Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Halo rekan smers, lama jadi silent reader, akhirnya berani bikin trit.
Langsung saja,
Mobilnya Kijang Innova type G M/T VVTi 1998cc, NIK 2008 tapi keluar stnk januari 2009. Body sudah feslip.
Sejarahnya beli ni mobil, sebelumnya punya Avanza 1,5S tahun 2005, tahun 2008 hilang di jakarta (daerah kalibata). Diganti asuransi adira, langsung deh dibeliin innova.
Saya gak akan bahas mengenai fitur dan sebagainya, saya kira rekan2 smers pasti sudah bosan mendengarnya. Yang jelas bagi saya, mobil ini cukup mengakomodir kebutuhan saya.
Sejak pertama beli, ini mobil selalu servis di Auto 2000 dari 0 km sampe sekarang 135.000 km. Service setiap 8000-10000 km. Oli menggunakan TGMO atau Castrol.
Yang lainnya selalu ikut apa kata kitab.
Waktu service berada di kisaran 8 - 12 bulan.
Biaya service berkisar dari 1,2jt - 3 jt.
Om turbman pernah berkata, mobil bila km sudah diluar garansi, ngapaian service di beres......
Pernah saya coba satu kali, waktu km 100rb, ganti oli, filter bensin & ganti busi di bengkel Konjaya - antapani, 2hari kemudian mobil pincang. Krn saya gak ngerti mesin, cuma belajar dari baca-baca, saya duga penyebabnya adalah busi pincang, nozzle kotor, fuel pump rusak.... Duuhh....deg deg plas....akhirnya langsung masuk auto2k pasteur....ternyata cuma busi yang pincang, diganti dan bayar deh 400rb.
Akhirnya km berikutnya tetep balik lagi ke beres walau cuma ganti oli dan tune up.
Minta sarannya dong sama sepuh2 disini. Soalnya ketika hanya ganti oli di luar dan service di beres itu saya selalu merasa ketika keluar dari beres mobil menjadi lebih responsif dan enak. Tapi kalau ganti oli di bengkel biasa ya gak ada gak terasa ada yg beda.
Modifikasi yg dilakukan dari awal sampai saat ini, hanya:
1. Jok kulit sintetik
2. Karpet dasar
3. Krom depan & belakang
4. List body samping
5. Scuff plate
6. Kaca film
Sisanya standar ting ting.
Selama 8 tahun, pekerjaan lain diluar service rutin :
1. Ganti kopling km 60rb. Istri baru belajar, kyknya keinjek terus
2. Bersihkan AC di km 80rb di a2k dc 700rb
3. Ganti vanbelt km 100rb
4. Ganti ban bs ecopia b250 tahun 2013
5. Ganti aki baru 2x, tahun 2012 & 2016
Oh iya, dri pertama beli, ni mobil selalu pertamax plus/pertamax, cuma tahun 2015 oplos pertamax dan premium. Sekarang pertalite dan pertamax, gimana isi dompet.
Kalau dijumlahin seluruh biaya service selama ini sekitar 25jt, pajak 20jt, printilan aksesoris 10jt, ban 5jt + 2jt, bensin perbulan rata2 800rb.
Itu dulu mungkin yang bisa saya tuliskan. So far, saya merasa puas dgn durability nya, gak bikin repot, tinggal pake.
Sekalian tanya pendapat, ini mobil mending di keep atau di ganti yaa ?
Terima kasih buat rekan2 semua
Langsung saja,
Mobilnya Kijang Innova type G M/T VVTi 1998cc, NIK 2008 tapi keluar stnk januari 2009. Body sudah feslip.
Sejarahnya beli ni mobil, sebelumnya punya Avanza 1,5S tahun 2005, tahun 2008 hilang di jakarta (daerah kalibata). Diganti asuransi adira, langsung deh dibeliin innova.
