Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by remedusakti »

Slmt Malam Om2 SMer, maaf ijin buka Topic Baru , mungkin kalau ada yang sama topicnya bolehlah digabung.
di Sini Sy coba ingin membandingkan mobil model baru dibanding model sebelumnya dengan mobil merek yang sama.
Jadi disini mari kita bahas dari berbagai merek kendaraan, sehingga kita bisa melihat jerih payah Pabrikan dalam
mengembangkan perbaikan mobil dimodel terbaru dibandingkan model sebelumnya.

Saya Mulai dengan Merek Mitsubishi
beberapa saat yang lalu dengan terpaksa sy harus membeli pajero Sport Dakar 2015 punya sodara yang kebetulan minta tolong
karena BU, sedangkan saat ini saya sdh cukup dengan kendaraan harian ANPS 2016. Oke saya coba membandingkan spesies yang sama antara senior dengan junior.
parameter pembanding
1. Desain : secara desain ANPS depan dan samping diakui ganteng abis, sangat berbda dgn Old Dakar, tapi bagi sebagian orang pantat ANPS dirasa kurang enak dicerna. Kl sy jejerkan digarasi ANPS lebih panjang sekitar 10 CM tapi ketinggian masih tinggi Old Dakar. Secara keseluruhan kalau orang menilai ada lompatan desain yang lebih berani, jadi bisa saya jatuhkan point Model ANPS lebih modern dan lebih baik dibanding Old Dakar.

2. Interior : sudah 1 tahun saya tidak duduk dikursi PS lawas ( sblmnya pake PS Exceed ), tiap hari duduk di kursi ANPS nan empuk dan lembut, begitu Sy masuk dan duduk di kursi Old Dakar , duh terasa sangat-sangat berbda sekali, kesan pertama Busa kursi KERAS dan Posisi sangat kurang nyaman, duduknya serasa kaya selonjoran. Pegang bahan kulit Jok bisa saya pastikan ANPS punya kualitas yang jauh lebih baik dan terasa lembut dipegang. Liat sekitar Interior, Old PS kerapihan dasboard trs kurang, banyak batas yang tidak presisi, bgt juga doortrims baik kualitas Palstik dan Kulit Pelapis ANPS jauh lebih baik. Tampilan Speedometer Old Dakar tanpa optitron, menyedihkan untuk modil diharga segini, ANPS sdh optitron tapi kesan masih sederhana. ( lbh waahh punya ANF ). Secara umum terjadi lompatan besar dari model sebelumnya.

3. Fitur : semua yang ada di Old Dakar hampir seluruhnya ada di ANPS seperti sunroof, padleshift, kamera mundur,dll. Namun ANPS punya fitur2 yang terhitung baru dan mahal seperti Rem parkir elektrik yg memudahkan dibanding manual, VSC, HSA,DualZone. untuk fitur pun sama jauh lebih baik ANPS

