Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Nov 10, 2016 7:50
Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC saat ini menjadi kebutuhan sekunder masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Alat pendingin ini biasanya terpasang pada kantor, toko, mall dan masih banyak tempat lainnya. Kini AC Mobil juga dipasang pada semua merek dan tipe kendaraan roda empat atau mobil sebagai salah satu fasilitas penunjang transportasi. Alat ini dirasakan sangat perlu mengingat cuaca yang panas dan kemacetan yang dapat membuat stress sehingga dapat menyejukan keadaan mobil.
Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC pada tempat lainnya ? Secara umum tidak jauh berbeda untuk cara kerja AC pada kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana cara kerja sistem AC Mobil tersebut karena mengetahui setiap cara kerjanya aka menambah pengetahuan kita dan tentunya akan kita dapat gunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.
Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui komponen yang terdapat dalam sistem beseta dengan fungsinya.
1. Kompressor AC
Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator. Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi.
2. Kondensor
Kondensor atau condenser pada Ac Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.
3. Filter atau Dryer
Berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam sistem AC Mobil
Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan media pendingin, dan langkah terakhirnya adalah eveporator yang dalam sistem tersebut berguna sebagai penyerap panas udara dari luar yang mengalir dalam ruangan yang didinginkan. Cara kerjanya yaitu kompresor yang digerakan dengan tenaga mesin mobil memompa dan mengalirkan media pendingin atau freon yang berbentuk gas ke dalam sistem ini dengan tekanan tertentu.
Selanjutnya media pendingin atau freon dialirkan ke bagian kondensor AC dan di dalam kondensor tersebut freon akan didinginkan dengan cara melepaskan panas ke udara melalui sirip-sirip kondensor sehingga diubah dalam bentuk cair. Kemudian media pendingin yang telah berubah menjadi bentuk cair dialirkan ke komponen selanjutnya yaitu filter atau dryer. Di dalam dryer dilakukan penyaringan dan pengeringan uap air yang masih ikut beredar di dalam sistem.
Setelah itu media pendingin yang telah difilter dialirkan ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Oleh karena tekanannya turun, maka media pendingin menjadi kabut yang memiliki temperatur rendah. Media pendingin yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dialirkan ke eveporator, Evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip eveporator dan diserap panasnya. Terakhir, udara yang temperaturnya telah turun dialirkan ke dalam ruang kendaraan.
Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC pada tempat lainnya ? Secara umum tidak jauh berbeda untuk cara kerja AC pada kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana cara kerja sistem AC Mobil tersebut karena mengetahui setiap cara kerjanya aka menambah pengetahuan kita dan tentunya akan kita dapat gunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.
Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui komponen yang terdapat dalam sistem beseta dengan fungsinya.
1. Kompressor AC
Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator. Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi.
2. Kondensor
Kondensor atau condenser pada Ac Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.
3. Filter atau Dryer
Berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam sistem AC Mobil
Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan media pendingin, dan langkah terakhirnya adalah eveporator yang dalam sistem tersebut berguna sebagai penyerap panas udara dari luar yang mengalir dalam ruangan yang didinginkan. Cara kerjanya yaitu kompresor yang digerakan dengan tenaga mesin mobil memompa dan mengalirkan media pendingin atau freon yang berbentuk gas ke dalam sistem ini dengan tekanan tertentu.
Selanjutnya media pendingin atau freon dialirkan ke bagian kondensor AC dan di dalam kondensor tersebut freon akan didinginkan dengan cara melepaskan panas ke udara melalui sirip-sirip kondensor sehingga diubah dalam bentuk cair. Kemudian media pendingin yang telah berubah menjadi bentuk cair dialirkan ke komponen selanjutnya yaitu filter atau dryer. Di dalam dryer dilakukan penyaringan dan pengeringan uap air yang masih ikut beredar di dalam sistem.
Setelah itu media pendingin yang telah difilter dialirkan ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Oleh karena tekanannya turun, maka media pendingin menjadi kabut yang memiliki temperatur rendah. Media pendingin yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dialirkan ke eveporator, Evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip eveporator dan diserap panasnya. Terakhir, udara yang temperaturnya telah turun dialirkan ke dalam ruang kendaraan.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Ini si lung² atau ricky? 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Jangan" kloningan si FRD mbah 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Bisa banget!daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
Pake genset


Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Seperti di kapal yang buat larung abu di ancol om, pake Sharp, LG, Panasonic model buat rumahdaftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumahmarmut wrote:saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang
harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Turboman wrote:sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumahmarmut wrote:saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang
harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang
tapi kenapa rasanya AC rumah lebih adem ya.
coba AC rumah 1pk anginnya disemburin ke dalam mobil pasti mengigil, sementara AC mobil dayanya mulai 4pk suhunya gitu2 aja, apa satuan ukurannya beda?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
kalo disiram air cara primitif itu. yg paling kekinian dioles pake kuas dan air sabun.didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
sent from Ericsson R310s
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
11-12 dong Om.... Alias beda tipis primitifnya.. [emoji12]marmut wrote:kalo disiram air cara primitif itu. yg paling kekinian dioles pake kuas dan air sabun.didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
sent from Ericsson R310s
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
[emoji1]
sent from Ericsson R310s
sent from Ericsson R310s
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
dimensi evap nya omdaftar wrote:Turboman wrote:sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumahmarmut wrote:
saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...
Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang
harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang
tapi kenapa rasanya AC rumah lebih adem ya.
coba AC rumah 1pk anginnya disemburin ke dalam mobil pasti mengigil, sementara AC mobil dayanya mulai 4pk suhunya gitu2 aja, apa satuan ukurannya beda?
lalu putaran kompressor AC mobil naik turun
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Satu lagi, kompresor AC mobil + pipa freon kena panas mesin.Turboman wrote:dimensi evap nya omdaftar wrote:Turboman wrote: sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumah
Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang
harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang
tapi kenapa rasanya AC rumah lebih adem ya.
coba AC rumah 1pk anginnya disemburin ke dalam mobil pasti mengigil, sementara AC mobil dayanya mulai 4pk suhunya gitu2 aja, apa satuan ukurannya beda?
lalu putaran kompressor AC mobil naik turun
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sun Sep 01, 2013 13:49
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Yg jelas kaleng & jendela mobil lebih tipis daripada genteng/beton dan dinding
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Sat Feb 08, 2014 20:26
Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
ada namanya leak detector, modelnya macam HT punya antena, diujung antena tersebut ada sensor yg sensitif buat mengendus letak kebocoran AC, klo sekedar mengetahui apakah sistem AC bocor atau tidak bisa menggunakan metode vacuum (make pump vacuum) jarum indicator vacuum akan menunjukkan dibawah nol / minus, kemudian matikan pump, diamkan beberapa saat klo indicator bergerak menuju angka nol bisa dipastikan sistem AC mengalami kebocoran.didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Bentuk alatnya kayak gimana?slnga wrote:ada namanya leak detector, modelnya macam HT punya antena, diujung antena tersebut ada sensor yg sensitif buat mengendus letak kebocoran AC, klo sekedar mengetahui apakah sistem AC bocor atau tidak bisa menggunakan metode vacuum (make pump vacuum) jarum indicator vacuum akan menunjukkan dibawah nol / minus, kemudian matikan pump, diamkan beberapa saat klo indicator bergerak menuju angka nol bisa dipastikan sistem AC mengalami kebocoran.didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Sat Feb 08, 2014 20:26
Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
didietkeren wrote:Bentuk alatnya kayak gimana?slnga wrote:ada namanya leak detector, modelnya macam HT punya antena, diujung antena tersebut ada sensor yg sensitif buat mengendus letak kebocoran AC, klo sekedar mengetahui apakah sistem AC bocor atau tidak bisa menggunakan metode vacuum (make pump vacuum) jarum indicator vacuum akan menunjukkan dibawah nol / minus, kemudian matikan pump, diamkan beberapa saat klo indicator bergerak menuju angka nol bisa dipastikan sistem AC mengalami kebocoran.didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app

Ralat namanya Leakscan
Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Jan 26, 2016 5:03
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
di Kereta api sekarang lbh byk yang pakai AC rumah, satu gerbong dipasang dua unit. mereknya kebanyakan Panason*c atau LG.
Belum punya mobil... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1468
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Suhu-suhu saya mau tanya, AC mobil saya pakai digital control yang punya 8 step blower. Saat mobil jalan, AC setelah 2 jam akan timbul bau apek kenapa ya? Biasanya timbul kalau blower saya posisikan dipaling rendah atau pelan saat mobil jalan siang tapi lancar/malam hari/saat hujan, kalau kecepatan Blower saya naikkan maka baunya tidak terlalu terasa. Masalahnya saya kedinginan kalau blower ada step ke 2 atau 3.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Di cucikan / servis aja om, biasanya berjamur..Pugman wrote: Sat Oct 28, 2017 12:51 Suhu-suhu saya mau tanya, AC mobil saya pakai digital control yang punya 8 step blower. Saat mobil jalan, AC setelah 2 jam akan timbul bau apek kenapa ya? Biasanya timbul kalau blower saya posisikan dipaling rendah atau pelan saat mobil jalan siang tapi lancar/malam hari/saat hujan, kalau kecepatan Blower saya naikkan maka baunya tidak terlalu terasa. Masalahnya saya kedinginan kalau blower ada step ke 2 atau 3.
DIY jg bisa, beli air conditioner cleaner dan jangan lupa filter ac d cek...
lebih bagus lagi yg mengandung carbon....