Saya gak akan bahas mengenai fitur dan sebagainya, saya kira rekan2 smers pasti sudah bosan mendengarnya. Yang jelas bagi saya, mobil ini cukup mengakomodir kebutuhan saya.
Sejak pertama beli, ini mobil selalu servis di Auto 2000 dari 0 km sampe sekarang 135.000 km. Service setiap 8000-10000 km. Oli menggunakan TGMO atau Castrol.
Yang lainnya selalu ikut apa kata kitab.
Waktu service berada di kisaran 8 - 12 bulan.
Biaya service berkisar dari 1,2jt - 3 jt.
Om turbman pernah berkata, mobil bila km sudah diluar garansi, ngapaian service di beres......
Pernah saya coba satu kali, waktu km 100rb, ganti oli, filter bensin & ganti busi di bengkel Konjaya - antapani, 2hari kemudian mobil pincang. Krn saya gak ngerti mesin, cuma belajar dari baca-baca, saya duga penyebabnya adalah busi pincang, nozzle kotor, fuel pump rusak.... Duuhh....deg deg plas....akhirnya langsung masuk auto2k pasteur....ternyata cuma busi yang pincang, diganti dan bayar deh 400rb.
Akhirnya km berikutnya tetep balik lagi ke beres walau cuma ganti oli dan tune up.
Minta sarannya dong sama sepuh2 disini. Soalnya ketika hanya ganti oli di luar dan service di beres itu saya selalu merasa ketika keluar dari beres mobil menjadi lebih responsif dan enak. Tapi kalau ganti oli di bengkel biasa ya gak ada gak terasa ada yg beda.
Modifikasi yg dilakukan dari awal sampai saat ini, hanya:
1. Jok kulit sintetik
2. Karpet dasar
3. Krom depan & belakang
4. List body samping
5. Scuff plate
6. Kaca film
Sisanya standar ting ting.
Selama 8 tahun, pekerjaan lain diluar service rutin :
1. Ganti kopling km 60rb. Istri baru belajar, kyknya keinjek terus
2. Bersihkan AC di km 80rb di a2k dc 700rb
3. Ganti vanbelt km 100rb
4. Ganti ban bs ecopia b250 tahun 2013
5. Ganti aki baru 2x, tahun 2012 & 2016
Oh iya, dri pertama beli, ni mobil selalu pertamax plus/pertamax, cuma tahun 2015 oplos pertamax dan premium. Sekarang pertalite dan pertamax, gimana isi dompet.
Kalau dijumlahin seluruh biaya service selama ini sekitar 25jt, pajak 20jt, printilan aksesoris 10jt, ban 5jt + 2jt, bensin perbulan rata2 800rb.
Itu dulu mungkin yang bisa saya tuliskan. So far, saya merasa puas dgn durability nya, gak bikin repot, tinggal pake.
Sekalian tanya pendapat, ini mobil mending di keep atau di ganti yaa ?
Terima kasih buat rekan2 semua
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
wah tebalik ama ane...
punya ipah 1TR manual 2006... posisi odo skrg kira2 170an rebu.... ngangkat seken pas odo 70 rebu...
dr odo segitu ampe skarang... cuman perna 2 kali masuk beres... sisanya, betulin sendiri... ganti oli sendiri, tune up sendiri, trial and error sendiri... cuman perna ke bengkel rumahan 3-4 kali doank.. itu jg gara2 ga ad tools di rumah
kl servis rutin mah, ini mobil gampang banget.... malah lebi rempong nge tuneup honda jazz... pake stel klep sgala..
punya ipah 1TR manual 2006... posisi odo skrg kira2 170an rebu.... ngangkat seken pas odo 70 rebu...
dr odo segitu ampe skarang... cuman perna 2 kali masuk beres... sisanya, betulin sendiri... ganti oli sendiri, tune up sendiri, trial and error sendiri... cuman perna ke bengkel rumahan 3-4 kali doank.. itu jg gara2 ga ad tools di rumah
kl servis rutin mah, ini mobil gampang banget.... malah lebi rempong nge tuneup honda jazz... pake stel klep sgala..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Kalo mau ganti sih, mending ganti ke ANKI yaa... soalnya gw liat buat ganti innova lama yg plg pas ya ANKI...
