Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pamangober
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20

Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by pamangober »

Halo kerabat seraya, waktu itu saya pernah minta saran untuk pembelian mobil hatcback matic dengan budget 160 juta. Bisa lihat disini viewtopic.php?f=64&t=24524

jadi waktu itu pilihannya adalah

1. Daihatsu sirion AT
2. Nissan March
3. Suzuki Celerio CVT
4. Honda Brio CVT
5. Karimun Wagon R AGS

setelah berguru 2 hari bawa avanza Matic sama teman, ternyata emang pake matic lebih mudah. Sehari jalan di kompleks bsoknya jalan raya dan tol. Akhirnya daripada bingung maka beranikan diri untuk test drive satu persatu. :mky_04:

Berikut review singkat ane.

1. Daihatsu Sirion AT, Dari segi ekterior sirion ini sporty banget. Point plus dah lengkap ada sensor parkir dan foglamps. Posisi nyetir mirip - mirip sama avanza, jadi sedikit penyesuaian saja. Waktu di coba akselerasi berasa mobil ini cukup ngisi di putaran bawah. gas di bejek mobil masih bisa melaju. point minus , agak sedikit kurang nyaman dengan rem nya yang agak tinggi.

2. Nissan March, Tadinya sie mau ngambil yang tipe terendah tapi ternyata diskon yang Tipe XS cukup besar bisa sampe 30 juta. Akhirnya di cobalah nissan march xs ini. Kebetulan ada unit test drive buat tipe XS nya. Pas di coba, ternyata setir nya ringan, berbeda dengan avanza dan brio yang agak berat. Untuk akselerasi di putaran bawahnya lumayan tapi ketika di coba bejek, kecepatan sepertinya enggan untuk bertambah. Mungkin ini yang di bilang orang agak boyo. Untuk suspensi nissan march ini lebih empuk ketimbang sirion dan brio. Dan remnya terasa pakem, yang mungkin dah ada abs kali yah ..

3. Suzuki celerio CVT, sangat sulit untuk menenukan dealer yang ada unit test drivenya akhirnya coret dari list :big_bored:
4. Honda Brio satya CVt, Tadinya mau ambil yang satya CVT, tapi ternyata diskon yang tipe BRIO RS CVT juga cukup besar. Jadilah masuk pilihan dan coba untuk test drive. Satu hal yang jadi ganjalan adalah ruang baris kedua yang sempit dan bagasi yang lebih sempit di banding yang lainnya. Point plusnya transmisi CVT nya halus sekali dan pengendalian serta handlingnya lebih enak di banding yang lain. Namun karena faktor bagasi dan ruang belakang yang sempit. Akhirnya di coret dari list.
5. Karimun Wagon R Ags, Karena budgetnya dah dapat di kelas yang lebih atasnya, bukan LCGC. akhirnya di coret dari list.


Jadi tinggal lah head to head antara Daihatsu Sirion AT dan Nissan March XS AT.

Berikut faktor yang membuat ane masih bingung dalam menentukan pilihan

1. Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ? :big_childish:
2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? Apakah perlakuannya bisa murah juga untuk biaya service dan spare partnya ?
3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet ?
4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya ?
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2.

Mohon masukannya antara pilihan 2 di atas mana yang lebih worthed di ambil ?
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by bangrosi »

Merem pilih sirion dr pada march mesin 1300cc 4 silinder sama dgn avanza/xenia...Nissan march kecuali yg 1500cc bs jd pertimbangan
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by ak4ng »

Kl mau hb metik yg ada immob dan abs dgn budget 160jt tentu cuma satya e cvt om, tentu harus kompromi dgn kelemahannya, kl pilihannya sirion vs march, dua2ny produk jadoelll, cuma ganti kosmetik dan maskara, merem pilih sirion deh, asumsi ga pake kebut2an, 4cyl, brand, dll.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by nugroho bagor »

Sudah baca2 kirain miras,kenapa gak mirage aja om :ngacir:
User avatar
Mitsubishisale
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 593
Joined: Tue Sep 23, 2014 11:46
Location: Jl.Danau Sunter Utara Blok B No 14

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Mitsubishisale »

Mirage old model mungkin tertarik om

Disaya msh ada type GLS AT warna merah nih klo berminat :ungg:
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya :big_deal:

More Info :

Xl : 0877-7778-1377 ( WA + Tlp )


:big_cat:
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Chevyman »

