris kaya punya om keliatannya bagus juga ya hehehe :big_weee: , btw kenapa lebih milih ertiga om daripada GN Veloz? :big_think:

Anyway, congrats atas mobil barunya om
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by armann »

Lebih rigid dari mobilio suspensinya?
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ddyta27 »

mantap om... kalo saya penasaran sama ertiga diesel, katanya tahun depan mau dipasarkan yah..
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by iwing »

apakah fitur EBD juga sudah ada di tipe ini om..?? karena saya merasa ABS tanpa EBD kayak kurang lengkap. btw mantep juga dapat di bawah 200
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Bulgogi »

iwing wrote:apakah fitur EBD juga sudah ada di tipe ini om..?? karena saya merasa ABS tanpa EBD kayak kurang lengkap. btw mantep juga dapat di bawah 200
Bukannya sepaket ya, ada ABS udah pasti ada EBD? :big_think:
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Rundeer »

Nice ripiu om :frm_tumbleft:
Mobil ini menurut saya jg emg lumayan bagus dikelasnya. Sangat disayangkan penjualannya gak terlalu banyak karena sijuki ogah-ogahan promosinya (cuma booming diawal habis itu hilang). Apalagi faceliftnya menurut saya jg fatal sekali. Harga naik tapi malah sunat fitur dari 1st batchnya (ABS sempet disunat).
Btw itu bagian belakangnya mungkin bakal much better kalo tempelan reflektor gapenting itu dilepas om
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ChZ »

Bulgogi wrote:
iwing wrote:apakah fitur EBD juga sudah ada di tipe ini om..?? karena saya merasa ABS tanpa EBD kayak kurang lengkap. btw mantep juga dapat di bawah 200
Bukannya sepaket ya, ada ABS udah pasti ada EBD? :big_think:
Belum tentu, oom...

ABS : Antilock-Braking system. Mencegah nguncinya rem kalo emergency braking.

EBD : Electronic Brake-force Distribution. Membagi beban pengereman secara merata di setiap roda.

Secara fungsi udah berbeda, om. Hehehe.

Good review... Ortu saya juga tengah taun kmrn angkut Ertiga GL AT '13... Cuma sampe hari ini blom sempat nyentuh. Sayangnya Ertiga ini secara tenaga paling inferior ya. Bahkan kalah sama Avanza 1.300cc Dual VVT.

Btw saya blakangan jadi frequent user taxi online, kok jarang skali ya dapet Ertiga. Mobilio masih sering malah 2x dapet type RS terus. Avanza xenia ga usah ditanya. Kurang populer buat taxi online kayaknya ya.

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by grandis_GT »

Nice Review om , selamat mobil barunya :frm_tumbright: , sebetulnya kalo om emang kmarin udah rencana mau bungkus ertiga dan gak suka tempelan garnis chrome belakang , om pilih kembarannya VX-1 Facelift aja, fitur sama dengan R3 GX , kecuali garnis crom lampu belakang di VX-1 di hilangkan sama mazda , mungkin pihak mazda juga merasa katarak melihat tuh garnis tempelan :mrgreen:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ak4ng »

Bulgogi wrote:
iwing wrote:apakah fitur EBD juga sudah ada di tipe ini om..?? karena saya merasa ABS tanpa EBD kayak kurang lengkap. btw mantep juga dapat di bawah 200
Bukannya sepaket ya, ada ABS udah pasti ada EBD? :big_think:
kl abs cm 3 kanal kaya old vnt yg nyaris setengah M itu tentu g ad ebd nya om :upss: karena belakang kiri dan kanan jadi satu :drinking: beda sm r3 yg 4 kanal, semua ban ada sensor dan saluran masing2 :off_good_job: eh abs apanja or rush sekarang jg masi 3kanal jg si :frm_bang_head: tentu no ebd :off_bored:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by PRBS »

saya paling suka naik r3 itu karena aura interiornya..berbeda sekali auranya dibanding LMPV lainnya.

andaikan tombol AC nya sudah pencet2an (yaa minimal seperti brv mobilio lah) pasti lebih enak dipandang..
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Bulgogi »

ak4ng wrote: kl abs cm 3 kanal kaya old vnt yg nyaris setengah M itu tentu g ad ebd nya om :upss: karena belakang kiri dan kanan jadi satu :drinking: beda sm r3 yg 4 kanal, semua ban ada sensor dan saluran masing2 :off_good_job: eh abs apanja or rush sekarang jg masi 3kanal jg si :frm_bang_head: tentu no ebd :off_bored:
ChZ wrote: Belum tentu, oom...