Gw kemaren mikir mau ganti 2.5 G dirumah ama 2.4 Q, cuma......
.....kantong ga mau kompromi

Gw kemaren mikir mau ganti 2.5 G dirumah ama 2.4 Q, cuma......
.....kantong ga mau kompromi


Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Mobil badak yg battle proven, odo sy udah 190k nih th 08 bengsin matic, parts yg udh pernah ganti
Drive shaft (Gak paham kenapa, indikasinya kalo mundur nguk2 bunyi) diganti asuransi bilang kena batu, pulley alternator, balljoin n disc brake (gak rusak cuma bikin stir getar, udh ganti 2x pas masa garansi)
Selain itu cuma perawatan rutin dan ganti oli tiap 10k km, dan masih sangat smooth, kalo dibanding ama apanza pelos 2016 sekalipun, kastanya masih tak berbohong
Tapi kok ipah gen ini rasanya lebih enteng ya tarikannya dibanding gnki ? Soalnya sy ada keduanya, sama2 matic bensin, kalo pas dibuat luar kota salip2an pendek yg th 08 enteng banget dibanding yg gnki 2013
Drive shaft (Gak paham kenapa, indikasinya kalo mundur nguk2 bunyi) diganti asuransi bilang kena batu, pulley alternator, balljoin n disc brake (gak rusak cuma bikin stir getar, udh ganti 2x pas masa garansi)
Selain itu cuma perawatan rutin dan ganti oli tiap 10k km, dan masih sangat smooth, kalo dibanding ama apanza pelos 2016 sekalipun, kastanya masih tak berbohong
Tapi kok ipah gen ini rasanya lebih enteng ya tarikannya dibanding gnki ? Soalnya sy ada keduanya, sama2 matic bensin, kalo pas dibuat luar kota salip2an pendek yg th 08 enteng banget dibanding yg gnki 2013
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
kl ane malah ngerasa yg ipah matic bensin non euro lebi narik drpd ipah FL gen euro awal onward...
faktor injector lobang 8 gede plus open loop management emg ga boong...
faktor injector lobang 8 gede plus open loop management emg ga boong...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Nice review om
Kalo mau ganti mending ANKI om, soalnya improvementnya cukup jauh dari ipah lama secara teknis (exteiror, interior, fitur, mesin , transmisi dl), saran saya mending ambil Tipe 2.4 V manual om, soalnya versi bensinnya borosnya ga jauh beda sama ipah lama serta versi dieselnya lebih irit daripada bensin + torsi lebih gede, serta ga perlu banyak adaptasi karena om TS udah terbiasa pake manual, tapi kalo buat saat ini mending keep dulu om Innovanya sampe masalah transmisi jedug & turbo putunya selesai. Btw ipah gen fl ini emang saya paling suka modelnya soalnya simpel & ga ada lekukan aneh2 kaya GNKI & Dono.
Mobil ini emang durabilitynya luar biasa , soalnya ini mobil cukup badak & ga minta jajan yg aneh2 & harga sparepartnya juga cukup terjangkau, btw turut prihatin om atas kehilangan mobil avanzanya.
Kalo mau ganti mending ANKI om, soalnya improvementnya cukup jauh dari ipah lama secara teknis (exteiror, interior, fitur, mesin , transmisi dl), saran saya mending ambil Tipe 2.4 V manual om, soalnya versi bensinnya borosnya ga jauh beda sama ipah lama serta versi dieselnya lebih irit daripada bensin + torsi lebih gede, serta ga perlu banyak adaptasi karena om TS udah terbiasa pake manual, tapi kalo buat saat ini mending keep dulu om Innovanya sampe masalah transmisi jedug & turbo putunya selesai. Btw ipah gen fl ini emang saya paling suka modelnya soalnya simpel & ga ada lekukan aneh2 kaya GNKI & Dono.