4. Power & drivetrain : nah ini yang bener2 bikin sy penasaran akan membandingkan engine 4N15 dibanding dengan 4d56, 181psvs 178ps, 430NM vs 350 NM. diatas kertas torsi ANPS jauh lebih besar dibanding old dakar tp power hanya selisih sedikit. Bagaimana rasa On Road ????
dikecepatan berapapun baik dari 0 atau 20 atau 40 atau seterusnya kalau diKickDown ANPS jauhh lebih unggul dibandingkan Old Dakar. Respon mesin ANPS begitu dikickdwon langsung terasa tonjokan Torsi Besarnya terasa sangat minim sekali turbo lag, tenaga terasa linier tdk terasa tiba2 ada lonjakan tenaga. bagaiman Old Dakar ? saat awal start terasa berat dan mesin seraya menghimpun tenaga dulu baru memuntahkan Torsi besarnya, singkatnya di Old Dakar putaran bawah kurang greget, tapi kalau sudah puataran atas diatas 2000 rpm, Old dakar terasa buasnya. kesimpulan saya kl dari putaran bawah ANPS jauh lebih responsif tapi kalau sudah putaran atas BeTi saja lah dengan Old Dakar.
bagaimana transmisinya ?? 8 speed ternyata bukan omong kosong, saat mobil perlu akselerasi kuat dikecepatan berapapun transmisi siap memilihkan gigi sesuai dengan kondisi, apalagi saat jalan dipegunungan sangat2 nikmat sekali dengan 8 speednya, tenaga sama skali tidak pernah trs kurang.. 5 Speed Old Dakar? ya pasti dari jumlah saja sudah kalah banyak pilihan gigi, jadi wajar kl kalah responsif, namun ada karakter yang aneh menurut saya, kalau dari gigi 3 saat jalan biasa bukan di kickdwon transmisinya tidak bisa pindah ke 2 tapi langsung ke 1, jadi ada saat naggung dimana seharusnya dikecepatan 20km perlu gigi 2 transmisi manteng digigi 3 jadi saat di Gas mobil terasa berat dan tidak responsif. Saya tanya ke BERES katanya sudah karakter mapping transmisi seperti itu. Note : kalau diturunkan secara manual via padle shift pun tetap bisa dari 3 ke 2. Satu lagi Old Dakar turbonya bunyi Ncuuss Ncusss, ANPS Ncus gak kedengeran..
Bagaimana Suara mesinya ??
ANPS : ibarat gadis cantik dengan desahan yang menggoda, semakin di bejek suara mesinya semakin merdu. malah menurut saya lebih merdu dan halus saat HardAcclr dibanding saat jalan biasa.. Semakin dipacu desahan mesinnya semakin menggoda tidak terasa gemeratak diesel. ( sdkt catatan saat hard accl ANPS lebih halus dibanding dengan fortune 2700cc Sy yang ada suara NGOOONGGG khas mesin TR )
Old Dakar : suara lebih ngebas dibanding exceed, suara saat hard acc msh menyisakan suara gemeratak diesel. dan kalau orang naik 2 mobil itu saat hard acc pasti langsung bisa vonis kl Old dakar adalah mesin diesel, beda dengan ANPS terkadang orang tidak mengira kl sedang naik mobil diesel..
Kesimpulan untuk engine dan drivetrain: Improvement yang layak di beri 2 jempol

5. handling & Kenyamanan ??
ANPS : 1 kata empuk / terlalu empuk.. Nyaman ?? Relatif.. untuk jalan benjol2 tentu nyaman ANPS karna susp lembut, tp kl untuk jln bumpy sy rs krng nyaman goyang kiri kanan karn susp terll lembut. Dan untuk jln rusak berat ANPS ini bisa mentok lohh, karna saat di rem terlalu mengangguk akibat susp empuk. Setirnya enteng dibanding Old Dakar yang super berat..
OLd Dakar : susp trs medium, tdk seempuk ANPS namun jg tdk terll keras, menurut sy ini Pas.. Untuk Jalan Super Hancur lebih pede pake Old Dakar ketimbang ANPS..
terkait handling keduanya hampir seimbang, tidak semantaf sedan atau SUV like CRV CX 5 namun perlu dipahami ini sebuah SUV Besar nan tinggi..

6. Noise ??
ANPS : halus, noise rendah. namun saat ac on suara agak sdkt masuk ke kabin. 1 Hal saat mobil dikendarai suara makin halus dibanding saat stationer..
Old Dakar : lebih kasar suara dibanding ANPS baik saat stationer maupun driving.. dan Ratling interior laumayan banyak, bunyi kret2 derr derr kl hantam lubang.. sepertinya finishingnya dan material dibawah ANPS

Kesan secara umum
ANPS : mengendarai SUV besar tapi trs ringan seperti mengendarai Hatchback, mesin halus, responsif, setir ringan
Old dakar : seperti mengendarai sebuah Tank yang terasa mantaff, stir berat dan terasa sekali jiwa laki-laki..

Kesimpulan : Improvement yang sangat banyak pada ANPS dibanding dengan Old Dakar, tidak hanya sekedar asesoris tapi betul2 ROH yang baru..
Mungkin PR untuk ANPS perbaiki suspensi jangan terlalu lembut.

Terbayarkan kenaikan harga dibanding dengan Hal2 yang didapat ?
Saya simpulkan sangat Layak, ini seperti 2 mobil yang berbeda. Kalau sudah drive ANPS trus pindah ke Old Dakar saya yakinkan pasti akan merasakan 2 mobil yang berbeda cukup signifikan..

