Mohon maap kalo ripiwnya jelek krn baru pertama bikin ripiw

Kebetulan tadi sore sales nawarin td sienta g mt
Ane tanyain dulu
Boleh dibawa jauh kagak? "Oh iya gpp mas"
sip akhirnya ane iyain, langsung capcus ke deler, ada sebongkah sienta g mt warna putih full stiker


sebelumnya kita bahas sejarah lahirnya sienta dulu, yang skg ini adalah sienta generasi kedua, yang generasi pertama diluncurkan 2003 tidak masuk di indo, hanya untuk jdm saja. nah taon kemarin sienta generasi kedua resmi diluncurkan di indonesia dan beberapa negara laen (malay, thai, singa, kenya, hongkong, macau)
bentuk sienta generasi pertama seperti ini
imut2 layaknya mobil jdm

mengalami facelift 2 kali sebelum akhirnya meluncurkan generasi kedua yang spt skg ini
mesin sienta generasi pertama berkode 1NZ-FE (AWD) 1.5L 109hp dan torsi 141nm pada rpm 4200, nah sienta generasi kedua aka sienta skg yang untuk pasar indo menggunakan mesin berkode 2NR-FE, tapi kalo di jepun mesin tetep sama kodenya 1NZ-FE (AWD). mesin berkode 2NR-FE ini mirip mesinnya apanjah tapi beda blok mesinnya, kalo 2NR-FE pake blok mesin alumunium, cmiw, bisa menyemburkan tenaga kuda sebesar 109hp dan torsi maksimum 143nm di rpm 4200
oke cukup prolognya,
setelah otw ke deler sampe deler jam 3 sore tadi, langsung ke seles, dan dikasihlah kunci sienta putih g mt yang mirip dg kunci apanjah masa kini

langsung cus keluar dari deler asri motor jenggolo sidoarjo
Melipir ke pom bensin dulu
Iseng ngisi pertamax turbo krn ane mau nyoba pengaruhnya sama tarikan mesinnya krn dulu pernah coba sienta cvt pake premium lemot hasilnya
Setelah isi 100rb dapet kira2 11liter, tak lupa reset mid biar bisa ketahuan avg konsumsinya
oh iya ini tampilan mid nya untuk tipe v g dan e, masih sederhana monokrom

setelah isi turbo, langsung puter kunci krn yang ada tombol start button hanya tipe v dan q, cus tancap gas menuju tol porong
setelah bayar di loket, coba start pada gigi 2, eh gak stall alias mbrebet, bisa langsung gas cuma ya itu harus imbangin koplingnyua cuma gak ada gejala stall, berarti enak ini tenaga putaran bawahnya. lanjut jalan, disini pas mau masuk tol porong dari arah sidoarjo ada tikungan yang cukup manteb buat tes handling, tancap gas 60kph eh gak limbung padahal biasanya pake livina ato brio pun limbung kalo lewat situ
turun masuk tol porong, melipir ke bahu jalan dulu, langsung coba hard akselerasi dari 0-100 kurleb 12detikan krn ga pake alat proper cuma pake jam tangan. cukup mayan untuk ukuran sebuah mpv jakung
Keluar tol porong masuk arteri porong jalannya mayan lengang,coba gas pol perpindahan giginya halus gak mendut2 spt apanjah, selip2 gesit dan didukung suspensi yang enak, jadi suspensinya ini gak empuk mentul2 kayak apanjah, gak atos juga kyk swip, jadi medium tapi enak gak bikin mabok. oh iya karakternya ini tak liat2 mirip yasir bakpo kalo dibuat selip2 which is enak tenaga bawahnya
Masuk tol gempan, mau coba tes kecepatan yang mana daihatsu alya aja bisa 170kph

habis ambil karcis, langsung gas pol rpm mentog ke 4000; pndah gigi sampe ke gigi 6, spedometer menunjukkan angka 150kph berada di angka 4000 rpm, wah enak ini bisa irit kalo dibuat cepet, fyi apanjah dual vvti yang skg aja speed 120 sudah berada di rpm 5000, dan suara mesin pada rpm tsb ga ngeraung2 banget beda jaauuhh sama apanjah yang sudah teriak2 minta tolong