Been there n akhirnya pilih satya E CVT...
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Prast84 »

kayak saya waktu kemarin beli kendaraan buat menteri keuangan

akhirnya saya milih sirion AT kenapa?
1.Mobil hanya untuk antar jemput anak
2.Mayoritas dipakai dalam kota dimana kecepatan max 60km/jam kalo sepi
3.Mesin 4 cyl 1300 cc
4.Free Jasa sampai 100rb KM untuk service
5.Untuk FC saya 1:14-17 km/L
6.2nd row masih manusiawi
7.GC lumayan tinggi

padahal saya waktu ada 2 kandidat brio cvt dan sirion kenapa gak milih brio cvt
1.GC Rendah
2.2nd Row rada sempit
3.bagasi terlalu kecil
4.Terlalu pasaran dijalan
pamangober
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by pamangober »

nugroho bagor wrote:Sudah baca2 kirain miras,kenapa gak mirage aja om :ngacir:
Mirage Exceed barunya harga 196 juta om, diskonnya masih dikit paling banter 6 juta. Dengan budget yang sama sudah kebeli tuh low MPV macam XENIA,AVANZA ,MOBILIO
Mitsubishisale wrote:Mirage old model mungkin tertarik om Disaya msh ada type GLS AT warna merah nih klo berminat :ungg:
Gak ada immobilizer atau gak Abs +ebd + BA atau salah satunya aja buat ane galau, apalagi gak ada dua-duanya :big_childish: , kalo old model yang mirage exceed sie ane mau.
Chevyman wrote:Been there n akhirnya pilih satya E CVT...
Karena Akomodasi dan kelegaan lebih di utamakan, makanya brio ane coret om.
Prast84 wrote:kayak saya waktu kemarin beli kendaraan buat menteri keuangan

akhirnya saya milih sirion AT kenapa?
1.Mobil hanya untuk antar jemput anak
2.Mayoritas dipakai dalam kota dimana kecepatan max 60km/jam kalo sepi
3.Mesin 4 cyl 1300 cc
4.Free Jasa sampai 100rb KM untuk service
5.Untuk FC saya 1:14-17 km/L
6.2nd row masih manusiawi
7.GC lumayan tinggi

padahal saya waktu ada 2 kandidat brio cvt dan sirion kenapa gak milih brio cvt
1.GC Rendah
2.2nd Row rada sempit
3.bagasi terlalu kecil
4.Terlalu pasaran dijalan
Dimana tuh om daihatsu sirion dapat free jasa service sampai 100 RB KM ? ane kok di asco daihatsu cuma dapet 1000 KM.
pamangober
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by pamangober »

Yang buat ane paling galau yaitu point nomor 1, Antara pilih yang ada immobilizernya atau yang remnya sudah ABS+EBD+BA. Gak ada yang kasihh suggest dalam hal ini, mana yang lebih penting ? :(
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by alicevamps »

Dalam hal ini aku milih march. Immobilizer bisa digantikan oleh asuransi TLO, klo ABS+EBD+BA digantinya pake asuransi jiwa....just kidding

Kenapa aku milih march:
- model lucu n iconic, walaupun bentar lagi ganti model sih, tp model barunya terlalu modern n normal bgt. Trus untuk existing model, klo ada uang lebih boleh beli bumper dpn model bolero, jadi deh bentley
- bawa march kok rasanya lbh enak drpd bawa sirion ya (pernah nyoba dua2nya yg manual siiy), bawa sirion kayak melayang2 ga jelas, trus rasanya bawa mobil gede bgt, padahal kecil gitu.
- audio march berasa lebih bagus
- interiornya punya design yg senada dgn exterior, bulet2, bandingin ama sirion yg kesannya tuh mobil di-design tanpa konsep jelas.

Selebihnya untuk resale value rasanya imbang ya, liatnya harus march vs sirion, jangan liat secara daihatsu vs nissan. Spare part mungkin lbh gampang daihatsu, tp body part bisa beda cerita, soalnya kan sirion itu produk malaysia yg jg dijual di sini n bbrp negara. Sementara march itu produk global di hampir semua negara jual. Paling jg ntar ada yg bilang stereotip2 kayak 3 silinder atau kualitas after sales nissan, bukan isu lagi sih menurutku, yg bilang gitu mgkn cuman denger2 n ga pernah ngalamin langsung. Btw aku bukan sales nissan ya.

Itu cuman suggest aku klo pilihannya bener2 cuman 2 itu. Sebenernya pengen recommend brio satya, tp karena dicoret ya sudah.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
DLM1392
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Sep 23, 2016 4:38

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by DLM1392 »

pamangober wrote:Halo kerabat seraya, waktu itu saya pernah minta saran untuk pembelian mobil hatcback matic dengan budget 160 juta. Bisa lihat disini viewtopic.php?f=64&t=24524

jadi waktu itu pilihannya adalah

1. Daihatsu sirion AT
2. Nissan March
3. Suzuki Celerio CVT
4. Honda Brio CVT
5. Karimun Wagon R AGS

setelah berguru 2 hari bawa avanza Matic sama teman, ternyata emang pake matic lebih mudah. Sehari jalan di kompleks bsoknya jalan raya dan tol. Akhirnya daripada bingung maka beranikan diri untuk test drive satu persatu. :mky_04:

Berikut review singkat ane.