Monggo ada yang bisa nambahkan mungkin dari merek kendaraan lainnya....
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by Bulgogi »

Nice thread om.. tapi saya ga pernah upgrade jenis mobil yg sama, even dr saya kecil (zaman ayah saya dulu).. history mobil ayah saya accord '86, kijang lgx '98, freed '09, terakhir ertiga '14..

Kalo history saya sendiri aerio '04, rush '08, malah selanjutnya mau upgrade ke sienta.. :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by ChZ »

Trit yang bagus... tapi saya sarankan in general saja oom... karena kalau ditulis panjang panjang gtu agak bingungin... malah jadi kayak complete review.

Mmmm ane mulai dengan daily commuter ane... Civic FB '12 1.8 AT... dulu sempat pake Civic FD1 '07 1.8 AT . Menurut saya FB2 secara teknikal (mesin, transmisi, suspensi) adalah refinement dari FD1. Banyak improvement gak kasat mata di FB2, sekilas sama aja (saya pernah baca di shop manual ubahan mekanikal di FB2 banyak dan bersifat refinement semua). FB2 is more like a relaxed car compared to FD1. FD1 di sisi lain lebih fun to drive karena steering nya lebih quick dan punya feedback yang baik. Sayangnya kekurangan FB2 adalah banyak penurunan kualitas dibanding FD1. Nasib apes karena mobil ini dibuat waktu H lagi kena dampak krisis ekonomi.

Lalu CR-V RE 2.4 '11 dan CR-V RM 2.4 '14... Kesimpulan hampir sama dengan FD dan FB sih... intinya refinement saja di mesin suspensi chassis... steering enak RE yang HPS... tapi banyak penurunan soal kualitas...

Xenia 1.3 AT '11 dan Avanza Veloz AT '12... secara umum peningkatan hampir di semua sektor... Build quality, suspensi.... model pun jadi keliatan lebih "mahal"... Sayang harganya jadi melambung tinggi padahal mesin sama aja.

Golf MK6 TSI ke MK7 TSI... MK7 lebih ringan, torsi lebih besar 10Nm, gearbox lebih refined gak jerking jerking. Tapi MK7 kalah di power berkurang 20hp... Mungkin kalau drag race MK7 menang start, MK6 nyusul...

Grand New Kijang Innova 2.5 G AT dan All New Innova 2.4 Q AT... gak bisa bandingin secara fitur karena beda type... Yang jelas secara mesin dan transmisi ANKI lebih baik... sayang mobilnya berasa berat banget dibanding GNKI lama... Saya coba punya temen type G... Interior jauh lebih meningkat di ANKI... Presence ANKI di jalan udah kayak "mobil mewah" beda sama GNKI... sayang lagi kena isu jedug dan putu...

Itu dulu deh... Nanti lanjut kalo inget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by remedusakti »

Tambah lagi
crv gen 2 2006 2.0 dan CRV 2010 gen 3 2.0
crv gen 2 perasaan lebih luas dibanding gen 3 , terutama bagasinya. Karna bentuk yg lbh kotak..
engine gen 2 lebih bertenaga dibanding gen 3 sama2 2000 cc, beda tipe gen 2 K20 dohc gen 3 sohc, Tapi suara mesin halus gen 3.
kualiats interior seimbang
fitur, sama2 kopong
handling, sama2 khas honda sama2 stabil tapi gen 3 sdkt lbh empuk.
Model, gen 2 lbh gagah kotak, gen 3 bulet kaya telor.
Utilitas gen 2 lbh baik karna lbh tinggi, gen 3 pendek cendrung ke crosover.
Kesan umum, msh lebih ngangenin gen 2 ketimbang gen 3.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3054
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by farizfsa »

Mercedes C240 W203 facelift 2005 vs Mercedes C200 CGI 2010 non facelift

Body: selera, yang satu bulet2 satunya lagi kotak2. dua dua nya bagus menurut saya

Interior: W204 kualitas jauh lebih baik, lebih kuat, , kecuali rubber di tombol. sebenenrya w203 juga oke, kecuali bagian kisi2 acnya, tp dr segi material masih dibawah w204

handling: lebih enak W204 meski lebih firm

Mesin dan performance: W204 c200 cgi turbo sangat responsif dan irit tp tidak bisa halus seperti mesin C240 W203 yang halus, lelet dan agak boros

kesimpulan, W204 jauh lebih baik meski design kurang chic dan kotak sekali, kadang W203 ngangenin juga