NB: foto diambil oleh salesnya jadi ane tetep safety driving

Habis keluar tol gempan,masuk ke taman dayu,melewati jalan berkelok juga enak2 saja,gaka da gejala limbung, dan sales tak tanyain mabok gak,jwbe tdk,yg mana ane kalo leawat jalan itu pake livina sbg penumpang,mabok ane

Setelah lewat pintu gerbang, mau masuk ke the pins,eh satpamnya blg the pinsnya udah ditutup,jalan ga bisa dilalui soalnya sedang dibangun sekolah sampurna

setelah gagal masuk ke the pins, start puter balik mau keluar perumahan taman dayu, kebetulan jalan nanjak kira2 30derajat, masuk gigi satu, lepas kopling injak gas secara imbang, no stall, tenaga nya mayan mumpuni kok dipake nanjak gak seberapa ngeden

setelah puas "nyiksa" sientanya, akhirnya melipir dulu ke wapo ngisi bengsin perut

konklusinya:
ini mobil enak bgt transmisi manualnya, jaaauuh lebih enak daripada manual apanjah atopun manual ipah
pas banget buat muter2 dalem kota, tapi gak malu2in kalo mau diajak keluar kota, untuk akomodasi mayanlah gak pegel kalo dibuat keluar kota krn dapat menopang paha dg sempurna even itu di baris ketiga
ini adalah foto baris ketiga legroomnya, pas2an sih, FYI tinggi ane 170, berat 85


paha tersanggah sempurna

ini akomodasi baris kedua dg setelan bangku paling maju dan bangku supir sesuai dg penyetelan ane

ini view dari penumpang baris ketiga kedepan yang menbganut teatrical view

nah bagi yang nanyain, mana nih pegangan buat masuk ke baris kedua, ternyata ini pegangannya

setirnya polosan kayak abg cabe2an yang baru turun ke trek motor protolan


dengan harga otr 242juta, diskon 25jt gratis camera belakang, ini sienta sangat worth it dibanding velos yang berada direntang harga 220jt diskon 20jt, mending sienta tipe g mt jauh kemana2, tarikannya enak, handing enak, pengereman pakem dan gak ngocok, transmisi manualnya juga enak, kopling enteng napasnya panjang. akomodasi juga mayan lega jika diisi 7 orang, gak selega ipah tapi gak sejelek apanjah masalah kenyamanan akomodasinya
terus apa dong kejelekan mobil ini?
nah yang ane tangkap, ada beberapa, pertama posisi duduk driver kurang supportip, jadi ketika bangku ditarik agak menjauh, itu setirnya jadi tegak lurus, gak enak, dimajuin nanti kaki agak mentok, coba ada teleskopic sempurna dah posisi duduknya
no arm rest untuk baris pertama aka baris supir, padahal itu yang terpenting, biar gak pegel tangan kiri. dan lagi build quality dashboard yang biasa saja, setingkat diatas mobilio tapi masih sama2 ember lion,cuma agak tebelan dikiit, kalo dijemur di matahari cukup lama, itu plastik bakal lentur jadi bisa dipencet2 kayak mendet silikon buat isi payudxra. oh iya tuas transmisi agak kebawah even itu manual,meskipun gak terlalu kebawah, gak begitu mengganggu kok, masih cukup lincah dibuat shifting
apakah ane suka dg sienta ini?
oh jelas, ane jatuh cinta sama sienta ini, setelah coba trip agak jauhan, enak ternyata mobilnya. coba tipe q ada manualnya, ada arm rest dibagian driver, maka sempurnalah mobil ini

oh iya, FYI lagi, ada 3 merek ban untuk 3 tipe sienta, jadi tiap tipe beda2 bannya

type g pake hankook kinergi
type v pake bridston turansa
type q pake bridston ekopiya

sekilan ripiw singkat dari ane, mohon maap kalo ripiwnya masih dibawah standar