Mobil ini emang durabilitynya luar biasa , soalnya ini mobil cukup badak & ga minta jajan yg aneh2 & harga sparepartnya juga cukup terjangkau, btw turut prihatin om atas kehilangan mobil avanzanya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Nice ripiu om.
Kalo si ipah masih nurut dan gak minta jajan aneh" mending di keep aja. Apalagi mobil ini durabilitynya super badak
Oh iya om, fuel consumptionnya brp?
Kalo si ipah masih nurut dan gak minta jajan aneh" mending di keep aja. Apalagi mobil ini durabilitynya super badak

Oh iya om, fuel consumptionnya brp?
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34
Re: RE: Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Maaf oot,DOHC wrote:wah tebalik ama ane...
punya ipah 1TR manual 2006... posisi odo skrg kira2 170an rebu.... ngangkat seken pas odo 70 rebu...
dr odo segitu ampe skarang... cuman perna 2 kali masuk beres... sisanya, betulin sendiri... ganti oli sendiri, tune up sendiri, trial and error sendiri... cuman perna ke bengkel rumahan 3-4 kali doank.. itu jg gara2 ga ad tools di rumah
kl servis rutin mah, ini mobil gampang banget.... malah lebi rempong nge tuneup honda jazz... pake stel klep sgala..
Om DOHC,
Kalo setiap tune up jazz memang harus stel klep ya?
Soalnya kalo sy perhatikan tiap service, kalo nyuruh org bengkel tune up, mereka cuma bersihkan thortle body, cek busi dan bersihkan filter udara saja.
Kalo stel klep dikerjakan kalo sy yg request.
Nah kalo sy nyuruh carbon clean dan stel klep, thortle body nya gak diapa2in.
Sent from my ST26i using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Om rundeer ; fuel cons bervariasi dari 1:6, 1:8, 1:10 juga pernah...gimana kondisi, yg jelas bdg jkt via cipularang, rpm gak lebih dari 3000, full to full msih dapet 1:12, tapi cuma buat buktikan saja, dan hanya satu kali....tahun 2012. Selanjutnya gak pernah begitu lgi. Tapi harian kalo cuma rumah ke kantor, kadang ac mati dapet 1:9.
Oh iya lupa, tambahan info nya, dri tahun 2009-2014 selalu asuransi, yg diganti ketika akhir masa asuransi dari awal sampe akhir cuma, bemler depan 2x, lampu utama 1x, spion 1x, shock depan 1x.
Untuk service yg dilakukan sendiri ada yg lupa gak kemasukin
1. Ganti lampu rem 2x (dlm 8thn)
2. Ganti lampu mundur 2x (dlm 8th)
3. Ganti lampu utama 1x (dlm 8thn)
4. Ganti sekering lighter rokok 2x (dlm 8thn)
5. Ganti ball joint, & teman temannya kiri kanan, bulan agustus 2016, di a2k, dc 5jt an
Oh iya lupa, tambahan info nya, dri tahun 2009-2014 selalu asuransi, yg diganti ketika akhir masa asuransi dari awal sampe akhir cuma, bemler depan 2x, lampu utama 1x, spion 1x, shock depan 1x.
Untuk service yg dilakukan sendiri ada yg lupa gak kemasukin
1. Ganti lampu rem 2x (dlm 8thn)
2. Ganti lampu mundur 2x (dlm 8th)
3. Ganti lampu utama 1x (dlm 8thn)
4. Ganti sekering lighter rokok 2x (dlm 8thn)
5. Ganti ball joint, & teman temannya kiri kanan, bulan agustus 2016, di a2k, dc 5jt an
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Saya kira penghuni SMERSs gak ada yg piara mobil lama-lama.....hehehe
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: RE: Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
ga wajib om... cuman kan ntuh klep suatu saat perlu di stel jgSatya21 wrote:Maaf oot,DOHC wrote:wah tebalik ama ane...