ABS : Antilock-Braking system. Mencegah nguncinya rem kalo emergency braking.

EBD : Electronic Brake-force Distribution. Membagi beban pengereman secara merata di setiap roda.

Secara fungsi udah berbeda, om. Hehehe.
Hmm.. gitu ya.. jadi, ini ertiga dikasih EBD ga ya?
Atau EBD + BA nya beneran hilang dr versi PFL? :big_slap:
adit129
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Apr 19, 2015 13:24

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by adit129 »

Pboyz97 wrote:Nice review om
Btw suspensi paling rigid itu kelebihan ya, kok masuknya ke con's om hehehe. Back to topic, mobil ini memang punya potensi di kelas LMPV, paling nyaman & lega di kelasnya, BQ terbaik di kelasnya & cukup enak dikemudikan + fitur cukup lengkap, sayangnya mobil ini tidak diseriusi oleh brandnya, entah kenapa FL dari ertiga ini merupakan FL yang kacau menurut saya (barang bagus kok dipretelin) :big_dunno: , seperti hilangnya ABS & Tweeter pada Ertiga GL & GX FL batch awal serta penyunatan tenaga mesin pada ertiga FL ini :big_chicken: :big_slap: , hal tersebut menjadi kelemahan yang cukup fatal buat ertiga FL ini + suzuki yang terlihat mulai ogah2an dalam memasarkan ertiga ini (soalnya jarang banget liat ertiga FL di jalan, sekalinya ketemu malah yang tipe GLnya bukan yang GX) . btw saya setuju sama om TS ,saya juga lebih suka tampilan ertiga PFL soalnya lebih simpel & less-chromey dibandingin sama ertiga PFL ini , terutama chrome di bagian belakangnya + penempatan reflektor yang ga proporsional sama sekali menurut saya, tapi kalo ditambahin aksesoris kaya punya om keliatannya bagus juga ya hehehe :big_weee: , btw kenapa lebih milih ertiga om daripada GN Veloz? :big_think:

Anyway, congrats atas mobil barunya om
Oh ya om. Thanks koreksinya. Harusnya saya taruh di pro's..
Betul om, suzuki seperti ogah-ogahan seriusin ini ertelu, padahal dia potensial sekali.

Saya kurang tau ASS ini merk akhir2 ini. Besok rencana mau service pertama 1000 km.
Puas atau tidaknya akan saya share lagi. Btw, ini app SM di android bisa dibuat multi quote ngga ya? Hehe

armann wrote:Lebih rigid dari mobilio suspensinya?
Saya rasa begitu om, rigid namun nyaman, beda ama mobilio yg menurut saya masih mentul mentul..

PRBS wrote:saya paling suka naik r3 itu karena aura interiornya..berbeda sekali auranya dibanding LMPV lainnya.

andaikan tombol AC nya sudah pencet2an (yaa minimal seperti brv mobilio lah) pasti lebih enak dipandang..
Betul om. Coba kenop AC nya digital kayak suzuki swift. Plus start stop engine button. Pasti duo avxen dkk bakal turun penjualannya..

Sent from my Mi 4i using Seraya Motor mobile app
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Profith83 »

adit129 wrote:
armann wrote:Lebih rigid dari mobilio suspensinya?
Saya rasa begitu om, rigid namun nyaman, beda ama mobilio yg menurut saya masih mentul mentul..
Kalau boleh ikut urun pendapat. Lihat rigid atau tidaknya adalah pada waktu tikungan dengan kecepatan agak tinggi. Semakin terasa limbung maka artinya kurang rigid. Seingat saya Mobilio shocknya lebih keras dan Ertiga. Justru Ertiga yang mental mentul.
Tetapi hati hati yah kalau coba .. keselamatan penumpang lebih penting.
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by armann »

Profith83 wrote:
adit129 wrote:
armann wrote:Lebih rigid dari mobilio suspensinya?
Saya rasa begitu om, rigid namun nyaman, beda ama mobilio yg menurut saya masih mentul mentul..
Kalau boleh ikut urun pendapat. Lihat rigid atau tidaknya adalah pada waktu tikungan dengan kecepatan agak tinggi. Semakin terasa limbung maka artinya kurang rigid. Seingat saya Mobilio shocknya lebih keras dan Ertiga. Justru Ertiga yang mental mentul.
Tetapi hati hati yah kalau coba .. keselamatan penumpang lebih penting.
Kalo mobilio sih kerasnya rada ngocok, sampe berasa kalo lg dijlnan rusak, makanya pngn tau aja kalo ertiga sampe sekeras apa..
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
ipasha96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Thu Oct 16, 2008 3:34