1. Daihatsu Sirion AT, Dari segi ekterior sirion ini sporty banget. Point plus dah lengkap ada sensor parkir dan foglamps. Posisi nyetir mirip - mirip sama avanza, jadi sedikit penyesuaian saja. Waktu di coba akselerasi berasa mobil ini cukup ngisi di putaran bawah. gas di bejek mobil masih bisa melaju. point minus , agak sedikit kurang nyaman dengan rem nya yang agak tinggi.

2. Nissan March, Tadinya sie mau ngambil yang tipe terendah tapi ternyata diskon yang Tipe XS cukup besar bisa sampe 30 juta. Akhirnya di cobalah nissan march xs ini. Kebetulan ada unit test drive buat tipe XS nya. Pas di coba, ternyata setir nya ringan, berbeda dengan avanza dan brio yang agak berat. Untuk akselerasi di putaran bawahnya lumayan tapi ketika di coba bejek, kecepatan sepertinya enggan untuk bertambah. Mungkin ini yang di bilang orang agak boyo. Untuk suspensi nissan march ini lebih empuk ketimbang sirion dan brio. Dan remnya terasa pakem, yang mungkin dah ada abs kali yah ..

3. Suzuki celerio CVT, sangat sulit untuk menenukan dealer yang ada unit test drivenya akhirnya coret dari list :big_bored:
4. Honda Brio satya CVt, Tadinya mau ambil yang satya CVT, tapi ternyata diskon yang tipe BRIO RS CVT juga cukup besar. Jadilah masuk pilihan dan coba untuk test drive. Satu hal yang jadi ganjalan adalah ruang baris kedua yang sempit dan bagasi yang lebih sempit di banding yang lainnya. Point plusnya transmisi CVT nya halus sekali dan pengendalian serta handlingnya lebih enak di banding yang lain. Namun karena faktor bagasi dan ruang belakang yang sempit. Akhirnya di coret dari list.
5. Karimun Wagon R Ags, Karena budgetnya dah dapat di kelas yang lebih atasnya, bukan LCGC. akhirnya di coret dari list.


Jadi tinggal lah head to head antara Daihatsu Sirion AT dan Nissan March XS AT.

Berikut faktor yang membuat ane masih bingung dalam menentukan pilihan

1. Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ? :big_childish:
2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? Apakah perlakuannya bisa murah juga untuk biaya service dan spare partnya ?
3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet ?
4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya ?
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2.

Mohon masukannya antara pilihan 2 di atas mana yang lebih worthed di ambil ?
March aja om, immobilizer bisa pasang sendiri, paling ngeluarin 3-4 juta om. Tapi kalau mau march yang 1.5 aja, udah ada vsc :wkkk:
cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Nov 18, 2015 15:55

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by cresentmoon »

March aja. Karna pertimbangan ada abs+ebd+ba. Itu yg paling penting. Kmrn banjir2an di kemang hard breaking abs nya bunyi gtu. Kalo gaada abs mungkin mobilnya meluncur ga terkendali kali ya hehhe
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Fiz »

kalo om lebih concern ke point 1, saya pribadi lebih pilih abs+ebd+ba, lebih mahal nambahin fitur itu soalnya ketimbang immob.. dan karena march bukan mobil liquid, jadi pencuri spertinya gak begitu melirik march (walopun tetep sebaiknya om tambahin kunci stang), yaa kliatan juga sih dari harganya xs > sirion at

saya punya sirion.. gak enak bawaannya.. keras tapi limbung,, kayak bawa avanza mini ketimbang HB mini..
kelebihannya ruangnya lega, luas, headunit cukup lengkap bluetooth dsb.. tampang juga paling keren.. mesin jelas reliebel..
untuk service kok sy dapetnya 40k km/3tahun free jasa yah, di asco juga, asco ps.minggu..
coba deh om cek lagi, kayaknya miskom, mungkin maksudnya free 1000km itu ya bener2 free wong cuma cek2 dan adjust2 aja,, untuk service selanjutnya yg free jasanya aja, oli dan onderdil tetep bayar..

untuk march ini lega, empuk, serasa bneran bawa city car, tipes xs paling lengkap dan terasa worth it melihat diskonnya yg kepala 3..
tapi ya boyo.. 3cyl mayan bising dan geter.. dan krn boyo jadinya nginjek gas mulu akhirnya boros..