punya ipah 1TR manual 2006... posisi odo skrg kira2 170an rebu.... ngangkat seken pas odo 70 rebu...
dr odo segitu ampe skarang... cuman perna 2 kali masuk beres... sisanya, betulin sendiri... ganti oli sendiri, tune up sendiri, trial and error sendiri... cuman perna ke bengkel rumahan 3-4 kali doank.. itu jg gara2 ga ad tools di rumah
kl servis rutin mah, ini mobil gampang banget.... malah lebi rempong nge tuneup honda jazz... pake stel klep sgala..
Om DOHC,
Kalo setiap tune up jazz memang harus stel klep ya?
Soalnya kalo sy perhatikan tiap service, kalo nyuruh org bengkel tune up, mereka cuma bersihkan thortle body, cek busi dan bersihkan filter udara saja.
Kalo stel klep dikerjakan kalo sy yg request.
Nah kalo sy nyuruh carbon clean dan stel klep, thortle body nya gak diapa2in.
Sent from my ST26i using Seraya Motor mobile app
beda ama 1TR... ga pake stel2 klep lg
btw kl bersihin TB mah, sendiri aj... buka trus lap2.... ane tiap 1000 km malah pasti buka TB trus ane lap... ntuh jelaga ama kotoran campur oli pasti numpuk... apalagi di ipah... bkin ndut2an kl lg iseng maen rpm rendah kl ud numpuk tebel
kcuali utk pengguna mobil batumakam... haram hukumnya bersih2 TB...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Wah sy dirumah msh ada innova bensin manual thn 05 peninggalan papa saya. Odo ga pernah beranjk lagi dr 250rban km.
Sampe hr ini ga byk perawatan bahkan mesin msh kering. Kopling ganti 2x. Shockbreaker baru sy ganti nih pake kayaba premium dan overhaul kaki" semua pake 555 trus simpen lagi digarasi. Minum pertamax. Bulan lalu sy pake dalkot 1:7-1:9. Ban dr dulu pake dunlop std, dan lm703 trkhr sekalian overhaul kaki semua sy ganti jadi hankook kinergy ex.
Mobil sudah keliling jawa waktu sy masih smp. Roadtrip pake mbl ini. Badak and battle proven.
Project terakhir sy mau full repainting krn sudah agak usang catnya. Dan beberapa baret bawaan orok.
Sent from Seraya Motor Mobile App
Sampe hr ini ga byk perawatan bahkan mesin msh kering. Kopling ganti 2x. Shockbreaker baru sy ganti nih pake kayaba premium dan overhaul kaki" semua pake 555 trus simpen lagi digarasi. Minum pertamax. Bulan lalu sy pake dalkot 1:7-1:9. Ban dr dulu pake dunlop std, dan lm703 trkhr sekalian overhaul kaki semua sy ganti jadi hankook kinergy ex.
Mobil sudah keliling jawa waktu sy masih smp. Roadtrip pake mbl ini. Badak and battle proven.
Project terakhir sy mau full repainting krn sudah agak usang catnya. Dan beberapa baret bawaan orok.
Sent from Seraya Motor Mobile App
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Kok ga masuk-_- angel ya masuk in gambar disini...
engine roaring!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Iya om, saya juga coba masukin gambar mobilnya gak ngerti caranya.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Kangen dengan KI MT 2006 saya...
mobil Badak dan penuh kenangan.
Beli Seken tahun 2010 odo 70ribuan seharga 155jt
Jual 2 Bulan yang lalu odo 190ribuan seharga 100jt
mobil Badak dan penuh kenangan.
Beli Seken tahun 2010 odo 70ribuan seharga 155jt
Jual 2 Bulan yang lalu odo 190ribuan seharga 100jt

"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
kalau saran saya JANGAN DIJUAL oom..m316us wrote:Halo rekan smers, lama jadi silent reader, akhirnya berani bikin trit.