Kalau sy buat hindari jamur sebelum matikan mesin, aktifkan blower angin thok aja sebentar dlm kondisi ac mati...buat hilangkan embun di dlm sistim n jalur ac yg biasanya jd penyebab jamur
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Suhu saya mau tanya mengenai ac double blower apakah kerja kompresor lebih berat apabila ac belakang di nyalakan atau sama saja?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Evap nya udh kotor kynya, coba di service evap nya (dibersihkan, entah itu dgn alat endoskopi / bongkar dashboard) & ganti filter cabin dgn yg baru.Pugman wrote:Suhu-suhu saya mau tanya, AC mobil saya pakai digital control yang punya 8 step blower. Saat mobil jalan, AC setelah 2 jam akan timbul bau apek kenapa ya? Biasanya timbul kalau blower saya posisikan dipaling rendah atau pelan saat mobil jalan siang tapi lancar/malam hari/saat hujan, kalau kecepatan Blower saya naikkan maka baunya tidak terlalu terasa. Masalahnya saya kedinginan kalau blower ada step ke 2 atau 3.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya
Nice share [emoji3], dari pengalaman maintenance sendiri AC Lx 3/4 PK di rumah dgn setiap bulan nya, saya bersihkan sendiri filter AC nya dan bersihkan dgn kuas bagian indoor nya dan semprotin dgn air tekanan sedang utk kipas dan kisi kisi di outdoornya AC merk korea yg saya pake dari th 2003 sampe skrg msh sejuk cuma tambah freon 2 X saja oleh teknisi AC selama itu dan prinsip tsb juga diterapkan utk maintenance AC ANGL 2014 dgn bedanya filter kabin kalau kotor saya ganti baru dan setiap cuci mobil selalu saya semprotin bagian kodensernya yg berupa kisi kisi atau sirip sirip dgn air tekanan rendah sehingga dari awal beli sampe skrg kodensernya bersih dari kotoran dan AC ANGL cukup stel di angka 1 dan putaran biru yg utk thermostat kalau gak salah cukup 3 klik kalau kami sekeluarga ber 5 jalan krn row 3 ngak pernah di pake, tapi bila ada ortu atau mertua atau saudara, atau teman dll ikut baru row 3 di tempati anak anak baru di stel di angka 1 dan putaran biru yg max karena kalau di stel angka 2 suaranya mulai berisik nganggu kenikmatan saya mendengar musik dr usb yg berisi lagu lagu pilihan saat lg nyetir dan sayanya masuk angin.. Udah 3 1/2 AC Mobil masih OK [emoji1]DokterMobil2000 wrote:Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC saat ini menjadi kebutuhan sekunder masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Alat pendingin ini biasanya terpasang pada kantor, toko, mall dan masih banyak tempat lainnya. Kini AC Mobil juga dipasang pada semua merek dan tipe kendaraan roda empat atau mobil sebagai salah satu fasilitas penunjang transportasi. Alat ini dirasakan sangat perlu mengingat cuaca yang panas dan kemacetan yang dapat membuat stress sehingga dapat menyejukan keadaan mobil.
Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC pada tempat lainnya ? Secara umum tidak jauh berbeda untuk cara kerja AC pada kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana cara kerja sistem AC Mobil tersebut karena mengetahui setiap cara kerjanya aka menambah pengetahuan kita dan tentunya akan kita dapat gunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.
Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui komponen yang terdapat dalam sistem beseta dengan fungsinya.
1. Kompressor AC
Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator. Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi.
2. Kondensor
Kondensor atau condenser pada Ac Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.
3. Filter atau Dryer
Berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam sistem AC Mobil
Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan media pendingin, dan langkah terakhirnya adalah eveporator yang dalam sistem tersebut berguna sebagai penyerap panas udara dari luar yang mengalir dalam ruangan yang didinginkan. Cara kerjanya yaitu kompresor yang digerakan dengan tenaga mesin mobil memompa dan mengalirkan media pendingin atau freon yang berbentuk gas ke dalam sistem ini dengan tekanan tertentu.
Selanjutnya media pendingin atau freon dialirkan ke bagian kondensor AC dan di dalam kondensor tersebut freon akan didinginkan dengan cara melepaskan panas ke udara melalui sirip-sirip kondensor sehingga diubah dalam bentuk cair. Kemudian media pendingin yang telah berubah menjadi bentuk cair dialirkan ke komponen selanjutnya yaitu filter atau dryer. Di dalam dryer dilakukan penyaringan dan pengeringan uap air yang masih ikut beredar di dalam sistem.
Setelah itu media pendingin yang telah difilter dialirkan ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Oleh karena tekanannya turun, maka media pendingin menjadi kabut yang memiliki temperatur rendah. Media pendingin yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dialirkan ke eveporator, Evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip eveporator dan diserap panasnya. Terakhir, udara yang temperaturnya telah turun dialirkan ke dalam ruang kendaraan.

HR15DE 2014