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ipasha96 »

Andai Sijuki niat untuk menaikan pamor si Ertiga ini, sebetulnya nggak perlu FL terlalu heboh, cukup lampu diganti pakai projector + DRL, start stop button, AC digital ala Swift, balikin tweeter dan copot reflektor murahan di pintu belakang, kalau perlu redesign ulang bagian belakangnya supaya tidak terlalu polos.. :e-think:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Profith83 »

armann wrote:
Profith83 wrote:
Kalau boleh ikut urun pendapat. Lihat rigid atau tidaknya adalah pada waktu tikungan dengan kecepatan agak tinggi. Semakin terasa limbung maka artinya kurang rigid. Seingat saya Mobilio shocknya lebih keras dan Ertiga. Justru Ertiga yang mental mentul.
Tetapi hati hati yah kalau coba .. keselamatan penumpang lebih penting.
Kalo mobilio sih kerasnya rada ngocok, sampe berasa kalo lg dijlnan rusak, makanya pngn tau aja kalo ertiga sampe sekeras apa..
Saya pernah pakai Panther, Innova, Grand Livina, Mobilio

Menurut saya yang paling keras memang Mobilio. Sedangkan yang lain lebih mengayun kayak kita naik kapal.
Tiap orang kebutuhannya beda. Ada yang suka seperti mengayun.
Mobil Honda semua typenya sama tidak mengayun, jadi cenderung lebih stiff.
Kalau kena lobang dia tetap meredam tetapi hampir tidak ada mentulnya ... jadi yah memang kurang enak.
Kelebihannya belokkan lebih enak gak limbung.

Tinggal dipilih sesuai kebutuhan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ChZ »

Akhirnya kesampean bawa Ertiga....

GL AT '13 White... Odo read 47k.

Image
Kaya armada taxi online.... :ngacir:

Kesan-kesan saya setelah 2 hari pake sekalian short review dan perbandingan langsung dengan Veloz '12 AT, daripada kebanyakan review Ertiga :

- Karena ini type GL jadi fiturnya lumayan kosong, no tweeter no steering switch masih bisa diampuni, no airbag no ABS ini... Yah karena semua mobil di garasi even Avanza udah ABS karena Veloz semua jadi aneh sekali sekarang setir mobil matic tanpa ABS lagi setelah terakhir nyetir mobil matic tanpa ABS Xenia Xi Matic 2011. Belom feel pedal remnya yang cukup awkward, travel nya pendek dan ngagetin, persis SX4.

- Posisi nyetir tinggi, gak seenak Mobilio, tapi lebih enak dari Avanza apalagi pny saya Veloz batch awal yang joknya super tipis. Setir bisa di-adjust walau cuma tilt beda dengan Veloz yang fixed. Jok empuk dan support lebih enak dari Veloz, Pandangan ke depan leluasa sekali berbeda dengan Veloz yang kalo liat kiri kadang masih kehalang pilar. Efek dari posisi duduk tinggi, buat raih handbrake dan tuas transmisi agak sulit.

- Satu hal yang paling mengganjal saya buat suka sama Ertiga adalah tenaga mesinnya yang sangat "ngepas" kalo gak mau dibilang lemot. Matik nya halus untuk ukuran 4-speed, lebih halus dari SX4 dan rasio girnya lebih pas daripada SX4 yang gir 2 kepanjangan, dan yang lucu dia O/D by default, kalo dipencet tombol O/D justru keluar tulisan O/D OFF... Lah :big_slap: . Mungkin karena K14B ini eco-engine dia punya karakter low-to-mid... di atas 3000 mulai flat dan ngempos pelan-pelan, mirip lah sama kakaknya, Mazda8 yang ngempos di atas :ngacir: . Revband nya cukup sempit, dan masalah terbesar di Ertiga ini menurut saya adalah bobotnya yang 195kg lebih berat dari Swift dengan mesin sama. Saya cukup merasa Ertiga ini buerat... Karena terasa di handling nya. Jujur untuk manuver dalam kota Avanza Veloz lebih lincah, didukung dengan karakter pedal throttle dan tenaga yang lebih besar walaupun bodyroll tetap Avanza mirip roller coaster dan kalo udah kenceng rasanya mau take off... :mky_05:. Ertiga sebaliknya malah terasa agak bulky dan lamban tapi mantap di kecepatan tinggi. Secara bobot memang Avanza Veloz lebih superior, dia lebih ringan sekitar 100kg dibanding Ertiga. 1060kg dengan power 104hp/136Nm. Ertiga 94hp/130Nm. Hal bagus dari mesinnya adalah K14B waktu idle gak terdengar kasar seperti 3SZ-VE di Avanza, halus banget. Konsumsi bahan bakar sejauh ini di MID 9.9 km/l, mungkin aktual sekitar 9.0 km/l karena pengalaman MID Suzuki akurasinya kurang baik, deviasi >10% sering terjadi dulu di SX4... Ertiga saya denger lebih gak akurat karena ada salah perhitungan di tangki (?)