3. durability.. sy pegang sirion deh, wong di malay jd mobil sejuta umat.. konon march sperti nissan pada umumnya, shocknya lemah ya (tergantung pemakaian, klo dalam kota sih kuat2 aja pastinya)

4. harga jual kembali. karena keduanya bukan mobil populer, spertinya yaa 11-12 anjloknya.. coba aja cek di olx untuk tahun yang sama keduanya diharga berapa (xs jauh lebih mahal dari sirion at ya barunya)

5. konsumsi bbm. sirion gw ron92. dalkot jkt super macet mentok 1:9.8an,, macet standar aja 1:10.5-11an,, tol jkt-bdg lancar 1:20-22, macet 1:17an

semoga membantu..
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Prast84 »

pamangober wrote: Dimana tuh om daihatsu sirion dapat free jasa service sampai 100 RB KM ? ane kok di asco daihatsu cuma dapet 1000 KM.
saya di solo kalo nanya salesnya free jasa 50rb Km tp kalo dari Service Advisornya infonya 100rb Km
soalnya saya masih simpan WA sama salesnya dan yg 100rb KM nanya pas service 1000 km

maaf kalo salah soalnya itu info yg saya dapat :big_peace:
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by dimassn25 »

Prast84 wrote:
pamangober wrote: Dimana tuh om daihatsu sirion dapat free jasa service sampai 100 RB KM ? ane kok di asco daihatsu cuma dapet 1000 KM.
saya di solo kalo nanya salesnya free jasa 50rb Km tp kalo dari Service Advisornya infonya 100rb Km
soalnya saya masih simpan WA sama salesnya dan yg 100rb KM nanya pas service 1000 km

maaf kalo salah soalnya itu info yg saya dapat :big_peace:
Kayaknya kalo cari di kuskus suka ada sales yang jual daihatsu sirion terus dia ngasih keterangan service gratis sampe 50rb. Coba aja search di fjb nya kuskus
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4593
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Pboyz97 »

Kalo dari semua kandidat yang om TS tentuin, sebenernya brio CVT paling cocok sepertinya ,fun to drive, peforma & handling terbaik di kelasnya , irit bbm, fitur safetynya cukup lengkap (airbag, abs, immobilizer), tapi sayangnya bagasinya paling sempit & bangku baris ke2 ga lega2 amat. Btw kalo pilihannya tinggal 2 itu mending ambil march, soalnya bagasi march lebih gede daripada sirion & ABS, EBD, BA lebih penting buat saya daripada immob soalnya menyangkut safety. Btw saran saya mending ambil yang 1.5nya karena selain cc lebih gede, peformanya juga lebih baik daripada yang 1.2. Tapi kalo om TS ngincer durability, ASS & Sparepart murah serta meanggap immob lebih penting daripada ABS & EBD + ga suka bawa barang banyak2 di bagasi ambil sirion. Itu aja kalo menurut nubie, semoga bermanfaat.
Torquelover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Feb 05, 2016 14:56

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Torquelover »

kalau pilihannya cuma 2 itu ambil march xs. penunjang keamanan lebih lengkap. bantingan empuk, bbm irit, rem enak bgt. tapi semua lewat sama brio sih biar bagasi sempit juga. (pernah punya brio dan march xs). btw march xs ada immob kok.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by fl4b1e »

Maap ini jawabnya rada panjang.. Kebetulan istri saya bawa March XS 1.2 beli di september 2014. Pas itu alasan milih March dibanding Brio atau Picanto atau Mirage:
1. tarikan memang rada lamban, apalagi dari 60 ke 80. tapi suspensi dan bantingannya lembut jadi nyaman sekali tuk dalam kota.
2. ac sudah dengan climate control. kkayaknya mirage juga sudah sih.
3. gak kayak brio, sandaran kepala depan adjustable. hal ini penting bagi saya yang tinggi 179cm. banyak yang lupa kalau sandaran kepala yang pendek membahayakan pengemudi dan penumpang depan. tambahannya penumpang belakang juga dapet sandaran kepala bisa dinaik turunin. jadi penumpang belakang juga aman dan nyaman.
4. headroom oke banget. bisa diatas 10cm. tambahannya kursi bisa dinaik turunin tuk penumpang depan.
5. bagasi luas. lebih luas dari Brio. ground clearence jelas lebih tinggi dari Brio.
6.ruang duduk belakang lumayan lega. headroom juga lumayan. paling tidak saya masih bisa duduk nyaman di belakang, tapi jangan bandingin sama sedan kelas mengah ke atas yaa.
7. service: istri saya dapat kupon gartis servis sampai 50 ribu km. saat ini mobil 40 ribu km, gak ada kendala berarti di mobil untungnya. cuma ganti aki saja kemarin. lainnya biasa ganti oli ganti busi saja dengan biaya murah, bisa bersaing dengan service honda city saya dulu.
8. Oh ya, velgnya 15 inch. kemarin baru ganti ban dari yang bawaan pabik 175 ganti ke 185 malah makin enak bawaannya
ya, meski mobil ini boyo, namun dengan kenyamanan dan keamanan itu sih cukuplah tuk kami di dalam kota jakarta :mky_02:

menjawab oertanyaan TS:

1.Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ? =>menurut pendapat saya keselamatan jiwa lebih penting . jadi pilih ABS, EBD, BA dan airbag. :big_okay:
2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? => keduanya cbu. seharusnya untuk spare part yang sering ganti selisihnya sedikit ya. di rumah sih ada avanza, belum punya daihatsu, namun seperti pengalaman saya diatas, dengan gratis jasa sampai 50 ribu km, biaya servicenya sih tergolong ringan, gak beda jauhlah. kalau bandingin biaya service dan spare part chevrolet spin saya vs toyota avanza dan nissan march jauh lebih mahal chevrolet saya :big_weee:
3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet? belum bisa jawab. km march di rumah baru 40 ribuan. saat ini sih bunyi-bunyi aneh belum ada. belum ada part2 seperti kaki2 atau suspensi yang harus ganti.
4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya? => belum bisa jawab. lebih baik liat pos kota atau olx atau tanya ke mobil88 saja.
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2. => sharing march istri saya saat ini ful to full ya 1 liter tuk 10++ km/liter dengan ron 92 dengan rute macet Pesanggrahan Cileduk ke fatmawati lebak bulus terus Bintaro, baru kembali ke pesanggarahan. Pernah dibawa ke bandung pas di bandung macet konsumsinya full to full sampai isi lagi di jakarta 1:14 saja. Secara total jarang dibawa ke luar kota, hanya dalam kota dengan kondisi macet rata -rata sejak baru menurut MID sih 1:10.6.

semoga membantu!
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Yonatanw »

vote nissan march om..

saya mantan pengguna march M/T 5 taon dari 2011 (first batch).Puas sekali, sekarang masih pengen punya march lagi. mobilnya lincah, mesin meski 3 cyl masih lebih enak didenger dari pada K3-nya xenia ane. blm pernah coba sirion tapi kayaknya 11 12 sama xenia.

menjawab pertanyaan TS :
1.) gw mentingin ABS EBD BA. Tapi rem march enak, nggigit sekali meski disentil dikit aja.

2.) biaya perawatan 11 12 dengan xenia (asumsi terus servis di beres). terkesan part mahal karena mau ga mau beli ori, nissan jarang ada part KW. Daihatsu banyak part mulai KW 1-10 ada. kalau sama2 ori part nissan ga mahal.

3.) Kalau durability saya akui march kalah.. Saya lumayan sering klaim warranty di beres, terutama bearing roda.

4.) Harga jual sama saja. Kalau ingin RV bagus kayaknya nambah dikit ke 7 seater(sebentar lagi akhir tahun banyak disc, saya akhir tahun lalu minang honda monyong E cvt prestige di 180jt, dapet disc 42jt). Saya beli march 2011 di 151 juta, dijual 90 juta. lumayan kerasa ruginya.

5.) kalau FC, march yang irit yang M/T, gw rata2 1:16. A/T march boros di kisaran 1:10. Kalau sirion mesin K3, ga bakal jauh2 dari 1:10.

Saya saranin kalau ambil march, servis di beres aja om.. Warranty-nya penting.

Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
User avatar
reza martiyas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon May 20, 2013 8:15
Location: Pekanbaru - Riau

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by reza martiyas »

entah kenapa sirion kurang laku ya, padahal kalau dilihat model, ext / int sangat bisa bersaing dikelasnya. malah kalau dibandingkan etios rasanya lebih mantap sirion, apa harus ganti emblem pake T baru bisa laku banyak.

back to topik, abs ebd ba di march, jauh lebih penting lah om dibanding immobilizer,
kalau soal safety, tetangga saya beliin rantai baja buat jazz nya, trus diikat ke dinding garasi.
(istilahnya kalau immobilizer masih bisa dicarikan solusi nya)

bagi saya pribadi keduanya (sirion n march) mobil menarik bahkan pengen punya keduanya, hehehe
kalau pada akhirnya fitur antara keduanya yg jadi pembeda, maka saya vote march om dengan abs ebd ba nya
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by BrianK3 »