Langsung saja,
Mobilnya Kijang Innova type G M/T VVTi 1998cc, NIK 2008 tapi keluar stnk januari 2009. Body sudah feslip.
Sejarahnya beli ni mobil, sebelumnya punya Avanza 1,5S tahun 2005, tahun 2008 hilang di jakarta (daerah kalibata). Diganti asuransi adira, langsung deh dibeliin innova.
Saya gak akan bahas mengenai fitur dan sebagainya, saya kira rekan2 smers pasti sudah bosan mendengarnya. Yang jelas bagi saya, mobil ini cukup mengakomodir kebutuhan saya.
Sejak pertama beli, ini mobil selalu servis di Auto 2000 dari 0 km sampe sekarang 135.000 km. Service setiap 8000-10000 km. Oli menggunakan TGMO atau Castrol.
Yang lainnya selalu ikut apa kata kitab.
Waktu service berada di kisaran 8 - 12 bulan.
Biaya service berkisar dari 1,2jt - 3 jt.
Om turbman pernah berkata, mobil bila km sudah diluar garansi, ngapaian service di beres......
Pernah saya coba satu kali, waktu km 100rb, ganti oli, filter bensin & ganti busi di bengkel Konjaya - antapani, 2hari kemudian mobil pincang. Krn saya gak ngerti mesin, cuma belajar dari baca-baca, saya duga penyebabnya adalah busi pincang, nozzle kotor, fuel pump rusak.... Duuhh....deg deg plas....akhirnya langsung masuk auto2k pasteur....ternyata cuma busi yang pincang, diganti dan bayar deh 400rb.
Akhirnya km berikutnya tetep balik lagi ke beres walau cuma ganti oli dan tune up.
Minta sarannya dong sama sepuh2 disini. Soalnya ketika hanya ganti oli di luar dan service di beres itu saya selalu merasa ketika keluar dari beres mobil menjadi lebih responsif dan enak. Tapi kalau ganti oli di bengkel biasa ya gak ada gak terasa ada yg beda.
Modifikasi yg dilakukan dari awal sampai saat ini, hanya:
1. Jok kulit sintetik
2. Karpet dasar
3. Krom depan & belakang
4. List body samping
5. Scuff plate
6. Kaca film
Sisanya standar ting ting.
Selama 8 tahun, pekerjaan lain diluar service rutin :
1. Ganti kopling km 60rb. Istri baru belajar, kyknya keinjek terus
2. Bersihkan AC di km 80rb di a2k dc 700rb
3. Ganti vanbelt km 100rb
4. Ganti ban bs ecopia b250 tahun 2013
5. Ganti aki baru 2x, tahun 2012 & 2016
Oh iya, dri pertama beli, ni mobil selalu pertamax plus/pertamax, cuma tahun 2015 oplos pertamax dan premium. Sekarang pertalite dan pertamax, gimana isi dompet.
Kalau dijumlahin seluruh biaya service selama ini sekitar 25jt, pajak 20jt, printilan aksesoris 10jt, ban 5jt + 2jt, bensin perbulan rata2 800rb.
Itu dulu mungkin yang bisa saya tuliskan. So far, saya merasa puas dgn durability nya, gak bikin repot, tinggal pake.
Sekalian tanya pendapat, ini mobil mending di keep atau di ganti yaa ?
Terima kasih buat rekan2 semua
pakai terus, dan lihat kebadakan mobil ini..
pasti ada jajan, namanya benda pasti ada umur pakainya.
mobil klien saya di gresik, yang saya tumpangi, odo sudah 520,000 km dan masih jalan...dia punya type V.
Saya pernah tanya kemana aja sih mobil ini dibawa koq bisa odo sudah melewati jarak Bumi ke Bulan,..
Dibilang itu mobil rutin tiap hari antar jemput karyawan atau tamu, dari Sby to Gresik atau Gresik ke Bandaran Juanda, minimal 2 x sehari pp, atau bisa 3x..tergantung situasi..