Mercedes E240 W211 avantgarde non FL vs E300 W212 elegance non fl


body: masih lebih suka W211 sebenernya, W212 sedikit seperti camry, tp kualitas fit and finish jauh bagusan W212

Interior: W211 menurut saya lebih indah dibandingkan W212 yang kaku kotak2 bgt. material lebih bagus W212 tp jadi agak banyak bahan plastik meski kualitas bagus

handling: W212 lebih enak, tp mbl lebih besar dibanding W212 jd untuk selap selip kurang asik

Mesin dan performance: W212 enak drpd W211, dgn 7 speed vs 5 speed sudah jelas bedanya. tp untuk tarikan malah saya lebih suka C200 CGI w204.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by Pboyz97 »

Nice thread om, nubie ikut nimbrung ya

Hmmm. dimulai dari daily SUV saya ... CRV RE3 2011 FL 2.4 AT... sebelumnya sempat pake CRV RD 2.0 AT 2005. Menurut saya RE3 secara teknik (fitur, mesin, transmisi, suspensi & teknologi ) merupakan lompatan yang cukup jauh daripada RD. Apalagi desain exterior & interiornya yang cukup oke membuat RD terasa ketinggalan jaman. Entah kenapa saya merasakan kalo Peforma RE3 ga sebaik RD saya sebelumnya (padahal REnya 2.4 sedangkan RD saya versi 2.0nya), apalagi tenaganya lebih besar daripada RD, mungkin transmisi 5AT yang shiftingnya agak dudul menjadi penyebabnya. Tenaga mesin terasa underpower di putaran bawah, serta Konsumsi BBM yang hampir sama borosnya dengan RD saya terdahulu menurut saya.

Lalu CR-V RE 2.4FL AT 2011 dan CR-V RM 2.4 prestige AT PFL 2014 (punya teman) Cukup refinement dari sisi desain, fitur, suspensi, handling, mesin & kelegaan kabin. Tapi entah kenapa versi 2.4 biasa & 2.0nya terasa minim fitur, serta penurunan dari sisi kualitas materialnya & ga se fun to drive RE.

Avanza Gen 2 PFL 1.3 G M/T 2012 (punya kantor bokap) & GNA 1.3G M/T ... secara umum peningkatan hampir di semua sektor... fitur safety, side impact beam, suspensi, immobilizer, kualitas material inteiror, modelnya sama aja, tapi GNA terasa lebih baik dibandingkan versi PFLnya (kecuali gril mangap di bagian depannya) , sayang harganya naik jadi 200an jt jadinya sama aja & kurang worth untuk sebuah avanza.


Grand New Kijang Innova 2.5 G M/T 2012 (pernah naik) dan All New Innova 2.4 Q MT( pernah TD) ... gak bisa bandingin fiturnya karena beda type... Yang jelas secara mesin & transmisi ANKI jauh lebih baik, suspensi pun lebih empuk daripada sebelumnya, serta suara mesin diesel yang jauh lebih halus daripada GNKI . Interior ANKI jauh lebih elegan daripada GNKI yang terasa ketinggalan jaman, begitu juga dengan peningkatan fitur yang cukup signifikan dibandingkan GNKI , kopling ANKI pun terasa lumayan enteng buat MPV sebesar itu + desain transmisi manual ANKI yang jauh lebih enak dilihat daripada GNKI yang bentuknya memanjang kaya truk hahaha(selera) , sayangnya harganya sudah tembus 300jt buat tipe termurahnya sehingga terasa overprice, jok belom kulit even tipe Q sekalipun, tipe G belom immobilizer serta rem masih tromol, belom lagi isu transmisi jedug & turbo putu yang lagi melanda varian diesel maticnya .

Jazz GE8 RS A/T 2009 VS ANJ GK5 RS CVT 2015 (punya sodara). Secar teknikal (Transmisi, desain, fitur, suspensi, kenyaman, akomodasi ) mengalami peningaktan dibandingkan dengan GE8. Sayangnya suara mesinnya minim karakter , kualitas material mengalami penurunan , rem jadi tromol & ga se fun to drive GE8 ditambah lagi harganya makin mahal tapi mesinnya sama aja.