Haha... saya punya good memory tentang March soalnya itu mobil pertama yang saya beli dengan hasil keringat sendiri. Overall enak pakainya buat dalam kota dan surprisingly spacious baris kedua dan bagasinya jika dibandingin dengan kompetitor sekelas. Mobil ini power band-nya disetel ama batu makam buat main di bawah kayanya, 0-60 beringas sekali terutama yang versi manualnya. Poin2 penting udah di-cover di atas cuma mau nambahin aja soal FC, dulu saya punya XS A/T 2013 dapet sekitar 1:12 - 1:13 rute kombinasi 50:50 tol dan jalan biasa pake Pertamax 92. Setau saya masih dapet free service sampe 50,000km, ini jangan sampe mati krn bakal kepake buat claim biasa di taon ketiga. Awal taon ini baru claim laher belakang di kasus saya.
pamangober
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by pamangober »

alicevamps wrote:Dalam hal ini aku milih march. Immobilizer bisa digantikan oleh asuransi TLO, klo ABS+EBD+BA digantinya pake asuransi jiwa....just kidding

Kenapa aku milih march:
- model lucu n iconic, walaupun bentar lagi ganti model sih, tp model barunya terlalu modern n normal bgt. Trus untuk existing model, klo ada uang lebih boleh beli bumper dpn model bolero, jadi deh bentley
- bawa march kok rasanya lbh enak drpd bawa sirion ya (pernah nyoba dua2nya yg manual siiy), bawa sirion kayak melayang2 ga jelas, trus rasanya bawa mobil gede bgt, padahal kecil gitu.
- audio march berasa lebih bagus
- interiornya punya design yg senada dgn exterior, bulet2, bandingin ama sirion yg kesannya tuh mobil di-design tanpa konsep jelas.

Selebihnya untuk resale value rasanya imbang ya, liatnya harus march vs sirion, jangan liat secara daihatsu vs nissan. Spare part mungkin lbh gampang daihatsu, tp body part bisa beda cerita, soalnya kan sirion itu produk malaysia yg jg dijual di sini n bbrp negara. Sementara march itu produk global di hampir semua negara jual. Paling jg ntar ada yg bilang stereotip2 kayak 3 silinder atau kualitas after sales nissan, bukan isu lagi sih menurutku, yg bilang gitu mgkn cuman denger2 n ga pernah ngalamin langsung. Btw aku bukan sales nissan ya.

Itu cuman suggest aku klo pilihannya bener2 cuman 2 itu. Sebenernya pengen recommend brio satya, tp karena dicoret ya sudah.
cresentmoon wrote:March aja. Karna pertimbangan ada abs+ebd+ba. Itu yg paling penting. Kmrn banjir2an di kemang hard breaking abs nya bunyi gtu. Kalo gaada abs mungkin mobilnya meluncur ga terkendali kali ya hehhe
Fiz wrote:kalo om lebih concern ke point 1, saya pribadi lebih pilih abs+ebd+ba, lebih mahal nambahin fitur itu soalnya ketimbang immob.. dan karena march bukan mobil liquid, jadi pencuri spertinya gak begitu melirik march (walopun tetep sebaiknya om tambahin kunci stang), yaa kliatan juga sih dari harganya xs > sirion at

saya punya sirion.. gak enak bawaannya.. keras tapi limbung,, kayak bawa avanza mini ketimbang HB mini..
kelebihannya ruangnya lega, luas, headunit cukup lengkap bluetooth dsb.. tampang juga paling keren.. mesin jelas reliebel..
untuk service kok sy dapetnya 40k km/3tahun free jasa yah, di asco juga, asco ps.minggu..
coba deh om cek lagi, kayaknya miskom, mungkin maksudnya free 1000km itu ya bener2 free wong cuma cek2 dan adjust2 aja,, untuk service selanjutnya yg free jasanya aja, oli dan onderdil tetep bayar..

untuk march ini lega, empuk, serasa bneran bawa city car, tipes xs paling lengkap dan terasa worth it melihat diskonnya yg kepala 3..
tapi ya boyo.. 3cyl mayan bising dan geter.. dan krn boyo jadinya nginjek gas mulu akhirnya boros..

3. durability.. sy pegang sirion deh, wong di malay jd mobil sejuta umat.. konon march sperti nissan pada umumnya, shocknya lemah ya (tergantung pemakaian, klo dalam kota sih kuat2 aja pastinya)

4. harga jual kembali. karena keduanya bukan mobil populer, spertinya yaa 11-12 anjloknya.. coba aja cek di olx untuk tahun yang sama keduanya diharga berapa (xs jauh lebih mahal dari sirion at ya barunya)