Mobil lain tahun segitu juga, odo 460,000 km yaitu mobil yang saya carter dari Pekanbaru (Bandara, lupa namanya) ke Tembilahan..
Itu jarak sekali jalan 300 km, dan mobil itu rutin narik..
Biasanya kalau sore tiba di Tembilahan, dan ada penumpang mau ke Pekanbaru, ...ya ditarek juga...
Jadi dengan siapkan dana Rp 10 juta (jaga jaga tiap tahun), menurut saya mobil ini masih akan survive minimal 7 tahun lagi dengan enak...asal rutin service saja..terutama kaki-kaki..
Kalau rusak jangan diakali tapi ganti langsung sebelum merembet...pasti awet...
Bayangkan Kijang Grand Extra thn 96 saat ini,...20 thn sudah dan masih banyak yang bagus....
walaupun dengan "dengungan mesin" khas Kijang saat akselerasi...



Kalau dijual juga nomboknya banyak...gak worthed....
Kecuali kalau COP kayak saya...sayang kalo gak diambil...soalnya gak bisa ambil "mentah"nya..jadi mau gak mau kita "dipaksa" beli mobil baru tiap 5 thn...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Iya om ginting, kemaren dah sempet mau jual, tuker ke ANKI nambahnya 200jt sendiri, eman eman banget kayaknya.....tapi entah besok lusa bila ada setan cakep yg lewat.......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Ga bakal nyesal deh nombok 200jt upgrade ke anki. Ambil tipe g diesel aja, dapet tenaganya, iritnya, eksterior kelihatan cakep kemana2 dibanding innnova lama.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Om valdis : hehehe......kelihatannya sih worthed......tapi 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Jedug putunya itu lho hahaha, antara dapet unit yang putuan / normal ,sorry kalo nyamber hahaham316us wrote:Om valdis : hehehe......kelihatannya sih worthed......tapi

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Update : km 140rb, ganti oli pake Castrol start & stop, 5w30, full synth, kerasa lebih halus ke mesin dan getaran juga berkurang. Oh iya filter oli ganti juga pake denso.
Mudah mudahan awet....mau coba 15rb km baru ganti oli atau 12 bulan. Hehehehe....
Mudah mudahan awet....mau coba 15rb km baru ganti oli atau 12 bulan. Hehehehe....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Buat ipah-ers bengsin yg km nya udh diatas 100 rb, coba cek kondisi pipa bypass radiator dan waterpump, klo udh ada rembes di salah satu part (either waterpump ato pipa bypass) mending ganti barengan biar hemat ongkos dan ga buang radiator coolant 2x.
Oiya, klo ganti pipa bypass pake yg besi galvanis ato yg stainless aja drpd yg bawaan pabrik dr plastik
Oiya, klo ganti pipa bypass pake yg besi galvanis ato yg stainless aja drpd yg bawaan pabrik dr plastik
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 23, 2016 7:59
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
Gejalanya apa ya ? Memang kadang air coolant suka berkurang...tapi jaraknya lama, 4-5bulanan turun sekitar 2-3cm di tabung putihariesto wrote: Sun Feb 19, 2017 13:59 Buat ipah-ers bengsin yg km nya udh diatas 100 rb, coba cek kondisi pipa bypass radiator dan waterpump, klo udh ada rembes di salah satu part (either waterpump ato pipa bypass) mending ganti barengan biar hemat ongkos dan ga buang radiator coolant 2x.
Oiya, klo ganti pipa bypass pake yg besi galvanis ato yg stainless aja drpd yg bawaan pabrik dr plastik
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Long term ownership Kijang Innova G M/T VVTi
mengenai pipa besi bypass radiator... monggo mampir
viewtopic.php?f=52&t=19204&hilit=tuning+ipah&start=100
viewtopic.php?f=52&t=19204&hilit=tuning+ipah&start=100
numpang lewat aja....