Itu aja kalo dari nubie
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by carlzeiss »

Freed GB3 PSD 2010 Vs Freed GB3 2014
Mesin sama aja
Perubahan sektor ac sangat berguna dimana 2010 masih single blower dan 2014 sudah double blower
Penambahan handrest di baris kedua menjadi sepasang kiri kanan menjadikan captain seat sesungguhnya
Kombinasi warna dashboard lebih bervariasi lebih enak dilihat
Perubahan lampu khususnya stoplamp jadi lebih bagus
Sayangnya menurut saya terdapat penurunan kualitas di kaki , freed 2014 saya sudh ganti tierod dan long tierod padahal umur belum 3 tahun dan trayek tidak separah waktu pake 2010 yang ga pernah ganti tierod sampe dijual .
- yang kenceng kalah sama yang wet look
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by dimassn25 »

Toyota Yasir 2008 at vs Any lele 2016

Eksterior : any jelas tampan lebih agresif tapi banyak yang ngeganjel kayak stiker samping dan lampu yang masih halogen dijaman sekarang, yaris bakpao punya tampang yang lebih clean dan manis, kesan jdm nya dapet banget menurut saya

Interior : interior any menurut saya paling jelek di kelasnya namun improvement dari segi design dan materian jauh meningkat dari yaris bakpao, tapi kepraktisannya jauh menuru, contoh laci yang berkurang jauh dan di baris kedua ga ada cup holder di doortrim dan ga ada lampu di baris kedua.

Mesin : sama2 mesin 1nz + 4at yang pada yaris bakpao pada saat itu mesin yang paling responsif dan irit, tapi di any rasionya diperhalus jadi ga responsif dan ga irit

Suspensi : termasuk suka karena jadi firm suspensinya ga kayak yaris bakpao yang kelewat empuk.

Overall : yaris bakpao 2006-2008 merupakan mobil yang paling outstanding fitur mesin pada saat itu. Kebalikan yaris lele sekarang yng fitur dan mesin terburuk dikelasnya saat ini
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by ipat »

Kijang Lgx 2.0 2003 mt vs Innova d4d 2011 Mt ;
Exterior;entah knp si lgx kliatan bentuk "mobil", aksen krom di spion,gril,kap mesin jadi makin cakep apalagi waktu itu warna item,lampu belakang yg mirip LC100 tapi fake ga nyala cuma tempelan. Inova bentuk muka versi gnki menurut sy ganteng ke camry2 an,ga cingkrang kyk versi sblm facelift,inova mirip kapsul menurut sy bentuknya

Interior; cukup spartan ga ada fitur untuk dipencet2,bahan bludrunya adem row3 enakan lgx, kabin inova sedikit luas dari lgx,apalagi dikasoh interior wrna cerah kekedapan juga lumayan

Mesin; sy ga mudeng tekhnis nya,tapi mesin lgx ga ada ngempos nya menurut sy,diimbangi fc nya tapi sy ga perduli, mirip lgx si d4d powernya jg cukup

Suspensi; lgx lebih stabil,di jalan kriting dan bergelombang masih anteng,inova kyk perahu kalo dijalan yg ga bagus..

Overal; Lgx adalah mobil bagus,sy menyesal jual tu mobil walaupun ga rugi malah untung, inova juga enak,mirip si lgx,mau cari pengganti yg bisa diandalkan juga ga mudah
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by ricz »

Kijang Krista 2.4D vs Innova 2.5G MT vs Innova 2.4 G MT

Kebetulan pernah megang krista selama 2 taon (2003-2005) dan innova dari 2009 sampe skrg... ANKI cuma nyoba doang...

Material interior

Makin baru, makin turun kualitas dari material yg dipake. Di krista bahan interior cukup bagus, dengan soft touch di doortrim & dash menggunakan hard plastic yg cukup bagus. Material jok pake bahan fabric yg sangat halus...
Di innova gen 1 juga masih tergolong bagus walaupun udah downgrade dengan pake hard plastic di dash & doortrim, tp material jok fabric yg dipake masih tergolong bagus... Masuk ke innova gen2, makin parah.... Hard plasticnya sih jujur oke, tapi jok fabricnya, sampah. Materialnya sangat kasar & bahkan Mobilio yg fabricnya tergolong sampah jg masih lebih halus dr fabric Innova. Its okay klo di tipe G doang, tp sampe di type Q jg menggunakan bahan fabric yg sama....