5. konsumsi bbm. sirion gw ron92. dalkot jkt super macet mentok 1:9.8an,, macet standar aja 1:10.5-11an,, tol jkt-bdg lancar 1:20-22, macet 1:17an

semoga membantu..
Pboyz97 wrote:Kalo dari semua kandidat yang om TS tentuin, sebenernya brio CVT paling cocok sepertinya ,fun to drive, peforma & handling terbaik di kelasnya , irit bbm, fitur safetynya cukup lengkap (airbag, abs, immobilizer), tapi sayangnya bagasinya paling sempit & bangku baris ke2 ga lega2 amat. Btw kalo pilihannya tinggal 2 itu mending ambil march, soalnya bagasi march lebih gede daripada sirion & ABS, EBD, BA lebih penting buat saya daripada immob soalnya menyangkut safety. Btw saran saya mending ambil yang 1.5nya karena selain cc lebih gede, peformanya juga lebih baik daripada yang 1.2. Tapi kalo om TS ngincer durability, ASS & Sparepart murah serta meanggap immob lebih penting daripada ABS & EBD + ga suka bawa barang banyak2 di bagasi ambil sirion. Itu aja kalo menurut nubie, semoga bermanfaat.
fl4b1e wrote:Maap ini jawabnya rada panjang.. Kebetulan istri saya bawa March XS 1.2 beli di september 2014. Pas itu alasan milih March dibanding Brio atau Picanto atau Mirage:
1. tarikan memang rada lamban, apalagi dari 60 ke 80. tapi suspensi dan bantingannya lembut jadi nyaman sekali tuk dalam kota.
2. ac sudah dengan climate control. kkayaknya mirage juga sudah sih.
3. gak kayak brio, sandaran kepala depan adjustable. hal ini penting bagi saya yang tinggi 179cm. banyak yang lupa kalau sandaran kepala yang pendek membahayakan pengemudi dan penumpang depan. tambahannya penumpang belakang juga dapet sandaran kepala bisa dinaik turunin. jadi penumpang belakang juga aman dan nyaman.
4. headroom oke banget. bisa diatas 10cm. tambahannya kursi bisa dinaik turunin tuk penumpang depan.
5. bagasi luas. lebih luas dari Brio. ground clearence jelas lebih tinggi dari Brio.
6.ruang duduk belakang lumayan lega. headroom juga lumayan. paling tidak saya masih bisa duduk nyaman di belakang, tapi jangan bandingin sama sedan kelas mengah ke atas yaa.
7. service: istri saya dapat kupon gartis servis sampai 50 ribu km. saat ini mobil 40 ribu km, gak ada kendala berarti di mobil untungnya. cuma ganti aki saja kemarin. lainnya biasa ganti oli ganti busi saja dengan biaya murah, bisa bersaing dengan service honda city saya dulu.
8. Oh ya, velgnya 15 inch. kemarin baru ganti ban dari yang bawaan pabik 175 ganti ke 185 malah makin enak bawaannya
ya, meski mobil ini boyo, namun dengan kenyamanan dan keamanan itu sih cukuplah tuk kami di dalam kota jakarta :mky_02:

menjawab oertanyaan TS:

1.Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ? =>menurut pendapat saya keselamatan jiwa lebih penting . jadi pilih ABS, EBD, BA dan airbag. :big_okay:
2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? => keduanya cbu. seharusnya untuk spare part yang sering ganti selisihnya sedikit ya. di rumah sih ada avanza, belum punya daihatsu, namun seperti pengalaman saya diatas, dengan gratis jasa sampai 50 ribu km, biaya servicenya sih tergolong ringan, gak beda jauhlah. kalau bandingin biaya service dan spare part chevrolet spin saya vs toyota avanza dan nissan march jauh lebih mahal chevrolet saya :big_weee:
3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet? belum bisa jawab. km march di rumah baru 40 ribuan. saat ini sih bunyi-bunyi aneh belum ada. belum ada part2 seperti kaki2 atau suspensi yang harus ganti.
4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya? => belum bisa jawab. lebih baik liat pos kota atau olx atau tanya ke mobil88 saja.
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2. => sharing march istri saya saat ini ful to full ya 1 liter tuk 10++ km/liter dengan ron 92 dengan rute macet Pesanggrahan Cileduk ke fatmawati lebak bulus terus Bintaro, baru kembali ke pesanggarahan. Pernah dibawa ke bandung pas di bandung macet konsumsinya full to full sampai isi lagi di jakarta 1:14 saja. Secara total jarang dibawa ke luar kota, hanya dalam kota dengan kondisi macet rata -rata sejak baru menurut MID sih 1:10.6.

semoga membantu!
Yonatanw wrote:vote nissan march om..

saya mantan pengguna march M/T 5 taon dari 2011 (first batch).Puas sekali, sekarang masih pengen punya march lagi. mobilnya lincah, mesin meski 3 cyl masih lebih enak didenger dari pada K3-nya xenia ane. blm pernah coba sirion tapi kayaknya 11 12 sama xenia.

menjawab pertanyaan TS :
1.) gw mentingin ABS EBD BA. Tapi rem march enak, nggigit sekali meski disentil dikit aja.