- Hal bagus datang dari suspensi Ertiga. Justru kalau menurut oom TS terlalu kaku (mungkin faktor mobil oom TS masih baru jadi masih masa inrayen, terkadang di masa inrayen shock memang lebih keras), menurut saya malah dia ngayunnya pas, enggak se-agresif Mobilio atau se-ngayun Avanza, di tengah-tengahnya. Beberapa kali lewat lobang agak dalem terasa karakter redamannya cukup soft dan spring rate nya soft (ya ini terasa sih di bodyroll nya). Peredaman mobil ini mantap, suara dari luar teredam dengan baik, road noise yang jadi problem akut mobil <200juta juga enggak terlalu berasa di Ertiga. Mungkin terbaik di kelasnya, at least dibanding Mobilio dan Avanza/Xenia...

- Build quality mobil ini cukup baik untuk mobil <200juta, tapi entah kenapa saya menemukan column steer saya kok lepas dari dudukan. Untungnya enggak mengganggu dan enggak rattle. Cuma lucu aja kalo ngubah posisi setir column nya ikut goyang-goyang.

Kesimpulan? Yaaah ambil tipe GX. Baru maupun seken. Entah apa yang ada di pikiran bokap ambil GL seken... Mungkin keburu ngambil nya. Fine car buat yang mengutamakan kenyamanan dan build quality. Buat yang mengutamakan performance dan feel nyetir sedan, ambil Mobilio, Most refined mechs and highest power (120ps). Buat yang mengutamakan tahan banting dan kemampuan nanjak nanjak, Avanza jelas. Buat taxi online tiga tiganya layak dipinang, tergantung selera.

LMPV bagi saya perbedaannya hanya masalah selera, gak ada yang lebih inferior atau lebih unggul... Karena pake taxi online sehari-hari di Surabaya kok makin lama ngerasa ketiganya gak ada perbedaan yang bikin satu lebih unggul dari lainnya. Yang unggul di sektor ini lemah di sektor ini, lucunya rivalnya unggul di sektor yang lain lagi dan lemah di sektor yang lain lagi... Enggak heran pembeli LMPV biasanya bingung.


Image

Image

Image

Image

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by Pboyz97 »

Nice review bro

Saya emang lebih suka tampangnya ertiga PFL karena lebih less chromey dibanding yang FLnya, btw kenapa bokapnya bro CHZ ngambilnya GL? hehehe, mestinya kalo ambil seken ambil yang GXnya sekalian karena fiturnya lebih lengkap daripada GL. Btw saya setuju kalo pembeli LMPV pada bingung soalnya tiap kandidat LMPV unggul di satu sektor tapi lemah di sektor lain, kecuali GN avxen, soalnya kedua mobil itu ga punya nilai spesial yang bisa menonjolkan kelebihannya dibanding rival sekelasnya, hampir semua aspek, avxen termasuk dalam kategori cukup (cukup nyaman, cukup enak dikemudikan & cukup irit BBM) kecuali ASS & Durabilitynya menurut saya, sedangkan Ertiga & mobilio punya kelebihan tersendiri dibanding pesaingnya, seperti yang bro CHZ sudah sebutkan di atas hehehe.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote:Nice review bro

Saya emang lebih suka tampangnya ertiga PFL karena lebih less chromey dibanding yang FLnya, btw kenapa bokapnya bro CHZ ngambilnya GL? hehehe, mestinya kalo ambil seken ambil yang GXnya sekalian karena fiturnya lebih lengkap daripada GL. Btw saya setuju kalo pembeli LMPV pada bingung soalnya tiap kandidat LMPV unggul di satu sektor tapi lemah di sektor lain, kecuali GN avxen, soalnya kedua mobil itu ga punya nilai spesial yang bisa menonjolkan kelebihannya dibanding rival sekelasnya, hampir semua aspek, avxen termasuk dalam kategori cukup (cukup nyaman, cukup enak dikemudikan & cukup irit BBM) kecuali ASS & Durabilitynya menurut saya, sedangkan Ertiga & mobilio punya kelebihan tersendiri dibanding pesaingnya, seperti yang bro CHZ sudah sebutkan di atas hehehe.
Entah lah oom... kadang bokap saking buru-buru udah sreg jadi main ambil... atau mungkin dia lupa GL ga ber-ABS :ngacir:

AvXen mungkin unggul di brand... kemudahan perawatan... dan kemampuan nanjak (kan dia RWD sendiri). Well... yang dua pertama sih itu keunggulan mobil brand Toyota rata-rata... most of them do have the same problem... build only to transport people from one place to another...

Except 86 which is actually a Subaru... and Land Cruiser. Alphard pun masih inferior dibanding Elgrand...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
setopratomo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Dec 20, 2016 4:18

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by setopratomo »

[quote="

Entah lah oom... kadang bokap saking buru-buru udah sreg jadi main ambil... atau mungkin dia lupa GL ga ber-ABS :ngacir:

AvXen mungkin unggul di brand... kemudahan perawatan... dan kemampuan nanjak (kan dia RWD sendiri). Well... yang dua pertama sih itu keunggulan mobil brand Toyota rata-rata... most of them do have the same problem... build only to transport people from one place to another...

Except 86 which is actually a Subaru... and Land Cruiser. Alphard pun masih inferior dibanding Elgrand...[/quote]
Om itu ertelu gx udah ada ABS lagi ya ? Kmarin dengar kabar katanya ABS nya di sunat ??
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ak4ng »

Lha di awal no tweeter tp d poto ada tweeter nya itu brooo... btw r3 gl dan gx yg non dower is ber tweeter :glodak: sejak ada dower maka dreza only yg punya tweeter :frm_bang_head: cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by armann »

ChZ wrote:
Pboyz97 wrote:Nice review bro

Saya emang lebih suka tampangnya ertiga PFL karena lebih less chromey dibanding yang FLnya, btw kenapa bokapnya bro CHZ ngambilnya GL? hehehe, mestinya kalo ambil seken ambil yang GXnya sekalian karena fiturnya lebih lengkap daripada GL. Btw saya setuju kalo pembeli LMPV pada bingung soalnya tiap kandidat LMPV unggul di satu sektor tapi lemah di sektor lain, kecuali GN avxen, soalnya kedua mobil itu ga punya nilai spesial yang bisa menonjolkan kelebihannya dibanding rival sekelasnya, hampir semua aspek, avxen termasuk dalam kategori cukup (cukup nyaman, cukup enak dikemudikan & cukup irit BBM) kecuali ASS & Durabilitynya menurut saya, sedangkan Ertiga & mobilio punya kelebihan tersendiri dibanding pesaingnya, seperti yang bro CHZ sudah sebutkan di atas hehehe.
Entah lah oom... kadang bokap saking buru-buru udah sreg jadi main ambil... atau mungkin dia lupa GL ga ber-ABS :ngacir:

AvXen mungkin unggul di brand... kemudahan perawatan... dan kemampuan nanjak (kan dia RWD sendiri). Well... yang dua pertama sih itu keunggulan mobil brand Toyota rata-rata... most of them do have the same problem... build only to transport people from one place to another...

Except 86 which is actually a Subaru... and Land Cruiser. Alphard pun masih inferior dibanding Elgrand...
ipah lama 2kd jg ok kok, does the job well done & wht.. masa alphard inferior dibanding elgrand.. mananya? pengen tau..
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by ChZ »

armann wrote: ipah lama 2kd jg ok kok, does the job well done & wht.. masa alphard inferior dibanding elgrand.. mananya? pengen tau..
Soal drivability dan kenyamanan, oom. Elgrand e52 dan alpat anh20. Agh30 si blm coba hehe. Posisi nyetir dan headroom/legroom elgrand menang.

Klw fitur sama sama kopongnya versi atpm. Elgrand v6 pun kopong.

Ketahanan mungkin menang alpat. Sperpat jg gampang alpat.

Personal opinion aja oom hehe. G suka rata2 mobil atoyot...

Cuma klw disuru pilih present Alpat agh30 atau Elgrand kya nya masih milih alpat agh30... Simpel aja elgrand uda kliatan outdated banget skrg.

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mc2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Nov 27, 2016 9:06

Re: 2016 Suzuki Ertiga GX M/T + ABS

Post by mc2 »

nice review, sambil menunggu review ertiga Diesel hybrid