How it drive

Kali ini gw menggunakan innova 2.5 manual ama 2.4 manual jd pembanding, krista dicoret kerana udah jebot :big_biglaugh:

Impresi gw sih ANKI udah melompat jauh dibanding innova lama, mesin udah pake 2400 cc with VNTurbo yang kenceng dan responsif, manualnya yg pindahnya pendek2 ga sepanjang innova lama, bantingan empuk dan lebih stabil dr innova lama...


Overall sih kalo dibilang improvement sih Innova baru udah melompat jauh dibanding generasi 1 apalagi ama Kapsul, cuma gw liat duit yg dikeluarkan asa gak worth it utk membeli sebuah "Kijang"....

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by anrico17 »

Coba ikutan deh...
Kijang sgx(klo gk salah) yng 1.8 vs inopah g 2.0

In short, beda lumayan, exterior inopah lebih mewah dan gede, interior lebih bagus, kursinya lebih tebel, ac lebih dingin, Build quality, 10/12 (bedanya kapsul plastik glossy, innopah plastik 'normal', innova walaupun lemot tetep lebih kenceng dan lebih boros, fitur sama sama spartan, kijang agak keras innova lembut ridenya...

Udh itu aja kyknya....

Soal pajero, bagian belakang, alias dari ujung baris ke dua sampe bagasi, itu sama persis Anps dan pjs lama, kursi sama layoutnya (Anps lebih tebel dikit), cara ngelipet, tempat dongkrak, cupholder, storage dibawah lantai bagasi, yang beda cuma posisi AC seinget ane.... ANPS kayak naik innova menurut ane, kalo PJS lama (kata tetangga "kayak nyetir truk"

Tambah lagiiii...
BMW 5 series E34 530i vs E39 535i
Kalo yng E34 mengotak, E39 itu versi yang dialusin dikit jdi agak bulet, interior surprisingly mirip cuma E34 lebih sempit (E34 No cupholder, E39 ada cuma agak aneh didepan kontrol ac), E34 obviously lebih lemot dan transmisi sama sama 5 speed, E39 lebih keras ridenya, seinget ane fitur yang beda cuma e39 kursi elektrik, kayaknya ada lagi tapi cuma numpang dua duanya, jadi...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by jalu »

ikutan ahh....secara dulu saya peternak kijang
Kijang super(rover)--->kijang grand --->kijang kapsul LGX ---->kijang innova G

kijang super : driving position sangat pribumi, relibilty badak, stir bletak2 kalo belok patah & gak power steering, mesin rawan nglitik tp rada irit (FC 1:11)
kijang grand : ada improvement power steering & rack pinion enteng dan bebas bletak2, mesin gak nglitik lagi tp rada boros (FC 1:9,5)
Kijang kapusl LGX : body baru improve space kabin lbh lega, posisi duduk rada tenggelam, mesin 1.8 yang handal dan makin boros (FC 1:8)
innova G : model baru improve interiornya lbh mewah dr kapsul tp ruang row 3 lebih sempit, mesin lbh modern tapi tambah boros aje (FC 1:7)

kesimpulan, dari kijang ke kijang teryata yang gak berhasil improve adalah konsumsi bbmnya, hehehe
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by DOHC »

haiii kak pembina kelapa santen tua.... lama tak bersua...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by jalu »

hallo chiong...udah lama gak skir klep.... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by DOHC »

skir klep dah ga jaman skrg kak....

pake carbjet atau spiritcarbon jg ud ckup koq...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: Mobil generasi Baru dibandingkan generasi sebelumnya

Post by tokeknyungsep »

- fortuner vnt
- xtrail t30
- xtrail t31
- harrier 2006
keempat mbl itu di generasinya pake spion tanduk ( depan ,sblh kap mesin ) ... skrg di t32 , ANF , harrier baru jdi ilang...

Sent from my ASUS_Z00AD using Seraya Motor mobile app