2.) biaya perawatan 11 12 dengan xenia (asumsi terus servis di beres). terkesan part mahal karena mau ga mau beli ori, nissan jarang ada part KW. Daihatsu banyak part mulai KW 1-10 ada. kalau sama2 ori part nissan ga mahal.

3.) Kalau durability saya akui march kalah.. Saya lumayan sering klaim warranty di beres, terutama bearing roda.

4.) Harga jual sama saja. Kalau ingin RV bagus kayaknya nambah dikit ke 7 seater(sebentar lagi akhir tahun banyak disc, saya akhir tahun lalu minang honda monyong E cvt prestige di 180jt, dapet disc 42jt). Saya beli march 2011 di 151 juta, dijual 90 juta. lumayan kerasa ruginya.

5.) kalau FC, march yang irit yang M/T, gw rata2 1:16. A/T march boros di kisaran 1:10. Kalau sirion mesin K3, ga bakal jauh2 dari 1:10.

Saya saranin kalau ambil march, servis di beres aja om.. Warranty-nya penting.

Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
reza martiyas wrote:entah kenapa sirion kurang laku ya, padahal kalau dilihat model, ext / int sangat bisa bersaing dikelasnya. malah kalau dibandingkan etios rasanya lebih mantap sirion, apa harus ganti emblem pake T baru bisa laku banyak.

back to topik, abs ebd ba di march, jauh lebih penting lah om dibanding immobilizer,
kalau soal safety, tetangga saya beliin rantai baja buat jazz nya, trus diikat ke dinding garasi.
(istilahnya kalau immobilizer masih bisa dicarikan solusi nya)

bagi saya pribadi keduanya (sirion n march) mobil menarik bahkan pengen punya keduanya, hehehe
kalau pada akhirnya fitur antara keduanya yg jadi pembeda, maka saya vote march om dengan abs ebd ba nya
BrianK3 wrote:Haha... saya punya good memory tentang March soalnya itu mobil pertama yang saya beli dengan hasil keringat sendiri. Overall enak pakainya buat dalam kota dan surprisingly spacious baris kedua dan bagasinya jika dibandingin dengan kompetitor sekelas. Mobil ini power band-nya disetel ama batu makam buat main di bawah kayanya, 0-60 beringas sekali terutama yang versi manualnya. Poin2 penting udah di-cover di atas cuma mau nambahin aja soal FC, dulu saya punya XS A/T 2013 dapet sekitar 1:12 - 1:13 rute kombinasi 50:50 tol dan jalan biasa pake Pertamax 92. Setau saya masih dapet free service sampe 50,000km, ini jangan sampe mati krn bakal kepake buat claim biasa di taon ketiga. Awal taon ini baru claim laher belakang di kasus saya.
Nah ini , info yang saya butuhkan. Pengalaman langsung dari user pengguna march dan sirion. Thanks banget sharenya.pointnya jadi memang fitur keselamatan itu lebih penting sementara security bisa ditambahan/di akali kemudian
User avatar
Promtheus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
Location: Serpong

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by Promtheus »

Numpang saran kalo om ts cari mobil yang bagasi luas sama concern ke immob ato abs+ebd+ba why not both? March 1.5 cari yg second km rendah aja, selain 4 cyl and lebih bertenaga march yg ceng go udh keyless+start/stop engine and abs+ebd+ba. Sisa duit buat cakepin tampilan (ganti velg dll) :mky_03:
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by fizrmen »

aduh paman gober kan uangnya banyak kok bingung :ngacir:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung

Post by iybam »

saya pake march 1.2 at xs 2013 (odo sekarang 34rb++)..
mesin 3cyl march getarannya aduhai om, ditambah kekedapan kabin yang yaaa gitu deh (kalo lagi di TL obrolan orang yang di motor aja bisa kedengeran jelas) :mky_03:

Kalo untuk durability sih hmm... saya selama pake 3 taun udah ganti bearing roda depan belakang (ki-ka), shock depan kiri-kanan (padahal rute harian jalanan mulus-mulus aja), evap ac dan extra fan. Sekarang masalah utama kalo kena lubang/jalanan keriting setir goyang-goyang, ini belom tau masalahnya apa krn belom sempet ngecek. Jadi om bisa menyimpulkan sendiri lah kira-kira gimana ketahanannya..

FC harian dalkot bogor-tol pendek-jalur puncak dapet 1:11.xx (MID), realnya F2F 1:9-10

Biaya perawatan sih untuk servis ringan kelipatan 10rb sekitar 1,2-1,3 dan service besar kelipatan 40rb 2,XX di beres. Saran sih om selama masih garansi jangan kelewat servis di beres, soalnya kalo kejadian kaya saya lumayan juga itu keluar biaya buat penggantian parts.

RV sih kayanya march sama sirion mirip-mirip, sama-sama anjlok hehe..